Rekomendasi Jasa Pengiriman Paket untuk Usaha Online



Rekomendasi Jasa Pengiriman Paket untuk Usaha online

Rekomendasi Jasa Pengiriman Paket - Seperti yang kita ketahui bersama, seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai usaha online pun bermunculan. Mulai dari pakaian, peralatan masak hingga ke industri kuliner juga sudah banyak yang menggunakan sistem online. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang di mana orang-orang lebih banyak berada di rumah. Bisnis usaha online merupakan salah satu bidang yang cukup menjanjikan karena orang biasanya lebih memilih berbelanja online ketimbang ke luar rumah.

Saya dan suami sendiri juga sempat mencoba usaha online berupa usaha ayam potong di bulan Ramadhan lalu. Jadi di awal Ramadhan suami membeli beberapa puluh anak ayam potong. Saat lebaran tinggal menghitung hari, ayam-ayam tersebut pun siap dipotong dan dijual. Untuk penasarannya, suami memasang iklan di salah satu platform jual beli. Dan untuk menarik minat pembeli, suami memberikan iming-iming gratis ongkir dan mengantarkan sendiri ayam-ayam yang dipesan para pembeli.

Berhubung ayam potong yang kami jual harganya terbilang murah, maka pemesanan pun membludak bahkan ada yang sampai repeat order. Suami sampai kewalahan saat memotong dan mengantarkan pesanan ayam-ayam potong tersebut. Untungnya kala itu kantor tempatnya bekerja sudah memberikan cuti lebaran sehingga suami bisa memotong ayam setelah sahur dan mengantarkan pesanan di pagi hari.

Sayangnya usaha ayam potong yang kami jalankan hanya berusia satu bulan. Suami yang masih full bekerja merasa tidak sanggup meng-handle usaha ayam potong tersebut. Sebagai gantinya, suami memelihara ayam petelur yang sedikit lebih mudah pengelolaannya.

Pertimbangan dalam memilih jasa pengiriman paket


Dalam sebuah usaha online, jasa pengiriman paket menjadi salah satu layanan yang sangat membantu kelancaran usaha. Dengan banyaknya transaksi yang dilakukan, penting bagi pengusaha toko online untuk memberikan berbagai pilihan jasa pengiriman paket untuk produk yang mereka jual. Dalam memilih jasa pengiriman paket ini sendiri, pastinya ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan baik itu oleh pembeli maupun penjual. Beberapa pertimbangan tersebut antara lain:

Jenis produk yang dijual untuk usaha online

Jenis produk tentunya menjadi pertimbangan pertama dalam memilih jasa pengiriman paket. Jika produk yang akan dikirim berupa pakaian, jilbab atau kosmetik, maka kita bisa menggunakan jasa kurir dalam pengiriman paket. Namun jika produk yang kita jual berupa produk dengan masa kadaluarsa pendek seperti makanan, pastinya kita akan memilih jasa pengiriman paket dengan sistem same day service yang bisa mengantarkan barang dalam waktu cepat.

Urgensi pengiriman barang

Pertimbangan kedua dalam memilih jasa pengiriman barang adalah tingkat urgensi dari barang tersebut. Jika barang yang dibeli diperlukan dalam waktu cepat pastinya pembeli akan memilih jasa pengiriman barang yang bisa memberikan layanan cepat dalam hal pengiriman barang. Sedangkan jika barang yang dibeli bukanlah barang ingin diperlukan secepatnya maka penggunaan jasa kurir standar bisa menjadi pilihan.

Kecepatan jasa pengiriman 

Umumnya para pembeli selalu menginginkan barang yang dibeli tiba secepat mungkin ke tangan mereka. Selain itu produk-produk berupa makanan juga termasuk dalam barang yang harus cepat dikirim karena masa kadaluarsanya yang pendek. Karena itu pastinya penting bagi pelaku usaha online untuk memilih jasa pengiriman yang memiliki layanan cepat entah itu same day service atau one day service

Jaminan selama masa pengantaran dan kemudahan pelacakan

Hal terakhir yang juga menjadi pertimbangan dalam menentukan jasa pengiriman paket adalah jaminan atau asuransi atas barang yang dikirim dan kemudahan dalam melakukan pelacakan pengiriman. Dengan adanya asuransi dan kemudahan Pelacakan ini, pembeli maupun penjual pastinya lebih yakin dalam mempercayakan barangnya pada jasa pengiriman barang yang dipilih.

Baca juga: Ingin Mempunyai Brand Skincare Sendiri? Yuk Hubungi Jasa Pembuatan Skincare

Memilih GoSend untuk Jasa Pengiriman Paket




Saat memulai usaha jualan ayam potong beberapa bulan lalu, seperti yang saya ceritakan suami memilih mengantarkan sendiri ayam pesanan pembeli ke rumah mereka. Jika dilihat dari segi efektivitas, sebenarnya bukan hal yang menguntungkan karena proses pengiriman barang kepada pembeli ini kadang memakan waktu lama. Bayangkan jika suami harus mengirimkan ayam potong ke beberapa lokasi dengan jarak berjauhan. Pastinya ini lumayan melelahkan. Belum lagi risiko tersesat karena alamat yang dituju tidak lengkap, misalnya.

Saya membayangkan jika saja usaha ayam potong tersebut masih dilanjutkan, maka kami akan memilih kurir atau jasa pengiriman untuk mengirimkan ayam pesanan pembeli. Dengan menggunakan jasa pengiriman ini pastinya akan lebih menghemat tenaga suami dalam menjalankan usaha. Saat ada pesanan ayam, kami tinggal menghubungi jasa pengiriman dan tinggal menunggu konfirmasi pesanan sampai.

Bicara soal jasa pengiriman barang, saya jadi teringat pada sebuah fitur yang dimiliki oleh Gojek yakni GoSend yang memungkinkan penggunanya mengirimkan paket dengan biaya sesuai jarak pengiriman. Saya sendiri sudah beberapa kali menggunakan fitur GoSend ini. Mulai dari mengirimkan titipan teman di malam hari, mengembalikan barang sewaan ke rental perlengkapan bayi, hingga mengirimkan kunci motor suami yang terbawa saya hingga ke kantor.

Dalam usaha online, layanan GoSend ini pastinya juga sangat membantu para pemilik usaha dalam mengirimkan produk yang mereka jual kepada konsumen. Apalagi jika produk yang dijual berupa makanan yang masa kadaluarsanya cepat, perlu sekali jasa pengiriman yang bisa mengirimkan barang dengan sistem same day service dan instant service seperti yang dimiliki GoSend ini.

Beberapa keuntungan dari penggunaan GoSend sebagai jasa pengiriman barang antara lain:

  • Pengiriman Cepat - Paket akan sampai dalam hitungan jam dari waktu pengiriman.
  • Tersedia setiap saat - Kapan saja ingin mengirim paket, GoSend tersedia 24/7.
  • Lacak paket secara real-time -Gunakan fitur lacak lokasi paket & kurir secara real-time.
  • Dilindungi Asuransi - Keamanan barang terjamin dengan asuransi dari GoSend.

Nah, jika selama ini kita mengetahui kalau GoSend hanya ada di aplikasi Gojek, ternyata sekarang GoSend juga sudah bisa diakses lewat Web portal dan juga melalui API. Web portal merupakan sebuah portal yang memudahkan mitra usaha Gojek yang ingin melakukan banyak pengiriman barang. Sementara API merupakan produk untuk Mitra Usaha Gojek yang memerlukan pemesanan GoSend langsung dari sistem/website/aplikasi usaha Anda melalui integrasi API. Dari sini bisa kita lihat kalau fitur GoSend pada Web portal maupun API ditujukan bagi para pelaku bisnis online yang pastinya pengiriman barangnya lebih sering ketimbang pengguna aplikasi Gojek.

Adapun kelebihan dari penggunaan GoSend sebagai jasa pengiriman barang bisa dilihat pada gambar berikut:

Rekomendasi Jasa Pengiriman Paket untuk Usaha online

Selain melakukan jasa pengiriman dalam kota, GoSend sekarang juga sudah bisa melakukan pengiriman ke luar kota dengan bekerja sama dengan Paxel. Untuk saat ini area yang bisa dilayani untuk pengiriman luar kota adalah dari Jabodetabek ke Bandung ataupun sebaliknya.

Tak hanya pengiriman barang dalam skala kecil, Gojek kini juga memfasilitasi para pelaku usaha online yang ingin mengirimkan barang dalam jumlah besar atau di atas 20 kg. Semisal ada pesanan makanan dalam jumlah besar, maka pemilik usaha online bisa menggunakan fitur GoBox dengan berbagai pilihan kendaraan yakni pick up bak, pick up box, engkel bak, engkel box. 

Dengan adanya fitur GoSend dan GoBox, kini para pelaku usaha online tak perlu bingung lagi dalam menentukan jasa pengiriman untuk barang yang mereka jual. Barang dikirim bisa cepat sampai di hari yang sama, mudah dilacak dan mendapat jaminan asuransi. Usaha jadi lancar dan rezeki pun insyaAllah selalu ada bagi yang berusaha. 

Demikian rekomendasi yang bisa saya berikan untuk jasa pengiriman paket ini. Semoga bermanfaat buat teman-teman semua. 

Post a Comment

43 Comments

  1. Aku pernah beberapa kali pake gosend, dan memang recommended sekali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. kalau pengiriman yang perlu cepat gosend ini membantu banget

      Delete
  2. Kayak temenku sih Mbak, usaha ayam potong. Laris manis, tapi kayaknya jadi kasihan juga, kecapekan di jalan riwa-riwi antar pesanan. Harusnya dia pake GoSend aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. kasihan kalau lihat suami bolak-balik ngantarin pesanan

      Delete
  3. GoSend memang sekarang jadi kurir andalan untuk pengiriman paket terutama makanan dan dokumen dalam kota ya.

    ReplyDelete
  4. Jadi pengin coba nih mbak. Saya baru mulai usaha terima pesanan dimsum, bisa coba pakai ini kali ya untuk pengiriman ke konsumen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. kalau usaha makanan kayak gitu cocoknya memang pakai gosend

      Delete
  5. Saya pun sering pake gosend untuk kirim barang. Insha Allah aman dan terpercaya ya mba..

    ReplyDelete
  6. Makin lama makin banyak ekspedisi pengiriman paket, karena tuntutan pasar.
    Saya beberapa kali terbantu dgn gosend ini.

    ReplyDelete
  7. Gojek memang servisnya nggak diragukan lagi ya. Apalagi dengan gosend ini, membantu pengusaha banget. Alhamdulillah kita hidup di era ada gosend

    ReplyDelete
  8. D tanah air sy kerap pakai gosend jg mba
    Alhamdulillah belum pernah kecewaa
    Btw smoga usahany makin sukses y mbaa

    ReplyDelete
  9. Saya pasti akan pilih gosend untuk pengiriman paket, khususnya yang sehari sampai. Tapi sayang, ke daerah saya, belum sampai. Gojek aja blm ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saat gojek belum ada di kota saya, saya lebih dahulu mencoba di Jakarta saat pertama kali rilis. Dan sangat emudahkan kita. Semoga segera ada dinkota mbak juga ya.

      Delete
  10. Saya sudah pernah pakai GOSEND dan GOBOX , memang saat ini dibutuhkan banget jasa pengiriman dalam satu hari (same day) khususnya kalau sekota ya

    ReplyDelete
  11. Gosend memang salah satu moda transportasi anter paketku juga sih...apalagi pas pesen frozenfood..tfl cari toko deket rumah di ecommerce trus pesan antarnya paket gojek

    ReplyDelete
  12. Terbantu banget ya para pengusaha ketika akan mengirim barang yang cepat dan terpercaya. Udah ada GoSend dan GoBox nih yang siap mengantarkan jualan hingga sampai ke pelanggan.

    ReplyDelete
  13. Aku pernah mba pake jasa gobox, ternyata lebih hemat loh Mba.. dan bisa ditrack. Jadi aman.

    ReplyDelete
  14. Harga ramai itu nyebelin juga sih ya, sering bikin jantungan banget rasanya, pas order, harganya melambung.

    Saya paling sering pakai gosend sih, lebih terpercaya buat kirim-kirim sesuatu :)

    ReplyDelete
  15. Aku sebagai tukang jajan online, biasanya kalau beli dari beberapa teman atau online gitu selalu minta pakai gosend kalau yang masih terjangkau wilayahnya sih.

    ReplyDelete
  16. Penting banget jasa pengirim paket menurutku seperti aplikasi Gosenda dan Gobox,apalagi sebagai pengguna aplikasi online sangat membantu disaat pandemi sekarang, yang mau tidak mau harus membatasi aktifitas diluar rumah.

    ReplyDelete
  17. idaman banget nih GoSend sama GoBox.
    apalagi kalau punya usaha online atau sekedar mau kirim barang ke temen.
    pas pandemi gini, kita gk usah keluar rumah. tinggap tap GoJek, udah deh nunggu kabar aja pas barang sampai

    ReplyDelete
  18. Udah lama aku jadi pengguna setia go-send ini. Pengirimannnya cepat sekali, harga juga reasonable . Kedepannya pasti sering gunain lagi, apalagi pas Idul Adha, buat kirim daging-daging bermanfaat banget hehehe..
    kalau Go-Box, belum pernah gunain. tapi kata temen yang dah pernah gunain, recommended juga..
    membantu banget di masa pandemi gini ya

    ReplyDelete
  19. Aku juga sering pake gosend klo kirim kirim barang..
    Lebih cpt dan aman

    ReplyDelete
  20. Wah sepertinya banyak yang terbantu dengan fitur GoSend dan GoBox dari Gojek ini ya. Semoga pelayanan dan harga jasa nya tetap konsisten bagusnya .

    ReplyDelete
  21. Go send dan Go box ini memudahkan seller dan customer ya karena terjamin dan cepat. Semoga layanannya terus dijaga

    ReplyDelete
  22. Wah bisa kirim ke luar kota juga ya. Semakin fleksibel ini layanannya. Gak heran makin banyak yang pake.

    ReplyDelete
  23. Beberapa kali saya pakai jasa Gosend mbak dan memang bagus banget, tepat waktu dan juga harga terjangkau. Btw sangat membantu untuk pebisnis.

    ReplyDelete
  24. Ya, tinggal GoSend aja deh. Lumayan ga capek² lagi anter barang ya kan misal ada pesanan atau kita memang mau ngasih barang ke orang.

    ReplyDelete
  25. Walaupun aku bukan pelaku usaha. Namun gosend ini sangat membantu banget buat kirim kirim barang ke keluarga... Bersyukur banget dimasa pandemi ini udah ada gosend yang sangat memudahkan dalam hal kirim2 barang tanpa harus keluar rumah

    ReplyDelete
  26. Zaman dulu ya nyari jasa pengiriman itu susah, kurir itu datang dan pergi sesukanya. Sekarang udah ada gosend dan gobox bebas banget kita

    ReplyDelete
  27. Kalau melihat darurat nya barang yang akan dikirim memang harus banget cepat dikirimkan, apalagi yang ingin langsung digunakan. Maka go send memang jadi pilihan yang tepat

    ReplyDelete
  28. Sebagai online seller ngerasa banget betapa jasa pengiriman ini harus selektif memilih ya. Salah sslsh malah mempertaruhkan reputasi toko d mata pembeli.

    ReplyDelete
  29. Wah, kebayang capeknya ya sewaktu antar pesanan sendiri. Tapi pasti seneng karena orderan rame. Memang paling enak pakai jasa kurir seperti gosend atau go box ya..hemat tenaga, harganya murmer pula...

    ReplyDelete
  30. Sayang banget ya mba usahanya berhenti.
    Aku juga sering menggunakan gosend, mudah pemakaiannya

    ReplyDelete
  31. Wawww menariik nih, baru tau deh beneran, GoSend bisa via web juga. Kebayang kalau harus lewat aplikasi, udah nge-hang itu HP kalau kirim banyak. Aku mau coba juga ah kirim2 pake gosend via web. Kebetulan aku mau buka usaha makanan juga

    ReplyDelete
  32. gosend ini andalan banget buat kirim-kirim barang. real time dan dapat dilacak. jadi gak perlu khawatir barangnya gak sampai.

    ReplyDelete
  33. Saya dan suami mau buka usaha olshop juga mba, pengiriman via gosend emg paling jawaban kalau pengiriman jarak dalam kota ya mba, apalagi kalau yang dikirim bahan makanan atau minuman

    ReplyDelete
  34. Saya pribadi baru sekali menggunakan layanan Gosend, tapi pengirimannya lebih lama dibandingkan kalau saya antar sendiri menggunakan motor pribadi :)
    Jadi lebih milih untuk antar barang sendiri kalau jaraknya dekat.

    ReplyDelete
  35. Gosend emang jadi andalanku juga nih mbak, kalo paket harus banget nyampe dihari yang sama aku pasti pilih Gosend sih

    ReplyDelete
  36. Meski bukan untuk tujuan usaha, gosend ini sendiri kerap aku pilih kalau mau anter dokumen ataupun makanan untuk sodara. Andalan banget sih dan safety pula.

    ReplyDelete
  37. Gosend ini memang memudahkan banyak pihak ya. Bukan cuma yang punya usaha, buat keperluan pribadi kirim2 sesuatu juga jadi lebih mudah karena gosend.

    ReplyDelete