Wujudkan Impian Menjadi Pemain eSport Handal bersama IndiHome

 


Beberapa tahun lalu, mungkin kita akan memandang sebelah mata pada orang-orang yang gemar bermain game. Ya, dulu bermain game dianggap sebuah kegiatan yang membuang-buang waktu terutama mungkin bagi para orang tua yang gemas melihat anaknya menghabiskan waktu seharian berada di depan layar komputernya. "Mau jadi apa kamu kalau kerjaannya main game melulu?" begitu mungkin pertanyaan yang muncul di sela-sela omelan emak pada anaknya yang gemar bermain game.

Namun seiring berjalannya waktu kini game tak lagi dipandang sebelah mata atau sekadar sebagai pengisi waktu luang. Bahkan kini bermain game bisa dijadikan profesi yang menghasilkan uang bagi pelakunya karena sekarang sudah ada banyak kompetisi game internasional dengan hadiah puluhan juta. Anak bisa dengan bangga mengatakan pada ibunya kalau cita-citanya adalah menjadi pemain game profesional. Tak hanya itu, sekarang game juga sudah masuk sebagai cabang olahraga dengan sebutan eSport dan dimasukkan dalam event olahraga Asian Games.

Di Indonesia sendiri eSport secara resmi diakui sebagai cabang olahraga oleh KONI melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI pusat 2020 secara virtual pada 25-27 Agustus 2020 lalu. Beberapa pertimbangan mengkategorikan eSport sebagai cabang olahraga karena permainan ini menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan dan strategi seperti olahraga pada umumnya. Dengan adanya pengakuan ini membuat eSport dapat dipertandingkan pada kompetisi-kompetisi nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON). 

 

Jenis-jenis eSport yang dipertandingkan dalam turnamen

Selama beberapa dekade, permainan game semakin berkembang seiring dengan semakin canggihnya teknologi. Generasi 90-an mungkin menghabiskan waktu bermain game mereka dengan peralatan seperti gimbot, video game, nintendo hingga Play Station yang masih dicintai hingga kini. Ketika internet semakin mudah diakses, bermain game kini bisa dilakukan dengan komputer dan juga handphone dan pastinya terhubung dengan gamer lain di seluruh dunia.

Dalam dunia eSport sendiri, ada beberapa jenis game online yang dipertandingkan dalam turnamen yang diadakan baik itu skala lokal maupun internasional. Saat PON 2020 lalu, misalnya, ada 3 eSport yang dipertandingkan yakni Free Fire, Mobile Legend dan eFootball PES 2021. Lalu apa saja jenis-jenis game yang dipertandingkan dalam eSport? Berikut daftarnya:

MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)



MOBA merupakan salah satu game online yang paling populer di dunia. Dalam cara kerjanya, game jenis MOBA ini bertujuan mengadu 2 kubu untuk menghancurkan atau memperebutkan objek utama milik lawan untuk memenangkan permainan. Dalam turnamen Esport, game MOBA dimainkan oleh 1 tim yang diisi oleh 5 pemain yang mengisi posisi tertentu. Beberapa jenis game MOBA antara lain DOTA 2, Mobile Legend, League of Legend, Arena of Valor.

FPS/ TPS (First Person Shooter - Third Person Shooter)



FPS/TPS merupakan game yang memiliki sistem permainan yang sama dengan MOBA, yakni menggunakan 5 pemain dalam 1 tim. Hal yang membedakan FPS dengan MOBA adalah FPS memiliki objek yang lebih variatif saat berada di kubu yang berbeda. Misalnya tim A memiliki tugas menjinakkan bom sementara tim B memiliki tugas menjaga agar bom tidak meledak. Beberapa contoh game FPS adalah Counter-Strike, Valorant, Call of Duty dan Point Blank
 

Battle Royale



Battle Royale merupakan salah satu genre terbaru dalam turnamen Esport. Tak seperti MOBA atau FPS yang hanya bisa dimainkan oleh 5 orang dalam 1 tim, maka dalam game Battle Royale pemain game bisa melawan hingga 100 orang. Permainan ini juga bisa dimainkan secara solo, berdua atau dengan tim berisi 4 orang melawan puluhan tim lainnya. PUBG PC/Mobile, Free Fire, Apex Legends.
 

Racing & Sports 

Game balapan dan olahraga tentunya juga memiliki kelasnya sendiri dalam turnamen Esport. Dalam genre racing dan sports ini, game yang dipertandingkan berupa balap motor, sepak bola atau bola basket. Adapun format untuk game ini bisa berbentuk 1v1, 2v2 higga 3v3. Beberapa contoh racing dan sports Esport adalah MotoGP, F1, PES, FIFA
 

Auto Battler


 

Game Auto Battler ini bisa dibilang seperti permainan catur elektonik namun dengan gameplay yang berbeda. Pemain bisa melawan lebih dari 1 orang namun dengan menggunakan komposisi bidak yang sama. Tiap bidak memiliki kemampuan tertentu dan bisa membentuk sinergi sehingga menghasilkan kekuatan yang unik. Beberapa game Auto Battler ini antara lain Magic Chess, Chess Rush, Dota Underlords.
 

Collectible Card Games (CCG)

 

Buat para pecinta permainan game kartu, ternyata dalam turnamen Esport juga me game. Dalam permainan kartu ini setiap pemain mempunyai tumpukan deck atau kartu dengan bidak-bidak unik dan memiliki kemampuan spesial. Beberapa contoh game CCG antara lain The Gathering Arena, Legends of Runeterra, Gwent: The Witcher Card Games.
 

Real Time Strategy (RTS)


 

Real Time Strategy (RTS) merupakan game yang mengharuskan pemainnya membentuk struktur kekuatan untuk mempertahankan koloni dan menginvasi kekuatan koloni lain. RTS merupakan salah satu game lawas yang masih memiliki banyak penggemar. Beberapa jenis game RTS antara lain Starcraft, Warcraft, Command & Conquer.
 

Fighting Games    

 
 

Fighting games merupakan game yang banyak digemari karena pastinya menawarkan aksi pertarungan yang seru antara para pemainnya. Beberapa Fighting Games yang kerap dipertandingkan dalam turnamen adalah Tekken, Mortal Kombat, Marvel vs Capcom, dan Super Smash Bros. 

 

Pentingnya koneksi dan internet stabil bagi pecinta eSport


Untuk bisa mencapai level pemain game profesional dan juga menjadi atlet eSport, tentunya diperlukan ekosistem yang baik dari lingkungan sekitar. Ekosistem ini berupa dukungan orang tua, bergabung dengan komunitas gamer yang sesuai hingga fasilitas yang diperlukan untuk bermain game. Dengan adanya sinergi dari ketiga hal ini pastinya akan sangat membantu anak dalam menjalankan keseriusannya menjadi gamer. 

Terkait perangkat dan fasilitas yang diperlukan untuk menjadi gamer, setidaknya ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam memilih fasilitas ini yakni

1. Gadget/perangkat dengan spesifikasi yang mumpuni

Baik itu dalam bentuk komputer, laptop ataupun handphone, perangkat yang digunakan untuk bermain game profesional harulah memiliki spesifikasi yang mumpuni. Hal ini mengingat game online biasanya memerlukan kapasitas memori yang besar, layar yang besar, tampilan grafis yang mulus dan pastinya juga sistem operasi yang mampu memainkan game tersebut.

2. Koneksi internet lancar untuk mendukung aktivitas tanpa batas

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam bermain game adalah tersedianya koneksi internet cepat dan stabil untuk mendukung aktivitas tanpa batas. Kita tidak mau dong saat bermain game tiba-tiba permainan terputus karena jaringan yang lelet atau kecepatan internet yang tidak bersahabat. Karena itu penting sekali memilih penyedia internet yang terpercaya untuk mendukung kegiatan gaming kita.

 

Lead by IndiHome akademi Esport dari IndiHome



Selama masa pandemi, kebutuhan akan internet cepat semakin besar terkait dengan adanya sistem pembelajaran online. Hal yang sama juga tentunya berlaku bagi para pecinta game online. Dengan adanya kebijakan di rumah saja pastinya membuat kebutuhan internet untuk bermain game semakin besar. Ada banyak pilihan jaringan internet rumahan di Indonesia. Namun tentunya kita tak bisa menampik kalau IndiHome merupakan salah satu penyedia jasa layanan internet cepat dengan cakupan wilayah terluas di Indonesia. 

Berdasarkan data dari Telkom, IndiHome kini telah melayani lebih dari 8,3 juta pelanggan dari 496 kota dan kabupaten di Indonesia. Selain itu per semester I tahun 2021 jumlah pelanggan Indihome tumbuh 11,4% secara tahunan. Ini tentunya membuktikan kalau IndiHome merupakan jasa layanan internet rumahan pilihan masyarakat Indonesia. Dan untuk meningkatkan pelayanan internet kepada pelanggannya, pada periode Januari-Juni 2021 Telkom telah menambahkan panjang jaringan komunikasi berbasis optik hingga 1.898 km. 

Teruntuk para generasi Z yang bercita-cita menjadi pemain eSport, IndiHome kini membuka pusat pengembangan atlet eSport untuk komunitas dan antusias eSport Indonesia yang diberi nama Limitless eSport Academy by IndiHome (LEAD by IndiHome). LEAD by IndiHome ini mengusung konsep Athlete Enablement yang berfokus pada proses pendidikan player dari yang bermain sebagai hobi ke player yang bermain dengan mental olahragawan. Dalam peserta akan mengikuti berbagai rangkaian pembinaan mulai dari fase kualifikasi, fase pengembangan dan fase graduation (kelulusan).

Bagi para pemain game, keuntungan utama yang bisa didapat dari mengikuti LEAD by IndiHome ini adalah para peserta akan mendapat program pelatihan untuk menjadi pemain eSport bermental atlet. Layaknya atlet olahraga lainnya, pemain eSport harus mengikuti latihan rutin untuk meningkatkan skill mereka, melatih strategi, kerja sama tim, disiplin dalam permainan dan juga pastinya menjaga pola hidup sehat. 

Tak hanya memberikan pelatihan intensif, LEAD by IndiHome juga membuka peluang bagi pemain eSport untuk bisa menjadi bagian dari tim eSport lintas negara dengan mengirimkan profil lulusan ke berbagai tim baik di dalam maupun luar negeri. Menarik sekali, bukan! Tahap perekrutan peserta LEAD by IndiHome sendiri sudah dilakukan pada 10 September 2021 - 22 Oktober 2021 lalu. Buat para gamer yang ketinggalan dengan program ini bisa mendaftar pada gelombang berikutnya di laman https://indihome.co.id/leadacademy.


Berbagai kelebihan IndiHome untuk aktivitas tanpa batas di rumah

Seiring dengan semakin pentingnya koneksi internet dalam keseharian menjadikan keberadaan penyedia jasa Internet rumah sangat diperlukan. IndiHome sebagai salah satu pilihan Internetnya Indonesia tentunya memahami kebutuhan konsumen ini dan terus meningkatkan pelayannya kepada para konsumen.

Di rumah orang tua saya sendiri sudah cukup lama berlangganan IndiHome. Kami bahkan sudah berlangganan sejak namanya dulu masih Speedy. Alhamdulillah selama bertahun-tahun menggunakan layanan IndiHome ini saya selalu merasa puas dengan pelayanannya. Lalu apa saja sih kelebihan IndiHome dalam mendukung aktivitas tanpa batas kita di rumah, termasuk dalam hal bermain game? Berikut beberapa yang bisa saya bagikan:

Tersedia banyak paket pengguna sesuai kebutuhan

IndiHome memiliki banyak paket yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Kita bisa memilih paket internet dan telepon saja, paket internet + televisi+telepon yang membuatmu bisa menonton banyak channel televisi hingga tentunya paket gamer dengan kecepatan tingi. Untuk harga paketnya sendiri dimulai dari range Rp. 275.000,00 sampai Rp. 1.725.000,00.


Menikmati internet dengan kecepatan tinggi

Pasti sebal ya kalau saat sedang asyik berselancar di dunia maya atau sedang mengikuti pembelajaran online eh koneksi internet ngadat karena kecepatannya yang tidak stabil. Nah, IndiHome memberikan banyak pilihan paket internet dengan kecepatan mulai dari 20 mbps hingga 300 mbps. Puas banget dong ya pastinya interneran dengan kecepatan wus wus wus.


Berbagai pilihan channel untuk keluarga

Bersama IndiHome, ada banyak channel pilihan untuk bisa ditonton bersama keluarga seperti Iflix, Cathplay, Vidio, Mola, Viu, dan channel televisi lainnya. Pastinya dengan banyak pilihan tontonan ini berada di rumah selama masa pandemi jadi lebih menyenangkan.

Kehadiran IndiHome di era digital seperti sekarang pastinya merupakan sebuah hal yang patut disyukuri. Dengan banyaknya pilihan paket dan inovasi proram yang dimiliki pastinya sangat membantu para pengguna internet dalam menjalankan berbagai aktivitas mulai dari bekerja, belajar, mencari hiburan dan aktivitas lainnya.

 

Sumber tulisan:

https://esports.id

https://indihome.co.id/leadacademy

https://www.republika.co.id/berita/r0wesz423/telkom-hadirkan-lead-by-indihome-cetak-atlet-esport-kti

38 Comments

  1. anak2 biasanya suka ngegame. bisa diarahkan untuk menekuni esport ini, ya. dengan dukungan indihome, pasti bisa sukses!

    ReplyDelete
  2. Saya baru tahu kalau nge-game ini dijadikan e-sport masuk salah satu cabang olahraga Asian Games, seru euy!

    Nge-game kalau internetnya ngadat ya, aduuuuh bikin emosi ya, mbak antung. Kalau pakai jaringan indihome gak bakalan deh nge-game ngadat². Lancaaaaaaaar tanpa masalah

    ReplyDelete
  3. IndiHOme selalu punya cara jitu utk memfasilitasi skills generasi muda Indonesia.
    Keren sangat!
    Bravo IndiHome!

    ReplyDelete
  4. Saya juga pakai Indihome mbak di rumah, apalagi kemarin waktu PJJ, kedua anak saya belajar daring jadi internet harus oke jaringannya. Selain untuk belajar, tak ketinggalan juga untuk bermain game. Anak sulung saya biasa mabar PUBG dengan teman sekelasnya, jadi dengan adanya Indihome di rumah, kegiatan belajar dan ngegame lancar jaya.

    ReplyDelete
  5. Nah iya, sekaang pemain game punya masa depan juga.
    Tentunya butuh dukungan internet cepat ya supaya bisa jadi pemain esports andal.

    ReplyDelete
  6. kalau mau jadi atlet esport, selain gawai ya harus didukung jaringan internet yang lancar jaya seperti Indihome ini y mbak

    ReplyDelete
  7. Penting banget punya internet cepat kalau ngegame tuh. Senangnya IndiHome ini udah jaringannya lancar dan juga ngedukung atlet e-sport juga. mantap deh.

    ReplyDelete
  8. Kalau diarahkan hobi ngegames itu bisa jadi atlet esport ya. Apalagi kini ada wadahnya juga didukung layanan untuk aktivitas tanpa batas Indihome, dengan aneka pilihan paket dan inovasi program yang dimiliki yang membantu pengguna internet menjalankan aktivitas mereka

    ReplyDelete
  9. Jaman sekarang tidak ada koneksi internet emang bisa mati gaya. Bahkan seolah menemukan jalan buntu secara segala aktivitas bisa dilakukan semuanya dengan jaringan ini. Nah betul juga kalau internet sudah masuk desa, itu anak desa daripada main games ga jelas mending sekalian diarahkan biar menjadi atlit e-sport ya...

    ReplyDelete
  10. Mutlak nih koneksi internet yang cepat untuk mendukung peningkatan prestasi atlet esport. Aku pernah loh melihat anakku mainan Mobile Legend dan Free Fire, klo pas lelet emang gemesin deh. Sasarannya jadi meleset dan ngeselin banget.

    ReplyDelete
  11. Pastinya, sih. Atlet esport itu yang terpenting koneksi internet kenceng dan nggak ngelag. Indihome sih salah satu pilihan paling oke ya..

    ReplyDelete
  12. Anak bungsuku gemar bermain game. Sebenarnya zaman now anak2 yang hobi ngegame bisa diarahkan untuk mengikuti kejuaraan di Asian Games ya. Bagusnya lagi IndiHome turut memfasilitasi agar generasi milenial menjadi pemain esport andal dan mengharumkan nama Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut ya mba sama IndiHome yang mendukung anak bangsa menjadi atlet esport andal di masa depan

      Delete
  13. Beneran nyebelin banget kalau lagi asyik main game, terus tiba-tiba ngelag gitu. Makanya perangkat yang mumpuni dan juga koneksi internet kenceng itu memang modal untuk jadi gamer. Urusan koneksi internet, bisa diserahkan pada indihome

    ReplyDelete
  14. Benar juga sih ya, beberapa tahun lalu nggak terbayang kalau hobi ngegame bisa menghasilkan cuan. Tapi sekarang ekosistemnya udah mulai kebentuk, anak2 yang hobi ngegame jadi bisa menyalurkan kesukaannya di wadah yang tepat.

    ReplyDelete
  15. Keponakan saya dan bapaknya suka kompakan main Mobile Legends. Bahkan gak jarang janjian sama anggota keluarga lain yang tinggal beda lokasi bahkan kota buat moba. Game sekarang bagus, mengasah strategi. Makanya esport perlu didukung.

    ReplyDelete
  16. Selama ini saya emang pengguna Indihome, namun untuk main game saya gak minat haha. Tapi anak nih yang udah mulai main game >,<

    Oh ya.. Indihome udah mendukung kerjaan online yang nggak ada habisnya, ngeblog :D.

    ReplyDelete
  17. Betul mba, dulu ngeliat orang main game kok kek nggak ada kerjaan lain haha sekarang mindset itu udah nggak ada lagi sejak tau ada espot :)

    ReplyDelete
  18. Iya nih buat pemain esport yang amatiran aja kayak anakku suka kesel kalau lagi main game online koneksi internetnya nge-lag, apalagi kalau kelasnya udah expert. Semoga semakin bertambah tahu indihome makin joss koneksi internetnya, soalnya saat ini internet itu udah jadi kebutuhan pokok juga, kalau ngak ada koneksi internet ya ngak bisa kerja, belajar, atau cari hiburan.

    ReplyDelete
  19. wah iya, jadi atlet esport ini termasuk salah satu profesi masa depan yang menjanjikan ya mbak
    Selain butuh gawai yang mumpuni, atlet esport juga butuh jaringan internet yang lancar dari Indihome ini y mbak

    ReplyDelete
  20. Anaknya temen saya jadi atlet esport ini, latihannya nggak main-main sih, malah ada kaya campnya sendiri biar fokus latihan. Dan memang koneksi internet itu penting banget. Kan nggak asik kalau lagi latihan tiba-tiba gamenya ngelag atau terputus.

    ReplyDelete
  21. Di kosan lama dulu pake Indihome, bagus, kencang dan stabil sih koneksi internetnya. Bisa berselancar jaya di dunia maya

    ReplyDelete
  22. Indihome ini memang keren banget ya mbak. Mampu Mewujudkan mimpi-mimpi Kita sebagai atlet e sport yang bahkan bermimpipun enggaknya mbak

    ReplyDelete
  23. Kini esport bisa menjadi profesi yang menjanjikan yaa..
    Senang sekali dengan kehadiran LEAD by IndiHome. Semoga bisa menambah prestasi anak-anak yang memang fokus dan minatnya di bidang gaming dan eSport.

    ReplyDelete
  24. Dulu suka banget ngegameee. Sekarang juga masih sukaa tapi gada waktu huhuu.
    Sekarang enak ya udah ada wadahnya skrg esport IndiHome ini

    ReplyDelete
  25. Sungguh ini bagus sekali untuk mewadahi para calon gamers profesional. Karena IndiHome kini membuka pusat pengembangan atlet eSport untuk komunitas dan antusias eSport Indonesia. Smeoga dengan adanya Limitless eSport Academy by IndiHome (LEAD by IndiHome) ini tersalurkan bakat dan potensi mereka

    ReplyDelete
  26. asik banget yah, tapi ini wilayah kekuasaan suami, hahaha. aku palingan nonton drakor bae, anak2 yah gitulah , lumayan buat hiburan apalagi akhir tahun kayak gini, laporan menunggu, hehehe

    ReplyDelete
  27. Alde pengen banget bisa jadi atlet e sport semoga terwujud deh mamak mendukung apapun pilihannya asal positif

    ReplyDelete
  28. Salah satu cita-cita yang banyak disukai anak2 muda sekarang deh ya atlet eSports ini. Dan tak hanya datang dari Kota saja. Anak desa juga bisa. Toh internet kini sudah merata di mana2. Salah satunya ya karena ada Indihome ini.

    ReplyDelete
  29. Dulu ga kebayang kalau hobi ngegame bisa menghasilkan cuan!

    Tapi sekarang ekosistemnya udah mulai kebentuk, yang hobi ngegame jadi bisa menyalurkan kesukaannya di wadah yang tepat dan duitnya milyaran lo ini

    ReplyDelete
  30. Jadi atlet e-sport ini memang butuh gadget dan koneksi internet yang bagus. Karena nggak bisa dipungkiri, profesi gamers sekarang sangat menjanjikan kalau bener-bener ditekuni.

    ReplyDelete
  31. Aku tahu eSport baru beberapa tahun terakhir gara-gara nonton drama. Ternyata seru juga dan sekarang hitungannya jadi atlet, bukan cuma main game aja. Selain masalah perangkat, koneksi memang wajib lancar sih. Jadi latihan pun nyaman

    ReplyDelete
  32. Ngegames jaman now tuh menghasilkan cuan asalkan tahu strateginya, salut sama anak2 mudaaaa yg bisa mendapatkannya. Tentu ngegames didukung sama Indihome yg layanan dan jaringannya udah terpercaya

    ReplyDelete
  33. Aku pernah liat atlet eSport ini sedang latihan bermain games online bersama (mabar ya...istilahnya)
    Ternyata selain dituntut kerjasama yang solid antar team juga lihai melihat peluang.
    Salut banget sama jaringan internet yang lancar dan turut mendukung perkembangan atlet eSport indonesia.

    ReplyDelete
  34. pernyataan "mau jadi apa kamu main gaame terus?" wkwkwk iya banget ini tapi zaman sekarang justru malah menghasilkan ya mba malah jadi e-sport

    ReplyDelete
  35. Hobi main game bisa jadi kegiatan positif dengan jadi atlet e-sport seperti ini, ya, Mba. Pasti butuh koneksi stabil dengan Indihome buat main game dan jadi atlet e-sport kaya gini.

    ReplyDelete
  36. Yo, jadi gamer di jaman sekarang itu gak bisa diremehkan lho. Karena bisa jadi pemain e-sport yang andal dan bisa memenangkan berbagai turnamen. Untuk memenangkan pertandingan, salah satu hal yang mendukung ialah koneksi yang kenceng. Kalau kata suamiku bilang gini, "Gak jaman sekarang kalah ngegame gegara koneksi lelet," :D

    ReplyDelete
  37. buat main game memang perlu internet yang sinyalnya kuat, kalau gak bakal sebel karena mudah ngelag. Indihome masih jadi primadona nih untuk kebutuhan internet saat ini

    ReplyDelete
Previous Post Next Post