Review Buku Diet Kenyang Hypnotic Diary ala Dewi Hughes



Di masa saya SMA dulu, ada satu nama pembawa acara talk show yang cukup mencuri perhatian. Sosoknya identik dengan ukuran tubuh yang besar dengan rambut pendek yang disemir warna-warni. Talk show yang dibawakannya diadakan di jam tengah malam dengan sebutan Angin Malam. Meski ditayangkan tengah malam, acara talk show ini memiliki rating yang cukup tinggi di kalangan pemirsa berkat kepiawaian host-nya dalam membawakan acara. Nama pembawa acara tersebut adalah Dewi Hughes.

Setelah lama tak terdengar, sekitar tahun 2017 Dewi Hughes kembali mencuri perhatian. Kali ini lewat perubahan drastis yang ada pada fisiknya. Jika dulu Dewi Hughes memiliki badan yang besar dengan bobot mencapai 150 kg, maka di tahun 2017 Dewi Hughes muncul dengan badan yang kurus yakni 70 kg. Ternyata Dewi Hughes berhasil menurunkan lebih dari 80 kg berat badannya hanya dalam waktu 18 bulan. Apakah Dewi Hughes sakit atau diet ketat? Pastinya begitu dong pertanyaan yang muncul dari para penonton.

Nah, rupanya selama 18 bulan sejak tahun 2016 Dewi Hughes menjalankan sebuah pola hidup baru yang kemudian populer dengan sebutan #DietKenyang. Nah, berhubung saya saat ini sedang mencari metode terbaik untuk menurunkan berat badan, tentunya penasaran dong dengan metode #DietKenyang yang dijalani oleh Mbak Dewi Hughes ini. Apakah benar Mbak Dewi Hughes hanya makan makanan mentah dan tidak makan nasi? 

Untungnya di aplikasi Ipusnas saya menemukan 2 buku Dewi Hughes terkait #DietKenyang yang ia jalani. Buku pertama #DietKenyang Hypnotic Diary yang merupakan catatan terkait bagaimana Dewi Hughes menemukan program Diet Kenyang dan buku ke dua adalah #DietKenyang dengan Cooking Hypnoteraphy yang merupakan kumpulan resep disertai beberapa kalimat-kalimat bijak terkait kehidupan kita. Lewat 2 buku ini saya mendapat sebuah pemahaman baru tentang esensi makan dan juga kaitannya dengan Allah sebagai pencipta. Bagaimana isi dari buku #DietKenyang Hypnotic Diary? Berikut rangkumannya. 

#DietKenyang lahir dari hasil kontemplasi Dewi Hughes saat dilanda sakit 

Program Diet Kenyang bermula dari bagaimana Dewi Hughes di usia 45 tahun di tahun 2016 mengalami sakit pinggang dan syaraf kejepit yang membuatnya tak bisa bangun dari tempat tidur. Keterbatasan dalam beraktivitas ini membuat Dewi Hughes mulai melakukan perenungan dan kontemplasi atas perjalanan hidupnya. Ia kemudian menemukan video di mana para lansia di suatu daerah bisa hidup sehat dan tetap aktif di masa tua mereka. Hal ini kemudian melahirkan pertanyaan di benak Hughes, apa yang dilakukan para lansia ini hingga bisa tetap bugar di masa tua?

Setelah melakukan analisa, Dewi Hughes menyimpulkan ternyata rahasia dari tubuh sehat dan bugar itu ada pada makanan yang dikonsumsi para lansia ini. Alih-alih mengkonsumsi makanan olahan, para lansia tersebut mengkonsumsi bahan makanan asli (real food) seperti kacang-kacangan, buah, sayur dan umbi yang ditanam di bumi tanpa banyak proses pengolahan. Dari sinilah Dewi Hughes kemudian terinspirasi itu menjalankan pola hidup dengan mengkonsumsi real food tersebut. 

#DietKenyang mengkonsumsi makanan real yang tumbuh di alam dan disinari matahari

Dalam menjalankan Diet Kenyang, makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang tumbuh langsung dari alam dan disinari matahari tanpa melalui proses pemasaran atau pengolahan yang panjang dan juga tanpa gula dan garam. Kalau makanan yang dikonsumsi adalah buah, tentunya akan mudah memakannya secara langsung. Tapi bagaimana dengan sayur yang kadang tak semua orang menyukainya? Nah, untuk sayur kita bisa mengkonsumsinya dengan menjadikannya jus yang dicampur dengan buah atau bisa juga dijadikan salad dengan menambahkan bumbu tambahan seperti sambal mentah. 

Selain mengutamakan makanan yang tumbuh di alam dan disinari matahari langsung, Dewi Hughes juga tidak mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat. Seperti yang kita tahu, nasi memiliki kadar indeks glikemik yang tinggi yang bisa membawa risiko penyakit diabetes. Selain itu kadar gula pada nasi juga kerap dijadikan penyebab dari sulitnya menurunkan berat badan jika seseorang masih banyak mengkonsumsi nasi. Sebagai gantinya, ia mengkonsumsi ubi-ubian dan ada juga makanan bernama barley atau jali-jali yang bisa dijadikan pengganti nasi. 

#DietKenyang harus diiringi dengan hypnoterapi agar bisa konsisten

Selain mengkonsumsi makanan real food, Diet Kenyang juga harus diiringi dengan hypnoterapi agar bisa selalu konsisten menjalankannya. Pada praktiknya, memang pastinya akan ada masa di mana kita ingin mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat. Kalau dalam dunia diet, ada sebutan cheating day yang membolehkan seseorang mengkonsumsi makanan di luar program dietnya. Nah, dalam program Diet Kenyang, hypnoterapi diperlukan untuk membantu mengontrol pikiran kita saat akan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. 

Dewi Hughes sendiri adalah seorang hypnoterapi bersertifikat. Tentunya tidak sulit baginya untuk melakukan hypnoterapi bagi diri sendiri terkait kontrol dan pengendalian pikiran ini. Lalu bagaimana dengan kita yang orang awam ini? Apakah harus kursus hypnoterapi juga untuk bisa melakukan hypnoterapi bagi diri sendiri? Untungnya nih dalam buku ini serta dalam video youtube maupun instagramnya Mbak Dewi Hughes membagikan berbagai tips dan kalimat yang bisa digunakan agar kita bisa belajar mengontrol pikiran kita. 

#DietKenyang merupakan sebuah perjalanan spiritual

Tak hanya sebuah program untuk menjadi lebih sehat dengan langsing sebagai bonusnya, bagi Dewi Hughes, Diet Kenyang juga merupakan perjalanan spiritual dalam mendekatkan diri kepada Allah. Melalui Diet Kenyang, Dewi Hughes diajak untuk belajar kembali tentang cara menghargai diri sendiri dan makanan yang kita berikan untuk tubuh kita. Dalam buku ini, Dewi Hughes juga menekankan bagaimana pentingnya kita untuk bisa menemukan kebahagiaan dalam diri dengan cara banyak-banyak bersyukur pada Allah SWT. Jika hati kita terasa bahagia, maka kita juga akan bisa mengontrol


Kesan setelah membaca buku Diet Kenyang Hypnotic diary

Membaca buku Diet Kenyang Hypnotic Diary dari Dewi Hughes ini merupakan sebuah pencerahan baru bagi saya. Melalui catatan harian yang ada dalam buku ini, saya dibuat ngiler dan semakin berniat untuk lebih banyak makan sayur seperti yang dilakukan Mbak Dewi Hughes. Bagaimana tidak? Selain catatan harian, Mbak Dewi Hughes juga menyelipkan resep-resep buatannya yang membuat sayuran yang tidak saya sukai terlihat menggoda untuk dimakan. 

Bicara soal menu makanan Diet Kenyang yang minim karbo dan sangat banyak serat tentunya saya tak memiliki kapasitas untuk menilainya mengingat saya bukan ahli gizi. Namun dari sedikit yang saya ketahui, memang ada banyak anjuran untuk mengurangi karbo dan memperbanyak protein dan serat dalam upaya menurunkan berat badan dan agar tubuh lebih sehat. Saya sendiri secara pribadi mungkin takkan bisa full mengikuti pola makan Diet Kenyang ini namun dari segi filosofi-nya saya sangat setuju. 

Kemampuan menghipnotis yang dimiliki Mbak Dewi Hughes sendiri bisa saya rasakan lewat tulisannya di buku ini. Setiap tulisan memberikan efek positif bagi saya sebagai pembaca dan juga membuat saya merenungi tentang banyak hal salah satunya tentang pentingnya bersyukur akan nikmat Allah. Saya senang sekali ternyata buku tak hanya sebuah buku tentang diet namun juga tentang sebuah perjalanan spiritual untuk terus memperbaiki diri dan juga pola pikir kita. 

 

27 Comments

  1. Sudah sebanyak itu ya usianya Dewi Hughes ini? Iya sih, emang blio dulu salah satu presenter favoritku. Menghilang sekian lama, ternyata blio mengalami sakit ya.

    Diet sebagai perjalanan spiritual ya, hmm...agak dalem juga ya.

    ReplyDelete
  2. salut ya akan usaha Dewi hughes utk ttp sehat melalui diet yg dijalaninya. jadi penasadan pengen bac bukunya juga nih.. terima kasih sdh berbagi bacaan menarik ini ya..

    ReplyDelete
  3. makasih reviewnya

    ReplyDelete
  4. Transformasi Dewi Hughes jadi langsing memang manglingi, nyaris tak dikenali. Saya tahunya metode langsing dia minum air kurma ya. Sepertinya buku ini menginspirasi

    ReplyDelete
  5. Sepertinya untuk diet seperti yang diajarkan Dewi Hughes perihal mengurangi makanan yang berbahan dasar nasi, masih susah dilakukan.
    Namun jika memperbanyak sayuran dan buah-buahan serta olahraga rutin dan minum air putih masih bisa dipertimbangkan untuk terus dilakukan

    ReplyDelete
  6. Aku suka buku-buku mengenai diet. Karena kebetulan juga sebelum diet kudu banyak refrensi.
    Akhirnya aku memutuskan bahwa diet seseorang belum tentu cocok dan sesuai dengan diet lainnya.

    ReplyDelete
  7. Wah keren banget nih kalau seperti ini, saya juga banyak sekali hal-hal yang tidak bisa saya makan tapi saya sukai. Adakah resepnya agar bisa makan dengan nyaman dan bisa menghilangkan perasaan tidak enakan seperti ini yaa..

    ReplyDelete
  8. real food, sinar matahari, olharaga dan hipnosis ya mbak. bahwa diet itu bukan sesuatu yang menyiksa,tapi bisa mengenyangkan. fanatsis banget hampir setengahny turun y

    ReplyDelete
  9. dari hasil kontemplasi saat sakit lalu termotivasi merubah gaya hidup dan pola makan ya mba, keren sih ini patut diapresiasi apalagi memang terbukti dengan diet sehat kenyangnya Dewi Hughes pangling banget

    ReplyDelete
  10. Suka Dewi Hughes yang sehat, tapi entah mengapa sudah terbiasa dengan pipi gembilnya. Ternyata model dietnya kaya gitu ya. Sebagai pecinta nasi, masih jadi PR nih

    ReplyDelete
  11. Dewi Hughes emang keren banget sih transformasi tubuhnya. ga bisa dipungkiri pasti tiap orang hasilnya beda2 walau dietnya sama. strugglenya.
    tp balik lagi yaa, proses nggak menghianati hasil. bisa dicoba kalau udah siap dan rajin nih yaa

    ReplyDelete
  12. Salut sama Dewi dengan program sehat diet kenyangnya ini dia berhasil menurunkan berat badan dengan sesuai dan bahagia. Tentu butuh kerja keras dan konsistensi agar diet berjalan alami dan tidak menyusahkan diri sendiri. Jadi kepengen ngikutin caranya nih.

    ReplyDelete
  13. Kalau 70kg terlihat kurus, berarti Mbak Dewi Hughes tingginya berapa ya? Aku tuh suka sama Dewi Hughes waktu beliau jadi MC untuk acara anak-anak

    ReplyDelete
  14. Kaget juga dengan penampilan terbaru Hughes. Ternyata bisa yah kalau emang ada niat dan aksi. Lebih seger juga Hughes sekarang. Eman cocok #DietKenyang ala Hughes biar bisa langsing tapi tetep sehat.

    ReplyDelete
  15. Aku sudah lama banget tak mendengar kabar tentang Dewi Hughes..Eh pada suatu ketika bertemu dengan instagramnya, dan kaget dong melihat penampilannya yang beda 360 derajat. Semua itu berkat usahanya agar hidup lebih sehat. Nah kalau mau diet berhasil, mau lebih kurus, mau lebih sehat, emang gak ada salahnya mengikuti pola makan Mbak Hughes

    ReplyDelete
  16. kalo buah untuk diet enak ya mba, gak perlu diproses masak tapi kalo sayur, mau gak mau dijadikan smoothies

    ReplyDelete
  17. Aku suka baca buku Dewi Hughes #DietKenyang karena sebenernya, aku lagi cari-cari metode diet yang pas buat tubuhku. Tapi visual buku Dewi Hughes kali ini luar biasa. Bukunya persis buku resep yaa.. dan lengkap dengan nilai gizi setiap menu sajian #DietKenyang

    Sayangnya, ilmu konsisten itu berat.
    Huhu..makanya aku hanya bertahan 2 minggu ikut metode ini. Badanku lemeess.. Mungkin memasuki fasa detoks yaa.. di seminggu pertamanya. Ini berat banget sih... Apalagi emak-emak padat karya. huhu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga nggak bisa ngikutin full, mbak. tapi pengen coba resepnya dan hypnoterapinya

      Delete
  18. Aku sudah coba baca buku ini mbak
    Pengen banget bisa sukses diet seperti Dewi Hughes ini
    Tapi ya gitu, aku nggak konsisten dietnya
    Huhuhu

    ReplyDelete
  19. Saya mengikuti Dewi Hughes mulai dia gemuk, beliau top meski gemuk tapi PD dan memberikan kesan kpd masyarakat bahwa terkenal masuk TV tidak harus memiliki badan bak model.
    Setelah sempat menghilang eeh muncul kembali dg bentuk tubuh yg jauh berbeda. Pola diet Dewi Hughes baguss dan menyehatkan

    ReplyDelete
  20. Buku yang sangat bermanfaat ya. Tapi bwnar juga itu saya pun tidak makan nasib mencoba dengan umbi dan kacang-kacangan iya secara signifikan berat badan berkurang

    ReplyDelete
  21. Akhirnya aku bisa baca review buku ini!
    . ambang kenyamanan itu yang harus diubah mindset nya ya agar selaras dengan Alam dan tubuh

    ReplyDelete
  22. dia itu hypnoterapi ya emang soale dulu kan sama sekarang bisa ciutttt banget aku pengen kayak dia juga kurus dan cantik lebih muda bukan diet sembarang diet yg pasti ya

    ReplyDelete
  23. Aku juga terkejut waktu itu ka, penampilannya bisa kurus dengan makan yang alami, butuh kesabaran banget dan gltahan godaan ya kak, mungkin berhasilnya karena hypnoterapinya juga ya ka

    ReplyDelete
  24. Saya kok suka banget ya dengan Mbak Hughes saat bicara di depan kamera, inner positivenya ituloh kerasa banget. Saya sering nonton youtubenya dan punya buku yang direview ini versi digital hehehe. Buku ini sangat menginspirasi saya juga untuk mengubah pola makan agar lebih sehat

    ReplyDelete
  25. Kapan gitu aku download di granedia digital buku ini tapi belom sempat kebaca
    Makasih Kak udah bikin reviewnya jadi pengen kelarin baca juga.

    ReplyDelete
  26. jujur kalau ngga dengar suaranya, ngga nyangka itu mba Dewu Hughes, sedahsyat itu perubahannya ya,, face nya ikut berubah.. tapi begitu ngomong, sorot mata dan suaranya baru kelihatan. bukunya sangat menginspirasi.. mau nurunin 3-4 kg aja susahnya,. ini 90 kg !

    ReplyDelete
Previous Post Next Post