Manfaat Aplikasi Catatan Penjualan bagi Kemajuan Usaha

Demi kemajuan usaha yang dibangun setiap pengusaha akan melakukan berbagai hal. Mulai dari melakukan promosi dengan maksimal, membuat produk berkualitas, menentukan strategi bisnis yang tepat, dan sebagainya. Selain hal-hal tersebut, pengusaha juga harus membuat catatan keuangan supaya diketahui berapa keuntungan maupun kerugian yang didapatkan.

Sebagai pengusaha yang menjual suatu produk, kita juga perlu membuat catatan penjualan. Catatan ini berguna untuk mengetahui berapa banyak barang yang berhasil dijual. Pencatatan penjualan harus dibuat dengan benar dan disusun rapi supaya lebih mudah dilakukan pengecekan.

Jika dahulu pencatatan penjualan dilakukan secara manual tetapi sekarang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi catatan penjualan seperti BukuWarung. Aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik sehingga semakin mudah digunakan.

5 Manfaat Aplikasi Catatan Penjualan bagi Kemajuan Usaha




1. Catatan Penjualan Menjadi Lebih Akurat

Manfaat pertama dari aplikasi ini adalah untuk memudahkan kita dalam melakukan pencatatan penjualan. Hanya dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mencatat semua pesanan hingga pembayaran.. Di mana semua yang kita catat akan terekam secara otomatis dan lebih akurat.

Menggunakan aplikasi seperti ini tidak akan membuat kita pusing untuk menghitung seluruh total penjualan. Apabila pencatatan penjualan dilakukan secara manual berarti kita membutuhkan kalkulator untuk mengetahui jumlahnya. Penggunaan kalkulator seringkali mengakibatkan terjadinya kesalahan, terlebih jika tidak dilakukan dengan teliti. Masalah ini tidak lagi terjadi apabila kita menggunakan aplikasi. Semua total penjualan akan terhitung otomatis.

2. Lebih Mudah dalam Mengelola Stok Bahan Baku maupun Produk

Semua penjualan yang dicatat dengan rapi di aplikasi tentu akan mempermudah dalam mengetahui jumlah stok bahan baku dan produk. Bahkan histori pesanan ke supplier juga mudah diketahui. Dengan begini maka tettunya menjadi lebih mudah dalam menentukan kapan waktu untuk membeli bahan baku.

Menggunakan aplikasi ini tentu akan mempermudah kita dalam mengelola bahan baku maupun produk. Kita tidak lagi pusing memikirkan bagaimana cara menggunakan manajemen stok yang efektif serta melakukan pengecekan barang di gudang setiap harinya untuk mengecek persediaan barang.

3. Analisis Hasil Penjualan Menjadi Lebih Mudah

Perlu diketahui bahwasanya aplikasi catatan penjualan ini akan menampilkan data secara real time serta akan memberikan laporan bisnis secara lengkap. Hal ini tentu akan mempermudah dalam melihat dan menganalisis performa usaha yang dijalankan. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga akan membantu dalam mengatur aktivitas karyawan, melihat kinerja karyawan, mengecek ketersediaan stok bahan baku maupun stok, proyeksi keuntungan, melacak pembayaran dan sebagainya.

Semua data dan informasi yang dibutuhkan bisa diketahui dengan mudah akan mempermudah kita dalam mengambil keputusan tentang rencana selanjutnya yang akan digunakan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

4. Membantu Memonitoring Usaha

Sebagai pemilik usaha pasti kita ingin mengetahui perkembangan usaha yang dijalankan setiap harinya. Jika ingin mengetahui informasi ini maka kita harus selalu terhubung dengan usaha yang dijalankan, kapan dan di mana saja. Dengan menggunakan aplikasi ini maka informasi mengenai operasional usaha bisa diketahui dengan cepat dan mudah.

Operasional usaha yang dimaksud disini adalah stok bahan baku atau produk yang mulai menipis, produk apa saja yang terjual, siapa karyawan yang sedang melayani saat transaksi terjadi, kapan waktu tersibuk di toko hingga laporan mengenai penjualan harian.

5. Meningkatkan Keuntungan

Tujuan utama dalam membangun usaha adalah untuk mendapatkan banyak keuntungan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keuntungan, salah satunya dengan menggunakan aplikasi catatan penjualan. Ini dikarenakan aplikasi tersebut akan memberikan laporan penjualan dengan akurat serta informasi lainnya.

Ketika kita mengetahui penjualan produk dan kondisi toko, maka bisa dengan mudah untuk mengambil keputusan serta membuat strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan keuntungan yang didapatkan.

Itulah informasi tentang manfaat aplikasi catatan penjualan bagi usaha. Bagi mereka yang memiliki usaha direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi ini supaya catatan penjualan sederhana dari setiap resi transaksi harian bisa dilakukan dengan mudah. Dengan begitu, laporan keuangan usaha kita bisa menjadi lebih rinci dan bermanfaat untuk pengembangan usaha.

13 Comments

  1. Usaha itu paling bahaya memang kalau uang usaha nyampur dg pribadi. Semoga teman2 yg usaha sukses. Thanks tipsnya.

    ReplyDelete
  2. Infonya pas banget buat saya yang baru mulai merintis usaha sendiri dari rumah

    ReplyDelete
  3. Kalau punya usaha gak boleh malas ya mencatat keuangan usaha. Sekelas warung juga perlu. Kayak warung sebelah, laris banget dagangannya.

    ReplyDelete
  4. Sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kemajuan jaman yang serba digital ya, dalam menjalankan bisnis juga mau gak mau membutuhkan aplikasi untuk mencatat keuangan bisnis.

    ReplyDelete
  5. pencatatan transaksi keuangan emang sangat penting bagi pelaku bisnis ya mbak
    biar bisa tahu bagaimana perkembangan bisnisnya

    ReplyDelete
  6. Rasanya, kalau memang punya usaha yang berhubungan sama penjualan, sebaiknya memang punya aplikasi catatan penjualan begini biar memudahkan analisa bulanan dan lain sebagainya ya. Jadi mengurangi waktu juga dalam melakukan pencatatan.

    ReplyDelete
  7. setuju banget nih, jadi pengusaha kita harus membuat catatan penjualan, biar lebih mudah monitoring semuanya. Apalagi sekarang udah ada aplikasi yang bisa memudahkan kita mencatat semua kan ya secara real time pula, jadi gak perlu repot2 hitung manual, ya tinggal dicocokkan aja ya semuanya.
    mau ku sarankan ke Tanteku juga nih yang usaha makanan.

    ReplyDelete
  8. Wah... Pastinya harus punya nih... Aplikasi catatan penjualan. Agar usaha bisa melihat berapa keuntungan yang di dapat

    ReplyDelete
  9. Sekarang mau catata pemasukan usaha jadi mudah ya, Mba. Cukup donwload aplikasi Buku Warung saja. Data jadi aman karena kalau catat manual bisa saja kita lupa naruh atau hilang.

    ReplyDelete
  10. Mbaa nama aplikasinya apa yah kalau boleh tau? Hehe aku kayaknya butuh nih buat usaha makanannya adikku, btw thanks for sharing yaa mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya BukuWarung, mbak. iya nih kalau punya usaha bagusnya instal aplikasi ini buat pencatatan

      Delete
  11. Di saat memiliki usaha, pencatatan harus super detail dan teliti.
    Jika ada yang memudahkan dengan menggunakan Aplikasi Catatan Penjualan, harapannya usaha semakin maju dan berkembang dengan baik.

    ReplyDelete
  12. Aku termasuk yang nggak teliti dan telaten untuk pencatatan. Dengan adanya aplikasi ini, tentunya akan memudahkan ya mba. Aku rasa, banyak yang membutuhkannya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post