Periksa Kandungan dan Survey Biaya Melahirkan di RSKIA Annisa Banjarmasin


Periksa Kandungan dan Survey Biaya Melahirkan di RSKIA Annisa Banjarmasin


Assalamu'alaikum. Saya mau daftar periksa kandungan hari ini. Nomor kartu 00 xx xx.

Begitulah pesan yang saya kirim ke sebuah nomor whatsapp pagi itu. Hari itu merupakan jadwal pemeriksaan kehamilan saya yang kini sudah memasuki trimester ketiga. Tak lama sebuah pesan balasan masuk.

No. Antrian 25. Jam datang 09.30.

Setelah membaca pesan balasan tersebut, saya pun melanjutkan pekerjaan saya agar tidak terlambat menuju RSKIA Annisa tempat saya memeriksakan kandungan. Meski mendaftar pagi, antrian dokter kandungan di rumah sakit ini bisa dibilang cukup banyak. Dan benar saja, begitu saya tiba di rumah sakit beberapa jam kemudian, kursi-kursi ruang tunggu sudah dipenuhi para ibu hamil yang menunggu giliran dipanggil. Saya pun berjalan menuju resepsionis, menyebutkan nama sambil menyerahkan buku kontrol.

"Silakan tunggu, ya, Bu. Nanti dipanggil," begitu kata petugas yang berjaga hari itu.

***

Periksa Kandungan di RSKIA Annisa

Bagian depan Rumah Sakit

Saat mengetahui kalau saya hamil anak ke dua, salah satu pertanyaan besar yang sempat muncul adalah "Mau periksa kandungan di mana?" Ini terkait dengan kepindahan kami ke daerah pinggir kota yang mana cukup jauh dari praktik dokter kandungan. Alasan lain, dokter kandungan saya di kehamilan pertama pindah ke Surabaya. Mau tak mau saya pun harus memikirkan alternatif dokter kandungan untuk kehamilan ke dua ini.

Akhirnya setelah menimbang-nimbang, saya putuskan untuk memeriksakan kandungan ke dr. RSKIA Annisa Banjarmasin. Alasan saya akhirnya memilih RSKIA Annisa adalah karena Rumah Sakit ini memiliki dokter kandungan perempuan dan menerima konsultasi pagi. Seperti yang saya tulis di atas, lokasi rumah yang berada di luar kota membuat saya berpikir 2 kali untuk periksa di malam hari.

RSKIA Annisa Banjarmasin ini sendiri merupakan Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak yang cukup ternama di Banjarmasin. Lokasinya berada di jl. Zafri Zam-Zam no. 55 Banjarmasin, tepat di pinggir jalan. Dulunya rumah sakit ini merupakan tempat praktik pribadi dr. Nasrawaty Rasyid, SPOG. Seiring dengan meningkatnya kepopulerannya, pelan tapi pasti klinik dokter kandungan ini menjelma menjadi Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak dengan 3 dokter kandungan perempuan, yakni dr. Nasrawaty Rasyid, SPOG, dr. Lilis Handayani, SPOG dan dr. Zakiah, SPOG. Selain poli kandungan RSKIA Annisa Banjarmasin juga menyediakan poli gigi, poli anak, poli penyakit dalam dan poli bedah.

Baca juga : Pengalaman KB Suntik 3 Bulan dan Kehamilan Kedua


Ruang praktik dokter kandungan

Untuk bisa berkonsultasi perihal kehamilan, calon ibu bisa mendaftar langsung ke rumah sakit atau biar lebih gampang mendaftar lewat nomor whatsapp (0895701366658) yang sudah disediakan dengan menyebutkan nomor kartu yang sudah dibuat. Biasanya admin dari whatsapp ini akan menginformasikan dokter siapa yang bertugas hari itu, nomor antrian dan jam kedatangan yang disarankan. Pelayanan pendaftaran ini sendiri dibuka sejak pukul 8 pagi hingga 9 malam.

Setelah menunggu kurang lebih 40 menit, nama saya pun dipanggil untuk dilakukan pengecekan berat badan dan tekanan darah oleh asisten dokter yang berada di depan ruang praktik. Setelah berat badan dan tekanan darah diperiksa, saya diminta menunggu lagi sampai dipanggil kembali oleh bidan yang bertugas di dalam ruang praktik. Tak lama menunggu, nama saya dipanggil lagi. Saya pun segera berdiri dan memasuki ruang praktik dokter yang didominasi warna pink dan sangat cozy. Tanpa basa basi saya langsung diminta berbaring ke ranjang periksa untuk di-USG.

"Posisinya masih sungsang, ya, Bu. Nanti nunggingnya dibanyakin, ya," kata dokter sambil menggerakkan alat periksa di atas perut saya. Saat itu usia kehamilan saya kalau tidak salah memasuki 28 minggu.

Berhubung tak banyak keluhan yang saya alami di trimester ini, maka dokter hanya meresepkan vitamin hamil dan kalsium untuk saya. Begitu keluar dari ruang praktik, saya langsung menuju apotek untuk membayar biaya periksa kandungan plus membeli vitamin yang diresepkan. Biaya periksa kandungan di RSKIA Annisa ini sebesar Rp. 105.000,00 di luar vitamin dan obat. Sebelum pulang, saya sempat menanyakan biaya jika saya ingin melakukan USG 3 dimensi. Ternyata biayanya sekitar Rp. 450.000,00.

Baca juga : Grow Happy : Tak Hanya Sehat dan Tercukupi Nutrisinya, Anak Juga Perlu Tumbuh Bahagia untuk Masa Depannya

Survey Biaya Melahirkan di RSKIA Annisa Banjarmasin

Selain melakukan pemeriksaan kandungan, saya juga sempat mengecek biaya melahirkan di RSKIA Annisa Banjarmasin. Untuk bisa mendapat info biaya melahirkan ini, saya diarahkan menuju lantai 2 dekat dengan musala. Saya pun langsung meluncur menuju tempat yang dituju. Begitu tiba, saya disambut seorang resepsionis yang menyerahkan selebaran terkait biaya melahirkan di RSKIA Annisa Banjarmasin. Berikut rincian biaya melahirkan di RSKIA Annisa Banjarmasin:




Itulah dia angka yang saya dapat terkait biaya melahirkan di RSKIA Annisa Banjarmasin. Untuk teknis melahirkan di rumah sakit ini, saya masih belum memastikan secara detail. Saya sendiri sebenarnya masih agak galau mau melahirkan di mana untuk kehamilan kedua ini. Pengennya sih melahirkan di bidan saja seperti anak pertama kemarin. Namun tentunya tidak ada salahnya dong, ya, jika saya melakukan survey terlebih dahulu mengingat saya melakukan pemeriksaan kandungan di sini. Oh ya, sebagai catatan RSKIA Annisa ini masih belum menerima pasien BPJS.

Demikian ulasan singkat saya tentang periksa kandungan dan survey biaya melahirkan di RSKIA Annisa Banjarmasin. Semoga bermanfaat :)


RSKIA Annisa Banjarmasin
Website : http://annisa.co.id/
Lokasi:

7 comments:

  1. Lebih nyaman ya kalau ditangani dokter kandungan yang perempuan. Minimal nggak terlalu malu kalo mesti periksa dalam :) Semoga sehat-sehat terus ya ibu dan janinnya :)

    ReplyDelete
  2. Kemanakan ulun keduanya lahiran di RS itu, Ka. Tapi kada sempat ulun manjanguk pas di RS. Pas sudah bulik ka rumah hanyar tajanguk :-)

    ReplyDelete
  3. Melahirkan di klinik bidan maupun RS, semoga ibu dan bayi selamat dan sehat. Selamat mempersiapkan kelahiran anak kedua ya, Mbak.

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum adakah kontak wa rskia yang gasan mendaftar periksanya?

    ReplyDelete
  5. Disana apa ada tempat pemeriksaan laboratorium ngga ya??

    ReplyDelete

Powered by Blogger.