Kenali Jenis-Jenis Kubah Masjid, Beserta Tips Memilih Secara Cermat


 


Masjid merupakan tempat peribadatan bagi pemeluk agama Islam. Nah saat berbicara tentang masjid, maka tidak lepas dari kubah masjid. Seperti diketahui bersama, kubah merupakan suatu ciri khas bangunan dari masjid. Kita bisa mengetahui bahwa bangunan tersebut merupakan suatu masjid salah satunya dari bagian atasnya ada kubah.

Kubah masjid tidak hanya sekedar simbol atau ciri khas dari tempat ibadah umat Islam saja. Namun kubah masjid juga menjadi bentuk keindahan dan kemegahan dari bangunan masjid itu sendiri. Yup, dari kubah masjid, kita bisa melihat keindahan dan kemegahan dari suatu masjid.

Nah pada artikel berikut ini akan disajikan beragam informasi tentang jenis kubah masjid beserta harga dan tips dalam memilihnya. Yuk langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini. 


Jenis-Jenis Kubah Masjid


Kubah masjid memiliki jenis yang berbeda-beda. Perbedaan itu bisa dilihat dari segi bahan, keawetan, fungsi, maupun harganya. Namun, kali ini saya akan menjelaskan jenisnya secara umum dari segi bahan.

 

Kubah Masjid dari Bahan GRC

Kubah masjid yang berbahan Glassfiber Reinforced Cemen atau yang umum dikenal dengan GRC atau beton merupakan kubah yang dikenal karena kekuatannya. Kubah masjid jenis ini, dinilai memiliki daya keawetan yang bagus, tahan lama, serta tahan kondisi cuaca ekstrem sekalipun. Maka, tidak heran jika kubah masjid jenis GRC ini harga pembuatannya lebih mahal.

Selain dari segi desain dan harga, konstruksi pembangunan kubah masjid dari GRC ini mesti teliti dan perhitungan tepat. Sebab, ketika kubah masjid dibangun tidak dengan perhitungan yang cermat, serta mengedepankan bahan-bahan, kubah masjid berpotensi rusak bahkan membahayakan ketika ada kejadian tertentu, misal gempa bumi. 


Kubah Masjid dari Enamel dan Galvalum

Jenis kubah masjid kedua, memiliki bahan dari galvalum atau enamel, yang menurut banyak orang kualitasnya masih di bawah kubah masjid jenis sebelumnya, yaitu GRC. Meski demikian, hal ini tidak menjadi kesimpulan bahwa kubah masjid dari galvalum ini tida mempunyai keunggulan dibanding jenis lainnya.

Satu hal yang pasti, bahwa proses pembangunan kubah masjid dengan bahan enamel atau galvalum jelaslah lebih sederhana dan praktis, jika dibandingkan dengan bahan GRC tadi. Bahkan, estimasi biaya yang perlu dikeluarkan oleh masjid lebih terkendali, ketimbang bahan GRC. Secara sederhana, anda hanya perlu menghitung harga kubah masjid per meter untuk melakukan estimasi yang diperlukan.

Menariknya, kubah masjid dari galvalum atau enamel lebih unggul dari segi renovasi dan desain. Banyak masjid saat ini yang memasang kubah dari jenis bahan ini, dan lihatlah, dari desain dan dekorasinya sangat menakjubkan.

Tips Memilih Kubah Masjid


Sebelum membeli kubah masjid, sebaiknya Anda perlu memahami dulu seputar kubah secara detail, sehingga diharapkan terhindar dari kesalahan membeli. Nah berikut ini, kami sajikan informasi seputar tips memilih kubah masjid.

Sesuaikan Budget


Sebagai tempat ibadah, memang kubah masjid akan menjadi nilai plus tersendiri. Namun, saat ingin membeli, sebaiknya perlu disesuaikan dengan budget atau kondisi keuangan masjid itu sendiri. Dengan demikian, kubah masjid bisa dibeli, jamaah pun nyaman karena anggaran tidak membengkak.

Selaraskan kubah dengan bangunan masjid


Tips berikutnya saat akan membeli kubah masjid, pastikan anda sudah menyelaraskan desainnya dengan bangunan utama masjid. Penyelarasan itu meliputi bentuk, ukuran, warna, hingga corak kubah masjid. Dengan penyelarasan ini, kubah masjid benar-benar akan menyatu dengan bangunan utama sebagai satu kesatuan.

Pilih penyedia kubah masjid terbaik


Dulu, banyak panitia pembangunan masjid yang bingung ketika ingin membangun kubah. Namun, kini anda tidak perlu panik. PT. Anugerah Kubah Indonesia (jualkubahmasjid.id) sebagai jasa pembuatan kubah masjid terbaik, siap menjadi partner pembangunan anda dalam mewujudkan masjid dengan kubah yang istimewa.

PT. Anugerah Kubah Indonesia memiliki pekerja yang profesional, yang siap menghadirkan kubah dengan desain terbaik dan berkualitas sesuai dengan pesanan anda. Yang jelas, harga kubah yang ditawarkan sangat terjangkau. Coba deh, langsung saja kunjungi jualkubahmasjid.id dan dapatkan beragam kemudahan dalam membangun kubah masjid.

Nah sahabat Ayanapunya.com demikianlah informasi mengenai jenis-jenis kubah masjid, beserta tips memilih kubah yang tepat untuk masjid anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments