Review Drakor True Beauty, Saat Make Up Membuatmu Jadi Idola

Lepas menyelesaikan drakor Start Up yang sukses menggemparkan dunia drakor, saya sempat vakum menonton drama Korea. Beberapa drama baru yang hadir di awal tahun 2021 menurut saya kurang menarik untuk ditonton. Ada drama Mr. Queen yang sebenarnya lucu dan ratingnya tinggi namun entah mengapa saya hanya tertarik menonton beberapa episode. Lalu ada juga True Beauty yang diangkat dari webtoon berjudul Secret of Angel yang digadang-gadang bakal memecah belah penonton kayak Start Up. Sayangnya karena settingnya anak SMA saya juga masih ragu untuk menontonnya karena berasa sudah tua. Wkwkwk. 

Pada akhirnya, karena mulai kehabisan bahan tontonan, akhirnya saya mulai menonton True Beauty. Saat mulai menonton drama ini, episodenya sudah mendekati akhir. Di luar dugaan, ternyata saya menyukai cerita dari True Beauty ini. Meski mungkin kisah cintanya cheesy banget dan karakter Ju Kyung juga kurang kuat dalam drama ini, namun entah kenapa saya malah suka dengan karakternya yang tak sempurna tersebut. Kalau untuk tokoh laki-lakinya sendiri, saya termasuk dalam tim Suho yang menjadi first lead dari drama ini. Lalu bagaimana cerita dari True Beauty ini? Berikut sedikit ulasan saya. 


Sinopsis True Beauty


 

True Beauty bercerita tentang seorang gadis bernama Lim Ju Kyung yang kerap di-bully kawan SMA-nya karena dianggap berwajah jelek. Terlahir sebagai anak kedua dari keluarga Lim, Ju Kyung memang bisa dibilang memiliki kondisi wajah tak semulus kakak dan adiknya. Alisnya tebal seperti ulat bulu, dan wajahnya dipenuhi jerawat. Wajarlah kalau hal ini membuat Ju Kyung tak percaya diri dengan penampilan fisiknya.

Puncak dari perisakan yang dialami Ju Kyung terjadi ketika ia menyatakan perasaannya pada seorang pemuda penjaga kantin. Alih-alih diterima, Ju Kyung malah diledek dan dan lagi-lagi dirisak oleh para pem-bully-nya. Ju Kyung yang putus asa sempat merasa dan ingin bunuh diri di sebuah atas gedung. Untungnya ia diselamatkan oleh seorang pemuda yang kebetulan berada di atap yang sama.

Di saat bersamaan, ayah Ju Kyung ditipu dalam sebuah investsi yang membuat keluarga mereka harus pindah kembali ke rumah lama mereka. Ini menjadi sebuah anugerah tersendiri bagi Ju kyung karena akhirnya ia bisa pindah dari sekolah lamanya. Sebelum Ju Kyung pindah, ia mendapat saran dari forum online untuk belajar merias wajah agar kekurangan pada penampilannya bisa diperbaiki. Ju Kyung pun mulai berselancar dan pun menemukan channel milik Selena yang kemudian membantunya bertransformasi menjadi seorang gadis yang cantik.

Berkat make up yang dipelajarinya secara otodidak, di sekolah barunya Ju Kyung menjelma menjadi seorang gadis cantik yang membuat semua orang terpesona. Di sekolah ini Ju Kyung bersahabat dengan Kang Soo Jin dan Choi Soo Ah. Ju Kyung juga bertemu dengan Lee Soo Ho yang ternyata merupakan penolongnya saat akan bunuh diri serta Han Seo Jun, pemuda yang dikenal sebagai "bad boy" di sekolah namun memiliki hati yang baik.

Dengan wajah cantik dan kepribadian yang ceria, Ju Kyung berhasil menjadi primdona di SMA Saebom. Dia bahkan bisa membuat 2 pemuda tampan jatuh cinta dan memperebutkan hatinya. Namun sampai kapankah ia bisa menyembunyikan wajah aslinya di hadapan teman-temannya? Lalu apakah Ju Kyung bisa lepas begitu saja dari derita perisakan yang ia alami saat bersekolah di SMA lamanya? 
 

Karakter Utama Drakor True Beauty

Secara umum, ada 4 tokoh utama dalam Drakor True Beauty ini, yakni:
 

Lim Ju Kyung


 

Terlahir sebagai anak kedua dengan jarak usia yang dekat dengan adiknya Lee Ju Young, membuat Ju Kyung kerap tidak mendapat perhatian dari orang tuanya. Ju Kyung sebenarnya memiliki karakter yang ceria dan senang berteman. Namun karena wajahnya yang dinilai jelek membuatnya dibully di sekolah. Dengan karakter khas anak tengah yang dimilikinya, Ju Kyung memutuskan untuk merahasiakan perisakan yang dialaminya di sekolah lamanya.

 

Lee Soo Ho


 

Lee Soo Hoo merupakan putra seorang aktor terkenal. Wajahnya tampan dan merupakan murid nomor satu di SMA Saebom. Saat masih kecil tanpa sengaja ia melihat ayahnya berselingkuh di hari kematian ibunya. Ini membuat Lee Su Ho kemudian menjaga jarak dengan ayahnya dan bersikap dingin. Selain memendam kekecewaan pada sang ayah, Su Ho juga menyimpan luka setelah sahabatnya meninggal karena bunuh diri. Su Ho merupakan orang pertama yang mengetahui wajah asli Ju Kyung tanpa make up.
 

Han Seo Jun  


 

Han Seo Jun dulunya merupakan sahabat Lee Soo Ho, bertiga dengan Jeong Se Yeon, penyanyi muda yang bunuh diri karena tuduhan bully yang ditujukan padanya. Sayangnya kematian Se Yeon hubungan persahabatan mereka menjadi buruk dan keduanya jadi kerap bermusuhan. Mulanya Seo Jun ingin mendekati Ju Kyung karena tahu Soo Ho tertarik pada Ju Kyung. Namun seiring berjalannya waktu, Seo Jun malah benar-benar menyukai Ju Kyung.
 

Kang Soo Jin 


Cantik dan pintar, begitulah gambaran salah satu sahabat Lim Ju Kyung di sekolah barunya. Kang Soo Jin merupakan putri seorang dokter yang kerap ditekan ayahnya untuk selalu berprestasi mengalahkan Lee Soo Ho yang berada di peringkat pertama. Sejak lama ia menyimpan perasaan kepada Lee Soo Ho yang merupakan teman masa kecilnya. Sayangnya perasaannya ini tidak berbalas karena Soo Ho menyukai Ju Kyung. Pada akhirnya, rasa cemburu membuat Soo Jin melakukan hal yang merusak persahabatannya dengan Ju Kyung dan Soo Ah.
 

Kesan setelah menonton drakor True Beauty

Secara garis besar, True Beauty mengangkat tema bullying dalam ceritanya. Seperti yang kita ketahui bullying merupakan perbuatan yang sangat buruk dan bisa mempengaruhi mental mereka yang mengalaminya. Di Korea Selatan sendiri sekarang juga sedang ramai pelaporan kasus bullying yang dilakukan oleh para artis. Pengungkapan ini bermula dari terbongkarnya 2 orang atlet volly Korea Selatan yang ternyata melakukan bullying. Hal ini kemudian memicu keberanian para korban untuk buka suara. Salah satu aktor yang mengakui kalau dirinya melakukan bullying di masa sekolahnya adalah Jisoo yang dikenal sebagai Sad Boy dalam setiap drama yang dibintanginya. Akibat dari kasus ini, Jisoo pun dikeluarkan dari drama yang sedang dibintangunya dan bisa dibilang karirnya sebagai aktor pun berakhir.
 
Selain tentang bullying, True Beauty juga memiliki banyak dimensi kisah yang menarik untuk diikuti dan memberikan pesan yang baik bagi penontonnya. Mulai dari persahabatan, keluarga, hingga upaya untuk menggapai mimpi. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa saya menyukai drama ini selain karena ringan dan sukses membuat saya tersenyum-senyum saat menontonnya. Berikut beberapa hal yang ingin saya garisbawahi dari drama Korea True Beauty:
 

Meski ayah tidak bekerja, namun ia tetap nomor satu di keluarga

Selain isu tentang kecantikan dan perisakan yang dialami tokoh utamanya, True Beauty juga memiliki satu kisah lain yang cukup menarik bagi saya. Dalam drama ini, digambarkan sosok ayah Ju Kyung sebagai seorang ayah rumah tangga. Ya, di keluarga Lim, sang ibulah yang menjadi sumber penghasilan keluarga dengan usaha salon yang dimilikinya. Tidak digambarkan sejak kapan ayah Ju Kyung tidak bekerja, namun dari beberapa percakapan yang ada dalam drama, bisa dibilang hal ini sudah berlangsung sejak ketiga anak keluarga Lim kecil. 

Dengan statusnya sebagai ayah rumah tangga, otomatis ayah Ju Kyung bertanggung jawab atas pekerjaan rumah. Memasak hingga melipat pakaian merupakan beberapa kegiatan yang kerap diperlihatkan dalam drama ini. Uniknya, meski dalam keluarga tersebut peran ibu cukup dominan, namun ini tidak membuatnya anak-anaknya kehilangan rasa hormat kepada ayahnya.


Cinta bisa hadir karena rasa nyaman 

Di episode awalnya, diperlihatkan interaksi pertama antara Ju Kyung dengan Soo Ho terjadi saat Ju Kyung hendak bunuh diri di atas atap gedung. Keduanya kemudian bertemu lagi di rental komik Pangeran di mana ternyata baik Ju Kyung maupun Soo Ho menyukai genre komik yang sama. Meski awalnya kerap bertengkar, karakter Ju Kyung yang ceria pelan tapi pasti membuat Soo Ho merasa nyaman dan jatuh cinta padanya. 

Hal yang sama juga dirasakan Seo Jun pada Ju Kyung. Seo Jun awalnya mendekati Ju Kyung karena tahu Soo Ho tertarik pada gadis itu dan Seo Jun ingin membuat Soo Ho menderita. Tapi dasar Ju Kyung memang anaknya baik dan gampang disukai membuat Seo Jun malah jatuh cinta betulan. Apalagi Ju Kyung juga sempat membantu Goo Won adiknya saat di-bully kakak kelas semakin sukalah Seo Jun pada Ju Kyung. 
 

Dari Han Goo Won kita belajar untuk tetap percaya diri 

Han Goo Won merupakan salah satu anggota paduan suara di SMA Saebom yang juga merupakan adik Han Seo Jun. Memiliki suara yang indah, Goo Won ditunjuk sebagai penyanyi utama di festival sekolah. Sayangnya karena wajahnya yang berjerawat membuat Goo Won di-bully sesama anggota paduan suara. 

Ju Kyung yang tak sengaja melihat Goo Won di-bully berusaha melindunginya. Ju Kyung juga kemudian membantu merias Go Woon sehingga cantik saat tampil di pentas. Meski begitu, rupanya Go Woon lebih memilih tampil dengan wajah polosan ketimbang menggunakan make up seperti yang dilakukan Ju Kyung. Sikap Goo Won ini di kemudian hari menjadi salah satu alasan Ju Kyung juga akhirnya berani tampil tanpa make up ke sekolah. 

Rasa cemburu bisa membuatmu jadi orang jahat

Sebenarnya ini bukan hal baru lagi. Rata-rata dalam drama Korea, seorang karakter bisa menjadi antagonis karena rasa cemburu yang hadir dalam dirinya dan tak bisa dikendalikan lagi. Dalam drama True Beauty, karakter ini diwakilkan oleh Kang Soo Jin yang begitu lama menyimpan perasaan pada Lee Soo Ho namun harus kalah dengan kehadiran Lim Ju Kyung.

Karena rasa cemburunya ini, Soo Jin nekat mempermalukan Ju Kyung yang membuat persahabatan mereka juga berakhir. Ironisnya, apa yang dilakukan Soo Jin malah berbalik arah hingga membuatnya tak disukai teman-temannya dan akhirnya meninggalkan sekolah. 

Kesimpulan 


Sebagai sebuah drama dengan latar belakang SMA, True Beauty berhasil membuat saya tersipu-sipu dan kacang terbahak-bahak di beberapa adegannya. Untuk kemampuan akting sendiri, meski mungkin Cha Eun Woo di mata saya masih terasa kaku aktingnya, setidaknya dia bisa membawakan karakter Soo Ho dengan baik. Kisah-kisah tambahan dalam drama ini juga cukup menarik untuk diikuti seperti hubungan kakak Ju Kyung dengan kekasihnya yang merupakan wali kelas Ju Kyung hingga bagaimana lebaynya Lim Joo Young yang jatuh cinta pada Han Goo Won.

Demikian review drakor True Beauty yang saya bagi untuk kali ini. Sampai ketemu di review drakor lainnya :) 


Baca Juga

Post a Comment

22 Comments

  1. Di sana alis tebal kaya ulat bulu dinyinyirin ya. Padahal di kampung saya, alis tebal gitu justru pada mau dan dibilang bagus. Iya soalnya di kampung masih religius. Istri mencukur alis justru yg dicemooh

    ReplyDelete
  2. Beauty memang fenomena yang sekarang terjadi. Inilah yang membuat kita suka kagum kalau cantik banget tapi kalau lihat orang jelek menghina "sudah jelek, item , dekil dan hidup lagi". Film ini mengajarkan untuk tidak bully karena paras

    ReplyDelete
  3. Wiwin | pratiwanggini.netMarch 11, 2021 at 7:22 AM

    Selalu seru kalo baca tulisan yang mereview film-film Korea. Banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil. Tentunya juga bikin penasaran pengin nonton filmnya.

    ReplyDelete
  4. Masih maju mundur nih nonton ini, tapi liat review ini kayanya gemes juga buat ditonton terutama liat Seo Jun hehehe

    ReplyDelete
  5. banyak ya yang review drakor ini, sebenarnya jadi penasaran juga nih ingin nonton..
    Ayahnya yang ayah rumah tangga mirip ceritanya Princes Hours yaa dulu *cuma tahu itu sih hihihih

    ReplyDelete
  6. Aku belum nonton ini, baru episode 1, trus ga lanjut. Lebih seneng baca komiknya. Banyak yang berubah dari komiknya deh.

    ReplyDelete
  7. aku belum nonton ini mba, soalnya ga begtu suka ama genrenya. tapi ngeliat aktrisnya, lah emang udah cantik effortless gituuu..

    ReplyDelete
  8. Melihat si Ju Kyung yang bisa keren belajar make up secara otodidak jadi mengingatkan pada kita juga ya yang kadang belajar dandan dari tutorial make up beauty vlogger hehe

    ReplyDelete
  9. aaaah aku udh pernah baca ini reviewnya di blog orang, katanya orang yang belajar make up gitu ya, sayang sih mak aku nggak suka drakor :D

    ReplyDelete
  10. Aku juga penasaran sama true beauty ini, liatnya pas awal2 aja beberapa episode..

    Itupun karena kebetulan nongol jadi sekalian liat.

    Tapi bagus bgt sih ya, efek bulyying bisa merubH hidup seseorang

    ReplyDelete
  11. Aku baru nonton beberapa episode aja nih. Kepengen bisa segera beresin. Lucu-lucu gemesinnya ya bikin suka. Semoga bisa segera namatin drama ini deh.

    ReplyDelete
  12. Aku masukin drakor ini dlm list ku, Krn nonton the Gangnam beauty yg mana Cha Eun woo main jugaaa hahahhaa. Dia mah dpt peran kirip2 semua yaaa. Yg Gangnam beauty kan juga ttg cewe yg ga PD Ama wajahnya, lalu akhirnya oplas. Cm ceritanya anak kuliah. True beauty anak SMU yaaa.

    Aku udh kebayang sih endingnya. Walopun pasti ketebak, tp memang drakor tema begini asik sih ditonton. Ringan dan ga banyak mikir :D

    ReplyDelete
  13. Lihat Han kok jadi Moodboster banget yak ya ampunn 😎

    ReplyDelete
  14. yup banyak yang gak nonton dengaan alasan level SMA

    saya nonton karena drama ini cair banget ya, gak perlu mikir panjang lebar, hiburan yang sesungguhnya

    ReplyDelete
  15. Jadi ingat anakku sendiri yang pernah kena bully, Kak. Yang paling parah itu bagian kepercayaan dirinya yang tergerogoti. Traumanya bisa mendalam seolah tidak menghargai kemampuannya sendiri. Film ini jadi pengingat bahwa penampilan fisik yang bagus tidak harus sama tafsirannya dengan orang lain. Yang penting punya skill buat ditekuni, dan mau menjalani dengan kepuasan.

    ReplyDelete
  16. tema drama kore true beauty ini memang relate sama kehidupan nyata di sana ya, makanya sampai memilih untuk operasi biar terlihat cantik/ganteng

    ReplyDelete
  17. Jadi begini ya ceritanya True Beauty. Cukup gaya SMA sekali. Lebih cocok ditonton sama anak remaja.

    ReplyDelete
  18. Sangat jarang menonton film belakangan ini karena beberapa hal. Kalau True Beauty semoat lihat, itupun karena diajak nobar di rumah bareng istri.

    ReplyDelete
  19. Drakor ini vibes-nya anak muda banget!
    Aku jadi pengin nonton, ah
    supaya kebawa aura anak sekolah hihihihi

    ReplyDelete
  20. Hihii....aku pun jadi berasa somplak nonton drama ini.
    Ada banyak hal yang gak mungkin, tapi kan ini based on webtoon, jadi aku terima dengan lapang dada, hahha...kaya scene Ju Kyung bolak-balik jatuh di pelukan So Hoo...

    ReplyDelete
  21. Aku udah nonton juga Mbak. Lumayan buat hiburan karena ceritanya ringan dan banyak adegan kocaknya. Termasuk kisah kakaknya Ju Kyung yg bikin ngakak sama wali kelasnya Ju Kyung.

    ReplyDelete
  22. Wah reviewnya oke banget nih... Menggambarkan secara keseluruhan. Jadi yang belum nonton kayak aku jadi ada bayangan gimana alur ceritanya. Bikin pengen nonton sih hehe

    ReplyDelete