Rekomendasi Tempat Wisata di Ngawi



Jika bicara tentang kota dan tempat wisata di Jawa Timur, sebagian dari kita mungkin hanya akan ingat pada kota Surabaya atau Malang. Memang jika dilihat dari beberapa aspek, kedua kota di Jawa Timur ini memiliki beberapa kelebihan sehingga bisa lebih populer. Pertama, baik Surabaya dan Malang merupakan kota tujuan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah karena ada 2 universitas yang cukup ternama di sana. Apalagi Surabaya juga merupakan ibukota dari Jawa Timur yang pastinya sangat sering dikunjungi orang-orang baik sebagai persinggahan atau berwisata. Adapun Malang, sejak dulu memang sudah dikenal dengan berbagai objek wisatanya yang seolah tak pernah habis untuk dijelajahi. 

Selain Surabaya dan Malang, sebenarnya terdapat juga kota dan kabupaten dengan destinasi wisata yang tak kalah menjanjikan. Salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi adalah Kabupaten Ngawi yang juga memiliki keindahan alam dan peninggalan sejarah yang bisa dikunjungi. Ngawi sendiri merupakan salah satu kabupaten yang terletak di ujung barat Provinsi Jawa Timur. Dari kota Surabaya, kita bisa menempuh perjalanan kurang lebih selama 2 jam jika lewat jalur tol. Lalu apa saja tempat wisata di Ngawi yang bisa dikunjungi? Berikut beberapa yang bisa saya sebutkan:

Srambang Park

detik.com


Salah satu destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi saat berada di Ngawi adalah Srambang Park yang berada di kaki Gunung Lawu. Di Srambang Park ini pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun Srambang yang memang menjadi magnet utama tempat wisata ini. Konon katanya air terjun Srambang ini adalah air terjun tempat mandinya Dewi Nawang Wulan yang menjadi tokoh utama dalam legenda Jaka Tarub.  

Selain air terjun, di Srambang Park ini pengunjung bisa menikmati keindahan deretan pohon pinus dan taman bunga warna-warni di antara jalan setapak menuju ke air terjun. Pengunjung juga bisa berenang di area kolam renang yang airnya berasal langsung dari mata air Gunung Lawu yang pastinya menyegarkan. Tak lupa juga di tempat wisata ini disediakan berbagai spot foto yang instagramable bagi para pengunjung.

Museum Trinil Ngawi

bappelitbang.ngawikab.go.id


Bagi kamu pecinta museum tentunya takkan melewatkan kunjungan ke Museum Trinil di Ngawi. Museum Trinil Ngawi sudah dirintis sejak tahun 1980 oleh Wirodiharjo dan diresmikan pada tahun 1991 oleh Gubernur Jawa Timur. Museum ini merupakan tempat menyimpan berbagai koleksi fosil fauna yang ditemukan di zaman dulu di Situs Trinil. Situs Trini sendiri memang merupakan salah satu situs manusia purba yang tertua di Pulau Jawa. Di situs inilah pertama kali Eugene Dubois menemukan fosil manusia purba yang sangat terkenal yakni Pitecanthropus Erectus. 

Selain fosil Pitecanthropus Erectus, di Museum Trinil ini pengunjung juga bisa melihat fosil-fosil dari zaman Pleistosen yang hidup sekitar 1 juta tahun lalu, fosil berbagai hewan dari zaman purba seperti gajah, kerbau, kera, badak dan juga berbagai tumbuhan yang berasal dari Situs Trinil. Jika ditotal ada 12 koleksi fosil yang ada di Museum Trinil ini.

Tak hanya menampilkan koleksi fosil dan diorama, di Museum Trinil juga terdapat area outbond, bumi perkemahan hingga fasilitas bermain untuk anak-anak. Museum Trinil sendiri berlokasi di Dusun Pilang, Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi dan buka setiap hari kecuali hari Senin.


Benteng Van den Bosch

https://pupr.ngawikab.go.id/


Tempat wisata lain yang mengandung sejarah dan bisa dikunjungi di Kabupaten Ngawi adalah Benteng Van den Bosch atau dikenal juga dengan nama Benteng Pendem. Benteng ini terletak di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi. Benteng Van den Bosch ini didirikan Belanda sebagai tempat pertahanan mereka setelah Perang Diponegoro. Saat itu Ngawi memang dikenal sebagai salah satu pusat perdagangan dan pelayaran di Jawa Timur. Lokasinya benteng ini juga sangat strategis yakni di pertemuan Sungai Bengawan Solo  dan Sungai Madiun. Sebutan Benteng Pendem sendiri muncul karena Benteng Van den Bosch ini posisinya lebih rendah dari tanah sekitarnya sehingga tampak terpendam.

Pada tahun 2020, pemerintah melakukan revitalisasi terhadap Benteng Van den Bosch ini dengan merehabilitasi sebanyak 13 bangunan di dalam komplek benteng serta penataan kawasan inti benteng. Dengan adanya revitalisasi ini tentunya menjadikan Benteng Van den Bosch menjadi semakin menarik untuk dikunjungi para wisatawan yang berada di Kabupaten Ngawi.  

Kebun Teh Jamus



Bagi kamu yang merindukan wisata alam pegunungan bisa berkunjung ke Kebun Teh Jamus yang berada pada ketinggian 800-1200 mdpl di kaki Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus juga kerap disebut sebagai Borobudur Hills karena jika dilihat dari kejauhan bentuknya seperti Candi Borobudur. Di tempat wisata ini, selain bisa menyaksikan hamparan kebun teh pengunjung juga bisa mengunjungi area pabrik pengolahan teh, area camping, memberi makan rusa dan naik ke puncak Borobudur Hill untuk bisa melihat pemandangan yang indah. Adapun tiket masuk ke Kebun Teh Jamus ini adalah Rp. 5.000 per orang.

Itulah dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Ngawi yang bisa dikunjungi baik saat libur lebaran atau libur lainnya. Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi Ngawi bisa jangan lupa juga mencari Rekomendasi Hotel Murah di Ngawi agar liburanmu bisa lebih nyaman. 

9 Comments

  1. Aku belum pernah ke Jatim Mba tapi sering dengar daerah Ngawi banyak tempat wisata juga. Bisa nih list tempat wisata di atas jadi referensi

    ReplyDelete
  2. Keren banget sh tempat wisatanya. Kenapa gak kepikiran nyari tau dl sebelum ke ngawi waktu itu ya haha
    Ternyata semuanya ini malah cantik semua tempatnya. Ada sjarahnya juga. Aku kalo ke ngawi mentok cuma keliling paron kwkwkw

    ReplyDelete
  3. Aku pernah keluar tol ke Ngawi, niatnya mau cari tempat yang enak buat buka puasa pas mudik ke jember plus ketemuan sama temen kuliah yang sekarang tinggal di ngawi. Kotanya adem dan ngak terlalu rame, mungkin karena terbiasa tinggal di kota yang super sibuk. Next mudah-mudahan bisa mampir lagi dan punya kesempatan mengunjungi tempat wisatanya.

    ReplyDelete
  4. Ngawi menyimpan objek wisata yang tidak kalah indahnya ya mbak untuk kita nikmati. Aku penasaran dengan Kebun Teh Jamusnya karena kok nampak kayak ada kolam renang gitu

    ReplyDelete
  5. Kamus baru nih untuk saya, tempat-tempat wisata di Ngawi. Baru tahu ada Benteng Van den Bosch di sini. Tertarik deh melihat bentuknya langsung. Ada Srambang Park juga lagi bagi pecinta wisata alam. Seru-seru sepertinya ya. Kalau nanti ada kesempatan roadtrip lagi, bisa juga nih mampir ke sini ya.

    ReplyDelete
  6. Jadi inget pelajaran ilmu sosial karena naca tentang Pithecanthropus dan benteng van den Bosch... Keren ya kak

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen deh wisata ke Ngawi
    Soalnya banyak teman di sana tetapi bingung bakalan jalan kemana
    Ternyata banyak wisata juga di sana

    ReplyDelete
  8. Walaupun lokasionya ga jauh dari rumah tapi belum pernah main dan eksplore Ngawi nih, dan ternyata ada ebberapa obyek yang wajib dikunjungi, ada referensi penginapannya pula, terima kasih info lengkapnya ya kak

    ReplyDelete
  9. Mbak ini semua deket banget dengan rumahku lho, tempat mainku semua itu wkwkwk... Baca artikel ini berasa pulang kampung aku... Ngawi ini sektor wisatanya berkembang pesat banget, selain ini buanyaaak lagi tempatnya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post