Buku yang Terbaca di Tahun 2022



Tak terasa kita sekarang sudah berada di penghujung tahun 2022. Biasanya di akhir tahun ini akan banyak bermunculan konten atau tulisan terkait review atau catatan perjalanan hidup di sepanjang tahun. Saya pun termasuk yang memiliki kebiasaan menuliskan catatan atau rangkuman perjalanan tersebut. Kali ini mungkin reviewnya akan saya bagi dua yakni review buku yang terbaca dan review perjalanan 

Tentang review buku yang terbaca sendiri sudah saya tuliskan. Setiap tahunnya saya memang cukup rutin mengikuti goodreads reading challenge yang ada di. Setiap tahun jumlah target buku yang saya masukkan selalu berbeda-beda tergantung seberapa banyak saya bisa menyelesaikan buku di tahun sebelumnya. Untuk tahun 2022 ini, saya memutuskan menantang diri membaca 32 buku dan alhamdulillah target tersebut bisa tercapai dengan jumlah buku terbaca sebanyak 32 buku. 

Buku-buku yang saya baca di tahun 2022 sendiri cukup bervariasi mulai dari novel fiksi, buku traveling, biografi, parenting dan juga buku pengembangan diri. Rata-rata buku saya baca lewat aplikasi buku digital baik yang gratis ataupun berbayar dan juga buku fisik yang saya beli, pinjam dan dapatkan dari menang lomba. Ada satu buku juga yang saya selesaikan lewat aplikasi audiobook. Yah, walaupun aslinya buku tersebut didengarkan tapi anggap saja saya sudah membacanya, ya. Hehe.

Lalu buku apa saja yang berhasil saya tuntaskan di tahun 2022 ini? Berikut adalah daftarnya:
  1.  Persona - Fakhrisina Amalia
  2. All You Need is Love - Fakhrisina Amalia
  3. Catatan Hati Krisdayanti - Alberthiene Endah
  4. Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay - Astrid W.E.N
  5. The Whole Nine Year - Pia Devina
  6. Algoritme Rasa - Pradnya Paramitha
  7. Second Chance - Flara Deviana
  8. Selamat Tinggal - Tere Liye
  9. Ganjil Genap - Almira Bastari
  10. Scars and Other Beautiful Things - Winna Efendi
  11. Progressnya Berapa Persen? - Soraya Nasution
  12. You Do You - Fellexandro Ruby
  13. Ayana : Journey to Islam - Ayana Moon
  14. Over the Moon - Soraya Nasution
  15. After Wedding Agreement - Mia Chuz
  16. Rapijali 1 Mencari - Dee Lestari
  17. Membeli Ibu - Riawani Elyta
  18. Rapijali 2 Menjadi - Dee Lestari
  19. Hypnotic Diary #Diet Kenyang - Dewi Hughes
  20. Jelajah Tiga Daulah : Journey to Samarkand - Marfuah Panji Astuti
  21. Rapijali 3 Kembali - Dee Lestari
  22. Rectosession - Ayunita Kuraisy
  23. Midnight Tea - Moseebo
  24. Lika Liku Luka - Seplia
  25. Jadi Orang Tua Ada Strateginya - Adele Faber, Elaine Mazlish
  26. #TemanTapi Menikah - Living in Campervan - Ayudita C, Ditto Percussion
  27. Happy Ending Machine - Adelina Ayu
  28. The Law of Attraction Plain and Simple - Sonia Ricotti
  29. Beri Aku Cerita yang Tak Biasa
  30. Life After Marriage - Winka Lusia
  31. Goodbye, Things - Fumio Sasaki
  32. Serangkai - Valerie Patkar




Buku yang paling berkesan di tahun 2022

Setelah menuliskan daftar buku yang sudah berhasil ditamatkan di tahun 2022, tentunya akan lebih lengkap kalau saya menuliskan beberapa buku yang saya anggap paling berkesan untuk tahun 2022 ini. Dari 32 buku yang berhasil saya tamatkan, ada 5 buku yang bisa dibilang paling memberikan kesan setelah saya baca. Buku-buku tersebut adalah:

You Do You - Fellexandro Ruby



Buku You Do You merupakan sebuah buku pengembangan diri yang ditulis oleh Fellexandro Ruby, yang dikenal dengan podcast thirtydaysatslunch-nya. Saya menemukan buku ini di rekomendasi aplikasi baca buku yang saya miliki sebagai buku best seller. Saya pun mengunduh buku ini dan langsung jatuh cinta dengan pembahasan yang ada di buku ini. 

Dalam bukunya, Ruby mengajak pembaca untuk bisa mengenali dirinya terlebih dahulu lewat konsep Ikigai, mengenal jam kerja tubuh, memupuk kebiasaan baik lewat, menjalin relasi, meningkatkan kompetensi diri hingga juga ke urusan finansial. Semua pembahasan di buku ini dibahas dengan ringan dan praktikable. Kita tak harus membaca bab secara berurutan namun bisa membacanya sesuai dengan topik yang ingin dibaca. Saya sendiri benar-benar merasa tercerahkan setelah membaca buku ini. Wajar banget kalau buku ini jadi best seller di tahun 2022 ini. 

Algoritme Rasa- Pradnya Paramitha



Algoritme Rasa adalah sebuah novel fiksi dengan tokoh utamanya seorang programmer bernama Junia Padma. Junia dimintai tolong oleh mantan pacar sahabatnya untuk merekatkan kembali hubungan yang pernah putus. Karena Junia juga tidak menyukai tunangan sahabatnya, maka ia pun bersedia membantu Bhisma, mantan pacar sahabatanya. Untuk itu, Junia dan Bhisma kemudian berpura-pura dekat untuk menghadirkan rasa cemburu di hati Sandra dengan harapan Sandra putus dari tunangannya. Seiring dengan kedekatan mereka, rupanya tumbuh rasa tak biasa dari Sandra kepada Bhisma. Bagaimanakah akhir dari cerita cinta ini?

Hal yang membuat saya terkesan dengan novel ini adalah plot twist yang diberikan di pertengahan cerita. Jujur saat membaca novel ini di paruh pertamanya, saya dengan jumawa mengatakan kalau plotnya sudah terbaca. Ternyata saya kecele karena sebuah kejutan yang kemudian diberikan oleh penulis yang berhasil menjungkirbalikkan jalan ceritanya. Selain itu penulis juga memiliki pendalaman yang baik terkait topik yang dituliskannya membuat saya sebagai pembaca juga jadi lebih tahu tentang dunia programmer. 

My Life, My Secret - Catatan Hati Krisdayanti - Alberthiene Endah



Krisdayanti merupakan seorang Diva yang memiliki banyak kisah. Ia dikenal sebagai sosok artis yang selalu rendah hati dan jujur dalam perkataannya. Tentunya kita masih ingat dong bagaimana Krisdayanti dengan jujur mengungkapkan gajinya sebagai anggota dewan beberapa waktu yang lalu. Belum lagi skandal terbesarnya yakni perceraian dengan Anang akibat perselingkuhan dan sempat terputus hubungan dengan anak-anaknya karena lebih memilih suami barunya. Untungnya sekarang kehidupan dua keluarga Krisdayanti - Anang ini sudah lebih harmonis sejak pernikahan putri sulungnya dengan Atta Halilintar.

Buku biografi Krisdayanti ini sendiri ditulis sebelum perceraiannya dengan Anang. Dalam buku ini Krisdayanti bercerita tentang masa kecilnya dan bagaimana ia memulai karir sebagai penyanyi dari bawah. Lalu juga ada cerita bagaimana Krisdayanti bertemu dengan anang, menikah dan menjalani rumah tangga yang rumit dengan sosok Anang yang keras. Krisdayanti juga berkisah tentang kecanduan narkoba yang sempat dialaminya dan tentu saja kisah implan payudara yang dilakukannya agar tetap eksis di dunia keartisan. Sebuah buku yang menarik tentang seorang Diva Indonesia. 

Rectosession - Ayunita Kuraisy



Rectossession merupakan sebuah novel dengan latar belakang dunia perbankan dengan dua tokoh utama yang kalau kata saya too good to be true. Tokoh utama perempuannya seorang manajer bank bernama Alyanata berparas cantik dengan latar belakang keluarga terpandang. Sayangnya Alya yang cantik dan nyaris sempurna ini harus menyimpan luka karena sahabat yang disukainya memilih wanita lain. 

Di hari pertunangan sang sahabat, Alya bertemu dengan Radit seorang pria yang bekerja sebagai konsultan keuangan. Radit mewakili sosok pria idaman kaum hawa dengan wajah tampan, karir mapan dan perilaku sopan. Karena urusan pekerjaan, baik Alya maupun Radit mulai sering bertemu dan lama kelamaan Alya pun merasa nyaman dengan kehadiran Radit. Sayangnya karena Alya terlalu lama menyimpan rasa pada sahabatnya, itu membuatnya kesulitan membuka hati untuk Radit. Apakah akhirnya keduanya akan bersatu?

Membaca novel ini sebenarnya mengingatkan saya dengan novel-novel Ika Natassa dengan karakter tokoh utamanya yang tipe alpha baik pria maupun wanitanya. Meskipun cerita pada novel ini terbilang bisa terbaca dan konfliknya juga terasa lambat hadir, setidaknya saya merasa terhibur dengan gaya penulisan penulis yang nyaman untuk dibaca.  

Hypnotic Diary #Diet Kenyang - Dewi Hughes



Buku terakhir yang membuat saya terkesan di tahun 2022 ini adalah Hypnotic Diary #DietKenyang dari Dewi Hughes. Buku ini merupakan catatan dari perjalanan Mbak Dewi Hughes yang berhasil menurunkan berat badannya hingga 80 kg karena menderita sakit pinggang dan syaraf kejepit. Keinginan yang besar untuk bisa sembuh dari sakitnya ini membuat Dewi Hughes melakukan berbagai pencarian terkait bagaimana orang-orang bisa hidup sehat dalam waktu yang lama. 

Dari sinilah akhirnya Dewi Hughes menemukan cara untuknya bisa sembuh dengan memperbaiki makanan yang masuk ke tubuh yang memberikan bonus tubuh kurus dan sehat. Tak hanya dari makanan, program #DietKenyang Dewi Hughes juga melibatkan proses hypnoterapi (pengelolaan hati dan pikiran) agar kita bisa konsisten menjalankannya. Jujur nih saya masih belum bisa menjalankan Diet Kenyang ini namun tentunya ilmu yang saya dapat dari buku ini sangat bermanfaat bagi saya. 

Itulah dia review buku-buku yang terbaca di tahun 2022 ini. Alhamdulillah target bacaan saya bisa tercapai. Semoga tahun 2023 nanti saya bisa tetap konsisten membaca buku baik itu buku fisik maupun buku digital. Bagaimana dengan teman-teman? Apa buku paling berkesan yang dibaca di tahun 2022 ini?

13 Comments

  1. Aku jadi pengen cari buku yg algoritma rasa. Penasaran plot twist nya. Soalnya aku pun suka buku2 dengan plot twist yg jungkir balik mba 😄

    Tahun ini targetku 60, dan alhamdulillah tercapai. Semuanya aku tulis di blog khusus buku dan goodreads juga .

    Sejak resign aku jadi kecanduan bikin target membaca, Krn utk isi waktu juga mba. Seneng aja rasanya kalo target bisa tercapaim jadi kepengen nambah utk THN depannya. Biar ada improvement 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren mbak bisa bikin review semua buku yang sudah dibaca. kalau saya paling ngasih rating dan pendapat singkat aja. hihi. saya juga sejak beberapa tahun terakhir selalu bikin target membaca biar ada semangat buat terus baca buku

      Delete
  2. Aku udh lama banget baca buku krisdayanti itu agak tercengang ya liat banyak pengakuannya yang sangat jujur. Aku tahun ini banyak baca buku tapi entah kenapa cepat bosan jd ngak kelar tuntas. Tahun depan harus lebih baik lagi nih hehehe

    ReplyDelete
  3. Wih keren banget dan rajin. banyak juga buku bacaan yang sudah dibaca selama tahun 2022... Dari beberapa buku yang disebutkan diatas, aku baru tau yang You Do You, bukunya bagus banget dan layak banget dibaca sih.. Kalau untuk yang lainnya ak belum pernah denger dan lihat

    ReplyDelete
  4. Rajin banget mbak nyatat buku yg udah dibaca. Dan banyak buku di list yg blm saya baca nih. Emang bener habis baca ditulis review ya minimal kasih catatan di goodreads biar jadi pengingat.

    Buku yg karya Dewi Hughes bisa dibeli di mana? Pengeen.

    ReplyDelete
  5. 32 buku dlm 1 th ini bagiku pencapaian yg cukup wow, mba.. Mengingat jml tak seberapa buku yg berhasil kubaca habis di tahun ini. Terus terang aku masih harus mengembalikan minat bacaku yg sdg menguap..

    ReplyDelete
  6. Banyak juga ya mbak 32 buku. Aku sendiri kayanya ngga sampai 10. Aku pengen baca juga kisah Dewi Hughes deh, inspiring sepertinya

    ReplyDelete
  7. Sebuah pencapaian yang menakjubkan bisa menyelesaikan 32 judul buku dalam 1 tahun. Saya sendiri hanya selesai baca 3 buku saja, "Yuni", "Katarsis", dan "Gadis Kretek". Itu pun karena ada kaitannya dengan film.

    Sementara series Rapijali baru mau mulai baca tahun ini.

    ReplyDelete
  8. Begitu banyak buku yang dibaca. Tahun ini rasanya aku hanya menargetkan lebih sedikit buku. Aku ingin lebih banyak baca tulisan teman-teman sih.

    Tapi, keren banget sih bisa baca buku sebanyak itu.

    ReplyDelete
  9. Wah ada bukunya Fumio Sasaki juga 🤩

    Itu buku-buku yang mbak Antung baca, buku cetak atau elektronik? Keren loh bisa ngabisin buku seabrek itu dalam setahun.

    Rasanya aku perlu nyintej dirimu nih mbak dalam hal membaca buku.

    ReplyDelete
  10. Buku Diet Kenyang ini aku juga baca... Rasanya kagum sekali dengan ketekunan dan kegigihan Dewi Hughes untuk menjalani pola hidup sehat. Tapi aku pernah ikutan mencoba daaaan.. GAGAL.
    Huhu...Sungguh luar biasa Dewi Hughes ini.

    Untuk buku yang ku baca di sepanjang tahun 2022 ini sepertinya gak banyak dan ada beberapa bulan yang beneran kosong gak baca buku apalagi bikin resensi, hiiks~

    Semoga 2023 lebih semangat lagi..
    Bismillah~

    ReplyDelete
  11. Mbak Antung hebat banget dalam setahun menyelesaikan membaca sebanyak 32 buku. Saya mah apa..
    Nampaknya buku berjudul Algoritme Rasa ini menarik untuk dibaca, saya tertarik sama plot twist nya. Kalau dalam sebuah buku banyak kejutannya maka akan semakin menarik untuk dibaca dan pasti akan membekas dihati ya.
    Trims for sharing mbak Antung ^^

    ReplyDelete
Previous Post Next Post