Review Film Rentang Kisah, Cerita Perjalanan Influencer Gita Savitri Devi

 


Jika menyebut nama Gita Savitri Devi, pikiran kita pasti akan tertuju pada seorang influencer cantik yang kini bermukim di Jerman dan dikenal dengan opini-opini lugasnya. Gita Savitri Devi, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gitasav mulai dikenal sejak membagikan kesehariannya sebagai seorang mahasiswa di Jerman. Selain sebagai youtuber, Gita juga memiliki blog di mana dia menuliskan berbagai opini dan pemikirannya.

Di tahun 2017, Gita merilis sebuah buku berjudul Rentang Kisah yang kini sudah mencapai cetakan ke 11. Saya belum sempat membaca bukunya, dan di tahun 2020 ini, Rentang Kisah sudah hadir dalam bentuk film. Film ini dibintangi oleh Beby Tsafina, Dony Damara, Cut Mini dan Bio One. Saya sendiri sebenarnya tak terlalu mengikuti blog maupun vlog dari Gita Savitri Devi. Namun, tentunya saya sangat tertarik untuk mengetahui bagaimana seorang Gita Sav bisa menjadi dirinya sekarang lewat film ini.

 

Review film Rentang Kisah

Film Rentang Kisah dimulai dari flashback kehidupan Gita di masa kecil. Saat itu tahun 1998, sang ayah harus berangkat ke Amerika untuk bekerja karena kehilangan pekerjaan di masa krisis moneter. Sebelum pergi ayah Gita berpesan agar saat sudah besar nanti Gita pergi ke belahan dunia manapun untuk bertemu banyak orang.

Cerita kemudian langsung melesat belasan tahun kemudian saat Gita sudah berada di bangku SMA. Jelang kelulusannya, sang ibu mulai bertanya Gita akan meneruskan kuliah di mana. Gita yang selama ini tak mengetahui minat dan bakatnya ke mana akhirnya memilih jurusan DKV ITB seperti ayahnya dulu. Anehnya, meski kemudian berhasil diterima di ITB, ibunya malah memberikan pilihan lain. Ternyata selama ini kedua orang tua Gita memiliki rencana menguliahkan Gita ke Jerman.

Kuliah di Jerman bukanlah perkara yang mudah. Mulai dari kendala bahasa hingga sulitnya mengikuti pelajaran di Jerman harus dihadapi Gita sendirian. Beruntung di masa sulit ini Gita memiliki seorang ibu yang selalu memberinya semangat. Tak hanya itu, Gita kemudian juga berkenalan dengan teman-teman sesama mahasiswa Indonesia yang pastinya membuat kehidupan di Jerman lebih menyenangkan.

Tak hanya masalah sulitnya kuliah, ada masanya juga Gita harus mengalami kesulitan keuangan karena usaha catering ibunya yang sepi. Untuk bisa tetap bertahan hidup di Jerman, Gita akhirnya mengumpulkan botol bekas untuk dijual kembali. Gita juga sempat bekerja paruh waktu sebagai pelayan di sebuah restoran Indonesia di Jerman.

Pada akhirnya, Gita berhasil lulus kuliah dan sudah menjadi seorang influencer. Setelah berhasil meraih gelar sarjana, Gita pun mewujudkan salah satu keinginannya yang sudah lama terpendam. Menemui sang ayah dan mengajaknya pulang. Di sinilah kemudian sebuah rahasia besar terbongkar. Apakah rahasia besar itu?


Kesan setelah menonton film Rentang Kisah

Menonton film Rentang Kisah mau tak mau mengingatkan saya akan sebuah film lain yang bercerita tentang perjuangan Mahasiswi Indonesia di luar negeri, yakni Merry Riana : Mimpi Sejuta Dolar. Apalagi di sini penampilan fisik Beby Tsabina juga agak mirip dengan Chelsea Islan yang memerankan Merry Riana. Jadi sepanjang film saya berasa flashback deh nonton film Merry

Untuk plot ceritanya sendiri, bisa dibilang tak ada yang terlalu istimewa dari film Rentang Kisah ini. Masalah yang dihadapi Gita mungkin merupakan masalah umum yang juga dihadapi mahasiswa Indonesia lain yang berkuliah di luar negeri. Cerita tentang bagaimana awal Gita bisa memulai kisahnya sebagai seorang youtuber pun tak banyak diceritakan. Bagi mereka yang sudah membaca versi bukunya atau vlog Gita mungkin akan menemukan cerita yang lebih lengkap tentang perjalanan hidup Gita Savitri ini.

Adapun untuk urusan akting, Beby Tsabina bisa dibilang mampu memerankan sosok Gita Savitri dengan sangat baik. Mulai dari gaya bicara hingga nada suaranya benar-benar mengingatkan saya akan Gita Savitri Devi di channel youtubenya. Sosok Paul yang diperankan oleh Bio One juga cukup berhasil membawakan karakternya. Kalau untuk aktor senior sih nggak usah dipertanyakan lagi yaa kemampuan aktingnya. Baik Cut Mini maupun Dony Damara selalu memberikan penampilan yang mumpuni dalam setiap tokoh yang mereka perankan.

Hal menarik dari film ini adalah sosok ibu Gita yang diperankan oleh Cut Mini. Sebagai seorang ibu yang membesarkan anaknya seorang diri karena suami bekerja di luar negeri, sosok ibu Gita mampu mendidik Gita menjadi seorang anak yang kritis. Nggak heran sih karena ternyata ibunya Gita ini lulusan sospol yang pastinya sangat kritis. Tak hanya itu, dialog-dialog yang keluar dari mulut ibu Gita juga cukup menarik untuk dikutip.
 
Berikut beberapa kutipan dari ibu Gita Savitri yang bisa saya tuliskan:
 
Dunia ini luas. Jangan cuma di rumah aja. Kamu harus ketemu dengan warga dunia lainnya. Jangan cuma pintar, tapi kurang piknik

Cinta orang tua ke anak itu tanpa pamrih, tapi bukan cinta sejati. Kenapa? Karena kita tidak bisa memilih orang tua kita. Cinta sejati adalah di saat kita memilih teman dan dia memilih kita untuk saling mencintai 
 
Kalau kita mau bersedekah, walaupun kita lagi susah kita harus istiqomah. Kalau kita mau memberi makan orang, insya Allah anak kita tidak akan kelaparan.


Menonton film Rentang Kisah bagi saya cukup memberikan nilai positif, terutama dari segi parenting, bagaimana sosok seorang ibu memiliki peran besar dalam membentuk kepribadian anak. Film ini juga memberikan gambaran tentang orang tua yang membebaskan anaknya untuk pergi kemanapun agar bisa melihat dunia. Karena tak semua orang tua, kan mau ditinggal jauh anak-anaknya?

Demikian review film Rentang Kisah yang saya tonton beberapa waktu yang lalu. Bagaimana dengan teman-teman, sudah nonton film ini belum?

Post a Comment

15 Comments

  1. Wow keren ya Gitasav, bisa menulis perjalanan hidupnya
    Dibukukan dan sekarang jadi film
    Kalau kita baca seolah bener2 mirip skenario film
    Tapi itulah kehidupan yg benar2 nyata dan ada
    Sangat menginspirasi
    Terima kasih review-nya

    ReplyDelete
  2. GitSav memang daebaaakkk
    aku dulu pas SD sempat les bahasa Jerman, mba
    Dan menurutkuuu syusyaahhh wkwkwkw
    Makanya aku salut ama GitSav dan Paul yg kuliah jurusan Kimia & FK di Jerman
    Keren

    ReplyDelete
  3. Mungkin lebih asyik baca bukunya daripada nonton film nya ya?
    Jadi inget buku Gie yang lebih asyik bukunya

    ReplyDelete
  4. Aku belum nonton film Rentang Kisah ini. Mungkin memang biasa karena jalan tiap orang pasti ada naik turunnya. Tapi dari sini, aku suka Ibunya. Dia berpikiran luas bahkan mengijinkan anak perempuannya ke luar negeri. Bagi orang Jawa itu gak mudah. Banyak banget dramanya

    ReplyDelete
  5. Aku tertarik baca bukunya gitasav justru hehehe

    ReplyDelete
  6. Betul ya mbak. memang lingkungan berpengaruh the perkembangan mental anak. inspiratif cerita ini.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Mbak Antung bikin penasaran aja wkwkwk. Aku penasaran soal rahasia besarnya. Trus kenapa papanya keluar negeri sendiri gak ngajak keluarga sekalian? #sukaspoiler 😂 tapi kayaknya harus baca dan nonton sendiri ya hehe

    ReplyDelete
  9. eh barusan aku nonton elona holmes, lucu2 unik. beda bangetlah dg keluarga yg ada di film ini atau di kehidupan kita umumnya. tapi ttp sih, ttg peran ibu yg luar biasa

    ReplyDelete
  10. Keren banget gitasav ini inspiring buat anak2 muda jaman skrg. Uda bikin buku, eh skrg malah di filmkam juga

    ReplyDelete
  11. Film keren biasanya bisa jadi mood booster loh, karena inspirasi bisa datang seketika hehe. Inspirasi dalam menjalani kehidupan maksudnya.

    ReplyDelete
  12. keren banget dong eny jadi kepo banget sama filmnya pengen nonton deh mba fullnya hhi

    ReplyDelete
  13. Sebentar aku mau komen dulu tampilan blog nya baru ya mba Antung? Keren mba. Sukaaaaa
    Dan aku penasaran sama ibu Gita Savitri. Setuju banget pintar tapi nggak pernah piknik, ketemu orang banyak, pasti beda sama mereka yang sering piknik dan ketemu orang banyak.
    Karena sejatinya ilmu itu ada di mana pun

    ReplyDelete
  14. duh itu kenapa ada spoiler yang nggak dilanjutin sih Mbak? kan jadi penasaran kenapa papanya ke Amrik sendirian..apakah cerai atau nikah lagi? hiyaa.... mulai deh wwkkwkwk

    ReplyDelete