Memanfaatkan Internet untuk Pengasuhan Anak



Menjadi seorang ibu membuat saya belajar banyak hal. Mulai dari belajar menyusui, merawat bayi hingga sekarang ketika anak-anak mulai beranjak balita, saya pun harus belajar kembali terkait emosi diri. Bayangkan saja, dengan kelakuan mereka yang bermacam-macam kadang saya harus menahan diri untuk tidak mengamuk atau memarahi mereka. Mau tidak mau saya pun harus terus mengupgrade diri agar bisa membesarkan anak-anak saya dengan baik.

Bicara soal belajar saya jadi ingat pengalaman saat saya melahirkan anak pertama dulu. Waktu itu saya sempat mengalami kesulitan menyusui anak pertama karena ternyata saya memiliki puting yang datar. Benar-benar sebuah hal yang tidak saya duga sebelumnya. Alhasil anak sempat mengalami dehidrasi karena kombinasi ASI saya yang tak kunjung keluar dan puting datar yang membuatnya tak bisa menyusu langsung ke payudara saya.

Karena ngotot ingin menyusui anak secara langsung, saya pun mencari cara untuk bisa mengatasi masalah ini. Beruntung saat itu saya menemukan banyak informasi dan video terkait cara menyusui anak di channel youtube. Jadi saat anak tidur saya habiskan waktu. Alhamdulillah setelah 1 bulan akhirnya Yumna bisa menyusu langsung dari payudara saya.


Memanfaatkan internet dalam pengasuhan anak

Internet saat ini bisa dibilang sudah menjadi salah satu kebutuhan kita sehari-hari. Manfaat internet bisa kita rasakan di berbagai lini kehidupan. Mulai dari bidang pendidikan, hiburan, komunikasi hingga transaksi ekonomi sekarang sangat bergantung pada internet. 

Dalam hal parenting atau pengasuhan anak, orang tua sekarang juga sangat terbantu dengan kehadiran internet. Tak hanya berguna dalam hal mencari informasi terkait perawatan bayi atau pendidikan anak, sekarang orang tua juga bisa memanfaatkan internet untuk hal-hal lain yang lebih besar. Berikut adalah beberapa kegiatan terkait pengasuhan anak yang memanfaatkan jaringan internet:  

Bergabung dengan komunitas Parenting

Salah satu cara untuk terus mengupgrade diri kita sebagai orang tua adalah dengan mengikuti komunitas parenting. Saat ini ada cukup banyak komunitas parenting yang bisa diikuti orang tua baik itu secara online maupun offline. Mengikuti komunitas parenting akan sangat membantu orang tua dalam hal menghadapi berbagai masalah seputar parenting dan rumah tangga. 

Biasanya komunitas parenting ini memiliki banyak program yang bisa meningkatkan skill dan kemampuan para anggotanya. Jadi bukan hanya seputar dunia pengasuhan, ibu juga akan mendapat ilmu lain ang sangat bermanfaat. Selain itu bergabung dengan komunitas parenting juga bisa menambah jaringan pertemanan kita di dunia nyata maupun media sosial.


Mengikuti webinar parenting

Sebelum wabah Corona melanda, orang tua yang ingin menambah ilmu seputar parenting mungkin harus meluangkan waktu untuk berhadir secara tatap muka di acara seminar parenting. Namun untuk sekarang, orang tua sudah bisa mengikuti berbagai seminar parenting melalui layar komputer atau handphone mereka. Pastinya ini sangat membantu bagi orang tua yang mungkin tinggal di daerah dan tidak bisa menghadiri seminar secara tatap muka.
 
Tak hanya lewat webinar, kelas parenting juga bisa dilakukan lewat aplikasi whatsapp. Dalam hal ini nara sumber akan memberikan materi secara tertulis ataupun pesan suara untuk disimak oleh para peserta kelas. Setelah materi dibagikan, peserta kelas bisa mengajukan pertanyaan seputar materi yang diberikan tersebut. 

Membaca buku digital terkait parenting 

Bagi mereka yang gemar membaca, buku merupakan salah satu rujukan utama untuk bisa menambah ilmu dan mengembangkan diri. Ada banyak buku yang terbit terkait dunia pengasuhan anak. Orang tua bisa memilih buku parenting sesuai dengan kebutuhan dan value keluarga mereka. 
 
Selain lewat bentuk buku fisik, sekarang kita juga bisa membaca buku parenting lewat aplikasi buku digital. Saat ini sudah ada beberapa aplikasi buku digital yang bisa membantu para orang tua untuk bisa mencari ilmu lewat buku parenting yang disediakan di aplikasi buku digital tersebut. Ibu bisa memilih aplikasi buku gratis seperti Ipusnas atau yang menggunakan sistem berlangganan seperti Gramedia Digital yang memungkinan pembaca mengunduh beberapa buku dengan biaya langganan.

Konsultasi dokter lewat aplikasi kesehatan

Tak hanya bicara soal pengasuhan, dunia parenting juga mencakup masalah kesehatan untuk anak-anak kita. Bayangkan saat anak kita tiba-tiba sakit saat hari Minggu atau tanggal merah. Pastilah sebagai orang tua kita akan kebingungan harus konsultasi ke mana mengingat praktik dokter biasanya libur di akhir pekan. Untungnya sekarang sudah ada berbagai aplikasi kesehatan yang memiliki fitur konsultasi dokter secara online di dalamnya. Dengan adanya aplikasi kesehatan ini orang tua bisa berkonsultasi kepada dokter terkait gejala penyakit yang dialami anak bahkan juga mendapatkan resep untuk penyakit tersebut. 

Bimbingan belajar online untuk membantu anak belajar

Manfaat lain dari internet yang bisa dimanfaatkan dalam hal mendidik anak adalah kehadiran bimbingan belajar online yang sekarang sedang menjamur. Kadang orang tua mengalami kesulitan dalam mendampingi anak saat proses belajar. Entah itu karena materinya yang tidak dikuasai atau juga karena kesibukan para orang tua. Jika dulu untuk bisa mendapatkan bimbingan belajar harus lewat kelas tatap muka, maka sekarang sudah hadir berbagai kelas bimbel online dengan metodenya yang inovatif dan harga yang pastinya lebih terjangkau. 

Memanfaatkan teknologi internet dalam hal pengasuhan anak merupakan salah satu upaya orang tua agar bisa menjadi orang tua yang lebih baik. Tentunya untuk itu diperlukan jaringan internet yang baik untuk bisa memperoleh informasi yang kita perlukan terkait pengasuhan anak. 

IndiHome merupakan salah satu layanan internet dari Telkom Indobesia yang memiliki jangkauan yang luas dan kecepatan tinggi hingga 300 MBPs. Pelanggan bisa memilih paket langganan sesuai dengan kebutuhan keluarga. Menggunakan  IndiHome untuk membantu kita mencari ilmu seputar pengasuhan anak pastinya menjadi pilihan yang tepat. 

13 Comments

  1. Saya baru mengerti kenapa internet ini membawa efek baik dan tidak dengan begitu kita bisa memahami posisi sebagai orang tua agar anak tidak terjerumus ke hal negatif

    ReplyDelete
  2. Jujur aja, mayoritas ilmu parenting yang bisa saya dapatkan dari internet! Dari ikut zoominar, terus jadi kepo baca buku tertentu untuk memperdalam ilmu parenting tersebut. Kita pasti bisa jadi orang tua lebih baik

    ReplyDelete
  3. Banyak sekali manfaat internet untuk pengasuhan anak yah.jadi catatan buat saya yang masih single hehe. indiHome memang jangkauannya luas, sebagai warga sumatera barat saya kayaknya hanya tau indiHome.

    ReplyDelete
  4. Aku rasa internet ini udah menjadi semacam kebutuhan pokok yang enggak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sekarang ya mba, manfaatnya kerasa di semua aspek

    ReplyDelete
  5. Emang banyak banget ya ilmu parenting yg bisa didapet dari internet ini, dari ikutan komunitas sampai bisa konsul langsung sama profesional. Berkat internet semoga jadi makin banyak orang tua makin aware soal ini.

    ReplyDelete
  6. Aku salah satu Mom yang beruntung juga sih bisa ada di era digital skg deh. Karena semua hal bs didapat di internet. Dari informasi, materi edukasi, support system dan banyak lainnya yg support pengasuhan. :)

    ReplyDelete
  7. Pakai Indihome bikin belajar daring, kerjaan online, dan sebagainya, jadi bisa dilakukan secar maksimal. Indihome gitu, lho, mantab bener.

    ReplyDelete
  8. Pake IndiHome apapun juga jadi lancar ya kak. Internet nilai positifnya emang banyak, apalagi buat informasi terkini, asal jangan lupa menyaring hal negatifnya juga

    ReplyDelete
  9. Internet itu bukan hanya untuk main-main saja ya. Tapi kita bisa mencari informasi seputar dunia parenting dan anak.

    Pun bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui berbagai platform.

    ReplyDelete
  10. Harus dong! apalagi sekarang kan memang sudah eranya yah, kak.. paling tidak sebagai ortu juga perlu terus menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi supaya gak "kecolongan", bahkan luar biasa jika bisa memanfaatkan teknologi sebagai sarana mengasuh anak. Keren!

    ReplyDelete
  11. Aku merasakan sendiri manfaat internet untuk mendapatkan banyak informasi. Pas nanti jadi Ibu, tinggal searching juga kan ini itu, kaya yang Mbak tulis. Udah jadi Ibu pintar deh

    ReplyDelete
  12. Sekarang internet itu memang jadi kebutuhan utama kita ya Mbak, setiap ilmu dan informasi berguna lainnya didapatkan di internet.

    ReplyDelete
  13. internet memang menjadi kebutuhan bagi manusia yang melek digital, bisa buat support apapun termasuk memburu ilmu parenting online untuk pengasuhan anak

    ReplyDelete
Previous Post Next Post