Persiapan Tes UTBK-SNBT dengan Les Privat di RuangGuru


Saat masih duduk di bangku SMU dulu, ada 1 mata pelajaran yang cukup menjadi momok bagi saya, yakni pelajaran Fisika. Sebagai siswa yang kelas 3-nya mengambil jurusan IPA, pelajaran Fisika kelas 3 itu rasanya benar-benar sulit untuk saya pahami. Belum lagi rumus-rumus yang harus dihafal juga banyak banget dan saya kesulitan menerapkannya saat mengerjakan tugas. Sebenarnya saat kelas 3 itu ada les privat Fisika yang dibuka oleh guru fisika agar murid bisa lebih memahami materi yang diajarkan di sekolah. Tapi ya, saya tidak ikut dengan beberapa alasan dan akibatnya kadang saya bingung sendiri saat ada ulangan semester karena beberapa teman sudah mendapat kisi-kisi soal sementara saya tidak. 

Lucunya, meski di masa SMU pelajaran fisika ini adalah yang paling menakutkan, saya malah lulus di jurusan Teknik Sipil saat mengikuti UMPTN/SPMB (seleksi penerimaan mahasiswa di era saya). Di masa itu, saya memilih jurusan ini juga sejujurnya asal saja. Saya pikir karena ada kata sipil-nya, jurusan Teknik Sipil akan mengantarkan saya menjadi abdi negara alias PNS, profesi kecintaan orang tua tahun 90-an. Rupanya saya salah. Teknik Sipil adalah jurusan yang di dalamnya ada pelajaran fisika yang paling saya takuti semasa SMA.

Karena sudah terlanjur tercebur di jurusan ini, mau tak mau saya belajar lagi dong soal fisika yang di masa SMU benar-benar tidak saya mengerti. Nah, entah karena setiap hari materinya fisika eh saya jadi ngerti dong pelajaran yang sewaktu setahun sebelumnya jungkir balik saya pahami. Bahkan saat mengejakan tugas ataupun ujian jari sudah hapal banget rumus apa yang harus ditulis untuk menyelesaikan soal dari dosen. Yeah, practice makes perfect itu memang benar adanya!

 

Berkenalan dengan UTBK-SNBT, seleksi untuk mengikuti ujian penerimaan di kampus impian

Bicara soal kuliah, tentunya kita semua sepakat kalau pendidikan di jenjang ini termasuk yang penting diikuti jika ingin memasuki dunia kerja. Dan kita juga sepakat kalau untuk bisa memasuki perguruan tinggi negeri favorit itu bukanlah hal yang mudah karena tingkat persaingannya sangat tinggi terutama universitas di pulau Jawa. Bahkan setiap tahunnya juga rasanya proses penerimaan mahasiswa ini juga mengalami perubahan namanya dan sistem yang jujur membuat saya agak bingung.

Di masa saya dulu, untuk bisa lulus di PTN incaran hanya ada 2 jalur yakni PMDK atau seleksi nilai rapor dan SPMB alias ujian tertulis yang bisa diikuti setelah siswa lulus sekolah. Nah, untuk sekarang ternyata nama seleksi PTN jalur ujian ini berubah berubah namanya menjadi SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) yang untuk bisa mengikutinya seorang siswa harus mengikuti UTBK terlebih dahulu. Apalagi UTBK ini? UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer yang dilakukan untuk sebelum seorang siswa bisa mengikuti ujian penerimaan di PTN yang ada di Indonesia. Hasil dari tes UTBK ini akan menjadi patokan lulus tidaknya seseorang di PTN pilihannya. 

Adapun tujuan dari diadakannya UTBK ini antara lain:

  • Memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu; dan
  • Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel yaitu memilih lokasi dan waktu tes.
  • Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN secara lintas wilayah; dan
  • Menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN
Untuk bisa mengikuti UTBK, tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi. Selain itu, hasil dari UTBK yang diikuti hanya akan berlaku untuk SNBT di periode yang sama. Sedangkan untuk materi soalnya sendiri ada 3 materi yang harus dikerjakan meliputi:
  • Tes Potensi Skolastik yang meliputi Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis
  • Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris 
  • Penalaran Matematika
Selain jalur prestasi dan UTBK, ada satu jalur lagi yang bisa dipilih siswa untuk bisa menjadi mahasiswa di PTN favorit yakni seleksi mandiri oleh PTN yang ada biasanya diadakan setelah proses jalur prestasi dan SNBT selesai dilakukan. Seleksi jalur mandiri ini menjadi pilihan jika seseorang tidak lulus di 2 jalur sebelumnya namun tentunya jalur Mandiri ini memiliki biaya kuliah yang lebih mahal dibanding jalur prestasi ataupun UTBK. 

Mempersiapkan diri mengikuti UTBK dengan les privat di RuangGuru



Untuk bisa mengikuti UTBK-SNBT dengan lancar, seorang siswa sepatutnya mempersiapkan dirinya dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri jelang UTBK-SNBT ini adalah dengan mengikuti les privat. Kenapa lebih memilih les privat dibanding les yang biasa atau bimbel? Ini karena dengan belajar secara privat siswa dan tutor bisa lebih fokus belajar karena biasanya 1 tutor akan mengajar 1 siswa saja dalam 1 sesi privat. 

Ada banyak lembaga yang menawarkan fasilitas les privat kepada siswa. Salah satunya adalah Ruangguru yang namanya sudah pasti kamu kenal karena merupakan bimbel online nomor 1 di Indonesia. Untuk bisa membantu para siswa mempersiapkan diri dalam menghadapi UTBK di PTN favorit, RuangGuru kini menyediakan les privat yang bisa diikuti baik secara tatap muka maupun secara online. Ada banyak pilihan les privat di RuangGuru salah satunya adalah les privat Fisika Khusus UTBK.

Lalu apa saja sih kelebihan dari les privat di RuangGuru ini? Berikut beberapa kelebihannya:

Les Privat dengan guru terbaik

RuangGuru memiliki pengajar yang sudah diseleksi secara ketat dari universitas terbaik baik dari dalam maupun luar negeri. Selain merupakan lulusan Universitas terbaik para pengajar di RuangGuru juga pastinya sudah berpengalaman dalam memberikan les bagi para siswa

Bebas atur kebutuhan belajar

Di les privat RuangGuru siswa bisa menentukan sendiri jadwal belajar, materi yang ingin dipelajari hingga juga memilih pengajar. Selain itu siswa juga bisa memilih les secara offline (di kota-kota tertentu) ataupun online. 

Bisa diikuti semua jenjang dan kurikulum

Mengikuti les privat di RuangGuru kamu juga tidak perlu khawatir akan perubahan kurikulum karena RuangGuru memberikan pengajaran yang bisa diikuti semua jenjang baik itu siswa SMA yang masih aktif bersekolah ataupun siswa yang sudah lulus dan sedang mengambil year. 

Harga lebih murah

RuangGuru menyediakan fasilitas lengkap dalam menyelenggarakan les privat seperti materi pembelajaran, try out, video hingga juga laporan belajar dengan harga yang lebih hemat 40% dibandingkan bimbel yang lain. 

Cara mendaftar Les Privat di RuangGuru



Untuk bisa mengikuti les privat di RuangGuru caranya sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran les privat di RuangGuru:

  1. Mengisi formulir pemesanan
  2. Pemesanan akan diproses oleh tim RuangGuru
  3. Setelah konfirmasin pemesanan, tim akan mencari pengajar
  4. Jika cocok, kamu bisa lakukan konfirmasi 
  5. Lakukan pembayaran
  6. Tim akan memberikan kontak pengajar dan sesi belajar bisa dimulai

Na, tunggu apa lagi. Buat adik-adik siswa SMU yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK tahun depan bisa mendaftar di RuangGuru dari sekarang, ya biar sukses menghadapi UTBK-nya!
Baca Juga
Reactions

Post a Comment

19 Comments

  1. Waah aku baru tau ada les privat di ruang guru. Jadi meski privat ini les online ya? Bukan offline. Soalnya di ruang guru ada juga offline nya mbak. Tapi baru daerah tertentu sepertinya

    ReplyDelete
  2. Wah iya bener juga yaa, bisa untuk persiapan tes UTBK gini. Dulu sih mesti masuk les beberapa hari seminggu untuk belajar lebih intensif. Sekarang gak mesti ke mana-mana, bisa belajar dari rumah aja sekaligus bisa tetap diawasi ya, ihihi

    ReplyDelete
  3. Fisika tuh momok bagiku huhuhu..eh anakku malah ambil jurusan MIPA sekarang, bisa nih buat persiapan dia UTBK ikutan les privat yang bisa diikuti baik secara tatap muka maupun secara online di RuangGuru.

    ReplyDelete
  4. Aku tuh dulu sama fisika dan kimia wow duuuuh syulit pahamnya ahahaha :D Sekarang beruntung anak2 bisa belajar secara privat seperti Ruang Guru ini sudah dikenal berkualitas dan profesional ya mbak. Dengan metoda pembelajarannya semoga anak2 yang les privat di Ruang Guru lebih cepat tanggap dengan soal2 dan bisa menjawab dengan benar.

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat lagi, baru kemarin aku diWA ditawarin sama Ruang Guru buat anakku yang kelas 3 SMP, biar lebih fokus ujian dan menempuh pembelajaraan sampai lulus dengan nilai terbaik, agar ikut les privat di ruang guru. Lumayan sih beanya, tapi ada promonya kemarin

    ReplyDelete
  6. Coba jamanku sudah ada kaya Ruang Guru gini ya. Jadi nggak bingung mau cari les private untuk persiapan masuk universitas.
    Ini yang untuk SD ada nggak ya, mbak? Pengen juga kasih les private buat anak tapi yang bisa dari rumah aja. Biar nggak keluar-keluar. Lebih boros soalnya jajannya kalau lesnya keluar rumah tu, haha.

    ReplyDelete
  7. Jadi keinget masa2 lulus SMA syebuk menyiapkan ujian buat masuk PTN. Kalau dulu ada Ruang Guru enak gak perlu capek2 pulang sekolah les sampai pulangnya malam2.
    Kalau sekarang sih makin mudah semua ya bisa belajar dengan platform ini dan bisa privat pula.

    ReplyDelete
  8. Ya Allah Mba Antung era PMDK dan SPMB.. Kayaknya kita seumuran hahahah.. Soalnya singkatan jamannow panjang banget. STMBPN. Naah.. Hahaha..

    Tapi, memang bangku sekolah formal ga cukup ya utk bisa tembus ke PTN, kudu ada bimbelnya. Enak nih ada ruang guru bimbel tinggal dr rumah aja.

    ReplyDelete
  9. Oh dengan ambil Les Privat di RuangGuru justru selain lebih fokus juga harganya jadi lebih terjangkau ya..
    Fisika ini memang momok terbesar siih.. Tapi keren banget, ka Antung, lulusan Teknik Sipil yang berawal dari gak suka pelajaran Fisika. Persis temenku pas SMA juga gini pengalamannya.

    Kelas 3 SMA bener-bener digeder belajar IPA terutama Fisika karena mau masuk Sipil ITS.
    Dan alhamdulillah, diterima sesuai doanya.
    Kudu sungguh-sungguh memang kalau belajar, pasti mendapatkan. Man Jadda wa jada...

    ReplyDelete
  10. Ini bisa jadi solusi untuk para ibu yang anaknya akan menjalankan UTBK dengan ikutan les privat di ruang guru ya mak. Enaknya tuh kalau les privat tuh kita bisa atur waktu sesuai dengan jam belajar anak ya. Selain itu juga ini daftarnya gampang banget, gak pakai ribet.

    ReplyDelete
  11. Sekarang udah banyak bimbel online kaya Ruangguru. Jadi lebih enak sih. Dulu kalau ada, aku juga bakal coba. Kalau pelajaran yang kurang suka, kayanya banyak dan sering gak lulusnya, ckckck

    ReplyDelete
  12. Les privat dari Ruang Guru pastinya membantu para siswa belajar untuk menghadapi ujian. Dulu saya agak kesulitan belajar fisika. Sekarang ini bisa les dan belajar di rumah dengan Ruang Guru jadi lebih memudahkan siswa memahami pelajaran dan orang tua bisa lebih mudah mengawasi anaknya belajar.

    ReplyDelete
  13. Wah iya, benar sekali. Sebentar lagi tes UTBK SNBT
    Wajib dipersiapkan dengan baik ya mbak

    ReplyDelete
  14. Di Ruangguru kini makin banyak pilihan untuk latihan test. Sampai latihan UTBK pun ada. Buat anak-anak yang mau melanjutkan ke PTN kudu siap-sia, dan kalau perlu les di Ruangguru.

    ReplyDelete
  15. Anakku nih lagi masa masa persiapan snbt, memang butuh banget persiapan ya, karena persaingan sudah semakin ketat dan jurusan favorit semakin banyak peminatnya

    ReplyDelete
  16. Jangan-jangan sekolah kita sama? Hihihi... Oh sekarang gitu ya proses masuk ptn... Alhamdulillah ya sekarang sudah ada ruangguru, bisa les privat...

    ReplyDelete
  17. Sekarang mau daftar kuliah, ada banyak les privat sebelum ikutan tes masuk. Salah satunya yang sudah terpercaya ya Ruang Guru

    ReplyDelete
  18. Ruang Guru adalah salah satu alternatif terbaik membimbing anak untuk lebih berkomsentrasi belajar dan membantu guru juga sebenarnya terutama anak SMA yg akan mengikuti tes masuk di perguruan tinggi.

    ReplyDelete
  19. ini privat online ya mak? kayaknya ini cocok deh untuk anakku yang homeschooling. Mau nyoba ngecek ini sama anakku

    ReplyDelete