Tips Memilih Kasur Busa yang Nyaman untuk Keluarga




Jika saya ditanya bagian mana dari rumah yang menjadi favorit saya, maka jawabannya pasti adalah kamar tidur dan kasurnya. Setelah seharian berjibaku dengan pekerjaan, bisa melepas lelah dengan rebahan di kasur adalah hal yang sangat saya sukai. Melumbar pinggang, begitu istilah banjar yang disebutkan untuk kegiatan rebahan ini. Meski hanya sebentar, setidaknya kegiatan tersebut bisa menghilangkan penat dan pegal punggung yang saya rasakan.

Bicara soal kasur sendiri, tentunya agar bisa menjadi tempat istirahat yang nyaman kita harus memperhatikan berbagai hal mulai dari pemilihan jenis kasur hingga urusan kebersihan kasur seperti ganti sprei berapa kali dalam sebulan. Karena percuma kan punya kasur yang empuk dan mahal tapi spreinya jarang diganti sehingga membuat tubuh jadi tak nyaman karena sprei yang kotor ini.  

Untuk ganti sprei kasur sendiri sebenarnya tidak ada patokan ataupun standar khusus. Semua bergantung pada kondisi kasur dan seberapa sering kasur dipakai hingga juga kebiasaan dan kepribadian pemakainya. Ada yang ganti kasur setiap satu minggu sekali, 2 kali seminggu atau bahkan sebulan sekali. Saya sendiri sempat bertanya di aplikasi twitter terkait urusan ganti sprei ini dan ternyata rata-rata memberikan jawaban mengganti sprei setiap 1 minggu sekali. 

Tips memilih kasur busa untuk tidur yang nyaman

Selain urusan ganti sprei, agar bisa mendapatkan tidur yang nyaman tentunya kita juga harus memperhatikan pemilihan kasur untuk tidur sehari-hari. Saat ini ada beberapa jenis kasur yang biasa digunakan orang-orang yakni kasur spring bed yang di dalamnya terdapat pegas atau per di bagian dalam kasurnya dan juga kasur busa yang menggunakan material busa atau foam baik itu poly foam, memory foam dan foam latex. 

Baik itu kasur spring bed ataupun kasur busa memiliki kelebihannya masing-masing. Kasur busa dikenal sebagai kasur yang tahan lama dan awet digunakan. Selain itu harganya juga lebih murah jika dibandingkan dengan kasur spring bed. Di rumah saya juga masih menggunakan kasur busa untuk kasur anak-anak dan alhamdulillah mereka tidak ada masalah dengan kasur tersebut. 

Tak jauh berbeda dengan memilih kasur spring bed, dalam memilih kasur busa juga sebaiknya kita memilih yang bahannya berkualitas agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Dengan bahannya yang berupa foam, kasur busa kadang rentan menjadi kempes karena beban yang diterimanya setiap hari. Lalu bagaimana cara memilih kasur busa yang nyaman dan bisa awet digunakan untuk rumah kita? Berikut beberapa tips yang bisa saya berikan:

Memperhatikan jenis busa yang digunakan kasur

Kasur busa memiliki beberapa material yang bisa digunakan. Kita bisa memilih kasur busa sesuai dengan kebutuhan pemakaian di rumah. Beberapa jenis material yang digunakan untuk kasur busa ini antara lain:
  • Busa polyurethane yang umum digunakan pada kasur busa dan terbuat dari bahan kimia
  • Memory foam yang sangat empuk dan bisa mengikuti lekuk tubuh dengan baik
  • Gel memory foam, memiliki daya serap tinggi dan adem di kulit
  • Busa reflex yang biasa digunakan untuk terapi ortopedi dan memiliki tingkat density yang tinggi
  • Busa latex rubber, merupakan busa ramah lingkungan 

Memperhatikan ketebalan busa dari kasur

Umumnya, semakin tebal kasur busa pastinya akan semakin enak digunakan. Ukuran kasur busa yang tebal akan bisa membuat kasur busa terasa lebih empuk. Terkait ketebalan kasur ini, mungkin teman-teman bisa mengikuti panduan berikut:

  • Kasur dengan tebal 15 cm - 20 cm cocok digunakan untuk mereka yang bertubuh kurus dan suka tidur telentang
  • Kasur dengan tebal 20 cm cocok digunakan untuk mereka yang suka tidur menyamping
  • Bagi mereka yang bertubuh besar disarankan untuk memilih kasur busa dengan ketebalan 30-40 cm

Cek kepadatan busa pada kasur

Hal lain yang cukup mempengaruhi kenyamanan saat tidur di atas kasur busa adalah kepadatan busa pada kasur yang digunakan. Kepadatan kasur busa sendiri bisa diketahui dari berat kasur tersebut. Semakin berat kasur busa tentunya semakin padat busanya. Dengan memilih kasur busa yang padat akan bisa menahan berat badan tubuh dengan lebih baik dan pastinya bisa lebih tahan lama digunakan. Selain itu, saat membeli kasur busa kita juga bisa mengecek apakah kasur bisa segera kembali ke bentuk semula setelah ditekan atau diberi beban. Kasur yang bisa cepat kembali seperti semula setelah ditekan menandakan bahan yang digunakan berkualitas.

Memilih kasur busa dengan cover lembut dan dilengkapi risleting

Kasur busa biasanya dilapisi cover pada bagian luarnya. Cover kasur busa sebaiknya pilih yang berbahan katun agar adem saat digunakan dan juga bahan yang lembut agar tidur juga lebih nyaman. Cover kasur juga bisa dipilih bahan anti slip jika kasur tersebut diletakkan di lantai Selain itu, kita juga bisa memilih kasur dengan cover risleting sehingga cover kasur bisa mudah dilepas dan dicuci 


Kasur busa dari Domibed untuk kenyamanan tidur



Ada cukup banyak merk kasur busa atau foam yang bisa kita temukan di pasaran. Salah satu merk kasur busa yang bisa kamu coba adalah kasur dari Domibed. Domibed menyediakan berbagai jenis kasur busa dengan berbagai pilihan material berkualitas dan tingkat densitas yang baik sehingga pastinya bisa menopang tubuh dengan baik saat tidur.

Adapun beberapa pilihan kasur dari Domibed ini antara lain:

  • AIR Mattress yang memiliki fungsi anti panas dengan pilihan bahan foam only atau pocket spring and foam
  • All New Dual Comfort Mattress dengan bahan high density quantum base foam yang bisa menopang tubuh dengan baik selama tidur
  • Bliss Mattress yakni kasur premium dari Domi dengan 4 lapisan busa yakni open-cell memory foam, hypoallergenic natural latex, pocket spring dan juga high density quantum base foam
  • Cloud Mattress yang bisa memberikan sensasi tidur di atas awan karena menggunakan bahan 5 zones memory foam yang memberikan sensasi seolah olah anda melayang saat tidur dikarenakan efek busanya yang empuk dan bisa beradaptasi dengan panas tubuh dan tekanan.
Selain memiliki berbagai macam pilihan kasur, Domibed juga memberikan garansi 10 tahun untuk busa yang digunakan pada kasurnya dan juga gratis pengiriman ke seluruh Indonesia. Nah, buat teman-teman yang sedang mencari kasur busa untuk anggota keluarga di rumah bisa mencoba kasur Domibed ini ya!

Sumber tulisan:

https://www.mimpi.co.id/blogs/news/wajib-tahu-cara-memilih-kasur-busa-yang-nyaman 


 

6 Comments

  1. "Domibed juga memberikan garansi 10 tahun ..." Biasanya masalah ini hanya janji empunya brend.

    ReplyDelete
  2. Wah kebetulan ibu saya lagi cari kasur karena beberapa kali beli random kasurnya cepat sekali kempes. Bisa nih lihat-lihat produk Domibed siapa tahu ada yang cocok

    ReplyDelete
  3. domibed bisa jadi salah satu referensi ini nati kalo mau memilih kasur busa..cari kasur busa yang bisa ditaruh di depan tv buat gegoleran liat tv rame2 hehe

    ReplyDelete
  4. Penting banget ya mba memilih kasur yang tepat. Karena, kalau kasur nyaman tidur jadi berkualitas dan bangun tidur rasanya segar. Jadi penasaran sama merk yang satu ini, jadi wishlist dulu deh

    ReplyDelete
  5. Aku baru dengar merk domibed ini, mudah-mudahan aja cepet beredar umum di banjarbaru juga, aku suka fitus anti panasnya itu, soalnya kan di banjar cuaca ekstrim banget panasnya

    ReplyDelete
  6. Tidur di kasur yang nyaman itu mempengaruhi mood ketika bangun ya mbak. Saya sudah merasakan hal itu. Domibed itu sepertinya recommended banget nih utk tidur berkualiats

    ReplyDelete
Previous Post Next Post