Yuk Intip Langkah Bisnis IDN Media di Tahun 2023



Jelang akhir tahun 2022 kemarin, kita pastinya cukup sering mendengar atau membaca adanya prediksi resesi ekonomi yang akan terjadi di tahun 2023. Resesi sendiri merupakan sebuah kondisi di mana kondisi perekonomian sebuah negara semakin memburuk yang ditandai dengan Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, semakin banyaknya pengangguran dan juga pertumbuhan ekonoi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Selain isu tentang adanya resesi ekonomi, belakangan kita juga mungkin sering mendengar kabar tentang semakin banyaknya start up yang melakukan perampingan pada karyawannya padahal start up tersebut bisa dibilang cukup sukses. Bahkan ada juga start up yang akhirnya harus ditutup karena mengalami kondisi keuangan yang sulit. Dengan adanya prediksi resensi dan mulai berjatuhannya berbagai start up, tentunya kita penasaran bagaimanakah langkah IDN Media sebagai platform bagi generasi milenial dan Z dalam menghadapi tantangan di tahun 2023? Yuk baca tulisan ini sampai tuntas.

Langkah bisnis IDN Media di tahun 2023



Dalam menjalankan sebuah bisnis, seorang pengusaha tentunya harus memiliki berbagai rencana untuk bisa memajukan dan mengembangkan bisnisnya. IDN Media yang berdiri pada 8 Juni 2014 tentunya juga harus mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan di tahun 2023 ini. Adapun langkah-langkah bisnis yang sudah direncanakan IDN Media ini antara lain:
 

Menjadikan IDN Media sebagai platform media yang tech-driven

Sejak awal didirikan hingga sekarang, IDN Media kini sudah memiliki lebih dari 80 juta Monthly Acvtive User (MAU). IDN Media sendiri memiliki visi mendemokrasi akses informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat. Dengan visi yang dimilikinya ini membuat IDN Media berkembang sebagai media platform yang berbasis teknologi yang memiliki berbagai unit bisnis dengan 4 kategori yang dicakup yakni IDN (Content Platform); IDN Times,  Popbela.com, Popmama.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy, FORTUNE Indonesia (digital media), IDN Creative, ICE, IDN Event, IDN Programmatic OOH (commercial); serta IDN Pictures dan JKT48 (entertainment).

Pentingnya memiliki fundamental bisnis yang kuat

Masa pandemi tentunya bukan masa yang menyenangkan bagi banyak pihak, termasuk juga para pebisnis. Untuk bisa tetap bertahan di era pandemi dan sesudahnya, tentunya ada banyak strategi dan keputusan yang harus dijalankan oleh sebuah perusahaan. IDN Media sendiri telah membuktikan dirinya bisa bertahan menghadapi berbagai tantangan dan menghadirkan berbagai inovasi dan berkembang menjadi perusahaan media yang menyajikan konten-konten dengan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Salah satu pelajaran penting yang didapat IDN Media di tahun 2022 kemarin adalah pentingnya memiliki fundamental bisnis yang kuat agar dapat menghadapi faktor eksternal perusahaan. Salah satu cara untuk memiliki fundamental bisnis yang kuat ini adalah dengan berkomitmen membangun bisnis yang memiliki nilai tambah bagi seluruh stake holder. Untuk itu, IDN Media selalu berusaha  memberikan konten hiburan dan berita yang sesuai dengan target audiensnya yakni Generasi Milenial dan Z. Setidaknya ada 4 kategori yang akan menjadi fokus IDN media yakni content platform, digital media, commercial dan entertainment. 

Fokus mengembangkan konten live streaming

Saat ini konten live streaming termasuk dalam satu konten yang digemari oleh generasi Z. Berdasarkan hasil riset Indonesia Gen-Z Report 2022 yang dibuat oleh IDN Research Institute, Gen-Z lebih menyukai format konten berbasis video, salah satunya live streaming yang menempati posisi kedua setelah konten video (75%). Dengan adanya kecenderungan ini, IDN Media pun dengan tanggap menghadirkan konten live streaming lewat fitur IDN Live yang dimilikinya.

Di tahun 2023 ini sendiri IDN Media meluncurkan sejumlah fitur baru di IDN Live yakni UGC feature, redemption, dan referral. Ketiga fitur ini tentunya akan sangat memudahkan bagi para content creator dalam melakukan siaran live streaming melalui IDN Live dan memperoleh penghasilan dari live streaming yang dilakukannya. 

Menumbuhkan creator economy melalui ICE

Di tahun 2023, IDN Media akan mengembangkan ekonomi kreator baik melalui marketing maupun bentuk lainnya melalui Indonesia Creator Economy. Creator Economy sendiri merupakan industri yang melibatkan content creator atau influencer untuk memasarkan produk dan jasa dari produsen ke konsumen. Bentuk dari creator economy ini bisa kita lihat dari kerja sama endorsement yang dilakukan oleh pihak brand dan juga influencer yang sesuai dengan niche yang dipasarkannya.

Di Indonesia sendiri, ICE merupakan platform terbesar terbesar di Indonesia, yang memiliki visi untuk mendemokratisasi “creators economy” di Indonesia melalui teknologi. ICE menawarkan berbagai layanan seperti content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solutions, dan brand & product development. Selain itu, ICE juga akan meluncurkan platform website yang nantinya dapat menawarkan kolaborasi tanpa batas antara brand dan kreator.

Tetap optimis proyeksikan pertumbuhan di tahun 2023

Bicara tentang prediksi resesi ekonomi yang akan terjadi di tahun 2023, tentunya hal ini akan cukup mempengaruhi roda perekonomian di berbagai bidang termasuk juga IDN Media yang selama ini mengandalkan iklan sebagai salah satu pendapatan perusahaan. Bila resesi benar terjadi, pastinya klien akan melakukan efisiensi biaya dan biasanya salah satu biaya pertama yang dikurangi adalah untuk pemasaran yang pastinya membuat industri media terkena dampaknya.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Bloomberg, Indonesia memiliki kemungkinan mengalami resesi ekonomi sebesar 3% yang ternyata lebih rendah dibandingkan negara lain. Selain itu berdasarkan berbagai proyeksi dan analisis, di tahun 2023 ini Indonesia masih akan terus bertumbuh dan berkembang yang pastinya juga memberikan harapan positif bagi dunia bisnis termasuk IDN Media. IDN Media sendiri pada tahun 2023 ini akan tetap fokus menciptakan nilai tambah bagi para stakeholder. Dengan langkah ini diharapkan IDN Media dapat mencapai visinya untuk mendemokratisasi informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Demikian sedikit informasi yang bisa saya bagikan terkait langkah bisnis IDN Media di tahun 2023. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian!



7 Comments

  1. iyanih masak taun ini resesi sih, moga kita tidak terpengaruh ya

    ReplyDelete
  2. Penasaran bakal kayak apa ICE nya, kita-kita kalau gabung gimana caranya yak?

    ReplyDelete
  3. Penasaran gmna cara jd streamer di IDN 😄

    ReplyDelete
  4. Kadang seg2an sih, blogger kena dampaknya nggak yah.. secara follower juga dikiittt...ga bisa saftar jadi anggota ICE hehe

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Meski resesi terjadi ternyata IDN Media tetap memiliki langkah bisnis yang menarik khususnya untuk para content creator

    ReplyDelete
  7. Jadi ikut mikir juga, tahun 2023 bakal buat inovasi apa ya?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post