Cara Mencuci Baju Agar Wangi Tahan Lama



Cara mencuci baju agar wangi tahan lama - Selain rapi dan bersih, biasanya orang menyukai jika baju yang mereka kenakan wangi seperti habis di-laundry. Oleh karena itulah, sekarang banyak sekali produk pewangi pakaian yang hadir untuk menambah wewangian pada pakaian yang dimiliki. Produk wewangian ini bisa ditambahkan pada cucian, bisa juga ditambahkan saat proses menyetrika. 

Dalam hal mencuci baju sendiri, ada yang masih menggunakan tangan dan ada juga yang mengandalkan mesin cuci. Tentunya kedua metode ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mencuci menggunakan tangan biasanya lebih efektif dalam menghilangkan noda di pakaian. Saat mencuci menggunakan tangan, kita bisa melihat langsung lokasi noda dan menguceknya hingga nodanya hilang. 

Adapun mencuci dengan mesin cuci bisa dibilang lebih menghemat waktu dan tenaga. Apalagi jika mesin cuci yang digunakan yang memiliki tipe 1 tabung baik itu front load ataupun top load. Mesin cuci jenis ini sangat memudahkan karena tak perlu ditunggui dalam proses pencuciannya. Kita hanya perlu memasukkan baju yang akan dicuci dan deterjen lalu tekan tombol-tombol yang ada dan mesin cuci pun bisa langsung bekerja mulai dari membolak-balik pakaian hingga proses pengeringan. 

Sayangnya, mencuci dengan mesin cuci biasanya hasilnya tak sesemuaskan jika mencuci menggunakan tangan. Apalagi jika baju yang dimasukkan ke dalam tabung termasuk yang banyak noda. Biar katanya sabun yang digunakan sudah ampuh banget buat menghilangkan noda, tetap saja biasanya ada noda yang tertinggal. Karena itulah biasanya mesin cuci lebih sering digunakan untuk mencuci baju yang dipakai sehari-hari dan tidak terkena noda. Sementara untuk baju yang terkena noda, mereka yang orangnya "apik" akan lebih memilih mencuci baju dengan tangan dan menggunakan mesin cuci untuk mengeringkan baju yang sudah dicuci.

Untuk mendapatkan hasil cucian yang bersih dan wangi, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal mencuci baju agar wangi tahan lama:

Jangan merendam pakaian terlalu lama

Sebelum dicuci, biasanya pakain dan baju kotor direndam terlebih dahulu menggunakan deterjen. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat proses perendaman ini adalah waktu perendaman yang terlalu lama sehingga malah membuat air cucian yang sudah bercampur dengan sabun menjadi bau dan pastinya membuat pakaian yang akan dicuci menjadi ikutan bau.

Segera jemur pakaian yang sudah dicuci

Buat kamu yang mencuci menggunakan mesin cuci, hal yang penting dilakukan setelah cucian selesai dikeringkan adalah segera menjemurnya. Kalaupun tidak langsung dijemur, sebaiknya baju dan pakaian segera dikeluarkan dari mesin cuci karena jika pakaian terlalu lama berada di mesin cuci malah akan bau karena kondisinya yang tertutup.

Gunakan pewangi saat proses pencucian

Agar pakaian yang dicuci bisa lebih wangi, kamu dapat menambahkan produk pewangi pakaian pada bilasan terakhir dari baju yang dicuci.  Untuk mesin cuci jenis 1 tabung, biasanya sudah ada wadah tersendiri untuk pewangi pakaian yang akan diturunkan pada bilasan terakhir. Ada banyak merk pewangi pakaian yang ada di pasaran. Kamu bisa memilih sesuai dengan budget dan wangi yang kamu inginkan. 

Pastikan baju benar-benar kering saat akan dilipat

Hal lain yang bisa menyebabkan pakain berbau tak sedap adalah proses pengeringannya yang tak sempurna. Biasanya ini terjadi jika pakaian dijemur saat hari hujan sehingga tak benar-benar kering. Pakaian yang masih berasa lembab ini sebaiknya tidak langsung dilipat melainkan diangin-anginkan kembali hingga benar-benar kering dan siap untuk disetrika atau dilipat.


Bila perlu, gunakan pewangi pakaian saat disetrika

Langkah terakhir yang bisa dilakukan agar baju tetap wangi tahan lama adalah dengan menyemprotkan pewangi pakaian saat proses menyetrika. Kamu bisa menggunakan pewangi pakaian yang dijual di supermarket atau bisa juga pewangi khusus laundry yang wanginya lebih kuat. Dengan menyemprotkan pewangi pakaian saat proses menyetrika, bisa dipastikan pakaian akan semakin wangi dan tahan lama.


Demikian beberapa tips yang bisa saya bagikan seputar cara mencuci baju agar wangi tahan lama. Semoga bermanfaat!


Baca Juga

Post a Comment

10 Comments

  1. Mencuci baju di mesin cuci memang tricky banget dan bisa jadi nggak maksimal kebersihan dan wanginya kalau salah langkah. Pernah waktu itu cuci baju pakai mesin cuci, malah tambah bau hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kok malah bisa tambah bau? kelamaan ya di mesin cucinya?

      Delete
  2. Betul banget, jangan merendam pakaian terlalu lama, pas dulu ngekost saya pernah ngerendam pakaian lama, jadi bau gitu hehe. Nah, semenjak itu saya nyuci disaat punya waktu luang dan nyetrika juga pakai pewangi.

    ReplyDelete
  3. Merendam terlalu lama tuh memang bisa bikin baju malah jadi bau banget eh susah lagi hilang bau tak sedapnya...

    Saya sendiri pilih pakai detergen yang plus pewangi aja, biar ga ribet kebanyakan cairan yang harus dimasukin ke mesin cuci.. Pas nyertrika baru semprot pewangi lagi deh..

    ReplyDelete
  4. Mbak, baru kejadian kemarin banget! Aku curhat ya, jadi akutu nyuci baju pakai mesin kan. Nah, aku udah misahin baju berwarna dan baju putih. Aku duluin nyuci baju warna putihnya, eh gamis yang baru banget aku beli warnanya tiba-tiba p[udar sebagian dong! aku langsung menangisss

    ReplyDelete
  5. Urusan merendam pakaian ini juga perlu diperhatikan. Saya pernah lupa merendam baju terlalu lama. Akhirnya memang menimbulkan bau yang nggak sedap banget.

    Memang sih mencucinya jadi lebih mudah. Sebagian besar noda telah luntur. Tapi baunya itu bikin nggak nahan. Hehhee

    ReplyDelete
  6. Benar banget nih Mbak, kalau cucian lama dikeluarkan dari mesin cuci jadi apek walau sebelumnya sudah diberi pewangi.
    Jadilah kalau belum sempat langsung jemut mending langsung dikeluarkan.

    ReplyDelete
  7. terima kasih tipsnya mbak.
    iya mbak, aku pernah lupa rendam cucian, bahkan sampai seharian. duh bajunya jadi bau banget. Butuh kasih banyak pewangi biar baunya hilang.
    Dan juga, klo baju belum kering sudah diambil dari jemuran, juga bikin baju bau apek

    ReplyDelete
  8. Aku paling sebal nih sama bau baju yg nggak kering semalam. Entah kenapa kok awet banget bau apeknya. Huhu.. Jadi kalau mau nyuci kudu lihat prakiraan cuaca dlu biar ga bau dan bisa jemur di dalam. Soalnya kalau nyuci dan jemur lgsg di luar jg bikin baju cepet rusak ya.

    ReplyDelete
  9. Nah nah.. Yg nomer 1 itu penting banget. Beneran jangan sampai kitanya lupa lagi merendam cucian, trus malah bikin rendaman itu jadi makin bau

    ReplyDelete