2019 in Review




Tak terasa tahun 2019 sudah di penghujung harinya. Selama setahun terakhir, pastinya ada banyak hal yang terjadi dalam hidup kita. Entah itu kejadian baik dan menyenangkan atau bisa juga kejadian tak mengenakan. Nah, kali ini saya mau bikin sedikit review hal-hal yang terjadi pada saya selama tahun 2019 ini. 

Moment of my life : Melahirkan anak kedua

Tepat di pertengahan Ramadhan tahun ini, saya melahirkan anak kedua yang berjenis kelamin laki-laki dengan nama Yafiq Fahad Ramadhan. Yafiq lahir di bidan yang sama dengan kakaknya kemarin. Proses kelahirannya pun bisa dibilang tak memakan waktu lama yakni sekitar 3 jam saja. Saat ini Yafiq sudah berusia 7 bulan dan sudah mulai merayap ke sana ke mari.

Working's Life

Setelah menjalani mutasi internal di akhir tahun 2018 lalu, sebenernya tak banyak yang terjadi dalam dunia kerja saya di tahun 2019 ini. Semuanya berjalan sesuai rutinitas yang ada. Ada sih seleksi untuk posisi supervisor yang dibuka bagi karyawan yang sudah memenuhi syarat namun saya putuskan untuk tak mengikutinya karena masih merasa belum siap untuk tantangan baru. 

Blogging Life 

Sebagai Blogger, tak mungkin dong ya saya tidak menuliskan review perjalanan ngeblog saya selama tahun 2019. Hingga tulisan ini dibuat, alhamdulillah saya sudah menulis 96 postingan selama tahun 2019. Ini sedikit lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya yang cuma 80 postingan. Sayangnya gara-gara peraturan Moz yang berubah, DA blog saya nyungsep dari 25 menjadi 18 dan tetap bertahan di sana hingga sekarang. Tak hanya itu, pageview blog pun mengalami penurunan di kuartal akhir tahun. Entah ini karena algoritma Google atau memang karena tulisan saya yang tak cukup menarik untuk dibaca. Heu. 

Reading's Life

Di awal tahun 2019 kemarin, saya menargetkan bisa membaca kurang lebih 30 buku hingga akhir tahun. Qadarullah hingga di penghujung tahun saya ternyata cuma bisa menghabiskan 14 buku yang artinya tidak sampai separuh dari target saya. Agak menyedihkan sih sebenarnya mengingat sebenarnya ada beberapa buku di rumah yang baru saya beli dan ada aplikasi ipusnas yang membuat saya bisa membaca buku kapan saja. Yah, semoga saja tahun 2020 nanti saya bisa lebih meningkatkan kemampuan membaca kembali.

Nah, bicara soal buku yang terbaca sendiri, untuk tahun 2019 ini ada 2 buku yang paling membuat saya terkesan. Pertama adalah novel Aroma Karsa milik Dee Lestari yang membuat saya larut dalam petualangan mencari sebuah bunga  dan kedua adalah Resign karya Almira Bastari yang sukses membuat saya jatuh cinta kembali pada novel metropop.

Korean Drama's Life

Tak jauh berbeda dengan pencapaian membaca yang menurun, tahun ini saya juga tak banyak menonton drama Korea yang biasanya menjadi tontonan favorit saya. Usai menamatkan Sky Castle yang fenomenal itu, tak ada lagi drama Korea yang benar-benar menarik perhatian saya. Ada beberapa yang saya tonton di awal namun hanya bertahan hingga 1 atau 2 episode padahal drama yang ditonton itu ratingnya katanya bagus. 

Untuk saat ini, saya sedang menonton drama terbaru Hyun Bin dan Son Ye Jin yang berjudul Crash Landing on You. So far sih saya masih cukup tertarik dengan ceritanya yang bekisah tentang seorang wanita Korea Selatan yang terjatuh di Korea Utara. Di sini saya jadi bisa melihat perbedaan kehidupan di Korea Utara dengan Korea Selatan tentunya dari versi Drama Korea. Dramanya sendiri juga cukup lucu dan menghibur di awal-awal episodenya ini. Semoga saja ke depannya drama ini semenarik dua tokoh utamanya, ya. 


Watching Movie's Life

Selain drama Korea, film juga menjadi salah satu hal yang ingin saya review untuk tahun 2019 ini. Meski tak selalu menonton film di bioskop, saya tetap menonton film-film terbaru berkat jasa donlotan teman di kantor. Hehe. Beberapa film Hollywood yang cukup memberi kesan bagi saya untuk tahun 2019 ini antara lain Avengers Endgame yang bela-belain saya tonton dalam kondisi hamil 34 minggu dan Marriage Story yang ceritanya keren banget dan lumayan bikin saya terhenyak. 

Untuk film Indonesia Mantan Manten, Dua Garis Biru dan Habibie & Ainun 3 menjadi 3 film yang ceritanya cukup oke bagi saya. Ada juga film Korea Parasite yang ceritanya keren hingga meraih penghargaan tertinggi festival film Cannes. Terakhir untuk film Bollywood ada film Chhichhore yang mengingatkan saya akan film 3 Idiots. 

Itulah dia sedikit review perjalanan kehidupan saya selama tahun 2019. Semoga saja di tahun 2020 nanti saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Sampai jumpa tahun depan! 

4 Comments

  1. Hebat euy, banyak pencapaiannya. Semoga di 2020 lebih baik yaaa...semangattt..

    ReplyDelete
  2. Keren Mba, salut dengan pemikirannya, tidak ikutan dalam kenaikan jabatan karena memang sikonnya belum pas ya :)

    Btw, Marriage Story tuh keren maksimal :)

    ReplyDelete
  3. Keren postingannya! Terimakasih ya kak sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  4. Pengalamannya sangat berharga sekali ya kak untuk pribadi, sekaligus buat para pembaca blog ini

    ReplyDelete