Benarkah AC Bisa Memperparah Radang Tenggorokan?




Radang tenggorokan termasuk dalam penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Jika seseorang sudah mengalami hal ini, dia tentu akan tidak nyaman dalam beraktivitas yang disebabkan oleh rasa nyeri saat menelan makanan atau minuman.

Banyak orang yang beranggapan udara dingin bisa memperparah radang tenggorokan. Karena itulah ada anggapan bahwa AC bisa menjadi membuat parah radang tenggorokan karena suhu dingin yang dikeluarkan dari AC. Tapi, apakah benar bahwa pendingin ruangan (AC) sebagai salah satu faktor yang memperparah radang tenggorokan?

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara suhu dingin dari AC dan penyakit radang tenggorokan. Meski demikian, Anda tetap harus waspada jika sedang menderita radang tenggorokan. Ini disebabkan karena orang yang berada di dalam ruangan bersuhu rendah umumnya tidak akan mudah haus seperti orang yang berada di luar ruangan dan terkena panasnya sinar matahari.

Baca juga : Mengenal Penyakit TB pada Bayi dan Anak


Jika penderita radang tenggorokan terlalu lama berada di ruangan bersuhu dingin, dia tidak mudah merasa haus. Akibatnya, frekuensi untuk menghidrasi tenggorokannya atau minum air putih menjadi berkurang. Padahal, salah satu hal yang wajib dilakukan penderita radang tenggorokan adalah terus menghidrasi tenggorokannya. Tujuannya untuk meredakan peradangan dan mengurangi rasa kering di tenggorokan. 

Kalau terlalu lama berada di ruangan yang terlalu dingin dan tidak ada keinginan untuk minum akibat pengaruh suhu tersebut, maka proses penyembuhan radang tenggorokan juga akan semakin lama. Dengan demikian, penderita radang tenggorokan yang harus tetap beraktivitas seharian sudah sepatutnya rutin minum air putih tanpa menunggu rasa haus muncul. Bila menderita radang tenggorokan dan Anda termasuk orang yang malas minum air putih, lebih baik segera hentikan hal itu.

Mungkin, itulah alasan mengapa banyak orang berpendapat bahwa AC bisa memperparah radang tenggorokan karena radang biasanya disertai demam dan orang demam bisa menggigil dalam ruangan dengan AC. Tapi pada kenyataannya, suhu dingin hanya bersifat meningkatkan gejala demam dan tubuh yang menggigil akibat radang dan bukan memperburuk peradangan di tenggorokan.

20 comments:

  1. kalo sedang sakit tenggorokan emang serba salah ya?

    karena itu saya selalu minum air jahe dan cengkeh agar terhindar dari gangguan sakit tenggorokan

    ReplyDelete
  2. Oh iya bener ya, kalau radang harus banyak minum biar tenggorokannya gak kering, biar radangnya gak tambah parah.

    ReplyDelete
  3. Saya bahkan baru tahu ada orang yang mikir AC bikin radang tenggorokan makin parah. Makasi penjelasannya mbak. Jadi ngerti juga kalo lagi radang kudu gimana.

    ReplyDelete
  4. Waah baru tau aku kalo ac ternyata bikin gak haus, serius aku baru ngeh kak. Berarti berpengaruh juga ya biarpun nggak langsung

    ReplyDelete
  5. Nah itu, kalau di ruang AC memang jadi suka lupa untuk minum. Makanya saya kalau lagi banyak di ruang suka pasang reminder juga

    ReplyDelete
  6. Kelamaan berkutat di dalam ruangan ber-AC gak baik juga ya buat kesehatan, meski gak dapat dipungkiri kadang kalau pas di luar panas ya jadinya pakai AC

    ReplyDelete
  7. Saya termasuk orang yang tidak kuat dalam ruangan ber Ac mba..kalo lagi radang apalagi saya jauh2 deh sma ac makasih infinya mba bermanfaat skali

    ReplyDelete
  8. Kalo bisa hidup tanpa ac, tanpa ac deh. Huuuuuffff~

    ReplyDelete
  9. Wah jadi gak selalu juga ya memperparah radang. Ini beberapa kali ajak Aisha pergi kalau pakai mobil dan AC nya pas dingin biasanya malah langsung sakit anaknya.

    ReplyDelete
  10. Jadi bukan AC yang menyebabkan radang tenggorokan ya tapi karena pengaruh jarang minum saat berada dalam kondisi ruangan ber-AC. Ok noted nih Mbak. Thanks for infonya.

    ReplyDelete
  11. Aku kalau lagi kena radang tenggorokan biasanya banyakin minum juga dan minum larutan penyegar

    ReplyDelete
  12. Oh gitu toh. Aku kira efeknya langsung. Udara dingin bikin radang tenggorokan jadi parah. Ternyata dari kurangnya kita minum. Noted!

    ReplyDelete
  13. Jadi tidak bisa menyalahkan AC begitu saja ya, hehehe...
    Kebetulan kami tinggal di daerah cukup dingin, jadi ga pakai AC. Blm mungkin hehehe

    ReplyDelete
  14. Kalau lagi radang lebih baik minum hangat, mungkin bukan karena ACnya saja tapi karena malam minum karena untuk menelan sakit yaa

    ReplyDelete
  15. Anak saya sering radang tenggorokan kalo salah makan misalnya malam gorengan sembarangan.. tapi dia juga jarang minum memang...dua hal yang bikin radang tenggorokan kumat

    ReplyDelete
  16. Sepertinya penyebabnya itu imun orgnya ada alergi atau gak, mungkin jg kualitas kebersihan ACnya. Yg penting kyknya jgn terlalu berlebihan di tempat dingin kalau ada potensi radang gtu kali ya

    ReplyDelete
  17. Iya bener ternyata lama diruangab ber AC bikin radang makin parah. Apalagi kalau kondisi AC kurang bersih ya kak

    ReplyDelete
  18. Sebenarnya imun tubuh kita yang kurang stabil dan kurang kuat menerima cuaca sekitar. Bukannya radang disebabkan makanan, kurang banyak konsumsi air putih hangat?

    ReplyDelete
  19. Oo.. Jadi alasannya lebih karena di ruang AC kita jadi ga merasa haus n jadi malas minum ya... Jadi ga ada hub langsung. Saya termasuk penderita radang tenggorokan yang suka kambuhan. Terutama kalau minum air es...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.