ASUS ROG Phone 8, Bukan Sekadar Handphone Gaming



Bermain game saat ini tak hanya bisa dilakukan di depan komputer. Dengan kehadiran handphone dan berbagai teknologi kecanggihannya membuat setiap orang bisa bermain game dari mana saja. Bahkan game yang dimainkan pun bukan game sederhana namun bisa berupa game strategi yang memerlukan spesifikasi handphone yang mumpuni.
Selama bertahun-tahun ASUS dikenal sebagai salah satu brand yang menghadirkan jenis handphone sesuai kebutuhan. Salah satu tipe handphone ASUS yang paling populer adalah ASUS ROG (Republic of Game) Phone yang memang diperuntukkan bagi mereka yang gemar bermain game di handphone. Sesuai dengan peruntukannya yakni untuk bermain game, ASUS ROG Phone dilengkapi berbagai fitur dan spesifikasi yang bisa memudahkan penggunanya dalam bermain game favorit. 

Salah satu seri handphone gaming Terbaru dari ASUS yang rilis tahun 2024 ini adalah ASUS ROG Phone 8 yang pastinya memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan seri pendahulunya. ASUS ROG 8 ini sendiri resmi dirilis pada ajang tahunan Consumer Electronic Show (CES) di awal tahun 2024 ini di Taiwan. Lalu apa saja kelebihan dari ROG Phone 8 ini? Yuk baca tulisan ini sampai selesai! 

Lebih dari sekadar permainan




Sejak awal kehadiranya, seri ASUS ROG Phone memang diperuntukkan bagi mereka yang aktif di dunia game. Ini membuat tampilan ASUS ROG Phone biasanya terlihat gahar dan maskulin. Nah, berbeda dengan generasi pendahulunya, ASUS ROG Phone 8 kini hadir perubahan besar-besaran pada body-nya. Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, ASUS ROG Phone 8 kini memiliki ukuran yang lebih ramping (163.8 x 76.8 x 8.9 mm), lebih ringan dengan bobot hanya 225 gr dan ukuran bezel yang lebih tipis yang pastinya lebih nyaman untuk digenggam. 

Untuk menjadikan handphone ASUS ROG Phone ini lebih ramping, maka mau tak mau ASUS harus mengurangi ukuran baterainya menjadi 5.500 mAh. Namun tentunya pengguna setia handphone ASUS tidak perlu khawatir karena ASUS telah melakukan optimasi pada handphone ini sehingga daya tahan baterai yang dimiliki ASUS ROG Phone 8 sama dengan generasi sebelumnya. Tak hanya itu, untuk urusan pengisian baterai, ASUS juga melengkapi seri ini dengan fast charging 65W.

Performa yang tak terkendali



Jika bicara soal performa, ASUS ROG 8 ini disenjatai dengan chipset Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh, didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0. Chipset Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform merupakan chipset terbaru dari Qualcomm dengan yang hadir dengan Octa Core Kryo yang bisa meningkatkan performa handphone hingga 30% dan juga efisiensi daya hingga 20%. Selain itu Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform juga dilengkapi dengan GPU Adreno mampu meningkatkan kemampuan render grafis hingga 25% yang pastinya membuat kegiatan bermain game jadi lebih menyenangkan. 

Untuk lebih meningkatkan kemampuan tahan panas dari produknya, ASUS ROG Phone juga didukung oleh desain Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang merupakan bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8, yang akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang. Konduktor pendinginan cepat ini diletakkan tepat tepat di antara SoC dan logam di dekat penutup belakang, sehingga panas dapat dihantarkan secara merata dari semua lapisan termal. 

Selain desain Rapid-Cooling Conductor dan GameCool 8, ASUS ROG Phone 8 juga dilengkapi dengan pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru hadir dengan ukuran 29% lebih kecil, namun menawarkan efisiensi termal 1,2X lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C. 

Ultra bright display untuk pengalaman visual yang memanjakan mata



ASUS ROG Phone 8 menggunakan panel terbaru AMOLED fleksibel 6,78 inci yang mendukung kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO. Sistem ini dapat menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis mulai dari 1-120 Hz tergantung dari aktivitas yang dilakukan pada handphone. Jika digunakan untuk bermain game, pengguna dapat memilih kecepatan refresh hingga 165 Hz untuk menghasilkan permainan yang lancar, dan kecepatan pengambilan sampel sentuh mencapai 720 Hz yang mengesankan untuk respons instan.

Penggunaan panel terbaru dari AMOLED fleksibel 6,78 inci juga dapat meningkatkan kecerahan layar hingga 2500 nits yang memungkinan pengguna untuk bermain game atau bahkan menonton film di bawah sinar matahari langsung tanpa masalah. 

AI Kamera tingkat pro untuk pecinta fotografi



Tak hanya untuk bermain game, ASUS ROG Phone 8 juga dilengkapi dengan teknologi fotografi yang canggih yang dapat meningkatkan kualitas foto yang diambil. Kamera pada ASUS ROG Phone 8 menggunakan sensor gambar Sony 50 MP terbaru yang dapat menghasilkan gambar yang lebih jernih. Handphone ini juga dilengkapi lensa sudut lebar 24 mm yang sangat cocok untuk pengambilan gambar di jalanan yang dinamis. Terdapat juga mode zoom 2X yang dapat mengubah lensa menjadi lensa utama 50 mm yang serba guna yang dapat digunakan untuk fotografi potret dan fotografi makanan.

Untuk pengambilan gambar dan video yang lebih stabil ASUS ROG Phone 8 dilengkapi juga dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, yang memastikan video yang lebih mulus dan foto yang bebas guncangan saat bepergian. Perangkat ini sekarang sudah mendukung mode pemotretan standar dan potret, sehingga ideal untuk fotografi rendah cahaya. Terdapat juga fitur anti-guncangan OIS dan algoritme perangkat lunak EIS yang telah ditingkatkan dengan menggunakan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan yang memastikan video tetap stabil.

Selain kamera utama dengan resolusi 50 MP, ASUS ROG Phone 8 juga menambahkan kamera ultra wide 13 MP yang memiliki lensa free-form dan algoritma canggih untuk mengurangi distorsi lensa, sehingga menghasilkan gambar yang memukau namun tetap natural. Handphone ini juga dilengkapi dengan teknologi OZO audio yang membuat pengguna dapat memilih untuk menghilangkan kebisingan angin untuk rekaman sejenih kristal atau menangkap pengalaman suara surround 3D dengan fidelitas tinggi yang mendalam.

Seolah fitur di atas masih kurang, ASUS ROG Phone untuk pertama kalinya menyematkan lensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar dari jarak jauh. Lensa ini dilengkapi dengan OIS internal yang memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan menggunakan mode night photography. Terdapat juga teknologi ASUS HyperClarity yang menggunakan file yang belum diproses (RAW), mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X. Selama perekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X.

Jika pada kamera belakangnya ASUS ROG Phone 8 menggunakan 3 kamera, maka untuk kamera depan khusus untuk selfie disematkan kamera selfie ultra wide 32 MP yang sangat pas jika digunakan untuk foto grup karena memiliki Field of View 90° dari yang sebelumnya 73°. Lensa untuk kamera depan ini juga dilengkapi dengan sensor RGBW untuk memastikan gambar bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya.


Fitur yang disempurnakan AI

AI saat ini merupakan salah satu teknologi yang kerap dimanfaatkan untuk berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dalam perangkat handphone. Pada ASUS ROG Phone 8, teknologi AI yang disematkan membuat gamer dapat dengan mudah mengalihkan game ke latar belakang dengan Background Mode atau menangkap momen penting dengan X Capture. 

Ada juga fitur AI Grabber yang intuitif untuk menangkap teks dan X sense yang meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan. AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game dengan menggunakan teknologi Machine-Learning  Recognition dan X Capture serta X Sense 2.0 kini mendukung lebih banyak game terbaru dengan adanya teknologi  AI Pattern Recognition. 

Fitur lain dari handphone ini adalah Semantic Search yang dapat membantu pengguna melakukan pencarian foto dengan menggunakan bahasa alami dan juga AI Wallpaper yang dapat membuat wallpaper yang tampak menakjubkan dengan teknologi Stable Diffusion dan teknologi AI noise-cancellation yang dapat meredam kebisingan dari dua arah untuk suara sejernih kristal dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game.

AniMe Vision



Satu lagi kelebihan dari handphone terbaru ASUS ROG Phone 8 yakni adanya elemen unik yang dapat disesuaikan, termasuk logo aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro/Pro Edition), yange memungkinkan pemiliknya melakukan mengekspresikan individualitas mereka. AniMe Vision sendiri merupakan layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur sebelumnya atau yang dibuat oleh pengguna. Dengan adanya fitur ini, sesama pengguna ROG Phone 8 Pro/Pro Edition juga dapat membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain. 

Ketersediaan dan harga

Buat para pecinta handphone ASUS tentunya sudah penasaran dong ya dengan ASUS ROG Phone 8 ini. ASUS ROG Phone 8 ini resmi dirilis di Indonesia pada 20 Maret 2024 ini. Untuk informasi terkait harga dan promo yang bisa didapat adalah sebagai berikut:

Harga & Ketersediaan ROG Phone 8

- ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000
- ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000
- ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000
- ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000

Promo ROG Phone 8 

  • First Sale Promo : 
Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. 
Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online. 
Online : Eraspace, Tokopedia,  Blibli dan Asus Online Store
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

  • Consumer Launch Sales Promo : 
Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.


Nah, tunggu apa lagi? Yuk dapatkan handphone ASUS ROG Phone 8 sekarang!

12 Comments

  1. Woww selalu saja kagum sama ASUS yang selalu punya inovasi baru ... sekarang ada lagi ASUS ROG Phone 8 .... kereeen.

    ReplyDelete
  2. Wah impian aku banget nih punya ASUS ROG Phone 8 banyak benefitnya. Terutama fiturnya sudah disempurnakan dengan AI, mantap maksimal

    ReplyDelete
  3. Kameranya bikin mupeng sih ini mba. Jadi pas lg suntuk ngonten bisa langsung main nih nggak perlu pakai 2 gadget ya 😄
    Harganya penasaran deh kira2 berapa ya, aku jg sempat intip review di Yucuup. Mari sama2 kita tunggu ROG phone 8 ini 🥰

    ReplyDelete
  4. Keren banget emang nih inovasi dari ASUS yang selalu terdepan, kepo pengen segera ngintipin ROG Phone 8 nih penasaran!

    ReplyDelete
  5. ASUS memang kereen! Selalu terdepan mengeluarkan perangkat yang gahar untuk para gamer. Ada fitur yang dilengkapi AI juga ya, mantap! Jadi gak sabar nunggu peluncuran resminya.

    ReplyDelete
  6. ASUS ROG Phone 8 bukan sekedar hp gaming. Setuju banget nih. Karena performanya keren, dan dilengkapi dengan kamera sampai 50 MP. Belum lagi layarnya yang cakep dan pencahayaan yang gak bikin sakit mata. Waah, aku maau banget nih.

    ReplyDelete
  7. ASUS ga henti2 berinovasi buat para gamers yaaa.. dengan dukungan teknologi AI, jd makin kayak apalah bagusnya yaa.. kalau ditawari ini, anakku pasti lgsg bilang maaaaauuilwwww

    ReplyDelete
  8. Bener yaah, yang ada hubungannya sama gaming ini selalu berkilau.
    Paling suka tentu sama kualitas gambar yang dihasilkan donk yaa.. Dan paling powerful kalo uda pake ASUS ROG Phone 8 untuk main games online.

    ReplyDelete
  9. Baca ini bareng anakku disebelah dan dia langsung kepengen, speknya keren banget ya, dibantu teknologi AI pula, semoga dimampukan punya rog phone 8

    ReplyDelete
  10. Handphone keren , buat ngonten juga bisa banget ya selain buat game krn kameranya canggih

    ReplyDelete
  11. ASUS emang gak ada matinya ya kak. Gak hanya laptopnya smartphone nya juga terus berinovasi.. kereennn

    ReplyDelete
  12. HP Gaming yang kuereeen Asus ROG phone 8 ini akuuh mupeeng dibuatnyaa...perlu di info ke suami yang doyan ngegame nihh sapa tau tertarik.beli ...

    ReplyDelete
Previous Post Next Post