Ragam Permainan Kartu Remi untuk Mengisi Mengasah Otak

 

Ragam Permainan Kartu Remi untuk Mengisi Mengasah Otak

Di masa kecil, salah satu permainan yang kerap saya mainkan adalah kartu remi. Kerap saya dan teman-teman berkumpul di salah satu rumah dan memainkan permainan kartu ini hingga lupa waktu. Tentunya permainan kartu remi yang saya mainkan di masa kecil itu bukan permainan kartu remi sebenarnya, melainkan permainan anak-anak yang mungkin juga dimainkan oleh anak-anak lain di tahun 90-an. 

Kartu remi sendiri merupakan kartu permainan yang terdiri atas 4 jenis kartu dengan jumlah 52 kartu mulai dari kartu As dan terakhir kartu King. Beberapa simbol yang ada pada kartu remi adalah Hati (Heart), Sekop (Spade), Diamond (Wajik), dan Club (keriting). Setiap simbol yang ada pada kartu remi ini memiliki artinya masing-masing. Kartu sekop misalnya melambangkan musim dingin, kartu wajik menggambarkan musim semi, kartu keriting menggambarkan musim panas, dan kartu hati menggambarkan musim gugur. 

Bermain kartu sendiri merupakan salah satu aktivitas yang dapat membantu mengasah otak kita. Dengan bermain kartu, kita belajar untuk mengatur strategi dan memperhitungkan langkah agar bisa memenangkan permainan. Lalu permainan apa saja yang saya mainkan di masa kecil dengan kartu remi ini? Berikut Beberapa jenis permainan kartu remi yang saya mainkan di masa kecil antara lain:

Cangkul

Cangkul merupakan permainan kartu dengan membagikan 7 kartu pada setiap pemain. Di awal permainan, sebuah kartu akan dibuka dari kartu yang tersisa di atas meja. Tugas pemain adalah mencococokkan kartu yang ada di tangannya dengan kartu yang ada di atas meja. Misalnya jika kartu yang keluar adalah wajik, maka ia juga harus mengeluarkan kartu wajik miliknya dan diletakkan di atas meja.

Dalam permainan ini, pemain dengan angka tertinggi berhak mengeluarkan kartu berikutnya dari kartu miliknya. Sementara jika pemain tidak memiliki kartu maka ia harus mengambil sisa kartu yang ada di atas meja sampai menemukan kartu yang sama. Pemenang dari permainan ini adalah mereka yang lebih cepat habis kartunya. 
 

Empat satu

Empat satu merupakan permainan dengan 4 kartu di mana pemain harus mengumpulkan kartu dengan jumlah nilai 41 yakni As, King, Quen, dan Jack atau kartu 10. Kartu yang dikumpulkan harus merupakan jenis kartu yang sama entah itu sekop, wajik, hati atau keriting. 
 
Setelah 4 kartu dibagikan, peserta akan memilih untuk mengumpulkan kartu apa berdasarkan kartu yang didapatnya. Agar mencapai angka empat puluh satu, pemain bisa mengambil kartu yang ada di atas meja dan membuang kartu di tangannya yang tidak sesuai dengan kartu yang akan dikumpulkan.
 
Peserta juga bisa mengambil kartu yang dibuang peserta lain jika kartu tersebut sesuai dengan yang dikumpulkannya. Tentunya ini berarti membuat lawan tahu kartu apa yang sedang dikumpulkan. Pemenang dari permainan empat satu ini adalah dia yang berhasil mengumpulkan data nilai tertinggi dari kartu yang dikumpulkannya. 

Kartu Hantu

Permainan lain yang pernah saya mainkan di masa kecil adalah kartu hantu. Sejujurnya saya agak lupa dengan peraturan permainan ini. Namun intinya permainan kartu hantu ini adalah permainan di mana seorang pemain menyimpan kartu hantu atau As sekop dalam kartu miliknya.

Dalam permainan kartu hantu, kartu As yang digunakan hanya 1 yakni As Sekop sementara kartu As lain disimpan. Kartu akan dibagi kepada seluruh peserta permainan. Kemudian masing-masing pemain akan mengambil kartu pemain di sampingnya secara bergiliran. Setelah mengambil kartu pemain lain, pemain juga harus mengeluarkan 2 kartu dengan nilai dan warna yang sama.

Proses mengambil dan membuang kartu ini terus dilakukan secara memutar sampai akhirnya tertinggal satu kartu hantu yakni As Sekop. Pemain yang memiliki kartu As sekop ini kemudian dinyatakan kalah.

 

Permainan kartu di komputer 

Selain menggunakan kartu remi, bermain kartu juga bisa dilakukan di komputer. Teman-teman pengguna microsoft Windows tentunya sudah tidak asing dengan game kartu bawaan Windows, yakni solitaire. Game Solitaire merupakan game kartu dengan aturan permainan mengurutkan kartu remi dari kartu King hingga As dengan cara tarik dan taruh atau drag and drop. Biasanya ada 3 jenis permainan solitaire yang ada di windows yakni Klonkide, Spider, dan Freecell. 
 
Jika dulu kita hanya bisa memainkan permainan solitaire ini lewat windows, maka sekarang sudah ada website https://www.solitaire.org yang berisi kumpulan permainan kartu solitaire ini. Saya sendiri sudah mencoba beberapa permainan di website solitaire.org ini. Berikut sedikit review saya untuk permainan kartu yang ada di solitaire.rog

Klondike



Klondike merupakan jenis permainan solitaire yang kerap kita temui di game Windows. Permainan ini memiliki 2 level yakni mudah dan normal. Bagi yang terbiasa dengan permainan klondike di Windows tentunya tahu cara permainannya yakni dengan mengurutkan kartu remi mulai dari kartu King berurutan hingga kartu As dengan cara menggeser kartu-kartu tersebut ke urutan di atasnya. Dalam melakukan tarik dan tarus ini harus dilakukan selang seling warna merah, hitam, merah, hitam begitu seterusnya.

Tantangan dari permainan Klondike ini adalah bagaima caranya agar kartu yang tertutup di bawah kartu yang terbuka bisa dibuka. Tentunya memerlukan ketepatan strategi agar 
 

Tripeaks Solitaire 


 

Tripeaks Solitaire terdiri atas 18 kartu tertutup yang dibagi menjadi 3 bentuk piramida.Setiap piramida memiliki enam kartu masing-masing dengan deretan sepuluh kartu di bawahnya yang menghubungkan tiga piramida di dasarnya. Untuk bisa memenangkan permainan ini, kita harus bisa membuka semua kartu yang tertutup dengan cara memindahkan kartu yang terbuka pada bagian bawah piramid ke kartu terbuka yang ada pada bagian bawah.

Untuk bisa memindahkan kartu ini berdasarkan urutan angkanya baik itu sebelum atau sesudahnya. jadi jika pada kartu di bagian bawah menunjukkan angka 6, maka kita bisa memilih angka 7 atau 5 untuk dipindahkan ke sana. Jika tidak ada kartu yang nilainya berdekatan, maka kita bisa membuka kartu di sebelah kiri untuk mendapat angka baru. Nah, jika kartu yang disediakan untuk dibuka ternyata habis sebelum semua kartu piramida terbuka, maka kita akan dinyatakan kalah dari permainan

Spider Solitaire


Permainan Spider Solitaire sebenarnya tak jauh berbeda dengan klonkide, di mana kita diminta mengurutkan kartu remi dari As hingga King. Urutan menyusunnya dari angka yang lebih rendah dipindah ke angka yang lebih tinggi. Bedanya untuk spider solitaire ini kartu yang dikumpulkan haruslah memiliki simbol yang sama. Level permainannya sendiri terbagi 3 yakni easy (1 jenis kartu), medium (2 jenis kartu) dan hard (4 jenis kartu). 
 
Jika kita tidak menemukan kartu yang sesuai dengan urutan kartu yang sedang dikumpulkan, maka kita bisa memilih kartu tertutup yang ada di bagian kanan bawah untuk mendapat angka baru. Tentu saja ini berarti kita harus menyusun kembali urutan kartu yang baru tersebut. Setiap kali sebuah kartu urutannya lengkap, maka ia akan secara otomatis tersingkir dan memudahkan kita untuk menyusun kartu baru di bagian kartu yang kosong. Perlu diingat, hanya kartu yang susunannya berurutan yang bisa digeser secara bersamaan.

Demikian sedikit sharing untuk berbagai permainan kartu remi yang ada di website solitaire.org. Buat kamu pecinta game online tentunya tidak boleh melewatkan website yang satu ini. Apalagi selain game solitaire, website solitaire.org juga memiliki macam permainan lain seperti mahjong, hidden object, match three games, logic puzzle game, hingga word games. Kamu tak perlu takut saat bermain games akan terganggu dengan iklan karena website ini bebas dari iklan. Semoga bermanfaat!

17 Comments

  1. Ya ampuuuuun kangen ih main cangkul dan empat satu :D. Biasanya aku main yg itu2 aja. Kalo yg kartu hantu aku beneran lupa caranya mba.

    Nah kalo yg Solitaire, paling ngerti cuma Klondike. Yg lain aku ga terlalu mudeng :D.

    ReplyDelete
  2. Waaaa cangkul dan empat satu itu paling sering dimaenin pas masih sekolah! hahaha jadi kangen banget main ini. Salah satu main kartu yang paling mudah sih menurutku dan kayaknya paling populer juga kali ya karena emang paling mudah hahaha. Aku kayaknya juga tau nih Kartu Hantu tapi kayaknya aturannya agak beda dengan yang aku tau, apa aku lupa ya hahaha

    Kalo yang komputer aku paling mainnya yang klondike dan tripeaks, yang sejujurnya baru ngeh kalo ada namanya sendiri hahaha ini mah 2 permainan yang emang udah legend banget sejak komputer baru-baru ada ya

    ReplyDelete
  3. Aku dulu waktu SD udah kenal permainan kartu, tapi waktu itu masih bingung, maklum tahun 90an hhaaha
    Terus pas udah gede aja udah tau formulanya

    ReplyDelete
  4. Waaaaaah.... Banyak banget pilihan permainan kartu nya.A Tripeaks dan Klondike.

    Tapi paling jago sih main empat satu hehehe ��

    ReplyDelete
  5. ya allah mainanku pas kecil tp pake komputer kantor bapak wkwkwk soliter sm spider soliter... lama2 jadi mahir wkwk

    ReplyDelete
  6. Yang paling sering main kartu jaman kecil ya cangkul dan empat satu. Sekarang malah jarang yah. Padahal lumayan mengasah otak dan rilek

    ReplyDelete
  7. Dan saya juga sekarang lagi demen ngegame online solitaire. Abis asyikk, mainnya mudah tapi membuat kita mengasah otak gitu. Kalau lagi senggang, langsung cus buka solitaire.

    ReplyDelete
  8. Cangkulan itu mainan yang seru, karena kasihan yang ngambil terus alias nyangkul karena kartunya gak ada, haha.

    ReplyDelete
  9. Banyak juga ya permainannya, tapi jujur sampai saat ini belum ngerti aku main kartu Remi padahal bagus banget buat asah otak. Jangan-jangan otak aku nih yang sampai ya mba. Hahahaha

    ReplyDelete
  10. Apa cuma aq yang gak pernah main permainan kartu jadi gak paham sama sekali, kalo gini aq mesti cobain game ini juga biar gak kudet

    ReplyDelete
  11. Dari dulu Papa ku nggak pernah ngebiarin aku nyoba nyoba main kartu remi. Tapi kalau lagi kumpul sama saudara, beliau suka main. Aku cuma diijinin main spider solitaire doang nih pas kecil. Hihi.

    ReplyDelete
  12. Wah keren. Aku dulu nggak pernah tahu cara main kartu remi yang sesederhana pun haha... tapi pernah bisa karena diajarin temen (biar asik gitu bisa ikut main)

    ReplyDelete
  13. wah iya, banyak juga ya jenis permainan dgn kartu remi ini
    aku kok tahunya cuma main 41 doang

    ReplyDelete
  14. Solitaire nih permainan kartu di komputer yang legend banget. Dulu tiap kali suntuk dengan urusan kampus biasanya buka aplikasi ini dan main solitaire sampai puas. Hehehehe

    ReplyDelete
  15. Aku juga suka maen soletaire kalo pas lagi kerja sudah sumpek atau burn out. Kelar itu siap untuk.kerja lagi

    ReplyDelete
  16. Sering banget penasaran sama permainan kartu ini, tapi sampai sekarang aku nggak paham sama sekali cara mainnya. Habis baca tulisan ini sedikit tercerahkanlah ya, haha.

    ReplyDelete
  17. Waaaah jadi ingat dulu jaman kecil pernah suka main remi 41. Sekarang ada game online nya ya. Suamiku jg kalau lagi suntuk main solitaire di komputer

    ReplyDelete
Previous Post Next Post