Raih Kesempatan Gelar US Degree dengan Beasiswa di Roadshow Sampoerna University

kampus internasional


Bagi para siswa yang duduk di kelas 12, bulan April 2024 ini pastinya merupakan bulan yang cukup menegangkan. Pasalnya, di bulan April ini merupakan jadwal dari penerimaan mahasiswa baru untuk perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia atau yang sekarang dikenal dengan nama SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Untuk SNBT ini, tes dilakukan berbasis komputer dengan 3 jenis soal yang harus diselesaikan siswa. Selain SNBT, ada juga seleksi mahasiswa baru berdasarkan prestasi atau yang disebut juga dengan SNBP yang acuannya diambil dari nilai sekolah atau prestasi yang dimiliki oleh para siswa kelas XII ini.

Untuk bisa menembus perguruan tinggi negeri favorit pastinya bukan hal yang mudah. Ada banyak usaha dan perjuangan yang harus dilalui. Bagi mereka yang ingin lulus dari jalur prestasi, tentunya harus konsisten mempertahankan nilai mereka dari kelas 10. Sementara bagi mereka yang memilih jalur SNBT berarti harus belajar dengan sangat tekun agar bisa bersaing dengan ribuan siswa lain yang juga memperjuangkan hal yang sama. Untuk itu tak sedikit para siswa ini mengikuti les dan berbagai try out yang dibuka berbagai lembaga bimbingan belajar agar bisa mengetahui kisi-kisi soal yang akan keluar dan tentunya 

Pentingnya kuliah bagi masa depan

Beberapa tahun lalu, sebuah kabar sempat beredar. Anak-anak generasi Z tak lagi berminat untuk kuliah karena terkena sindrom konten kreator yang waktu itu memang sangat booming (bahkan hingga sekarang). Jujur sebagai orang tua saya merasa miris ketika ada anak yang menganggap kalau kuliah itu tidak penting. Saat ini memang menjadi konten kreator merupakan profesi yang cukup menjanjikan. Namun siapa bisa menjamin profesi ini akan bertahan lama? Semakin banyak konten kreator yang hadir membuat persaingan semakin ketat dan jika tidak diimbangi dengan ilmu yang mumpuni bisa jadi profesi konten kreator ini juga tak lagi bisa menjadi pegangan. 

Nah, salah satu cara untuk bisa terus meningkatkan dan menambah ilmu kita adalah dengan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Bahkan ada yang bilang kalau kuliah itu merupakan salah satu cara untuk mengubah taraf kehidupan kita. Ini karena memang ada banyak hal yang bisa kita dapatkan di bangku kuliah yang bisa berpengaruh pada pola pikir jenjang karir di masa depannya. Beberapa hal yang bisa didapatkan seseorang saat melanjutkan pendidikan di bangku kuliah ini diantaranya:

Membentuk karakter dan mengembangkan diri

Saat seseorang memasuki jenjang pendidikan kuliah, maka ia akan bertemu dengan cara belajar yang pastinya jauh berbeda dengan saat masih duduk di bangku SMA ini. Jika saat masih di sekolah siswa terbiasa dengan sistem pelajaran yang teratur maka di bangku kuliah mahasiswa akan berhadapan dengan berbagai karakter dosen dan. Kuliah juga mendorong mahasiswa untuk bisa berpikir kritis dan teliti

Meningkatkan peluang kerja dan pendapatan yang lebih besar

Tak bisa dipungkiri kalau salah satu tujuan dari pendidikan di bangku universitas adalah agar setelah lulus kita bisa mendapat peluang kerja yang lebih besar dibandi. Beberapa pekerjaan hingga saat ini masih mensyaratkan lulusan universitas bagi pelamarnya terutama pekerjaan yang membutuhkan keahlian tertentu seperti dokter, insinyur dan lainnya. Selain itu, dengan menempuh jenjang kuliah juga kita memiliki kesempatan mendapat penghasilan yang lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang tidak kuliah/ 

Memperluas relasi

Keuntungan lain yang bisa didapat dari melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah adalah bisa memperluas relasi atau hubungan kita dengan banyak orang. Sebuah kampus biasanya dari orang-orang dari berbagai daerah dan latar belakang yang pastinya juga akan membuat relasi pertemanan seseorang menjadi lebih luas. 

Tak lulus di Universitas Negeri, apa yang harus dilakukan? 

alternatif kampus


Terpilih sebagai mahasiswa di PTN favorit memang menjadi salah satu impian para siswa yang mengikuti SNBT. Namun dengan ketatnya persaingan yang ada pastinya juga ada kemungkinan siswa tidak lulus SNBT ini. Lalu jika ternyata siswa tidak lulus SNBT ini, apa yang harus dilakukan? Ada berbagai pilihan yang bisa dilakukan. Pertama mengikuti tes seleksi mandiri yang biasanya juga diadakan universitas negeri setelah masa SNBT berakhir. Kedua bisa juga dengan menunda kuliah dan mendaftar lagi tahun berikutnya. Sedangkan pilihan terakhir adalah dengan mendaftar ke universitas swasta sebagai alternatif kampus pilihan. 

Bagi sebagian orang, kuliah di universitas swasta memang kadang menjadi pilihan ke dua setelah universitas negeri. Biasanya ini dikaitkan dengan anggapan kalau universitas swasta memiliki kualitas yang lebih rendah jika dibandingkan dengan universitas negeri. Padahal ada banyak universitas swasta yang memiliki kualitas pendidikan yang sangat bagus dan tak kalah dengan universitas negeri. Lalu alasan ke dua yang mungkin paling banyak terjadi biasanya terkait dengan biaya kuliah di universitas swasta yang lebih mahal terutama jika menggunakan kurikulum internasional. 

Meski demikian, bukan berarti peluang untuk bisa kuliah di universitas swasta dengan kurikulum internasional ini tidak bisa diwujudkan. Salah satu cara untuk bisa berkuliah di universitas swasta dengan kurikulum internasional adalah dengan mengikuti program beasiswa dari kampus swasta tersebut. Saat ini ada cukup banyak kampus yang memberikan beasiswa kepada siswa yang ingin belajar di kampus tersebut. Salah satu kampus dengan pendidikan internasional yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa adalah Sampoerna University.

Sampoerna University, kampus swasta pilihan dengan kurikulum internasional

sampoerna university


Bagi kamu yang berniat untuk berkuliah di kampus dengan kurikulum internasional, maka  Sampoerna University bisa menjadi pilihan yang tepat. Sampoerna University merupakan lembaga pendidikan yang berdiri di bawah naungan Sampoerna Schools System di Indonesia. Universitas ini berdiri pada tahun 2013 dan sebelumnya bernama Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI). Tujuan didirikannya Sampoerna University ini adalah untuk menghasilkan lulusan sarjana dengan peluang lebih lanjut studi ke luar negeri khususnya Amerika Serikat. 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika daftar Sampoerna University, diantaranya:

Menggunakan kurikulum Amerika Serikat dalam sistem pembelajarannya

Keuntungan pertama dari kuliah di Sampoerna University adalah penggunaan kurikulum Amerika Serikat dalam sistem pembelajarannya. Ini artinya dalam kegiatan belajar mahasiswa akan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. 

Kerja sama dengan University of Arizona

dalam menjalankan kurikulum Amerika Serikat yang digunakannya, Sampoerna University bekerja sama dengan kampus internasional University of Arizona yang menduduki peringkat 1% teratas di antara perguruan tinggi di seluruh dunia dalam Center for World University Rankings (CWUR) 2023

Mendapat kesempatan meraih gelar ganda dari Amerika dan Indonesia

Kapan lagi kuliah di satu universitas namun bisa dapat 2 gelar? Ya! di Sampoerna University, mahasiswa mendapat kesempatan untuk meraih gelar ganda atau Two Degrees. Jadi mahasiswa bisa menempuh kuliah selama 4 tahun di Jakarta dan lulus dengan 2 gelar yakni US Degree dari University Arizona dan gelar sarjana (S1) terakreditasi dari Sampoerna University.

Kurikulum Amerika Serikat, harga lokal

Dengan kuliah di Sampoerna University yang sudah bekerja sama dengan University of Arizona pastinya juga juga akan menghemat 75% dari biaya pendidikan jika dibandingkan dengan kuliah langsung ke luar negeri.

Tenaga pendidik yang kompeten

Para pengajar dan dosen di Sampoerna University merupakan para lulusan S3 dan telah menempuh pendidikan di Amerika, Eropa, Australia, dan Jepang.

Kesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih luas

Berdasarkan data lulusan Sampoerna University tahun 2020-2022, para mahasiswa yang terdaftar di kampus ini mendapat kerja bahkan sebelum mereka lulus. Hal ini tidak lepas dari kurikulum internasional yang digunakan kampus ini serta juga soft skill yang bisa meningkatkan kompetensi bekerja. 

Raih Kesempatan Beasiswa kuliah ke luar negeri di Sampoerna University Roadshow

beasiswa sampoerna university


Buat adik-adik atau orang tua yang tertarik untuk daftar Sampoerna University, pas banget nih mumpung sekarang Sampoerna University sedang mengadakan roadshow ke beberapa kota di Indonesia seperti Jabodetabek, Surabaya, Makassar, Bali, Bandung, Malang, Tangerang, Semarang, Palembang dan juga Medan. Lewat roadshow ini pastinya kamu bisa mendapat lebih banyak informasi terkait Sampoerna University dan bahkan bisa dapat beasiswa Sampoerna University. Jangan lewatkan kesempatan ini ya!


36 Comments

  1. Anakku kelas 10 sekarang, aku selalu wanti wanti supaya nilainya bagus bisa masuk PTN negeri. Tapi kalau lihat saingan yang ribuan agak pesimis. Hanya berharap kemudahan dari Allah. SMAN Nilainya bagus kalah dengan yang punya tambahan nilai ekskul dan Pengurus OSIS. Semoga bisa masuk PTN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat kak, semoga bisa tercapai apa yang dicita-citakan. Dan jangan lupa harus selalu kasih motivasi dan masalah kehiduoan buat bekal mereka nanti. Siapa tau bisa masuk Sampoerna Universitt

      Delete
    2. Semoga tercapai harapannya masuk PTN
      Jangan kecil hati kalaupun belum ada jodoh perguruan tinggi lainnya masih banyak yg berkualitas juga ya seperti Sampoerna University ini

      Delete
  2. Informasi yang sangat membantu bagi siswa kelas 12 yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
    Btw, saya suka tampilan blognya, rapih bener! :D

    ReplyDelete
  3. Jadi setelah menyelesaikan S1 bisa dibantu S2 keluar negeri gitu ya mba? Keren banget kalau bahasa pengantar belajarnya menggunakan bahasa inggris. Kira2 kalau S2 estimasi biaya penftaran bisa spill mba?

    ReplyDelete
  4. Tidak lolos ujian masuk PTN bukan akhir dari segalanya dan tidak dapat bersekolah bukan, ada seklah swasta lain yang kualitasnya pun bagus seperti Sampoerna University ini, bisa dapat double degree bukan

    ReplyDelete
  5. Setuju. Jaman sekarang gak lolos masuk PTN bukan tandanya akhir dunia. Masih banyak perguruan tinggi yg bagus dan berkualitas. Ini Sampoerna University contoh nya. Sistem pendidikannya kan ala luar negeri, eh bakalan dapat dua gelar sekaligus juga. Keren kan...

    ReplyDelete
  6. Sampoerna University ini sepertinya semakin sejajar dengan universitas-universitas top lainnya di Indonesia ya. Yang saya tahu, implementasi ataupun praktik langsung dengan intensitas tinggi cukup dikedepankan di universitas-universitas dengan kurikulum internasional seperti ini. Sehingga lulusannya pun tak akan gagap ketika kelak memasuki dunia kerja ataupun bisnis.

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata keren juga ya Sampoerna University, lokal yang mendunia hhe. Informasi begini penting bgt sih. Karena jaman skg banyak kesempatan untuk bisa lanjut kuliah dengan beasiswa. Harus banyak-banyak baca. Dan nggak ada salahnya juga kalau di swasta asal ada kemauan belajar yg sungguh-sungguh. Semoga program beasiswanya terus berlanjut! dan program kampusnya semakin terdepan :)

    ReplyDelete
  8. Setiap membaca tulisan tentang Sampoerna University saya selalu dibuat kagum, dan ga pernah bosan, karena memang ada hal yang menarik dari Sampoerna University. Mulai kurikulum hingga kerjasama dengan universitas Luar Negeri dan gelar ganda yang diperoleh setelah lulus. ini benar-benar nilai plus

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Yaa, Sampoerna University ini gak kaleng” yaa.. Walau universitas swasta tapi kurikulumnya Internasional bahkan bekerja sama jga dengan berbagai Univ LN…

    Mutu dan kualitasnya patut diacungi jempol, smga makin banyak univ swasta di Indonesia yang mendunia seperti ini, aamiin..

    ReplyDelete
  11. bisa jadi solusi buat yang gak lolos PTN, kuliah di kurikulum internasional dengan gelar U.S Degree juga bisa jadi pilihan menarik, selain bebas biasa hidup yang mahal jika harus kuliah di luar negeri.

    ReplyDelete
  12. Kalau double gelar gitu bikin senang pastinya, karena bisa bermanfaat gelar² nya buat dapat pekerjaan di perusahaan yang dituju

    ReplyDelete
  13. Anak saya gen Z, alhamdulillah dia semangat kuliah. Suka ngegame sih tapi gak minat jadi konten kreator. Andai 3 tahun lalu paham dengan Sampoerna University, mungkin saya juga akan memperjuangkannya. Teringat teman saya, anaknya kuliahbdi sini lewat jalur beasiswa.

    ReplyDelete
  14. program Two Degrees di Sampoerna University jadi program yang menarik banget. Kita bisa mendapatkan gelar dari Amerika tapi kuliahnya ditempuh sepenuhnya di Indonesia.

    ReplyDelete
  15. Kotaku termasuk yang ada di jadwal roadshow Sampoerna University. Semoga waktunya pas buat datang. Penasaran dengan dual degree-nya.

    ReplyDelete
  16. ini sih kesempatan yang tidak boleh dilewatkan ya. Sistem pendidikannya bagus dan bisa dapat 2 gelar ya. padahal kuliahnya dari indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak Eka.
      Jadi langkah bagus juga semisal ingin bekerja di perusahaan favorit yang sudah diincar

      Delete
  17. Kampusnya keren, kurikulumnya beken, eh ditambah lagi double degree lagi yang kerja sama dgn Universitas Arizona. Sampoerna University bakal jadi kampus swasta idaman nih. Ah jadi pengen kuliah lagi deh. Pgn cari beasiswanya. Smg ada yg utk berusia lanjut. Hehe.

    ReplyDelete
  18. Kuliah banyak sekali manfaatnya termasuk banyaknya relasi. Aku sendiri merasakannya sampai kini, Insya Allah ilmunya akan terus bermanfaat.

    Masuk PTN memang jadi kebanggaan dan impian, namun bukan menjadi patokan dan akhir dari segalanya. Masih banyak pilihan kampus swasta lainnya termasuk Sampoerna University yang juga menyediakan banyak beasiswa.

    ReplyDelete
  19. Rekomendasi tempat belajar yang bagus buat anak SMU. Kuliah memang sangat penting. Jadi konten kreator saja nggak cukup, harus diimbangi dengan ilmu juga

    ReplyDelete
  20. Banyak jalan menuju ke Roma. Tidak harus kuliah di perguruan tinggi negeri. Karena pergi tua Tinggi Swasta juga banyak. Termasuk Sampoerna University yang sudah menggunakan kurikulum internasional dengan biaya lokal. Apalagi ini ada program bea siswa juga ke luar negeri. Jadi nanti gelarnya bisa ganda.

    ReplyDelete
  21. Sekarang ini banyak perguruan tinggi swasta yang sama bagusnya dengan perguruan tinggi negeri. Seperti Sampoerna University sebagai universitas swasta dengan kurikulum internasional dan menyediakan program beasiswa bisa jadi pilihan

    ReplyDelete
  22. Seneng pastinya. Menambah daftar informasi universitas yang memberikan beasiswa. Apalagi yang double degree gini. Moga seterusnya bisa kasih beasiswa. Jadi makin banyak anak Indonesia menjadi orang terdidik

    ReplyDelete
  23. Belum berkesempatan lolos di universitas negeri, nggak ada salahnya ya kalau mengalihkan perhatian untuk melanjutkan pendidikan di universitas swasta semisal di Universitas Sampoerna ini. Apalagi program pendidikan yang ditawarkannya juga nggak kalah bagus. Peluang itu kadang memang butuh diciptakan, bukan hanya dipasrahkan.

    ReplyDelete
  24. Buat adek adek kelas 12 atau orang tua murid gak ada salahnya nih buat kepo kepo tentang sampoerna university buat persiapan kuliah. Bisa dijadikan pilihan utama ataupun cadangan kalau tidak lolos PTN

    ReplyDelete
  25. Kayak aku dulu kak nggak lolos SNMPTN berasa hidup sudah berakhir. Maklum dulu sekolah kalo nggak negeri dikatain bodoh apalah....jadi ke mindset ke diri aku

    ReplyDelete
  26. Kuliah di Sampoerna University ini banyak keuntungan. Bahkan bisa dapat double degree. Selain itu standardnya udah internasional, kan makin mudah untuk mencari pekerjaan di jaman sekarang.

    ReplyDelete
  27. Tidak lolos SNBT bukanlah akhir dari segalamya. Ilmu bisa didapat dari mana saja termasuk kampus swasta. Apalagi sekarang banyak kampus swasta yang berkualitas seperti Sampoerna University

    ReplyDelete
  28. nerusin kuliah di Sampoerna University tuh udah jadi pilihan tepat sih kalau mempertimbangkan masa depan karir. kredibilitas kampus dan kemudahan mendapat kerja itu yang paling utama. apalagi lulus dari sini bisa dapet double degree.

    ReplyDelete
  29. Kapan lagi bisa double degree dengan pembiayaan rasa lokal. Sampoerna university bisa aja nih inovasinya, alternatif solusi banget buat adek-adek yang lagi nyari perguruan tinggi buat kuliah

    ReplyDelete
  30. Nah, Sampoerna University ini bisa jadi pilihan nih untuk mau belajar dengan kurikulum luar negeri dan biayanya dalam negeri. Apalagi bisa ambil dual degree juga kan ya

    ReplyDelete
  31. Salut sama anak muda zaman sekarang yang bergerak cepat karena saingan di dunia kerja nantinya juga semakin satset yaa... Apalagi memperoleh sebuah beasiswa tuh adalah sesuatu yang membanggakan. Jadi bisa mulai dipupuk cita-citanya sejak mendaftar melalui roadshow Sampoerna University.

    ReplyDelete
  32. Memiliki Double Degree terlebih antara Universitas dDalam Negeri dan Luar Negeri ini dambaan banget waktu udah kuliah dulu. Tapi dah tanggung, tetap pilih yang sudah dijaani saja dari pada mulai dari awal lagi. Btw, kalau saya ada di waktu sekarang, pasti akan pilih nih ampoerna University, apalagi pilihan studinya kekinian.

    ReplyDelete
  33. Andai waktu bisa diputar, pengeen banget ikutan ini. Huhu,. nyesel dlu ngga riset kampus kek gini. apalagi kurikulumnya kece banget, andai dulu udah ada yaaa hehe

    ReplyDelete
Previous Post Next Post