Review Film Bollywood Drishyam 2

Tahun 2015, ada sebuah film Bollywood yang plotnya keren banget berjudul Drishyam. Film yang diadaptasi dari film Telugu ini berkisah tentang seorang ayah yang berusaha melindungi anaknya yang tak sengaja membunuh anak seorang polisi. Diperankan oleh Ajay Devgan, sosok Vijay Salgaonkar ini sukses membuat saya terpukau. Baik dari segi akting maupun jalan cerita, film Drishyam ini benar-benar memberikan kejutan dan wawasan baru bagi penontonnya. 



Cerita Drishyam sendiri berfokus pada seorang pria paruh baya bernama Vijay Salgaonkar yang memiliki usaha TV kabel di daerah Goa. Vijay memiliki istri bernama Nandini dan 2 anak bernama Anju dan Anu. Suatu hari ia menemukan istri dan putri sulungnya Anju yang secara tidak sengaja membunuh seorang putra kepala polisi karena ancaman yang dilakukan pemuda tersebut kepada Anju. Sebagai ayah dan kepala keluarga, Vijay tak ingin baik putri dan istrinya harus mendekam di penjara. Karena itulah dia harus segera melakukan tindakan untuk menutupi kejadian tersebut.

Meski hanya seorang pria yang tak lulus sekolah dasar, Vijay memiliki otak yang cerdas dan penuh perencanaan. Dia memiliki kesukaan menonton semua jenis film. Dari film-film yang ditontonnya inilah Vijay kemudian berusaha menciptakan alibi dan menghadirkan saksi yang membuat polisi kesulitan untuk membuktikan kalau Vijay dan keluarganya melakukan kejahatan. Pada akhirnya, Vijay dan keluarganya berhasil mengecoh para polisi karena sampai akhir mereka tak menemukan bukti apapun terkait menghilangnya putra kepala polisi. 

Sebagai penonton, jujur saya sangat kagum dengan plot dari Drishyam ini. Namun di lain pihak saya merasa ada sebuah beban moral ketika sebuah film menunjukkan bahwa kejahatan bisa ditutupi meski hal tersebut dilakukan karena terpaksa. Saya juga merasa film ini bisa memberikan peluang bagi para penjahat untuk menciptakan alibi dengan melakukan permainan psikologi seperti yang dilakukan Vijay dalam film pertama Drishyam.

Lalu kemudian ternyata penulis cerita memutuskan untuk membuat sekuel dari film Drishyam yang akhirnya tayang di tahun 2021 untuk versi Telugu dan 2022 untuk versi Hindi. Tentunya saya sebagai penonton penasaran bagaimana kehidupan Vijay dan keluarga setelah berhasil menipu para polisi. Apakah mereka bisa hidup dengan tenang, atau mungkin terjadi perubahan akibat goncangan yang terjadi di masa itu?

Review Drishyam 2, saat akhirnya kebenaran muncul



Drishyam 2 mengambil latar waktu 7 tahun setelah kasus Sameer Deskmukh terjadi. Vijay kini sudah menjadi seorang pemilik bioskop di Pondolim (Goa) dan berniat untuk memproduseri filmnya sendiri. Untuk mewujudkan mimpinya ini, Vijay menjual sebagian tanahnya sebagai modal dan juga berhubungan dengan seorang penulis naskah untuk rencananya tersebut. 
 
Meski terlihat baik-baik saja, sebenarnya keluarga Vijay menyimpan bebannya sendiri atas kejadian yang pernah menimpa mereka. Anju, putri sulungnya harus menjalani perawatan karena kerap kejang setelah mengalami mimpi buruk terkait "kejahatan" yang pernah dilakukannya. Sementara Nandini istri Vijay juga merasa sangat tertekan karena rahasia keluarganya sehingga kadang ia bercerita pada Jenny, salah satu tetangga yang kerap menerima kekerasan dari suaminya. Tak hanya itu, Vijay bahkan masih sering diawasi polisi dan para tetangga juga kerap menggosipkan keluarganya terkait kasus yang pernah mereka hadapi.




Siapa sangka ternyata setelah 7 tahun, kasus kematian putra Meera Deismukh mulai menemui titik terang. Kepala polisi yang baru bertugas, Tarun Ahlawat ternyata berteman dengan Meera di masa pelatihan mereka menjadi polisi. Secara diam-diam, Meera dan Tarun sudah menyusupkan polisi bayangan untuk memantau setiap gerak-gerik Vijay sekeluarga. Mereka bahkan menyadap pembicaraan di rumah Vijay untuk bisa mendapatkan informasi terkait peristiwa yang terjadi 7 tahun sebelumnya.

Setelah bertahun-tahun melakukan pengintaian, akhirnya Meera bisa mendapatkan informasi baru terkait putra mereka yang telah meninggal. Adalah seorang pemuda bernama David Braganza yang ternyata sempat menjadi saksi saat Vijay menguburkan mayat Sameer. Berdasarkan pengakuan dari David kemudian dilakukan penggalian di tempat yang disebutkan. Benar saja, ditemukan kerangka mayat di tempat tersebut. Dengan ditemukannya kerangka mayat ini, maka keluarga Vijay mau tak mau harus kembali berhadapan dengan polisi untuk diinterogasi.

Bagi polisi dan Meera, penemuan dari mayat anaknya akan menjadi akhir dari penantian mereka untuk mendapatkan keadilan atas kematian putranya. Namun Vijay adalah pria yang memiliki banyak rencana dan akan melakukan apa saja untuk melindungi keluarganya. Meski terlihat tenang, sebenarnya selama Vijay sudah menduga rahasia lokasi mayat terbongkar. Karena itulah selama 7 tahun ia menyusun dan menyiapkan rencana jika hari terbongkarnya rahasia itu tiba.   

Lalu bagaimanakah akhirnya kisah Drishyam ini akan ditutup? Apakah Vijay akan kembali berhasil mengecoh para polisi dengan rencana yang dimilikinya?

Kesan setelah menonton film Bollywood Drishyam 2

Puas! Begitulah kesan yang saya dapatkan setelah selesai menonton film Drishyam 2 ini. Bagi saya film Drishyam 2 ini benar-benar menutup kasus yang terjadi 7 tahun sebelumnya dan memberikan banyak pelajaran bagi penontonnya. Meski mungkin tak seintens film pertamanya, sekuel dari Drishyam ini berhasil membuat kita terkaget-kaget dengan bagaimana Vijay menyusun rencananya. Terkait pesan moral sendiri, setidaknya ada 3 pelajaran yang bisa kita ambil setelah menonton film Drishyam 2 ini yakni:

Rasa bersalah akan selalu menghantui seseorang yang melakukan kejahatan

Dalam film Drishyam 2, kita bisa melihat bagaimana perubahan kondisi psikologis keluarga Salgaonkar setelah kasus Sameer menimpa mereka. Meski dibebaskan dari tuduhan, keluarga ini hidup dalam bayang-bayang kejahatan mereka di masa lalu. Vijay selama 7 tahun terus sibuk membuat rencana agar kejahatannya tak terungkap, sementara istri dan anaknya juga harus menanggung beban psikologis yang berat karena harus menyimpan rahasia kejahatan mereka.

Menyusun rencana sebaik mungkin dan mengantisipasi kemungkinan terburuk

Pelajaran ke dua yang bisa kita ambil dari film Drishyam 2 adalah pentingnya menyusun rencana dan mengantisipasti kemungkinan terburuk. Seperti yang saya tuliskan di bagian review, setelah 7 tahun ternyata lokasi mayat Sameer terungkap yang akhirnya menyeret kembali Vijay berurusan dengan polisi dan pengadilan. Namun rupanya Vijay sudah mengantisipasi hal ini dan menyusun rencana baru untuk bisa kembali meloloskan keluarganya dari jeratan hukum. 

Menjalin relasi yang baik dengan banyak orang akan membantu dalam mencapai tujuan

Untuk bisa menjalankan rencananya, Vijay menjalin relasi yang baik dengan banyak orang. Sebagai penonton mungkin kita takkan menyadari apa hubungan orang-orang ini dengan Vijay dan menganggap mereka sebagai relasi biasa. Sampai kemudian ketika Vijay ditangkap dan diadili barulah kita tahu orang-orang ini sengaja didekati Vijay untuk mewujudkan rencananya.

Demikian review film Bollywood Drishyam 2 yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Oya film ini bisa ditonton di Prime Video ya teman-teman!

9 Comments

  1. Mbaaaa menarik iih review-nya . Jadi penasaran endingnya gimana 😄👍. Film India aku bukannya ga suka, banyak film india yg aku tonton juga. Tapi ntah kenapa kalo udh berbau polisi agak males tadinya 🤣🤣. Tau sendiri kan suka lebay.

    Tapi baca review mba ini, aku bener2 pengen tahu seperti apa rencana yg tokohnya siapin utk meloloskan diri 😄. Thank youuuu referensinya mbaa. Aku masukin ke list deh.

    ReplyDelete
  2. Beberapa film hollywood yg aku nonton tuh kadang intrik.y dapet banget, terus bikin penasaran sama problem solvingny. Kek.y dirsyam ini bagus deh

    ReplyDelete
  3. Masih ada ya film India ngehits kayak Drishyam gini. Ya Allah.. efek kebanyakan baca reviu film dan drama Korea, wkwkwk...
    Ada sisi positif dan negatif dari film ini, ya, Mbak. Semoga kita tiru yg positifnya aja.

    ReplyDelete
  4. Gak semua film India aq suka. Tapi setelah melihat jalan ceritanya, menarik juga. Setelah membaca blog ini jadi penasaran googling filmnya.

    ReplyDelete
  5. waduuuhh gilee yee, bisa gitu mereka hidup selama 7 tahun dalam bayang-bayang kasus seperti ini.
    Vijay ini sebenarnya sosok Family Man banget ya, benar-benar melindungi keluarganya, bahkan sampai memikirkan sedetail itu untuk melindungi keluarga, rencananya benar-benar disimpan rapat demi keamanan keluarganya.
    yaaa ambil sisi positifnya, jangan tiru negatifnya, gitu ya pastinya pesan dari film Drishyam ini.

    ReplyDelete
  6. Malah deg2an baca review-nya, Mbak...Asli ini seru sih dan penasaran gimana endingnya..Nggak kebayang gimana mereka betah menyimpan rahasia sampai bertahun-tahun. Makanya nggak tenang hidupnya...

    ReplyDelete
  7. Mbaaaak.. aku penasaran sama endingnya. Boleh dibocorin aja nggak sih? Wkwkwk

    Aku tim yang gapapa dapat spoiler biar nggak terlalu geregetan pas nonton. 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. endingnya mereka tetap nggak ditangkap sih karena Vijay punya rencana yang sudah dipikirkan selama 7 tahun

      Delete
  8. Film pertamanya salah satu film favorit saya, bikin cape dan sesak dada.. dan saya blm nonton film keduanya ini.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post