Menjaga Imunitas Tubuh dengan Imunomodulator

 

Menjaga Imunitas Tubuh dengan Imunomodulator

Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Apalagi di masa pandemi Corona seperti sekarang, kita tidak tahu lagi virus berasal dari siapa dan mendapatkannya di mana. Jumlah masyarakat yang terkena virus Corona juga selalu bertambah setiap harinya.Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, per 24 Maret 2021 data pasien positif Covid-19 sudah mencapai 1.476.452 kasus dengan 1.312.543 sembuh dan 39. 983 meninggal.

Meski saat ini vaksin sudah ditemukan dan mulai diberikan kepada masyarakat, bukan berarti kita menjadi lengah. Untuk menghindarkan diri dari virus Corona, tentunya kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Jika sebelumnya protokol kesehatan dikenal dengan sebutan 3M, maka kini, seiring dengan semakin banyaknya kasus yang terjadi protokol kesehatan berubah menjadi 5M, yakni

  1. Memakai masker
  2. Mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir
  3. Menjaga jarak minimal 2 meter
  4. Menghindari kerumunan
  5. Membatasi mobilitas dan interaksi

Selain 5 protokol kesehatan di atas, hal penting lainnya yang wajib dilakukan adalah menjaga sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh merupakan semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya dari luar maupun dalam tubuh sendiri. Jika sistem imun tubuh kita lemah, maka berbagai patogen, bakteri, virus, jamur, hingga parasit akan dengan mudah masuk ke tubuh kita dan menimbulkan penyakit. Hal ini penting dilakukan agar tubuh tidak mudah terkena penyakit yang berasal dari virus maupun bakteri yang ada di lingkungan.

Untuk menjaga imun tubuh ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti mengkonsumsi buah dan sayuran, istirahat yang cukup, rajin berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari serta mengkonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

 

Mengenal imunomodulator


Senin, 22 Maret 2021 yang lalu saya mengikuti webinar yang diadakan oleh Momblogger Community bersama Imugard dengan tema "Ibu Sigap Jaga Imunitas Keluarga." Webinar ini menghadirkan narasumber dr. Ingrid Tania, M. Si yang merupakan ketua umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dan apt. Agie Avionico Gaudart, S. Farm yang merupakan brand Manager Imugard. 

Dalam webinar yang diadakan hari itu, peserta dikenakan dengan imunomodulator. Tahukah teman-teman dengan zat imunomodulator ini? Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif sehingga dapat mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu.

Imunomodulator sendiri terbagi atas 2 jenis yakni imunostimulan dan imunisupresif. 

  • Imunostimulan merupakan suatu senyawa yang dapat meningkatkan kinerja komponen-komponen sistem imun. Zat ini diberikan untuk meningkatkan respon imun terhadap penyakit atau infeksi. Imunostimulator terdapat pada bahan seperti isoprinosin dan ekstrak herbal (echinacea, elderberry, ginseng, ganoderma, saffron, meniran, jinten hitam, kunyit, sambiloto, bawang putih, kelor, jahe, pegagan, temulawak, dll.)
  • Imunosupresif merupakan suatu senyawa yang digunakan untuk menekan respon imun, meredakan hiper-inflamasi, mengatasi penyakit autoimun, atau mencegah penolakan transplantasi

 

Beberapa herbal yang dikenal sebagai imunomodulator antara lain:

Echinacea (Echinacea purpurea)

 

Echinacea Purpurea adalah tanaman yang berasal dari Amerika Utara yang termasuk dalam famili bunga matahari. Echinacea ini memiliki sifat imunostimulasi. Beberapa manfaat dari echinacea adalah mempercepat penyembuhan salesma dan infeksi saluran pernafasan atas. Pemakaian maksimal untuk tanaman ini adalah 8-16 minggu berturut-turut.

Meniran (Phlanthus niruri)


 

Meniran jika dilihat sekilas tampak seperti tanaman putri malu. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang kecil dan berbentuk lonjong yang berjarak. Pada bagian ketiak daun terdapat bunga yang menghadap bawah. Tanaman ini biasanya ditemukan di dataran rendah hingga ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Sebagai imunomodulator, meniran mampu mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air dan aman untuk pemakaian jangka panjang.
 

Kunyit (Curcuma longa/Curcuma domestica)


 

Kunyit pastinya merupakan bahan yang selalu ada di dapur kita. Kunyit memiliki banyak manfaat untuk tubuh salah satunya sebagai anti radang, memelihara dan memperbaiki sistem pencernaan, dan aman dikonsumsi untuk jangka panjang.
 

Daun Kelor (Moringa oleifera)


 

Daun kelor biasanya identik dengan suplemen ibu hamil. Tanaman ini merupakan sumber nutrisi kalsium, zat besi fosfor, kalium, zinc, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat dan biotin. Daun kelor sendiri memiliki banyak manfaat antara lain untuk mengatasi peradangan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Imugard membantu menjaga daya tahan tubuh


 

Untuk menjaga imun tubuh, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi zat yang dapat meningkatkan sistem imun kita, seperti imunomodulator. Dalam penggunaan imunomodulator ini, kita bisa mengkonsumsinya secara langsung misalnya dengan membuat ramuan kunyit atau mengkonsumsi daun kelor untuk sayur. Selain dengan konsumsi langsung, imunomodulator bisa juga kita dapatkan dalam bentuk "jadi" salah satunya dengan mengkonsumsi Imugard. Imugard merupakan produk herbal dari PT. Deltomed Laboratories yang memiliki manfaat meningkatkan daya tahan tubuh dengan 3 in 1 herbal formula yaitu meniran, daun kelor dan kunyit.
 
Adapun manfaat dari setiap kandungan dari Imugard antara lain:
 
  • Meniran, dapat meningkatkan aktivitas dan fungsi imunitas non spesifik serta imunitas spesifik, baik humoral maupun selular
  • Kelor kaya akan nutrisi dan berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh, kaya akan kalsium sehingga dapat mencegah osteoporosis
  • Kunyi berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi membantu meningkatkan efek terhadap fungsi utama dari sel T, sel natural killer (NK) dan makrofag
 
Sebagai produk herbal, Imugard telah mengantongi CPOTB yakni petunjuk yang menyangkut aspek produksi dan pengendalian mutu obat tradisional yang meliputi seluruh rangkaian pembuata obat tradisonal  yang bertujuan agar produk obat tradisional yang dihasilkan senantiasa memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan  sesuai dengan tujuan penggunaan. Selain itu, Imugard juga  telah mendapat sertifikat ISO 9001 : 2015 yang merupakan standar internasional yang menerapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu (QMS).
 
Produk Imugard sendiri dikemas dalam box yang terdiri atas 3 blister terdiri atas 10 kaplet setiap blisternya. Imugard dapat dikonsumsi oleh anak di atas 12 tahun, dewasa dan lansia. Namun perlu diingat untuk orang dewasa dan lansia yang memiliki penyakit darah tinggi atau ginjal, sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi Imugard. Adapun cara penggunaan Imugard adalah sebagai berikut:
  • 1 kaplet setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh
  • 2 kaplet saat kondisi tubuh dirasa sedang turun/drop sampai membaik, lalu lanjutkan 1 kaplet setiap hari.
Bagi teman-teman yang ingin memberli produk herbal Imugard ini bisa mendapatkannya secara offline di apotek terdekat, Century dan Watson. Kamu juga bisa membeli secara online di official store Deltomed di ecommerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada dan Bukalapak. Harga dari produk ini sendiri berkisar Rp. 30.000,00 - Rp. 35.000,00 per blister. 

Menjaga kesehatan merupakan kewajiban bagi seseorang terdapat tubuhnya. Dengan mengkonsumsi Imugard, bisa menjadi salah satu ikhtiar kita untuk bisa terus hidup sehat.
Baca Juga

Post a Comment

11 Comments

  1. aku rutin minum teh daun kelor nih, memang manfaatnya abnyak ini pohon

    ReplyDelete
  2. Wahh lumayan murah lho yaa kalau lihat manfaatnya yang segudang ituu. Cuma 30 sampai 35rb.auto nyari abisni ke apotek. Lagi

    ReplyDelete
  3. Aku setiap pagi saat perut kosong itu selalu minum jahe, kunyit dan serai serta air jeruk nipis ternyata sekarang ada yang praktis pake imugrad.

    ReplyDelete
  4. Wah aku paling suka kalau ada produk yang kandungannya herbal gini. Lebih nyaman aja mengonsumsinya. Dengan imugard ini sudah bisa dapet bnyk manfaat buat menjaga kesehatan ya mbak. Nggak rugi deh nyetok imugard di kotak obat

    ReplyDelete
  5. meniran ini banyak sekali di tempat saya tumbuh bebas, tapi saya belum pernah menggunakannya atau memakannya, ternyata manfaatnya banyak ya bsia buat kesehatan. wajib nyobain herbal ini buat jaga kesehatan tubuh kita

    ReplyDelete
  6. Meningkatkan imunitas tubuh di masa sekarang emang penting banget ya, kak. Selama 1 tahun masa Covid ini, aku sekeluarga gak lepas dari yang namanya produk herbal. Kunyit, temulawak, jahe, jadi konsumsi harian wis pokoknya dalam beragam bentuk

    ReplyDelete
  7. Selama pandemi ini kita memang harus dobel ekstra buat menjaga kesehatan ya, biar imun tubuh tetep kuat. Selain pake masker, minum multivitamin jg harus.

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau lho pohon meniran yang terlihat sebagai rumput liar itu bisa bermanfaat banget buat jaga imunitas tubuh. Keren lah imugard ini ini bisa mengkombinasikan 3 bahan alami untuk kebaikan tubuh

    ReplyDelete
  9. Aku baru tahu kalau daun kelor bisa jadi peningkat imun. Selama ini cuma pernah lihat daun kelor dimasak sama Ibuku sih. Jadi tertarik sama produknya, hehe

    ReplyDelete
  10. Kesehatan di kala pandemi kudu dijaga banget ya Mbak, apalagi tubuh kita garda depan banget dari virus yang menggangu. Alhamdulillah sudah ada imugard ini ya.

    ReplyDelete
  11. Kita emang butuh banget asupan vitamin baik itu herbal atau medis untuk menambah daya tahan tubuh ya mbak.

    ReplyDelete