Peran Digital Marketing Agency dalam Mempromosikan Usaha

peran digital marketing agency


Menjalankan usaha sendiri merupakan salah satu impian suami saya sejak memutuskan berhenti bekerja di masa pandemi lalu. Selama 3 tahun terakhir, suami mencoba berbagai usaha untuk dijalankan. Apakah berhasil? Sayangnya hampir semua gagal. Mulai dari beternak ayam, berkebun hingga jasa pemasangan kanopi tidak ada yang cukup menghasilkan keuntungan bagi keluarga.

Setelah berbagai usaha yang dirintis gagal, kali ini suami mencoba usaha di bidang baru yakni jasa service kompresor yang menurutnya belum banyak dilirik orang. Bermodal keahlian suami dalam bongkar pasang mesin, suami pun memulai usaha jasanya ini. Untuk usahanya yang kali ini, saya menyarankan suami untuk lebih aktif dalam melakukan info promosi usahanya. Memang selama ini suami lebih fokus memasarkan usahanya ini lewat grup facebook sementara menurut saya akan lebih baik jika promosi dilakukan di berbagai sosial media seperti instagram dan juga tiktok seperti yang sering dilakukan orang-orang.



Suami saya sebenarnya setuju saja dengan ide saya tersebut. Namun katanya masalahnya adalah dia tidak ada waktu untuk membuat video promosi yang dimaksud. Mengerjakan service barang saja bisa seharian dan jika disambi sambil take video akan membuat pekerjaan terhambat. Jadi untuk sementara ini suami hanya sesekali berbagi video dan foto hasil pekerjaannya di status whatsapp dan berpromosi di grup facebook. Tak lupa juga tentunya kami memasang banner di depan rumah yang menginfokan usaha yang telah dibuka suami saya.

Pentingnya promosi dalam memperkenalkan usaha kita

strategi promosi usaha


Sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia konten, tentunya saya sangat mengerti pentingnya promosi dalam menjalankan sebuah usaha terutama usaha rumahan. Layaknya tulisan saya di blog yang harus dioptimasi dan dipromosikan agar bisa menggaet pembaca, usaha rumahan seperti usaha suami dan usaha rumahan lainnya juga memerlukan promosi yang baik agar usaha bisa cepat dikenal.

Jika di era sebelumnya promosi mungkin hanya mengandalkan media cetak atau promosi dari mulut ke mulut, maka sekarang strategi promosi bisa dilakukan lewat digital marketing yakni melalui akun media sosial yang pastinya bisa menjangkau lebih banyak pelanggan jika promosi tersebut dilakukan secara tepat sasaran. Ada beberapa metode digital marketing yang bisa digunakan untuk mempromosikan usaha rumahan diantaranya:

Social Media Marketing

Social Media Marketing adalah teknik promosi usaha dengan menggunakan sosial media yang dimiliki. Untuk bisa mempromosikan produk lewat Social Media Marketing ini kita bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti foto, video hingga juga dalam bentuk tulisan. Kita bisa membuat berbagai konten terkait usaha yang dijalankan dengan metode soft selling. Tujuan dari penggunaan Social media marketing ini biasanya adalah untuk meningkatkan brand awareness dari produk atau usaha yang dijual sehingga orang-orang bisa mengetahuinya.

Membuat website 

Jika dirasa perlu, kita juga bisa membuat website untuk usaha jasa atau produk yang dijual. Dengan memiliki website khusus untuk usaha kita akan memberikan kesan profesional dari usaha tersebut. Website juga bisa menjadi wajah dari usaha yang kita miliki. Lewat website pemilik usaha dapat mengenalkan usaha dan produk yang dijual dan pastinya lebih mudah bagi konsumen untuk mengetahui informasi terkait usaha dan produk kita tersebut. 

Berjualan di marketplace

Jika usaha rumahan yang dijalankan berupa usaha produk yang dijual, maka akan sangat tepat jika kita menggunakan marketplace sebagai salah satu media untuk menjual produk tersebut. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan berjualan dan berpromosi di marketplace ini salah satunya adalah bisa menjangkau lebih banyak konsumen bahkan kita juga bisa berjualan secara live di sana. 

Menggunakan digital marketing agency Indonesia untuk mempromosikan usaha

agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia



Dalam menjalankan usaha, terkadang tidak semua hal bisa dilakukan langsung oleh pemilik usaha tersebut dan memerlukan bantuan dari pihak luar. Seperti yang dikatakan suami saya saat saya menyarankannya untuk lebih aktif dalam mempromosikan usahanya, ia tidak mungkin melakukan promosi usahanya sendirian karena sibuk mengerjakan pekerjaannya. Jadi memang ada kalanya sebuah usaha perlu pihak lain yang bisa membantu dalam urusan promosi ini entah itu saya yang melakukan atau bahkan menggunakan jasa digital agency Indonesia agar hasilnya bisa lebih maksimal. 

Digital agency adalah penyedia jasa yang bisa membantu klien atau pemilik usaha untuk bisa menjangkau kelompok konsumen tertentu dengan berbagai strategi marketing seperti social media marketing, iklan, pembuatan website,content marketing, email marketing dan strategi marketing lainnya. Menggunakan jasa agensi digital di Indonesia ini akan sangat membantu kita untuk bisa mempromosikan produk dan usaha yang dimiliki sementara kita fokus dalam produksi produk tersebut. 

Adapun beberapa peranan digital marketing agency dalam mempromosikan usaha rumahan diantaranya:

Membantu membuat konsep dan ide promosi usaha

Langkah pertama dalam melakukan promosi atas usaha yang dijalankan adalah membuat konsep dari promosi tersebut. Pada tahap ini digital marketing agency akan membantu kita dalam menyusun konsep yang sesuai dengan target pasar yang kita sasar.

Membantu dalam mengelola media digital

Tak semua pengusaha bisa mengelola sendiri media digitalnya. Saat ini, untuk memaksimalkan digital marketing dari sebuah produk atau usaha, berbagai media sosial digunakan sebagai sarana promosinya. Agency digital dapat membantu pemilik usaha dalam mengelola media digital yang dimiliki oleh kliennya baik itu berupa facebook, website, instagram hingga akun tiktok.

Membantu mengelola biaya marketing digital

Seperti yang kita ketahui dalam menjalankan strategi promosi produk atau usaha, tak jarang kita harus menggunakan iklan hingga menggunakan jasa influencer agar produk bisa lebih dikenal. Dalam hal ini,  digital marketing agency juga membantu pemilik usaha dalam pengelolaan anggaran terkait biaya marketing digital tersebut.


RedComm Indonesia sebagai agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia

redcomm digital marketing agency jakarta


Untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, tentunya sebagai pemilik usaha kita harus memilih digital agency Indonesia terpercaya untuk memegang produk kita. Salah satu agensi digital di Jakarta yang bisa dipilih untuk membantu mempromosikan usaha kita adalah RedComm Indonesia. Redcomm Indonesia merupakan salah satu digital marketing Agency Jakarta yang telah berpengalaman selama 20 tahun di bidang promosi produk.

Dalam menjalankan strategi marketingnya, RedComm selaku agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia menerapkan komunikasi berbasis data, strategis, kreatif dengan memanfaatkan teknologi dan media digital. Beberapa strategi dan jasa yang diberikan RedComm dalam promosi digital marketing ini diantaranya:

360° Integrated Digital Marketing

Saat ini, kampanye pemasaran digital yang efektif berasal dari perpaduan antara strategi berbasis data dan materi iklan yang kontekstual secara budaya. Dengan ratusan pakar dari berbagai bidang mulai dari data analyst, copywriter hingga digital media specialist, RedComm selaku digital marketing agency Indonesia membantu brand untuk melakukan berbagai kampanye sesuai dengan data dan riset yang dilakukan oleh tim.  

Social Media Activation and Management

Dalam menggunakan social media untuk promosi produk, tak cukup hanya mengandalkan foto yang menarik dan juga copywriting namun juga harus bisa menyampaikan goal yang ingin dicapai dari promosi tersebut. RedComm sebagai jasa digital agency Jakarta membantu brand memanfaatkan media sosial lebih sebagai pengalaman yang menarik, bukan sekadar media. Dengan menggunakan pelacak kinerja konten sosial yang dimiliki RedComm, setiap konten diberi tag dan diukur untuk perbaikan berkelanjutan dalam mencapai keterlibatan organik sejati yang memenuhi tujuan brand tersebut.

Social-Driven Content Creator

Cerita atau storytelling merupakan salah satu hal yang penting dalam pemasaran digital. RedComm bersama timnya akan membantu brand dalam memberikan konsep cerita yang bisa memicu tindakan dan percakapan bagi target audience. Dengan kemampuan produksi multi-format dan multi-saluran, tim penulis, fotografer, animator, videografer, dan sinematografer RedComm akan mengemas cerita brand dengan karakteristik yang orisinal. 

Digital Assets Production

Tak hanya mengandalkan pengalaman kerja sama yang user-friendly, RedComm menjadikan kerja sama digital marketing menjadi menyenangkan yang tidak melulu bergantung pada teknologi namun lebih pada strategi. Dalam hal ini RedComm membantu brand menciptakan ekosistem titik kontak yang menghasilkan dampak bagi brand dan bisnis melalui web atau aplikasi yang terintegrasi secara sempurna dengan kisah dan tujuan brand tersebut.

Digital Media Planning and buying

Dampak dicapai ketika pesan yang tepat disampaikan pada tempat, waktu, dan konteks yang tepat. Dengan strategi media yang presisi dan penggunaan personalisasi, RedComm menyampaikan pesan brand yang tepat sasaran kepada pemirsanya.

Data & Insight Analysis

Tim ilmuwan data dan teknolog RedComm tidak hanya memberikan laporan kinerja rutin tetapi memfasilitasi klien dengan dasbor bisnis khusus yang memberi akses ke informasi kapan saja, di mana saja untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih cepat dan tepat.

Berkat strategi dan layanan yang dimilikinya ini, menjadikan Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut yang setiap tahun diadakan di Singapura. Ini pastinya menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa bagi sebuah agensi pemasaran digital di Jakarta. Tak hanya itu, selama 20 tahun perjalanannya, RedComm yang notabene digital Agency Jakarta juga telah menangani lebih dari 500 brand di Indonesia di berbagai bidang mulai dari makanan, ritel, kesehatan hingga juga teknologi.

Nah, buat teman-teman pelaku usaha dan bisnis yang ingin mempercayakan promosi usahanya pada digital agency tentunya tidak ragu lagi dong memilih Redcomm digital marketing agency Indonesia dengan 5x Gold Winner? 


Sumber tulisan:
https://www.dhadigital.com/2023/03/pengertian-dan-peranan-digital-marketing-agency-saat-ini.html

Baca Juga
Reactions

Post a Comment

31 Comments

  1. Semangat selalu untuk kak Antung dan suami dalam berbisnis.
    Iyaya, bisa memanfaatkan jasa promosi, karena strateginya bakalan lebih terukur dalam menjangkau pasar

    ReplyDelete
  2. Pemasaran secara mandiri memang butuh effort yang sangat besar ya, mulai dari tenaga, waktu hingga biaya yang harus dikeluarkan. Namun tidak ada salahnya ya kalau mau pakai Redcomm untuk pemasaran secara online. Lebih praktis, dikerjakan secara profesional dan hasilnya juga sesuai ekspektasi.

    ReplyDelete
  3. Tanpa strategi promosi yang tepat, perkembangan usaha yang dijalankan secara on-line bisa jalan di tempat. Nah, buat seseorang yg belum mengetahui seluk beluk digital marketing, perlu sekali menggunakan jasa Redcomm sebagai digital marketing yang telah berpengalaman.

    ReplyDelete
  4. Kalau dulu promosi lewat media cetak, sekarang era digital sudah mempermudah banyak hal. Jasa digital marketing sudah mulai dilirik dan berkembang. Memilih digital agency adalah solusi mengembangkan bisnis dan strategi pemasaran. Salah satunya memilih RedComm yang udah terpercaya.

    ReplyDelete
  5. Moga bisnisnya makin berkembang, Kak. Semangat selalu. Bisa di masukkan plan nih kak, sinergi dengan digital agency. selain profesional memang sudah berowngalaman di bidangnya

    ReplyDelete
  6. agency digital marketing tuh sekarang memang harus dijadikan rekanan ya buat pebisnis yg mau ngembangin bisnisnya dan bisa survive di era digital sekarang ini

    ReplyDelete
  7. Redcomm ini emg digital marketing agency terpercaya. Mereka sampe 5x berturut2 dapat penghargaan bergengsi.

    Kliennya banyak. Jd emg udh terbukti tangan dingin org2 di dalam Redcomm mampu mempromosikan usaha dgn tepat.

    Smg UMKM kita mamou memanfaatkan jasa digital marketing Redcomm agar usahanya makin berkrmbang.

    ReplyDelete
  8. Jaman sekarang mau promosj juga kudu gercep yah. Salah satunya bisa banget pakai jasa digital agency Redcomm.

    ReplyDelete
  9. Di era digital saat ini penting bagi para pelaku usaha untuk memaksimalkan penjualan melalui online. Agar tepat sasaran tentu untuk eksekusinya membutuhkan ilmu yang tepat. Sehingga butuh kerja sama dalam membangun usaha online tersebut. Salah satu langkah nyata adalah kerja sama dengan digital marketing agency terpercaya seperti Redcomm.

    ReplyDelete
  10. Setuju mba kalau jasa gitu memang agak susah kalau harus disambi membuat video. Kalau ada rezeki lebih mendihh serahkan ke digital agency

    ReplyDelete
  11. sekarang jadi lebih mudah untuk memperkenalkan atau branding produk untuk meningkatkan penjualan, cukup pakai digital agency marketing semua langsung diurus dari A-Z. makin praktis,

    ReplyDelete
  12. Digital agency marketing memang membantuh pelaku usaha untuk promosikan usahanya..

    ReplyDelete
  13. Usaha apapun di dunia nyata, kini bisa menarik pelanggan lebih luas jika dipromosikan dengan benar menggunakan jasa digital marketing agency Indonesia terpercaya yaa..
    Aku jadi paham sekarang, bahwa konten yang baik adalah yang bisa menangkap keresahan masyarakat dan memberi jawabannya dengan jasa atau produk yang kita miliki.

    ReplyDelete
  14. Kalau terjun ke dalam dunia bisnis saat ini jangan tanggung. Saat ada kesempatan segera ambil begitupun ketika ada penawaran marketing digital oleh ahlinya seperti dari redcomm ini kenapa tidak? Hasilnya pasti memuaskan dan nyata
    Bisnis pun semakin berkembang pesat

    ReplyDelete
  15. Digital marketing memang bermanfaat banget untuk mempromosikan usaha kita ke masyarakat luas, ya, Kak. Semoga usaha suaminya semakin sukses.

    ReplyDelete
  16. Sebagai bloger, beberapa kali ikut worshop copy writer, biar kalau promosi nendang gitu. Ternyata engga semudah yang dibayangkan membuat kalimat copy writer tuh.
    Untunglah ada RedComm yah. Pastinya pengalaman dalam digital marketing.

    ReplyDelete
  17. Semoga usaha suami tercinta makin maju dan sukses ya Mbak
    Benar jika untuk mempromosikan usaha maka peran digital marketing agency seperti Redcomm Indonesia penting sekali. Apalagi Redcomm merupakan salah satu digital marketing Agency Jakarta yang telah berpengalaman selama 20 tahun di bidang promosi produk.

    ReplyDelete
  18. Redcomm ini memang keren banger sih. Digital marketing agency yg udah menang 5x gold winner secara berturut-turut. Sudah pasti teruji, dan memiliki intrgritas yang baik.

    ReplyDelete
  19. waah paketan lengkap nih redcomm..gak salah kalau menngambil jasa digital marketing agar usaha kita makin terkenal luas dan bermanfaat. Btw, semoga sukses usahanya mba Antung

    ReplyDelete
  20. Social marketing dan website itu kayaknya dasar banget ya di digital marketing. Terus harus bisa baca insight data biar antara pemasaran dan target taktis

    ReplyDelete
  21. Zaman semakin canggih, punya ide usaha atau bisnis bukan hanya apa usaha yang akan didirikan tapi memang benar harus perhatikan juga digital marketingnya

    ReplyDelete
  22. Digital marketing agency Indonesia Redcomm yang sudah bekerja dengan banyak brand dan membuktikan bahwa pengalaman memang ga boong. Jadi usaha semakin laris karena bekerjasama dengan digital marketing agency Indonesia terbaik.

    ReplyDelete
  23. Perkembangan zaman begitu cepat apalagi masalah digital. Berubah tanpa tanda. Jadi kita perlu banget SDM handal

    ReplyDelete
  24. Bisnisnya yang sedang berkembang dan ingin memperluas segmen pasar pastinya membutuhkan jasa digital marketing agency nih. Jadi mereka bisa fokus pengelolaan bisnis sementara masalah perkontenan pemasaran di tangan agensinya.

    ReplyDelete
  25. Memang digital marketing agency diperlukan banget untuk masa sekarang ini. Karena semua serba online. Usaha bakal maju jika dipromosikan via online. Entah itu medsos maupun iklan google.

    ReplyDelete
  26. Era digital seperti saat ini, memang yang paling berperan adalah digital marketing
    Dan disinilah pentingnya jasa digital marketing agency ya mbak

    ReplyDelete
  27. Di era digital saat ini memang lebih baik menggunakan pemasaran digital daripada pemasaran konvensional. Nah salah satu cara yang bisa ditempuh adalah menggunakan jasa digital agency

    ReplyDelete
  28. Semoga usahanya semakin lancar mba dengan digital marketing bisa menjangkau konsumen yang lebih banyak. Apalagi dengan menggunakan agency yang pro pasti hasilnya lebih ok

    ReplyDelete
  29. Iya juga ya kalau capek, sulit dan nggak ngerti dunia digital bisa pakai jasa digitak agency seperti redcomm ini. Simpel cara ngurusn

    ReplyDelete
  30. digital marketing agency ternyata cukup membantu kita ya dalam urusan digital marketing. mereka lebih berpengalaman jadi kita ga perlu pusing menentukan strategy pemasaran yang pas untuk bisnis kita. tinggal mempertimbangkan biaya dan support yang mereka miliki.

    ReplyDelete
  31. Aku lagi belajar2 digital marketing ni kak. Kepingin juga bisa dikenal orang melalui transaksi online. Tapi susah ternyata dan banyak prosesnya.
    Aku mau juga ni dibantu oleh agency marketing tapi dekat tempat tinggal ku, gak ada yg aku kenal

    ReplyDelete