Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Pekanbaru untuk Keluarga



Jika bicara tentang kota-kota di pulau Sumatera, mungkin pikiran kita akan terbang ke kota-kota populer seperti Medan, Palembang, Aceh dan juga Padang. Kota-kota tersebut merupakan kota-kota yang cukup populer baik dari wisata yang ditawarkan hingga juga makanan khasnya yang sudah mendunia sebut saja rendang yang dinobatkan sebagai masakan paling enak di dunia ataupun pempek yang sangat identik dengan kota Palembang. Namun tentunya Sumatra tak hanya sebatas kota-kota di atas karena masih ada kota-kota lain yang juga menawarkan keindahan alam yang memikat salah satunya adalah kota Pekanbaru. 

Pekanbaru sendiri adalah ibukota provinsi Riau yang lokasinya berbatasan dengan provinsi Sumatera Utara di sebelah utara, provinsi Jambi di sebelah selatan, Provinsi Sumatera Barat di sebelah barat dan provinsi Kepulauan Riau di sebelah timur. Layaknya kota-kota lain di pulau Sumatera, ada banyak pilihan tempat wisata di kota Pekanbaru mulai dari wisata alam Di kota Pekanbaru ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi jika kamu berkesempatan ke sana. Selain itu di Pekanbaru kita juga bisa menikmati berbagai makanan khas Riau termasuk steak Pekanbaru yang kini juga sudah ada di kota tersebut. 

Beberapa kegiatan dan tempat wisata yang bisa dikunjungi saat berada di kota Pekanbaru ini antara lain:

Mengunjungi Candi Muara Takus


Bagi kamu yang suka dengan tempat wisata bersejarah tentunya tidak boleh melewatkan kunjungan ke Candi Muara Takus yang merupakan situs candi tertua yang ada di pulau Sumatera dan juga satu-satunya candi yang ada di provinsi Riau. Candi Muara Takus dibangun pada masa kerajaan Sriwijaya dan merupakan candi dari agama Buddha yang pernah berkembang di kawasan Sumatera.

Candi Muara Takus sendiri berlokasi di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia dan berjarak kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru. Dalam komplek candi ini terdapat beberapa candi yakni Candi Mahligai, Candi Bungsu, Candi Palangka dan Candi Tua. Candi Mahligai dianggap sebagai candi paling utuh dibandingkan candi lainnya karena terdapat pada 3 bagian. Sedangkan untuk Candi Tua merupakan candi terbesar dibandingkan candi lainnya. Untuk tiket masuk ke Candi Muara Takus adalah Rp. 15.000,-/orang.

Museum Sang Nila Utama



Tempat lain yang bisa dikunjungi saat berada di Pekanbaru adalah Museum Sang Nila Utama yang berlokasi di Jalan Sudirman di depan kantor DPRD Provinsi Riau. Dalam museum ini kamu bisa melihat berbagai koleksi terkait koleksi bersejarah kerajaan, diorama suku asli Riau, pakaian adat hingga juga foto-foto tokoh dari Riau. Tiket masuk museum ini juga sangat murah yakni hanya Rp. 5000,00 per orang. 

Istana Siak Sri Indrapura



Jika berkunjung ke kota Pekanbaru tentunya takkan lengkap jika kita tidak mampir ke Istana Siak yang merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang sudah berdiri sejak tahun 1899 dan dibangun oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifudin dengan bantuan arsitek asal Jerman. Untuk desainnya, Istana Siak menggabungkan arsitektur gaya Melayu, Arab dan Eropa. Lokasinya sendiri berada di Sri Indrapura, Kp Dalam Kabupaten Siak dan memiliki luas 32.000 m2.

Istana Siak sendiri memiliki luas 1000 m2 dengan 4 istana di dalam kompleknya yakni Istana Lima, Istana Padjang dan juga Istana Baroe. Selain bisa menikmati keindangan arsitektur dari Istana Siak, pengunjung juga bisa melihat berbagai barang peninggalan istana yang ada di dalam istana. Untuk bisa mengunjungi Istana Siak ini pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- untuk dewasa dan Rp. 5000.- untuk anak-anak.

Desa Wisata Okura

suara.com

Bagi kamu penggemar wisata agrowisata bisa berkunjung ke Desa Wisata Okura yang berlokasi di Jalan Raya Panjang Okura kota Pekanbaru Riau. Di Desa Wisata Okura ini pengunjung bisa mencoba berbagai kegiatan seperti menyewa sampan dari nelayan untuk menyusuri sungai Ukai, menyusuri taman bunga atau juga menyewa sepeda bagi yang ingin berpetualang menyusuri hutan sagu dan sawit. Selain itu ada juga kegiatan menunggang kuda hingga memanah bagi mereka yang ingin mengasah skill mereka.

Untuk bisa masuk ke Desa Wisata Okura ini sendiri pengunjung tidak ditarik bayaran namun jika ingin mencoba berbagai kegiatan di sana ada tarif yang harus dibayar mulai dari Rp. 30.000,- sampai dengan Ro. 50.000,-.

Kebun Binatang Kasang Kulin

suara.com

Kebun Binatang Kasang Kulin bisa menjadi pilihan wisata keluarga saat mengunjungi kota Pekanbaru. Kebun binatang dengan luas 10.000 m2 ini memiliki koleksi sekitar 200 ekor satwa yang terdiri dari mamalia, reptil, aves dan juga karnivora. Lokasinya sendiri ada di Jalan Kubang Raya, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Untuk bisa masuk ke kebun binatang Kasang Kulin pengunjung dikenakan tiket Rp. 25.000,- untuk dewasa dan Rp. 20.000,- untuk anak-anak. 


Menikmati kuliner di Pekanbaru

Saat mengunjungi sebuah tempat baru, tentunya tidak afdol jika kita tidak mencicipi kuliner yang ada di kota. Pekanbaru sebagai ibukota provinsi Riau juga memiliki banyak pilihan kuliner yang bisa dicoba baik menu tradisional ataupun menu modern. Bagi mereka yang mencari masakan khas Riau bisa mencoba gulai ikan patin, mie sagu, miso Pekanbaru, Bolu Kemojo, hingga sop tunjang yang dibuat dari kaki sapi.

Nah, jika teman-teman ingin mencicipi kuliner ala barat bisa juga mampir ke Holycow Steak yang kini juga sudah ada di kota Pekanbaru yang menyajikan steak daging sapi dengan bahan berkualitas dan sudah bersertifikat halal MUI. Menu-menu yang bisa dicoba di Holycow Steak Pekanbaru ini antara lain Australian sirloin 200 gr, Holysteak! 400 gr dan fillet mignon. Selain menu tersebut ada juga menu khusus anak-anak dan aneka jenis kue penutup.

Holycow Steak Pekanbaru beralamat di Jl. Jend. Sudirman No.38, Wonorejo, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau dan buka dari hari Senin - Minggu mulai pukul 11.00-22.00.

Itulah dia beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota Pekanbaru, Riau. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian!

13 Comments

  1. Semenjak liat Riau dari unggahan teman saya yg kerja di sana, saya tertarik buat jalan-jalan ke sana. Ditambah liat ini, waaah banyak juga ya destinasi wisata di Pekanbaru, mana murah-murah lagi 😍

    ReplyDelete
  2. Wow, jadi pengen ke Riau nih Kak, pengen jalan-jalan ke beberapa destinasi disana. Semoga Allah kabulkan. Amiin.

    ReplyDelete
  3. Semoga saya bisa ke Pekanbaru suatu hari nanti dan mengunjungi tempat2 wisata tersebut. Pekanbaru adalah salah satu wishlist saya travelling di Sumatera.

    ReplyDelete
  4. Wah, ternyata wisata di Pekan Baru menarik juga ya, banyak banget situs budaya. Jaman sekolah sering denger Candi Muara Takus, ternyata lokasinya di Pekan Baru. Keren.

    ReplyDelete
  5. Beberapa tahun lalu pernah ke Pekanbaru untuk urusan dinas kantor. Sayangnya tidak sempat mengunjungi tempat-tempat wisata di atas karena padatnya jadwal acara yang berhubungan dengan pekerjaan. Penasaran dengan candi dan istana yang disebut di artikel.

    ReplyDelete
  6. Sebagai asli Sumatra barat Riau selalu punya daya tarik untuk dikunjungi. Thanks rekomendasi nya ya mbak

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata di Riau juga ada candi ya. Unik juga nih bentuk Candinya. Semoga bisa ke sana untuk lihat langsung

    ReplyDelete
  8. Wah, banyak juga ragam tempat wisata pekanbaru yang bisa dikunjungi
    Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, sampai wisata budaya ya

    ReplyDelete
  9. Terima kasih rekomendasinya Kak, bisa jadi referensi nih saat berkunjung ke Pekanbaru, saat itu hanya transit aja jadi belum pernah keliling Pekanbaru, semoga suatu saat bisa berkunjung lagi ke sana

    ReplyDelete
  10. Beragam sekali wisata yang bisa dikunjungi kalau ke pekanbaru ya kak, jadi pengen kesana deh. Apalagi setelah lelah cape berkeliling ke tempat wisata ditutup dengan kuliner khas sana

    ReplyDelete
  11. Sejak masih sekolah, itu candi Muara Takus sangat terkenal ya sejarahnya. Baru dapat informasi terbaru lagi saat ini.
    Pekanbaru memang memiliki banyak lokasi wisata yang sangat unggul. Semoga bisa berkesempatan eksplorasi ke sana...
    Apalagi desa wisata Okura tuh, berasa bukan berada di Pekanbaru tapi di Jepang. Hehehe

    ReplyDelete
  12. Kebun binatang nya murah ya tiketnya... Asyik buat ngajak anak wisata edukasi. Candi muara takus tuh yang ada di buku sekolah SD hehehe... Bagus ternyata

    ReplyDelete
  13. Nama Pekanbaru cukup populer juga, loh. Sering disingkat jadi PKU, kan? tetapi, untuk tempat wisatanya saya baru tahu dari artikel ini. Saya tertarik dengan Desa Wisata Okura. Namun, kalau mau melihat taman bunga tampaknya harus cari tahu terlebih dahulu perihal jadwal mekarnya, ya?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post