Mengenal Sistem ERP dalam Dunia Usaha



Dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah bagaimana sistem dalam usaha tersebut bisa berjalan dengan sistematis dan terencana. Dengan adanya sistem yang sistematis dan terintegrasi ini tentunya akan sangat membantu dalam kelancaran usaha tersebut. Untuk bisa mendapatkan sistem yang baik ini bisa didapat dengan memiliki sumber daya manusia yang baik dan kompeten dan juga memanfaatkan teknologi yang sudah disediakan seperti sistem ERP (Enterprise Resource Planning). 

Di era digital seperti sekarang, tentunya sudah bukan zamannya lagi sebuah usaha menggunakan sistem pengerjaan manual dalam menjalankan usahanya. Kehadiran teknologi seperti ERP (Enterprise Resource Planning) akan sangat membantu dalam meningkatkan kinerja perusahaan. ERP (Enterprise Resource Planning) sendiri merupakan sistem komputer yang bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh divisi atau seluruh sumber daya perusahaan menjadi satu kesatuan sehingga dapat memudahkan perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan menjadi lebih optimal. 

Dalam sejarahnya, konsep dari ERP ini sudah hadir sejak tahun 1960-an namun hanya diterapkan pada manajemen inventaris dan kontrol di sektor manufaktur. Setelah mengalami berbagai pengembangan, baru di tahun 1990 istilah ERP diciptakan oleh Gartner Group dan memiliki lebih banyak fungsi di luar manajemen inventaris dan proses operasional lainnya. 

Untuk ruang lingkup kerjanya sendiri, ERP dapat menjalankan berbagai fungsi seperti pengelolaan keuangan, pengadaan, manufaktur, manajemen persediaan, manajemen pesanan, manajemen gudang, manajemen rantai pasokan, manajemen hubungan pelanggan, manajemen tenaga kerja, manajemen sumber daya manusia, otomatisasi layanan profesional, otomasi pemasaran, dan E-Niaga. Dengan modul yang dimilikinya ini, ERP dapat membantu perusahaan dalam menghubungkan berbagai informasi terkait keuangan, distribusi, produksi dan sumber daya manusia secara bersamaan. 

Manfaat menggunakan sistem ERP dalam bisnis

Sebagai sebuah sistem manajemen perusahaan, penggunaan sistem ERP tentunya memiliki banyak manfaat bagi bisnis yang dijalankan tersebut. Beberapa manfaat dari penggunaan sistem ERP ini antara lain:

Meningkatkan efisiensi perusahaan

Kehadiran software ERP dalam sistem manajemen perusahaan akan sangat membantu dalam menyederhanakan berbagai aktivitas operasional yang memakan banyak waktu dan tenaga. Dengan menggunakan software ini perusahaan tak perlu lagi menjalankan sistem manual untuk pekerjaan seperti pengecekan inventaris, pembagian tugas karyawan, pengecekan jam kerja, penggajian hingga juga pembuatan laporan keuangan. 

Dengan berkurangnya pekerjaan manual ini, sebuah tim dapat fokus pada pekerjaanya tanpa perlu meminta data pada tim lainnya. Selain itu sistem ini juga sangat membantu manajer dalam memperoleh akses data terkait kinerja perusahaan melalui dashbor dari software sehingga membantu dalam pengambilan keputusan. 


Meningkatkan kolaborasi antar departemen

Penggunaan sistem ERP juga dapat meningkatkan kolaborasi antar departemen di sebuah perusahaan. Dengan data yang dimasukkan pada satu sistem terpusat akan sangat membantu bagi satu departemen mendapatkan data dari departemen lainnya. Selain itu sistem ERP juga memiliki basic cloud yang bisa memperluas kolaborasi antar tim di seluruh cabang perusahaan lewat jangkauan internet.


Menghemat biaya operasional

Dalam sistem kerjanya, sistem ERP menjalankan pekerjaan secara otomatis sehingga pastinya juga bisa menekan biaya operasional jika terjadi kerusakan atau gangguan pada sistem. Berbagai pekerjaan kompleks dapat diselesaikan dengan cepat oleh sistem ERP sehingga dapat mengurangi lead time atau waktu tunggu. Penggunaan sistem ini juga bisa menekan biaya operasional untuk tenaga kerja karena sistem ERP bisa mengambil alih pekerjaan manual menjadi pekerjaan sistem.


Meningkatan keamanan data 

Sistem ERP juga menjamin keamanan data yang disimpan lewat dukungan firewall dan pengelolaan akses data ke dalam perusahaan. Dengan menggunakan sistem ERP, seluruh data disimpan secara terpusat sehingga titik akses dapat dimonitor dengan ketat dan keamanannya terjaga. Perusahaan juga memiliki wewenang untuk menentukan hak akses dari data perusahaan ini kepada pihak yang memang bertanggung jawab dan bisa dipercaya dalam mengoperasikan sistem tersebut.

Membuat prakiraan bisnis yang akurat

Forecast atau prakiraan merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah bisnis. Untuk bisa membuat prakiraan yang tepat di sebuah usaha tentunya diperlukan laporan yang lengkap, akurat dan juga konsisten. Dengan menggunakan sistem ERP, data akan disaring menggunakan filter dan analitik yang canggih sehingga terhindar dari ketidakkonsistenan data sehingga menghasilkan laporan yang akurat.


Software ERP Harsmicro untuk sistem manajemen perusahaan 

Saat ini ada cukup banyak penyedia sofware ERP untuk perusahaan, salah satunya adalah Harsmicro. Harsmicro adalah penyedia solusi ERP terkemuka yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam memberikan solusi bisnis di Singapura maupun Indonesia. Software ERP Harsmicro bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan unik industri dari perusahaan tersebut termasuk juga software procurement

Software ERP Harsmicro menggunakan sistem integrasi yang berbasis cloud sehingga sangat memudahkan dalam manajemen perusahaan seperti dalam pembuatan pembukuan akutansi, automasi administrasi HRM, pengelolaan aset dan inventaris dan berbagai hal terkait lainnya. Sistem ERP Harsmicro juga menawarkan unlimited user license, sehingga dapat digunakan oleh banyak pengguna tanpa biaya tambahan. Biaya yang ditawarkan untuk software ERP Harsmicro ini sendiri adalah Rp. 15 juta per bulan. 

Demikian sedikit informasi terkait sistem ERP perusahan yang bisa saya bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian!

33 Comments

  1. Makasih infonya mbak. Baru tahu ada software yang bisa membantu perusahaan. Sepertinya cocok digunakan oleh umkm juga ya. Boleh nih aku rekomendasikan ke pak suami untuk kantornya dia.

    ReplyDelete
  2. Pernah nulis ini juga tahun lalu
    Artikel saya jadi referensi teman teman yang bekerja di perusahaan bahkan yang jabatannya sebagai CEO agar perusahaannya lebih tertata terkait pendataan produk

    ReplyDelete
  3. Keren ya sekarang software buat bisnis udah banyak banget. Dan salah satunya ini nih, pasti bikin bisnis jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  4. Di jaman serba digital ini, memang solusi alternatif untuk menghemat waktu dan dana itu ya menggunakan software sih ya mba. Pekerjaan jadi lebih cepat diselesaikan dan datanyapun langsung rapi di cloud tanpa takut kehilangan data. Mantap deh

    ReplyDelete
  5. Jadi penasaran, ini bisa dipakai dalam scoop usaha apa aja? Apa usaha online rumahan atau UMKM gitu bisa pakai ERP ini juga?

    ReplyDelete
  6. makasih sharingny mom, bisa jadi masukan buat aku yang mulai merintis usaha.

    jaman semakin modern jadi harus mengikuti jg ya biar gak ketinggalan

    ReplyDelete
  7. Aku lupa pas aku kerja dulu ada system juga buat antar departemen kalo gak salah namanya cclas. Enak ya kalo ada ERP gini lebih mudah kordinasinya

    ReplyDelete
  8. Perusahaan harus dituntut untuk lebih inovatif ya mbak, termasuk memikirkan bagaimana buat efisiensi pekerjaan agar cepat selesai. Bagus juga ERP ini

    ReplyDelete
  9. Adanya software bisnis ERP ini meningkatkan produktivitas karyawan juga meningkatkan kekompakan antar departemen di kantor ya lebih efisien juga

    ReplyDelete
  10. Keliatannya bagus ya software ini, meskipun aku belum paham bener. Tapi sepertinya memang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan.

    ReplyDelete
  11. Software bisnis ERP ini apakah juga bisa untuk usaha kecil? Ok juga soalnya karena bisa membuat prakiraan yang memang dibutuhkan dalam berbisnis. Ada saringan lewat filter dan analitik juga jadi bisa dapat laporan yang akurat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi biayanya Rp 15 juta per bulan, Mba Ria.. IMHO, sepertinya masih berat ya kalau untuk usaha kecil. Apalagi, tata organisasi dan tata kerja usaha kecil belum sekompleks usaha menengah - besar.

      Delete
  12. Waktu periode lalu aku sempat jd pengurus Koperasi dan waktu itu ada ide utk pakai ERP gini di manajemen keuangan dan sdm Koperasi tp emang selain lumayan pricy, SDM nya jg perlu bgt yg melek system ini

    ReplyDelete
  13. Aha jadi pintar deh aku baca artikel ini. Jadi tahu sistem ERP dalam dunia usaha banyak memberi keuntungan. Artikel yang bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Perusahaanku kayaknya pernah pakai software juga, tapi karena kayak gitu kan butuh tempat penyimpanan banyak ya, apalagi data berjalan. Sekrang malah balik lagi ke konvensional. hehe

    ReplyDelete
  15. Tadi pas baca diawal tentang ERP ini mengingatkanku tentang Singapura yang memang sudah menggunakan ERP sejak lama ya. Tapi memang teknologi yang dimiliki ERP ini sangat membantu ya untuk yang memiliki bisnis mak.

    ReplyDelete
  16. Zaman sekarang merasa dimudahkan sekali dengan adanya Software ERP Harsmicro untuk membantu menejemen sebuah perusahaan. Karena menejemen perusahaan ini gak mudah sih ya.. Sungguh banyak yang data yang harus sesuai dengan data di lapangan.

    ReplyDelete
  17. Banyak sekali keuntungannya jika menggunakan sistem ERP dalam bisnis. Mulai dari pencatatan inventaris dan stok yang akurat, menghemat biaya operasional, hingga laporan yang bisa digunakan untuk manajemen mengambil keputusan atau langkah bisnis selanjutnya.

    ReplyDelete
  18. Sistem erp akan memudahkan para pelaku bisnis memantau kinerja usahanya. Sekarang makin banyak pilihan alternatif erp di indonesia termasuk harsmicro ini. Mau kepoin lebih jauh ah

    ReplyDelete
  19. Dunia digital semakin berkembang ya mba.. sekarang usaha sangat mudah dibantu dengan erp

    ReplyDelete
  20. Sistem ERP ini memudahkan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. Lingkup bisnisnya meliputi apa saja mbak yang cocok?

    ReplyDelete
  21. ERP harsmicro bikin pengusaha dan UMKM tidak ragu menggunakan sistem ini karena tanpa biaya tambahan sehingga membantu keuangan mereka.

    ReplyDelete
  22. Sekarang dunia bisnis makin dimudahkan oleh hadirnya berbagai software tinggal perusahaan saja yg harus pandai-pandai memilih agar bisa lebih efisien dan efektif.

    ReplyDelete
  23. Di zaman digital seperti sekarang ini, sudah enggak zamannya serba manual lagi. Software ERP ini memang membantu banget sih, etapi karyawan juga harus paham juga ya sama cara kerjanya software ERP.

    ReplyDelete
  24. Wah ini praktis sekali ya ada software ERP dalam sistem manajemen perusahaan
    Memudahkan dan membantu dalam menyederhanakan berbagai aktivitas operasional yang memakan banyak waktu dan tenaga

    ReplyDelete
  25. Info kayak gini penting banget nih untuk meningkatkan efisiensi usaha. Apalagi kalau memang bisnisnya berkembang dan keuntungannya juga meningkat, gak ada salahnya banget pakai ERP begini ya

    ReplyDelete
  26. Sebagai orang yang awam dalam dunia bisnis, aku melihat sistem ERP ini sebagai tools yang bisa memudahkan perusahaan dalam mengelola data, sehingga semua pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Semoga kelak sistem ERP ini juga bisa digunakan untuk membantu usaha-usaha kecil agar bisa berkembang.

    ReplyDelete
  27. seiring perkembangan dunia digital, software juga makin berkembang ya.. pengolahan data di perusahaan itu asli ribet sik dan nggak mungkin dikerjakan secara manual.. makanya butuh tools kayak sistem ERP ini

    ReplyDelete
  28. Bisnis jaman now sekarang makin memudahkan dengan adanya sistem ERP ini ya semoga makin berkembang karena terintegrasi juga

    ReplyDelete
  29. Baru tahu tentang sistem ERP ini saya Mba. Jadi sistem ini banyak membantu pelaku bisnis menjalankan usahanya.

    ReplyDelete
  30. aku simpen ah ini artikelnya. kayaknya aku butuh nih informasi tentang ERP ini mak. makasih ya

    ReplyDelete
  31. Wah bagus banget ni mb infonya buat dengan sistem ERP ini para pelaku usaha jadi sangat terbantu dalam menjalankan bisnisnya.

    ReplyDelete
  32. Menarik juga untuk tau lebih banyak tentang ERP ini ya mba. Enterprise Resource Planning akan sangat membantu menyukseskan perusahaan yang menerapkannya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post