Mengenal Sosok Jung Da Jung, Istri yang Menginspirasi dalam Drama Korea 18 Again



Drama Korea 18 Again


Sebagai seorang istri dan ibu, drama Korea dengan tema pernikahan dan parenting merupakan tema yang selalu ingin saya tonton. Menonton drama dengan tema keluarga dan pernikahan kadang membuat saya berkaca kembali pada kondisi keluarga saya maupun status saya sebagai seorang istri dan ibu. Drama keluarga dan pernikahan juga memberikan saya banyak pelajaran tentang bagaimana menghadapi masalah-masalah yang timbul dalam sebuah pernikahan. 

Ada cukup banyak drama keluarga yang dihadirkan oleh drama Korea. Apalagi drama dengan slot Sabtu-Minggu yang setahu saya memang dikhususkan untuk tontonan keluarga. Di antara sekian banyak drama bertema keluarga yang hadir, ada 2 drama Korea yang cukup membekas di hati saya, yakni Sky Castle dan Go Back Couple.
 
Nah, selain 2 drakor di atas saya menemukan drama keluarga lagi yang menarik untuk ditonton setiap minggunya. Drama ini berjudul 18 Again dan dibintangi oleh Lee Do Hyun, Kim Ha Neul dan Yoo Sang Hyun sebagai tokoh sentralnya. 18 Again merupakan drama Korea yang diadaptasi dari film tahun berjudul 17 Again yang dibintangi oleh Zac Efron. Drama ini bercerita tentang seorang pria yang mendapat kesempatan kembali ke usianya saat 18 tahun dan memperbaiki hidupnya. Drama 18 Again ini juga sering disebut sebagai Drama Papah Muda merujuk kepada Lee Do Hyun yang berperan sebagai seorang ayah di drama ini. 

Sinopsis Drama Korea 18 Again

 
Drakor 18 Again

Hong Dae Young, di usianya yang ke 36 tahun harus mendapati kenyataan kalau istri tercinta Jung Da Jung mengajukan permohonan cerai. Keadaan menjadi semakin buruk saat Hong Dae Young juga dipecat dari pekerjaannya karena menyerang atasannya. Hong Dae Young yang putus asa kemudian berharap bisa kembali ke masa mudanya dan memperbaiki semuanya. 

Siapa sangka ternyata keinginannya terwujud. Hong Dae Young kembali ke usianya saat 18 tahun. Dengan bantuan sahabatnya, Go Deok Jin, Hong Dae Young kemudian bersekolah di sekolah kedua anak kembarnya dengan identitas baru sebagai Go Woo Young. Saat bersekolah bersama anak-anaknya ini, Hong Dae Young akhirnya tahu apa yang dialami anak-anaknya di sekolah. 

Hong Shi Woo ternyata selama ini di-bully oleh salah satu teman sekolahnya. Sementara sang kakak, Hong Shi Ah diam-diam mengambil kerja sambilan di sebuah supermarket untuk sebuah alasan. Jika di saat dirinya belum berubah anak-anak terkesan menjaga jarak dengan anaknya, maka saat menjadi Go Woo Young, Hong Dae Young bisa menjadi teman mereka dan membantu anak-anaknya melewati masa remajanya. 

Di sisi lain, Jung Da Jung sang istri akhirnya menemukan jalan untuk mencapai mimpinya yang tak kesampaian di masa muda. Jung Da Jung diterima sebagai karyawan kontrak di stasiun TV lewat blind test. Sayangnya, saat produser televisi mengetahui kalau Da Jung adalah seorang ibu dengan 2 anak remaja, sang produser meminta agar Jung Da Jung tidak diloloskan menjadi karyawan tetap dengan berbagai cara. Apakah Jung Da Jung akan berhasil diangkat menjadi pegawai tetap di stasiun TV JBC? Lalu bagaimana dengan proses perceraian antara Jung Da Jung dan Hong Dae Young yang sedang berjalan sementara Hong Dae Yong menghilang?
 


Mengenal Sosok Jung Da Jung, sosok istri yang menginspirasi dalam Drakor 18 Again

Jika dalam review Drakor biasanya saya membahas seluruh karakter utama drama tersebut, maka kali ini saya akan fokus membahas Jung Da Jung, sosok istri kecintaan Hong Dae Young. Dalam drama 18 Again, Jung Da Jung dan Hong Dae Young harus menikah di usia 18 tahun karena Da Jung hamil saat keduanya berpacaran. Kedua remaja ini memiliki mimpi yang besar. Hong Dae Young merupakan bintang basket sekolah sedangkan Jung Da Jung bercita-cita jadi penyiar. Namun demi mempertahankan calon bayi mereka, dua sejoli ini merelakan mimpi mereka dan menjalani kehidupan baru sebagai orang tua.

Kehidupan berjalan begitu sulit di masa-masa awal pernikahan mereka. Mengasuh anak kembar dengan kondisi keuangan yang minim membuat kehidupan pernikahan Hong Dae Young dan Jung Da Jung jauh dari kata indah. Apalagi Hong Dae Young juga hanya lulusan SMA membuatnya hanya bisa bekerja serabutan demi memenuhi kebutuhan keluarga. Meski demikian, Jung Da Jung sebagai seorang istri tetap setia menemani Hong Dae Young. Cintanya yang besar pada Hong Dae Young membuatnya mampu bertahan dalam kesulitan hidup selama bertahun-tahun. Sayangnya karena sebuah kalimat yang diucapkan Dae Young dalam keadaan mabuk membuat Da Jung kecewa hingga akhirnya memutuskan untuk bercerai. 



 
Lalu apa saja kelebihan dari karakter Jung Da Jung dalam drakor 18 Again ini? Yuk kita bahas sama-sama:

Bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukannya

Jung Da Jung melakukan kesalahan karena hamil saat masih SMA. Ibunya awalnya memaksa Da Jung untuk menggugurkan kandungannya mengingat usianya yang masih muda. Namun Da Jung bersikeras mempertahankan kehamilannya hingga akhirnya melahirkan anak kembar Hong Shi Ah dan Hong Shi Woo. Setelah melahirkan, Jung Da Jung tetap merawat dan membesarkan kedua anaknya hingga cukup besar dan Da Jung bisa melanjutkan sekolahnya yang tertunda.
 

Tak berhenti memperjuangkan mimpinya

Meski kehilangan mimpinya di masa muda, Jung Da Jung tidak mudah menyerah. Setelah putra-putri kembarnya lulus SD, Jung Da Jung melanjutkan studinya yang tertunda dan berhasil meraih gelar sarjana. Berbekal gelar sarjana ini, Jung Da Jung kemudian melamar pekerjaan sebagai reporter di berbagai media. Kesempatan datang saat salah satu stasiun televisi mengadakan blind test yang artinya tes dilakukan tanpa memandang umur pelamar. Dengan kemampuan yang dimilikinya, Jung Da Jung berhasil diterima sebagai karyawan kontrak di stasiun tv tersebut. 
 
 

Bersikap profesional di lingkungan kerja dan pandai menempatkan diri

Selama menjalankan tugasnya sebagai reporter, Jung Da Jung kerap mendapat masalah dan cibiran miring terkait dirinya yang berstatus ibu dengan 2 anak remaja. Meski demikian, Jung Da Jung tetap berusaha menjalankan tugasnya dengan profesional dan penuh tanggung jawab. Saat harus meliput kebakaran, misalnya, Da Jung berusaha mencari informasi selengkapnya sebelum menyampaikan berita kepada masyarakat. Lalu ketika ada insiden kecil saat wawancara, Da Jung bisa dengan cepat menanganinya tanpa membuat liputan terganggu. Ini semua tentunya bisa dilakukan Jung Da Jung berkat latihan yang dilakukannya selama bertahun-tahun sebelum akhirnya diterima sebagai reporter kontrak.
 
 

Menjalin hubungan baik dengan mertua

Pernikahan dini yang dilakukan Jung Da Jung dengan Hong Dae Young membuat hubungan Hong Dae Young dengan ayahnya menjadi buruk. Sebaliknya, sebagai menantu, Jung DA Jung selalu berusaha menjalin hubungan yang baik dengan mertuanya. Setiap tahun Da Jung selalu memberikan hadiah ulang tahun kepada ayah mertuanya tersebut juga kerap mengirimkan makanan dan merawat kesehatan ayah mertuanya. Hal inilah yang membuat ayah Mertua sangat menyayangi Da Jung sebagai menantunya. 
 

Menghormati dan menjaga nama baik pasangan

Tak hanya pada mertua, Jung Da Jung juga selalu berusaha menghormati Hong Dae Young suaminya. Ada satu adegan di mana Hong Dae Young yang mabuk mengucapkan kata-kata yang kasar. Alih-alih balik marah, Da Jung berusaha menenangkan suaminya dan menghindari terjadinya konflik yang lebih besar di depan umum. Bahkan saat di masa sulit di awal pernikahan mereka, Jung Da Jung selalu berkata pada ibunya kalau Hong Dae Young merawatnya dengan baik.

 

Tangguh dan berani melawan ketidakbenaran

Karakter lain dari Jung Da Jung yang menginspirasi adalah sosoknya yang tangguh dan berani melawan ketidakbenaran. Saat masih duduk di bangku SMA, Jung Da Jung menunjukkan keberaniannya melawan para pembully yang akhirnya membuatnya bersahabat dengan Chu Ae Rin. Lalu, saat dirinya bekerja sebagai reporter di stasiun tv JBC, Da Jung dengan berani menggagalkan seorang pria yang diam-diam merekam bagian bawah rok salah satu rekan kerjanya. Padahal pria yang dikonfrontasinya adalah salah satu dari tim yang menilai kinerja Da Jung selama menjadi reporter. 
 

Sebagai sebuah drama keluarga, drama Korea 18 Again pastinya memberikan banyak pelajaran bagi saya terutama dalam hal hidup berumah tangga. Pasangan Hong Dae Young dan Jung Da Jung yang menikah muda dan harus mengajak saya untuk berkaca lagi kepada diri sendiri, apakah sudah memperlakukan pasangan dengan baik? dara ini juga membawa pesan pentingnya komunikasi dan kejujuran kepada pasangan. Sosok Jung Da Jung dalam drama ini memberikan sebuah inspirasi bagaimana menjadi seorang wanita yang tak berhenti mengejar mimpi, bertanggung jawab dan menyayangi keluarganya dengan sepenuh hati.


Nonton Drama Korea di Aplikasi Viu






Bicara soal menonton drama Korea, pastinya sekarang ini jauh lebih mudah bagi kita untuk mengakses drama Korea terbaru dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Saya masih ingat di awal-awal drama Korea hadir di Indonesia, untuk bisa menontonnya hanya bisa dilakukan lewat televisi atau DVD bajakan dengan kualitas yang sungguh aduhai.

Saat ini, dengan banyaknya akses, pecinta drama Korea bisa nonton drama Korea kesayangan melalui aplikasi Viu yang menyediakan berbagai pilihan drama Korea baik yang sedang airing maupun drama Korea yang sudah selesai masa tayangnya. Pastinya nontonnya nggak perlu bingung karena sudah ada subtitle Indonesianya. Tak hanya drama Korea, di aplikasi Viu kamu juga bisa menonton reality show dan film Korea terbaru hingga drama Jepang dan drama Asia lainnya.

Untuk bisa menonton drama Korea di aplikasi Viu, kamu cukup download aplikasi Viu di Google Play bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iphone. Selain melalui handphone, kamu juga bisa mengakses Viu lewat dekstop komputer kamu. Viu juga bisa diakses di 5 perangkat secara bersamaan oleh satu akun. 

Kelebihan lain dari aplikasi Viu adalah kamu bisa nonton drama Korea di aplikasi Viu tanpa harus registrasi atau berlangganan terlebih dahulu. Meski demikian ada keuntungan yang akan didapat jika kamu berlangganan paket Viu premium. Beberapa keuntungan yang didapat antara lain dari paket premium ini antara lain:

  1. Mendapat konten premium, dengan berlangganan paket Premium, kamu akan bisa mengakses konten-konten premium yang ada di Viu
  2. Tanpa iklan, paket Premium membuat pelanggan bisa menonton drama Korea pilihannya tanpa ada jeda iklan
  3. Bisa didownload. Pemilik akun premium dapat mendownload drama atau film yang ditontonnya ke handphone atau komputer yang dimiliki
Paket Viu premium bisa didapat mulai dari harga Rp. 30.000/bulan dan pastinya bisa lebih murah lagi kalau ada promo dari Viu. Nah, tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Viu sekarang juga biar bisa puas nonton drama Korea kesukaan kita.
Baca Juga

Post a Comment

19 Comments

  1. Menyaksikan anak mengalami bullyinbg itu pasti menyakitkan. Suami saya dulu diberi tahu oleh teman anak saya - sewaktu anak sulung masih SMP, anak kami di-bully 3 orang teman sekelasnya ... ya ampun, sakit hati ini rasanya.

    Ide ceritanya unik ya. Bisa nonton di Viu ya kalau mau tonton.

    ReplyDelete
  2. Sosok wanita yang berani nih. Suka deh kalau nonton film / drama pemeran wanitanya nggak cengeng . Nontonnya di VIU banyak pilihan film dan drama yg bagus-bagus.

    ReplyDelete
  3. List film di VIU lengkap dan seru-seru ya mba, aku jg kalau nonton drakor suka disitu. Tapi aku baru tau kalau 1 akun bisa dipakai 5 perangkat hehe makasih ya infonya

    ReplyDelete
  4. Udah lama nih gak ngedrakor. Drama Korea akhir2 ini temanya berat2 semua. Bikin puyeng duluan sebelum nonton 😂😂

    ReplyDelete
  5. sosok wanita inspirasi yang kayaknya semua sifat positif pada manusia ada di dalam dirinya ya

    ReplyDelete
  6. aku sudah lama nih ... engga nonton drakor, etapi sosok wanita menjadi inspirasi semua sifat positif pada manusia, yuk download aplikasi viu ....

    ReplyDelete
  7. 18 again ini emang drakor yg banyak dibicarakan ya mbak
    dan emang klo mw nonton drakor enaknya ya di VIU
    banyak pilihan drakornya

    ReplyDelete
  8. aku sejak lama mba pakai viu untuk nonton gak cuma drakor tapi yang lainnya juga sempet kepincut banget sama original viu pretty little liar

    ReplyDelete
  9. Banyak yang bilang bagus drakor ini. Kayaknya saya bakal suka juga, deh. Apalagi punya anak remaja. Suka pengen tau aja kehidupan remaja zaman sekarang

    ReplyDelete
  10. Aih si mbak ini main drama lagi lama tak keliatan hehe
    Terakhir nonton dia akting jd pramugari hehe
    Sering lihat sih posternya di Viu tapi aku belum coba nonton.
    Aku jg skng lbh sering nonton Viu ketimbang tipi, sejak pandemi ini khususnya, lumayan buat hiburan di rumah aja.

    ReplyDelete
  11. Menjaga hubungan baik dengan mertua itu gampang-gampang susah ya kak, tapi bisa contoh caranya deh dari film ini, download aplikasinya dulu

    ReplyDelete
  12. banyak yang suka ama drakor ini nih.. jadi penasaran tapi aku kawatir baper dan mewek wkwk soalnya menyita emosi banget siihh

    ReplyDelete
  13. Aku sampe bengap nonton drama ini.
    Ya Allah...sedih banget. Karena POVnya juga gak biasa yaa... Biasanya dari sudut pandang orangtua, namun ini dari sudut pandang sang anak, jadi makin makin....teraasaa..

    Plus yang main aktor kawakan semua.
    Makin cinta sama 18 again.

    ReplyDelete
  14. Kalau drakor tentang pernikahan yang gak.pakai selingkuh daku penasaran buat nonton, biar gak trauma muda hehe

    ReplyDelete
  15. Aaa ini film lama ya , tapi aku blm sempet nonton.

    Aku lupa mulu judulnya pas mau cari film ini..
    Tapi benerannbagus sih ya liat sinopsisnya aja.
    Jadi pengen nonton jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini drakor baru, mbak. Cuma diadaptasi dari film Hollywood

      Delete
  16. Mbak, aku lagi nonton drakor ini, tapi baru episode satu, hehe... banyak yg bilang drakor ini mengandung bawang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. kilasan balik kehidupan mereka pas awal nikah itu banyak mengandung bawang

      Delete
  17. Saya belum pernah nonton drakor go back couple, menarik nih buat ditonton, soalnya saya jg suka drama yang menginspirasi apalagi tema keluarga

    ReplyDelete