Sociabuzz Tribe, Cara Baru Menghasilkan Uang dari Menulis

 


Sociabuzz Tribe, Cara Baru Menghasilkan Uang dari Menulis - Di era millenial seperti sekarang, profesi Content Creator semakin banyak diminati. Mulai dari orang biasa hingga para artis mulai melirik bidang ini untuk dijajal. Apalagi di masa pandemi di mana kita lebih banyak beraktivitas di rumah membuat semakin banyak saja content creator baru bermunculan. 

Content Creator sendiri merupakan sebuah profesi yang membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi. Ada banyak media yang bisa menjadi wadah berkreasi bagi seorang content creator, sebut saja Youtube, Instagram, Blog hingga yang terbaru adalah Tik Tok dan podcast. 

Ada banyak alasan mengapa bidang content creator ini mulai dilirik banyak orang, antara lain;

  • Wadah menuangkan kreativitas dan hobi. Banyak orang yang terjun di dunia content creator awalnya untuk menyalurkan hobi dan ide kreatif mereka. Sebut saja instagram yang awalnya tempat mengabadikan foto-foto yang oke, blog sebagai tempat menuliskan berbagai isi di kepala hingga youtube yang mungkin awalnya hanya tempat menyimpan video-video pribadi. Semakin ke sini platform-platform tersebut telah menjelma menjadi wadah yang paling banyak digunakan content creator untuk berkarya.
  • Membagikan informasi. Menjadi content creator juga membuat seseorang berkesempatan membagikan informasi yang bisa jadi bermanfaat bagi pembaca atau pengikutnya. Review-review produk kecantikan hingga resep masakan merupakan salah satu dari informasi bermanfaat yang bisa dibagikan oleh content creator. 
  • Bisa menjadi sumber pendapatan. Saat ini menjadi content creator memang bisa menambah pundi-pundi uang kita entah itu lewat iklan, endorse produk hingga tulisan berbayar.

 

Menghasilkan uang dari menulis di blog

Bagi mereka yang memiliki hobi menulis, blog merupakan salah satu media yang pas untuk menyalurkan berbagai ide dan pemikiran kita. Dulunya mungkin dunia blog identik dengan curhat, namun sekarang dunia blog sudah berkembang menjadi sebuah media bagi content creator untuk berkarya. Melalui blog, seorang blogger bisa membagikan opini, berita, review dan berbagai hal lain yangbisa bermanfaat bagi pembaca. Selain itu, blog sekarang juga bisa menghasilkan uang bagi pemiliknya terutama jika blog tersebut sudah digarap dengan serius. Beberapa cara menghasilkan uang dari blog antara lain:
 

Iklan/Adsense

Bagi pengguna blog, memasang iklan di platform ini merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan penghasilan. Tentunya ada persyaratan tertentu agar sebuah blog bisa dipasangi iklan. Pertama, pemilik blog harus mendaftar dulu ke google adsense dan mendapat persetujuan dari Google baru bisa mendapat kode iklan. Setelah iklan tayang, uang baru bisa ditarik jika pendapatannya mencapai Rp. 1.300.000,00. Selain itu, tentunya memerlukan pageview yang tinggi jika ingin mendapatkan penghasilan dari iklan di blog ini.

Endorse

Blogger juga bisa mendapatkan penghasilan dari endorse atau review berbayar sebuah produk dari brand. Biasanya blogger yang mendapat endorse produk ini blogger yang memiliki niche khusus seperti beauty blogger, food blogger, blogger tekno, dan blogger lain yang memiliki branding kuat.
 

Afiliasi

Afiliasi merupakan sebuah kerja sama di mana seorang konten kreator membagikan sebuah link referral dan setiap pembelian yang terjadi melalui link tersebut, konten kreator akan mendapatkan komisi. Kerjasama afiliasi ini biasanya dilakukan oleh marketplace atau ecommerce. 

Sponsored Post 

Sponsored post merupakan istilah yang sering digunakan bagi para Blogger saat menerima tulisan pesanan dari sebuah brand/klien. Fee dari sponsored post ini tentunya berbeda-beda tergantung dari tulisan yang dibuat apakah menulis sendiri atau. Faktor lain yang juga bisa mempengaruhi ratecard dari sponsored post ini adalah branding dari blogger, pageview blog hingga nilai lain seperti DA dan PA yang saat ini menjadi patokan dalam mendapatkan job untuk blogger.


Memenangkan lomba

Bisa memenangkan sebuah lomba blog merupakan cara lain bagi penulis blog untuk mendapat penghasilan. Hadiah dari lomba blog sendiri saat ini lumayan menggiurkan mulai dari uang jutaan rupiah, gadget terbaru, hingga paket umroh dan jalan-jalan. Karena itu tidak heran jika untuk bisa memenangkan sebuah lomba blog ini seorang penulis harus benar-benar membuat tulisan yang berkualitas dan memikat hati juri.


SociaBuzz Tribe, cara baru menghasilkan uang dari menulis

Selain berbagai cara yang saya sebutkan tadi, kini ada cara baru untuk menghasilkan uang dari menulis terutama bagi para blogger. Beberapa waktu yang lalu, SociaBuzz yang merupakan marketplace untuk mencari influencer, talent & berbagai jasa kreatif merilis program terbarunya yakni Sociabuzz Tribe. SociaBuzz Tribe ini adalah sebuah fitur baru dari SociaBuzz yang bisa membuat content creator mendapat dukungan dari follower-nya. Dukungan ini bisa berupa donasi hingga penggalangan dana. Sebagai gantinya, content creator akan membuat konten eksklusif yang hanya bisa diakses oleh pendukung dari content creator tersebut.

Konsep dari SociaBuzz Tribe ini sebenarnya mirip dengan konsep sudah ada di luar negeri seperti Patreon. Bedanya SociaBuzz Tribe ini dikhususkan untuk market Indonesia. Selain itu, jika dengan Patreon follower harus menggunakan kartu kredit dalam memberikan donasi, maka di SociaBuzz Tribe, follower bisa menggunakan Gopay, OVO, Dana, LinkAja & Transfer Bank (BCA, Mandiri, BNI, Permata).




Cara mendaftar di SociaBuzz Tribe

Buat kamu para content creator khususnya blogger, untuk bisa mendapatkan fasilitas SociaBuzz Tribe ini sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya
  1. Login atau buat akun di SociaBuzz
  2. Di halaman profil, klik fitur membuat SociaBuzz Tribe atau langsung ke laman https://sociabuzz.com/tribe
  3. Masuk ke halaman tribe, isi profil dan buat jenis dukungan yang ingin ditampilkan. Kamu bisa menentukan sendiri jenis dukungan dan nominal yang bisa diberikan oleh follower ke halaman SociaBuzz Tribe kamu.
Nah, jika sudah mendapat dukungan, tentunya sebagai content creator selayaknya kita memberikan apresiasi kepada para follower yang sudah memberi dukungan kepada konten kita. Beberapa reward yang bisa diberikan kepada para pendukung antara lain:
  • Konten eksklusif yang hanya diposting di SociaBuzz Tribe dan tidak ada di platform lain
  • Early access, yakni konten yang akan kamu posting lebih awal di feed SOCIABUZZ TRIBE, sebelum diposting di media lainnya
  • Fan recognition (nama pendukung akan ditampilkan di credit title video youtube, disebut di akhir episode podcast, dijadikan karakter di komik, dijadikan lagu, dll.)
  • Memberikan merchandise
  • Meet and greet
  • Mendapatkan video ucapan yang personal
  • Ebook berisi tutorial
  • Kelas ekslusif menu

 Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa menonton video di bawah ini.

 

 
Demikian sedikit informasi yang bisa saya berikan tentang cara baru menghasilkan uang dari menulis. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

Post a Comment

25 Comments

  1. Wah, asik nih aku jadi tau ternyata dari Sociobuzz kita bisa menghasilkan pundi2 ya mbak. Menulis memang berbagi plus kita bisa mendapatkan uang dari berbagi, endoresement media sosial dan sebagainya. Kudu langsung daftar nih cuuuz ah!

    ReplyDelete
  2. Saya pernah dapat kerjasama dari Sociabuzz. Udah lumayan lama. Ya semoga aja bisa bekerjasama kembali

    ReplyDelete
  3. ini sama atau beda sama sociabuzz yg dulu mba? aku udah kerja sama cukup sering dulu, seneng yaa bisa menghasilkan karya dan jg uang walau dr rumah aja, dgn cara bikin konten

    ReplyDelete
  4. Wah Dewi harus daftar SosiaBuzz nih. Sekarang jadi lebih mudah ya untuk memperoleh pundi-pundi dari hobi kita:) terimakasih infonya mbak...

    ReplyDelete
  5. Belum pernah cobain SosiaBuzz ini Mbak. Boleh juga ya buat nambah penghasilan menulis. Selama ini baru dari endorsement atau sponsor post aja. Ada AdSense tapi belum optimal juga hasilnya.

    ReplyDelete
  6. Saya punya akun di Sociabuzz udah lama. Tapi jujur aja selama ini belum pernah saya manfaatkan. Baca ulasan ini jadi semangat mau menguliknya lagi.

    ReplyDelete
  7. Wah asyik nih. Dulu aku aktif juga ada Sosiabuzz mba tapi lama nih kayaknya harus aktifkan lagi. Makasih infonya

    ReplyDelete
  8. Wah asyik nih ada platform yg bisa menghasilkan uang.. dulu banget saya pernah punya akun sociabuzz.. sebelum sociabuzz berkembang seperti sekarang.. kek nya kudu bikin akun lagi nih

    ReplyDelete
  9. Yeayy, seruuu ya jadi content creator jaman now.
    Bisa menyalurkan hasrat kreativitas, sekaligus mendulang rupiah :D
    Mau ceki ceki aahhh

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah kerjasama dengan Sociabuzz. Kayaknya yang Tribe ini menarik untuk dicoba 😃

    ReplyDelete
  11. Wah mau cobaa aahh. Selama ini nggatau kalau sociabuzz juga untuk bloger. Thanks for sharing kak. Otw cobain, hihi

    ReplyDelete
  12. Wahh sociabuzz patut dicoba ini. Bicara ttg content creator memang lagi booming ya.. namun banyak skill yang harus dikuasai. Jadi, harus rajin upgrade ilmu. Thanks, KK :)

    ReplyDelete
  13. Iya salah satu hikmah perkembangan teknologi adalah semakin banyak peluang kita mendapatkan rupiah dari hobi, termasuk hubungannya dg hobi menulis.
    Mudah2an saya bs mengikuti jejak2 para suhu blogger nih.
    Cuss ceki2 sociabuzz juga ah. Makasih mbak :)

    ReplyDelete
  14. tiap zaman selalu ada peluangnya sendiri ya. asal skill mumpuni, noleh ke mana aja ada duitnya, hehe

    ReplyDelete
  15. Rasanya saya pernah apply Sociobuzz malah masih dapat email nya
    Tapi kurang paham cara kerjanya
    Berkat tulisan Mbak Antung, jadi lumayan ngerti
    Terimakasih ya

    ReplyDelete
  16. Aku belum pernah berhasil ini ikut yang Sociabuzz tribe ini kak. Makin penasaran deh kayak gimana prosedur dan prosesnya. WKwkkw. Semoga next bisa join juga sama Sociabuzz Tribe.

    ReplyDelete
  17. Kalau Sociabuzz sebenarnya sudah beberapa kali keangkut, cuma yang tribe ini kok belum nyangkut-nyangkut, hehe. Dan sepertinya ada fitur baru ucapan video dari influencer.

    ReplyDelete
  18. Dah lama gak main di sociabuzz, banyak berkembang ya mb, ntar deh aku pelajari yg sociabuzztribe ini

    ReplyDelete
  19. Wah, bnyak yang bisa kita hasilkan dari join ini yah, mantap kalo begitu. Bolehlah dicobain

    ReplyDelete
  20. Wah jadi pinisirin dg sociobuss deh, mulai besok pengen mengadu nasib kesitu hihihi makasih infonyaa yaa..

    ReplyDelete
  21. Aku pernah dengar ucapan selamat ulang tahun secara personal yang diberikan artis untuk personal.
    SociaBuzz Tribe keren banget..

    ReplyDelete
  22. Wah, aku kok tertarik y mbak 😬 SociaBuzz Tribe ini bisa dicoba deh ya. Lumayan nambah2 uang jajan saat pandemi 🤩👍

    ReplyDelete
  23. sepertinya pernah daftar di Sociabuzz belum dapat job aja walau dapat emailnya hehe... perngen nyoba belum tau caranya

    ReplyDelete
  24. Nah, baru tahu ada Sociabuzz. Menarik juga untuk dipelajari, khususnya terkait masalah media sosial generasi zaman now

    ReplyDelete
  25. Afiliasinya boleh di coba sepertinya mantap

    ReplyDelete