Rekomendasi Homeschooling SD untuk Anak


Beberapa tahun terakhir, metode pendidikan anak dengan cara homeschooling mulai semakin populer di Indonesia. Homeschooling sendiri merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan sepenuhnya dari rumah. Metode ini awalnya marak dilakukan di Amerika sekitar tahun 1960-an yang berasal dari keprihatinan seorang guru bernama John Caldwell Holt. Untuk Indonesia sendiri, metode belajar dengan cara homeschooling muncul sekitar tahun 1996 dan semakin berkembang hingga sekarang.

Homeschooling bisa dilaksanakan di berbagai jenjang mulai dari homeschooling SD hingga SMA. Ada banyak alasan mengapa orang tua memilih homeschooling untuk anaknya. Saat saya masih sekolah dulu, homeschooling biasanya dilakukan oleh para artis remaja yang memang waktunya sangat terbatas untuk bisa sekolah formal karena bentrok dengan jadwal shooting. 

Lalu di era pandemi lalu, homeschooling menjadi pilihan wajib karena memang di masa itu seluruh dunia tidak bisa beraktivitas ke luar rumah dengan bebas lagi. Selain itu ada pula alasan lain mengapa orang tua memilih metode homeschooling ini seperti kebebasan memilih metode belajar, masalah kesehatan anak, hingga alasan homeschooling bisa lebih mudah dalam mengeksplor bakat dan minat anak.

Di Indonesia sendiri, metode pendidikan homeschooling ini sudah diakui secara legal lewat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 129 tahun 2024. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa sekolah rumah atau homeschooling adalah proses layanan pendidikan secara sadar dan terencana yang dilakukan oleh orang tua atau keluarga di rumah atau tempat dengan suasana kondusif. Orang tua yang memilih menjalankan metode homeschooling ini wajib melapor ke dinas pendidikan tingkat kabupaten atau kota tempatnya tinggal. 

Kelebihan metode homeschooling untuk anak



Sesuai dengan namanya, homeschooling berarti anak belajar tanpa perlu pergi ke lembaga formal bernama sekolah. Ada beberapa kelebihan yang bisa didapat dari menjalankan pendidikan secara homeschooling ini diantaranya:

Bebas menentukan waktu belajar dan pelajaran yang dipelajari

Jika dalam sekolah formal sudah ditentukan jam belajar dari pukul sekian hingga sekian, maka saat menjalankan homeschooling orang tua dan murid bebas menentukan waktu belajar setiap harinya. Tak hanya itu, orang tua dan murid juga bebas menentukan pelajaran apa yang ingin dipelajari sesuai dengan minat dari anak.

Belajar tidak hanya terpaku pada buku teks namun dengan berbagai metode

Belajar di sekolah formal biasanya identik dengan pembelajaran dengan menggunakan buku teks. Bagi mereka yang menjalankan metode homeschooling, metode belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara dan tak selalu belajar di rumah. Belajar bisa dilakukan di mana saja sesuai dengan tema yang sedang dipelajari.

Anak bisa fokus mempelajari bidang yang diminatinya

Belajar di sekolah formal membuat anak harus belajar banyak mata pelajaran dan bisa jadi ini malah membuat anak tak bisa menemukan bakatnya. Sementara jika belajar dengan metode homeschooling, orang tua bisa membantu anak menemukan bakatnya dan fokus pada bidang tersebut sehingga anak menguasai bidang dan menjadi ahli di bidang yang disukainya tersebut.

AltaSchool pilihan homeschooling SD untuk anak




Saat memutuskan untuk memberikan pendidikan dengan cara homeschooling pada anak, berarti orang tua turun langsung urusan pendidikan anak-anaknya ini entah dengan mengajar sendiri anak atau juga dengan bantuan pihak ke tiga. Hal ini karena dalam beberapa kondisi bisa jadi orang tua tidak memiliki kapabilitas untuk mengajarkan anak ilmu baru yang ingin dipelajarinya. Misal, ketika anak ingin belajar tentang coding dan orang tua tidak memiliki latar belakang informatika, maka tentunya memerlukan bantuan pihak lain untuk mengajarkan anak.

Seiring dengan semakin populernya metode belajar homeschooling, maka semakin banyak pula lembaga-lembaga yang hadir untuk memfasilitasi metode homeschooling ini entah dalam bentuk PKBM ataupun sekolah dengan metode blended learning. Salah satu sekolah dengan metode blended learning yang bisa dipilih untuk homeschooling SD adalah Alta School. 

Alta School merupakan layanan pendidikan dengan konsep homeschooling untuk anak dari jenjang Paud hingga SMA. Menggunakan metode belajar blended learning dengan live teaching dan aktivitas mandiri, Alta School fokus mengembangkan minat dan kreativitas anak sejak usia dini. Selain itu, proses pendidikan di Alta School dirancang dengan saksama agar para siswa mampu menunjukkan karakter:
  • Berbudaya
  • Berani mencoba 
  • Pemikir kritis
  • Mandiri
  • Berpengetahuan
  • Kreatif
  • Kolaboratif 
  • Komunikatif
  • Selalu ingin berkembang 
  • Berempati 

Proses belajar di Alta School



Sebagai lembaga yang melayani pendidikan jalur homeschooling, Alta School berkolaborasi dengan Ruangguru dalam menciptakan generasi unggul Indonesia di masa depan. Untuk jenjang SD, proses belajar di homeschooling Alta School meliputi:
  1. Live teaching interactive, merupakan kegiatan belajar tatap muka secara interaktif dengan 5-6 kali pertemuan tiap minggu dan urasi belajar 40 s.d 60 menit. 
  2. Home based project, yakni metode blended learning antara online live teaching dengan kegiatan berbasis proyek dan eksperimen offline yang seru sesuai minat, bakat, serta kegemaran anak
  3. Learning kit, berupa sarana penunjang pembelajaran yang dikirim ke rumah 2 bulan sekali
  4. Sesi belajar dengan aktivitas mandiri (self assessment). Sesi ini berupa kelas online berisi materi yang sudah dipersonalisasi menyesuaikan dengan kemampuan kognitif anak di jenjang sekolah dasar.
  5. Pendidikan karakter yakni program konseling untuk jenjang sekolah dasar (SD) secara online untuk membangun kecerdasan sosial-emosional anak
  6. Modul digital untuk menunjang kegiatan belajar homeschooling untuk siswa SD (sekolah dasar)
  7. Laporan pembelajaran, yakni lLaporan perkembangan hasil belajar anak dalam satu bulan dan pemberian rapor semester secara terjadwal kepada orang tua.
Untuk kurikulumnya sendiri, Alta School menggunakan kurikulum K-13 yang diperkaya dengan pembelajaran keterampilan abad-21 yang meliputi:
  • Literasi baca tulis 
  • Literasi numerasi
  • Literasi saintifik
  • Literasi Sosial Budaya/life skills
  • Bahasa Inggris
  • Aspek seni dan olahraga

Kehadiran Alta School sebagai lembaga yang menyediakan layanan homeschooling untuk anak dari berbagai jenjang pastinya menjadi hal yang sangat membantu bagi para orang tua yang memilih metode homeschool untuk pendidikan anaknya. Untuk biaya homeschooling SD di Alta School sendiri dimulai dari Rp. 11 jutaan/ tahunnya untuk tahun ajaran 2024/2025. Ada 2 pilihan paket yang bisa dipilih yakni paket reguler dan paket reguler + bilingual. Nah, bagi teman-teman yang berniat untuk homeschooling anaknya bisa langsung meluncur ke website Alta School ya untuk dapat informasi lebih lengkap!




Sumber tulisan:
https://www.halodoc.com/kesehatan/homeschooling


15 Comments

  1. sekarang banyak ya opsi homeschooling yang diambil oleh orang tua karena ada banyak kelebihannya ya mba. Terima kasih untuk rekomendasinya ..pasti banyak manfaat untuk mereka yang membutuhkan

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu Alta School ini loh mbak. Anak bisa belajar dengan metode blended learning dengan menyenangkan ya. Kurikulumnya bagus. Melatih kemandirian anak dan tetap bisa bersosialisasi sehingga ga melulu di rumah. Mapel bahasa Inggris pun diajarkan. Mantap!

    ReplyDelete
  3. Asiknya HS kalau melalui lembaga oendidikan seperti Alta school, kurikulumnya udah disediakan ya. Jadi orangtua gak pusing menyusun sendiri. Selain itu bisa belajar dari mana pun. Ga harus pergi ke sekolah setiap hari.

    ReplyDelete
  4. sebenernya kalau memungkinkan waktu itu, aku lebih suka anak-anak saat PAUD TK itu homeschooling, karena kan bisa kita pantau karya mereka dan sampai di mana kecepatan memahami literasinya

    Dengan adanya Alta School yang menggunakan kurikulum K-13 yang diperkaya dengan pembelajaran keterampilan abad-21- maka orangtua ga perlu ragu menyekolahkan anak di rumah dengan bantuan Alta school

    ReplyDelete
  5. Alta School ini sangat membantu bagi anak yang pengen homeschooling , tapi orang tuanya bingung gimana dengan kurikulumnya, Ada pendidikan karakternya juga, jadi nggak cuma pengetahuannya saja yang berkembang, tapi juga budi pekertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju..ini mungkin lebih pas dengan sebutan school at home ya. Orangtua tidak perlu menyiapkan/menyusun bahan ajar sendiiri. Namun sdh disiapkan oleh Alta School. Bahkan2 ada guru2nya juga.

      Delete
  6. sekolah di homeschooling bikin anak bisa lebih ekspresif dan berprestasi. bebas menentukan yg dia ingin pelajari. kapan2 alta school buka di palembang juga dong

    ReplyDelete
  7. Homeschooling tuh memang bisa jadi pilihan banget ya, apalagi semakin ke sini juga lebih enjoy juga untuk mengajarkan anak belajar. Ditambah sekarang juga ada Alta School ya mbak.

    ReplyDelete
  8. Aku belum kepikiran buat pendidikan anakku nanti mau yang reguler atau homeschooling. Cuma sekarang Homeschooling juga makin bagus, apalagi kerja sama dari berbagai lembaga juga. Jadi bisa nyesuaiin sama minat anak kita

    ReplyDelete
  9. Great!
    Untuk homeschooling saja sekarang sudah difasilitasi ternyata. Ini terobosan baru dan bagus. Secara ada kan emang anak yang butuh belajar mandiri di rumah saja. Kesulitan kalau harus reguler berangkat pulang ke rumah dan sekolah. Kalau gini kan cukup homeschooling di rumah saja ya

    ReplyDelete
  10. Homeschooling ini opsi yang cocok banget untuk anak-anak dengan mobilitas tinggi seperti atlet atau artis cilik. Atau untuk mereka yang punya keluarga nomad, misal orang tuanya sering berpindah tempat/lokasi kerja. Pembelajaran bisa tetap berlangsung secara jarak jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah iyaa bener juga, sekarang soalnya banyak banget aku lihat anak-anak yang ikut traveling keliling dunia sama ortunya entah mereka itu backpakeran atau pakai campervan. Homeschooling kayak gini solusi banget untuk ngejar pendidikan di mana pun.

      Delete
  11. Alta School ini bisa jadi salah satu sekolah dengan metode blended learning yang bisa dipilih untuk homeschooling SD, ya. Bisa membantu orang tua mendampingi pendidikan anaknya di rumah.

    ReplyDelete
  12. Baru tahu sama sekolah ini
    Jadi stalking saya
    Soalnya anak kedua saya sepertinya butuh HS juga
    Pun yang ketiga karena aktif luar biasa

    ReplyDelete
  13. Saya termasuk yang sangat berminat dengan sistem belajar homeschooling. Sudah pernah mencobanya. Meskipun saya harus mengakui tak mudah jika tidak punya pegangan pembelajaran yang kuat.
    Saya baru tahu ada homeschooling seasyik ini.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post