Pemenang Pahlawan IDN 2021 dari IDN Media

 


Di masa negara kita belum merdeka, predikat pahlawan diberikan kepada mereka yang turut berjuang memperjuangkan kemerdekaan. Lalu, di era sekarang bagaimanakah seseorang bisa disebut sebagai pahlawan? Tentu saja ada banyak hal yang bisa menjadi tolak ukur seseorang bisa disebut pahlawan. Para guru yang berjuang mencerdaskan merupakan pahlawan di bidang pendidikan. Lalu para atlet yang berjuang membawa nama harum negara di ajang olimpiade juga merupakan pahlawan bagi negara. 

Menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, IDN selaku salah satu media platform untuk Millennial & Gen Z di Indonesia mengadakan program Pahlawan IDN. Pahlawan IDN merupakan program independen yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada figur-figur inspiratif dari Millennial & Gen Z yang berhasil menginisiasi gerakan positif di bidang Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Ekonomi, Teknologi, Proyek Kreatif, dan Komunitas. Dengan tagar Satu Negeri Beragam Inspirasi, IDN mengangkat kisah mereka yang berani memperjuangkan sesuatu yang baik dan berdaya guna.

Setelah dilakukan seleksi yang ketat, tepat pada 10 November 2021 lalu, IDN mengumumkan 5 pemenang utama dari program Pahlawan IDN ini. Pengumuman pemenang dilakukan lewat media tiktok IDN. Adapun aspek dari penilaian terhadap pada pemenang ini terdiri atas orisinalitas dan keunikan ide, tujuan kegiatan, hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor terkait, serta keberlanjutan inisiatif mereka dalam jangka panjang.

Adapun dewan juri yang terlibat dalam proses penilaian para kandidat juara program Pahlawan IDN ini antara lain: 

  1. Winston Utomo (CEO IDN Media) 
  2. Zefanya Deby (Head of Communications IDN Media) 
  3. Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times) 
  4. Najelaa Shihab (Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru)
  5. William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP).

Kelima pemenang utama ini akan mendapatkan hadiah berupa sejumlah uang tunai serta dukungan publikasi dari IDN Media selama 1 tahun penuh. Pemenang juga berkesempatan untuk bergabung di signature event yang dilangsungkan oleh IDN Media, serta terkoneksi dengan jaringan komunitas masif yang dimiliki oleh IDN Media.

Daftar Pemenang utama Pahlawan IDN

Tentunya teman-teman penasaran dong siapa saja pemanang utama dari program Pahlawan IDN dan kegiatan apa yang mereka lakukan hingga berhasil menjadi pemenang? Berikut adalah daftar pemenangnya

Riliv, diwakili oleh Audrey Maximillian Herli

Riliv merupakan aplikasi kesehatan mental pertama di Indonesia yang mempunyai misi untuk memberikan kemudahan kepada semua orang dalam mengakses layanan kesehatan mental yang terintegratif. Dengan adanya aplikasi ini, sangat membantu bagi mereka yang memerlukan konseling dan meditasi secara online dengan panduan dari psikolog profesional.
 

Plana (Plastic for Nature), diwakili oleh Joshua Christopher Chandra

Plana merupakan sebuah gerakan untuk mengubah perilaku kita dalam menggunakan plastik dan menemukan inovasi baru dalam mendaur ulang plastik menjadi produk yang lebih tahan lama dan tidak merusak alam. Dalam praktiknya, Plana mengubah sampah plastik dan sekam menjadi bahan pendukung arsitektural yang tahan puluhan tahun serta mengubah gunungan sampah menjadi mahakarya arsitektur.

Mataharikecil Indonesia, diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful

Mataharikecil Indonesia merupakan komunitas terorganisir (organized community) di kota Bandung dan Jakarta yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan. Komunitas ini berdiri sejak tahun 2015, dan memiliki visi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sosial di Indonesia melalui pendidikan.
 
Mataharikecil memiliki berbagai program seperti voluntary teaching program, mataharikecil community, dan juga Indonesia Youth Sociopreneur yang sangat membantu bagi anak-anak yang harus putus sekolah karena berbagai kondisi.
 

BecomeMore Indonesia, diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa 

BecomeMoreIndonesia adalah komunitas pelajar SMP dan SMA Indonesia yang bertujuan untuk mendukung mereka dalam proses pengembangan diri melalui berbagai kegiatan seperti konferensi tahunan, klub buku, diskusi, webinar, dan masih banyak lagi. BecomeMoreIndonesia memiliki lebih dari 700 anggota aktif dan berada di bawah jaringan Semua Murid Semua Guru (SMSG) dan Ruang Komunal Indonesia dari Facebook (RUKI).
 

Literasi Anak Banua, diwakili oleh Alvian Wardhana 

Pemenang kelima ini bikin saya bangga banget karena merupakan pemuda dari Kalimantan Selatan. Hehe. Literasi Anak Banua merupakan komunitas anak muda yang bergerak dalam meningkatkan kemampuan literasi anak, khususnya di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) di Indonesia. Literasi Anak Banua memiliki 2 program inti yakni kegiatan rutin yang terdiri atas pemberian les gratis akademik dan non akademik dan kegiatan one way project yang diadakan setiap tahun atau sesuai kebutuhan. 
 

Ucapan selamat dari para juri

Dalam pengumuman pemenang utama Pahlawan IDN tersebut, kelima juri tentunya memberikan apresiasi mereka akan pencapaian dari para anak muda ini. Berikut adalah beberapa ucapan selamat dari para juri untuk para pemenang: 

  

Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times): 
 
“Selamat untuk ke-5 penerima anugerah Pahlawan IDN yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini. Berfokus pada inovasi dan dampak yang sudah diberikan oleh Millennial & Gen Z, Pahlawan IDN memiliki keunikannya tersendiri. Variasi dari finalisnya pun luar biasa, mulai dari literasi, kesehatan mental, sampai lingkungan. Semoga, dengan anugerah ini, kalian dapat terus menjaga komitmen kalian untuk terus menjaga keberlanjutan organisasi, membangun komunitas yang solid, serta semakin menjamin transparansi dan akuntabilitas kalian. Dengan demikian, peluang-peluang yang lebih baik pun akan terbuka.”


 

Najelaa Shihab (Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru):
 
“Selamat untuk para pemenang! Semoga percakapan-percakapan yang telah peserta lakukan dengan dewan juri dapat selalu diingat di sepanjang perjalanan. Teruslah berfokus pada dampak dan keberlanjutan dari kegiatan ini. Memberdayakan pihak lain juga harus dimulai dengan memberdayakan diri kita sendiri, jadi saya harap, akan ada lebih banyak orang yang sadar bahwa diri kita sendiri, adalah perubahan yang selama ini kita nanti-nantikan.”


William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP):

“Saya sangat terinspirasi oleh teman-teman yang bahkan sudah berkomitmen untuk melakukan misi sosial dan lingkungan ini di usia yang masih sangat muda. Bahkan, beberapa ada yang masih duduk di bangku kuliah. Terima kasih atas partisipasi teman-teman dan akan apa yang sudah kalian lakukan sejauh ini. Perjalanan kalian masih sangat panjang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari support system yang dapat mendukung hal-hal baik yang telah teman-teman inisiasi.”
 
Sebagai salah satu generasi millenial, tentunya saya sangat bangga dengan pencapaian para pemenang ini. Harapan saya semoga saja program Pahlawan IDN dari IDN Media ini bisa ada terus setiap tahun dan mengenalkan kita bakat-bakat muda yang mengabdikan dirinya untuk kemajuan bangsa dan negara. 


11 Comments

  1. Keren bangeett, selamaattt utk prara jawara!
    Aku taunya Riliv, ini start up yg berbasis di Surabaya kalo ga kliru.
    Happening bgt memang
    Semoga bs menginspirasi banyak pihak, ya

    ReplyDelete
  2. mantap nih kontribusi para pemenang emang ga main2, ya. dua pemenang pertama itu sangat menarik buatku

    ReplyDelete
  3. Wah, jadi iri deh dengan gerakan-gerakan mereka yang terpilih jadi pahlawan...

    ReplyDelete
  4. Keren-keren semua menginspirasi ya. Jurinya pun keren juga. Selamat buat semuanya..

    ReplyDelete
  5. jurinya pada keren, pemenangnya pada keren... aku setuju kalau anak muda sekarang perannya makin signifikan, pengen punya gerakan sebesar itu juga!

    ReplyDelete
  6. IDN media memberikan apresiasi ke komunitas2 ini? keren semoga tidak hanya sebuah sematan kata pahlawan, tapi benar-benar bisa menjadi pahlawan bagi sekitar ya a

    ReplyDelete
  7. Bangga banget ama mereka ya Mba. Anak muda yang menginspirasi. Kontribusinya sangat besar buat masyarakat di Indonesia. Emang cocok buat jadi pahlawan IDN 2021

    ReplyDelete
  8. acara yg menarik,, semua pemenangnya memang layak jadi juara. jurinya juga kece kece

    ReplyDelete
  9. Kereeen banget ya mbak... Mereka semua pantas Menjadi juara. Anak-anak muda Terbaik Indonesia nih

    ReplyDelete
  10. Selamat untuk semua pemenang, semuanya hebat di bidangnya masing-masing. Keren.

    ReplyDelete
  11. Wah ada yang dari Kalsel juga. Bikin bangga anak Banjua nih. Semua pahlawan masa kini di atas memang bikin bangga. Program2 yang mereka gagas sangat bermanfaat untuk Indonesia.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post