Review Film Sweet and Sour, Ketika Jarak dan Kesibukan Merenggangkan Hubungan

 


Awal Juni 2021 ini, sebuah film Netflix Korea bergenre romance sukses menjadi pembicaraan pecinta film. Film berjudul Sweet and Sour ini sukses menarik perhatian karena memberikan plot twist yang tidak diduga di akhir ceritanya. Sweet and Sour sendiri bercerita tentang hubungan asam manis sepasang kekasih yang dibumbui dengan kehadiran orang ke tiga. Film ini merupakan adaptasi dari film Jepang berjudul Initial Love yang tayang tahun 2015 dan dibintangi oleh Jang Ki Young, Cha Soo Bin dan Krystal Jung sebagai pemeran utamanya. 

Dalam alur pengisahannya, film Sweet and Sour terbagi menjadi 3 babak yang diberi judul Sepatu Baru, Sepatu lama dan Sepasang Sepatu. Berikut sedikit ringkasan dari setiap babak dari film Sweet dan Sour.

Sepatu Baru

Babak ini bercerita tentang Lee Jang Hyuk yang harus dirawat di rumah sakit karena hepatitis. Di Rumah Sakit, Jang Hyuk bertemu dengan Da Eun, perawat muda yang selalu memperlakukannya dengan manis. Perlakuan Da Eun ini kemudian membuat Jang Hyuk jatuh cinta dan bertekad menemui Da Eun kembali setelah ia dinyatakan sembuh. 
 
Sekeluar dari rumah sakit Jang Hyuk berusaha keras untuk bertemu kembali dengan Da Eun. Sayangnya ketika ia datang ke Rumah Sakit, Da Eun sedang tidak bertugas. Beruntung Jang Hyuk mendapatkan informasi nomor telepon Da Eun. Setelah mencoba ribuan kali, Jang Hyuk berhasil menghubungi Da Eun kembali. 

Setelah keduanya bertemu kembali, Jang Hyuk pun berhasil mendapatkan hati Da Eun. Da Eun kemudian mengajak Jang Hyuk berlibur ke Pulau Jeju di hari Natal. Da Eun juga memberikan hadiah sepatu baru sebagai couple item mereka alih-alih baju couple seperti yang dilakukan pasangan lain. Merasa minder dengan tubuhnya yang gemuk, Jang Hyuk pun bertekad untuk menguruskan badannya agar bisa mengenakan baju couple bersama Da Eun. 

Sepatu Lama

Pada babak ini, Jang Hyuk dan Da Eun sudah tinggal bersama sebagai kekasih. Berbeda dengan penampilan sebelumnya, kali ini Jang Hyuk terlihat lebih tampan dengan badan kurusnya. Jang Hyuk juga diceritakan sudah menjadi karyawan di sebuah biro arsitek kecil. 
 
Suatu hari, Jang Hyuk mendapat tawaran untuk menjadi karyawan kontrak di sebuah biro arsitek besar di Seoul. Setelah berdiskusi dengan Da Eun, Jang Hyuk memutuskan untuk mengambil tawaran tersebut. Berhubung Jang Hyuk dan Da Eun tinggal di Incheon, maka Jang Hyuk harus bolak balik naik mobil dan menghadapi kemacetan setiap harinya untuk bisa menemui Da Eun. 

Selain Jang Hyuk, seorang arsitek lain bernama Han Bo Yeong rupanya juga diterima sebagai karyawan kontrak di biro arsitek tersebut. Mulanya hubungan keduanya kurang baik karena harus bersaing satu sama lain. Namun ketika keduanya ditempatkan di proyek yang sama, maka mau tak mau Jang Hyuk harus bekerja sama dengan Bo Yeong yang membuatnya mulai kesulitan menyediakan waktu untuk Da Eun. 

Kesibukan dan sulitnya mengatur waktu untuk bersama membuat hubungan Jang Hyuk dan Da Eun mulai merenggang. Kondisi ini juga diperparah dengan adanya peristiwa yang membuat hati Da Eun terluka. Pada akhirnya, keduanya pun harus putus karena Jang Hyuk diduga berselingkuh dengan Bo Yeong.

Sepasang Sepatu 

Setelah putus dari Da Eun, Jang Hyuk kemudian benar-benar berhubungan dengan Bo Yeong. Meski demikian, jauh di dalam hatinya Jang Hyuk masih mencintai Da Eun. Apalagi kemudian Jang Hyuk menyadari kalau Da Eun tidak membatalkan tiket perjalanan mereka ke Pulau Jeju meski keduanya sudah putus. Berbekal keyakinan kalau Da Eun masih mencintainya, Jang Hyuk pun berusaha mengejar kembali cintanya tersebut. Apakah akhirnya Jang Hyuk bisa mendapatkan hati Da Eun kembali?

Kesan setelah menonton Sweet and Sour


Sebagai sebuah film yang mengangkat hubungan percintaan, Sweet and Sour mengajak penonton untuk mengikuti lika liku hubungan Jang Hyuk dan Da Eun. Seperti yang kita tahu, dalam sebuah hubungan, ada banyak sekali tantangan dan hambatan yang bisa terjadi. Mulai dari jarak, kesibukan, kurangnya komunikasi hingga adanya godaan dari pihak luar. Dalam film ini, saya melihat masalah yang ingin ditonjolkan sebenarnya adalah semakin berkurangnya intensitas pertemuan antara Jeong Hyuk dan Da Eun sehingga hubungan mereka pun mulai merenggang.

Lalu bagaimana dengan isu orang ketiga yang diangkat dalam film ini? Selama menonton film ini, jujur saya sendiri tidak terlalu yakin apakah Jeong Hyuk benar-benar berselingkuh dengan Bo Yeong sebelum insiden pertengkaran dirinya dengan Da Eun. Dalam film bisa dilihat kalau meski mendapat godaan dari Bo Yeong yang memang tertarik padanya, Jeong Hyuk selalu berusaha menghindari terjadinya affair dengan rekan kerjanya tersebut. Namun fakta kalau dirinya salah menyebut nama Da Eun menjadi Bo Yeong cukup memberi petunjuk kalau mungkin saja iman Jeong Hyuk mulai goyah karena seringnya intensitas pertemuan dengan rekan kerjanya yang cantik tersebut. 
 
Di lain pihak, Da Eun memang berhak marah dan kecewa ketika Jang Hyuk ternyata tidak bisa menjadi pria yang bertanggung jawab seperti yang dia harapkan. Kepulangan Jang Hyuk terasa tak menyenangkan lagi karena hal itu dilakukan Jang Hyuk hanya karena ia kasihan pada Da Eun dan bukan karena Jang Hyuk ingin bertemu dengan Da Eun. Namun apakah hal ini bisa membenarkan apa yang dilakukan Da Eun di belakang Jang Hyuk? Entahlah saya juga tidak bisa memberikan pendapat.

Sedangkan tentang plot twist yang diberikan film ini di akhir ceritanya, memang cukup mengejutkan. Plot twist ini pada akhirnya memberikan sebuah pertanyaan baru, siapakah sebenarnya yang berselingkuh dalam film ini?

10 Comments

  1. Kentaangg bgt ini pilem 😆😆😆
    Wahhh pokoke kudu siap² terkedjoeett dgn endingnya wkkwkw

    Jang Ki Yong lagi berkibaarr ya

    ReplyDelete
  2. Waduh judulnya ngeri 😍😂
    Tapi itu kasus yang sering jadi masalah anak muda keknya wkwkw 😍

    ReplyDelete
  3. jadi teringat kisah masa lalu jadi mantan pejuang ldr yg akhirnya kandas :D malah curcol

    ldr emang sulit sih, jadi curigaan mulu bawaannya akhirnya memicu pertengkaran,, belum nonton dramanya sih jadi penasaran dengan plot twist di endingnya..

    ReplyDelete
  4. aku sih suka film ini.. ampe ulang 2 kali back to back.. pinter penulisnya.. quite fresh perspective for viewers 🙏🏻😬

    ReplyDelete
  5. wah filmnya Jang Ki Young, harus nonton nih, apalagi bareng Chae Soo-Bin

    ditambah reviewnya mbak Ayana bikin penasaran ...hehehe

    ReplyDelete
  6. Aku belum nonton film ini, masih suka pilih-pilih kalo drama atau film Korea. Tapi penasaran nih dengan endingnya, gimana jadinya dengan kisah cinta Da Eun

    ReplyDelete
  7. Ah, pertemuan intens itu emang kadang bikin jadi friend zone terus malah cenderung jadi jatuh cinta. Ya gimana yah, ldr mah emang sulit. Pengalaman banget aku.. Dulu tuh suka tiba-tiba putus gitu aja karena ldr hahha

    ReplyDelete
  8. Ini beneran film metafora banget yaa..
    Sepatu lama dan sepatu baru.
    Tapi yang rada aneh Pak Bosnya. Rada gak masuk akal malah ngejorokin biar Jang Hyeok ngadi-ngadi sama Bo Yeong. Biasanya kantor aga strick sama hubungan sesama rekan kerja. Karena bisa berdampak pada kinerja, bukan?

    ReplyDelete
  9. menarik ni yaa.. hal lama tapi mungkin banyak yang relate sama kehidupan sekarang. misalnya di rumah tangga aja.. pasti banyak juga yang ngalami hal serupa. makanya nih mayan ngehits yaa dramanya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post