Review Drama Korea The Glory

Beberapa tahun terakhir, drama dengan topik seputar perundungan cukup sering diangkat dalam drama Korea. Ada yang menjadikannya sebagai isu utama ada juga yang menjadi salah satu bagian dari cerita dalam drama tersebut. Tentunya ada pesan yang ingin disampaikan lewat topik perundungan yang dihadirkan ini. Melalui kisah dalam drama, para penulis skenario ingin memberikan gambaran bagaimana berbahayanya perundungan yang terjadi di dunia sekolah dan remaja.

Akhir Desember 2022, hadir kembali drama Korea dengan tema perundungan. Dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Lee Dong Hyun, drama berjudul The Glory ini cukup berhasil mencuri perhatian penonton setia Drama Korea, termasuk saya. Apalagi drama ini juga ditulis oleh penulis cerita ternama yakni Kim Eun Sook yang sudah lebih dulu sukses lewat drama lain seperti Goblin, Mr. Sunshine dan Descendant of The Sun yang juga menggaet Song Hye Kyo sebagai bintang utamanya.

Sinopsis Drama Korea The Glory



The Glory bercerita tentang seorang wanita berusia 36 tahun bernama Moon Dong Eun yang sedang menjalankan rencana untuk membalas dendam kepada beberapa teman SMA-nya. Di masa SMA, Dong Eun mengalami perundungan yang sangat parah dari 4 sahabat yakni Park Yeon Jin, Jeon Jae Joon, Lee Sa Ra, Son Myeong O dan Choi Hye Jeong. Berbagai siksaan didapat Dong Eun dari Yeon Jin dan teman-temannya. Mulai dari kekerasan fisik hingga pelecehan seksual.

Dong Eun berusaha mencari keadilan dengan melaporkan perundungan yang menimpanya ke kantor polisi. Sayangnya bukannya dibela, Dong Eun malah disalahkan oleh gurunya. Parahnya lagi, guru tersebut juga turut melakukan kekerasan kepada Dong Eun karena melaporkan hal tersebut. Pada akhirnya, satu-satunya cara bagi Dong Eun untuk bisa terlepas dari penyiksaan yang dialaminya adalah dengan keluar dari sekolah.

Delapan belas tahun berlalu, Dong Eun kini berprofesi sebagai seorang guru. Selama 18 tahun Dong Eun merencanakan pembalasan terhadap orang-orang yang mem-bullynya di SMA. Ia memantau kehidupan semua orang tersebut. Park Yeon Jin yang sukses menjadi pembawa acara cuaca dan menikah dengan seorang pengusaha, lalu Jeon Jae Joon mewarisi usaha orang tuanya dengan Son Myeong O sebagai supirnya. Sementara Lee Sara menjadi seorang pelukis yang kecanduan narkoba dan Choi Hye Jeong yang menjadi pramugari.

Untuk memuluskan rencana pembalasan dendamnya, Dong Eun belajar bermain papan Go (baduk) yang merupakan permainan favorit suami Yeon Jin. Ia juga menyewa apartemen tepat di depan rumah Yeon Jin, menyewa seseorang untuk menguntit kelima sahabat yang merundungnya dan juga menggunakan sebuah informasi rahasia untuk bisa menjadi wali kelas dari Ha Ye Sol, putri semata wayang Yeon Jin. Dong Eun bahkan mendapat bantuan dari Joo Yeo Jeong, seorang dokter bedah plastik yang ayahnya dibunuh oleh seorang pembunuh berantai.

Dengan kepercayaan diri yang dimilikinya, Dong Eun pun menemui kelima sahabat perundungnya di masa SMA dulu. Tentu saja kehadiran Dong Eun setelah delapan belas tahun tersebut menimbulkan keresahan tersendiri bagi Yeon Jin dan kawanannya. Eun Dong sendiri tentunya memiliki rencananya sendiri terhadap Yeon Jin dan teman-temannya. Kepada Yeo Jeong ia berkata akan membuat Yeon Jin kehilangan semua orang di sisinya. Karena itulah Dong Eun mendekati semua orang di dekat Yeon Jin. Memaksa mereka menjalankan rencana yang disusun untuk bisa membunuh Yeon Jin di kemudian hari. Apa sebenarnya yang akan dilakukan Dong Eun kepada Yeon Jin dan gengnya?

Sayangnya jawaban untuk pertanyaan ini hanya bisa kita temukan di season ke dua drama ini pada Maret nanti. Harus sabar dong ya penonton dibuatnya. Hehe.

Karakter drama Korea The Glory

Ada cukup banyak karakter penting yang bermain dalam drama The Glory ini. Beberapa mungkin sudah diperlihatkan perannya seperti apa dan yang lain masih disimpan untuk season 2 nantinya. Adapun untuk karakter-karakter utama dalam drama The Glory ini adalah sebagai berikut:

Moon Dong Eun


Moon Dong Eun adalah seorang wanita yang di masa SMA-nya menghadapi perundungan yang sangat menyakitkan dari Park Yeon Jin dan anak buahnya. Seluruh tubuhnya dipenuhi bekas luka bakar karena Yeon Jin kerap menempelkan alat catok ke kulitnya. Setelah keluar dari sekolahnya, Dong Eun bekerja dan berusaha keras hingga akhirnya bisa kuliah dan menjadi seorang guru.

Joo Yeo Jeong



Joo Yeo Jeong adalah seorang dokter bedah plastik yang memutuskan untuk bergabung dengan Dong Eun dalam rangka membalaskan dendamnya pada Park Yeon Jin. Sebelum memutuskan membantu Dong Eun, Yeo Jeong menjadi partner Dong Eun dalam berlatih permainan Go. Selain itu, Yeo Jeong juga memiliki trauma setelah ayahnya yang juga seorang dokter meninggal karena dibunuh oleh seorang pembunuh berantai.


Park Yeon Jin


Park Yeon Jin merupakan pimpinan dari geng yang kerap membully Dong Eun di masa SMA. Jahatnya amit-amit dan tidak takut apapun karena keluarganya memiliki harta dan kekuasaan. Bahkan setelah dewasa Park Yeon Jin berhasil mewujudkan cita-citanya menjadi seorang pewarta cuaca dan menikah dengan seorang pengusaha dengan satu putri bernama Ha Ye Sol. Sayangnya Ha Ye Sol sebenarnya bukan anak kandung suaminya melainkan anak dari Jeon Jae Joon. 

Jeon Jae Joon



Jeon Jae Joon salah satu anggota geng Park Yeo Jin. Setelah dewasa ia mewarisi usaha lapangan golf dan juga butik mewah milik keluarga. Jae Joon memiliki hubungan tersembunyi dengan Yeon Jin bahkan setelah Yeon Jin menikah. Setelah tahu kalau putri Yeon Jin adalah putrinya, Jae Joon berusaha untuk mendapatkan Ha Ye Sol dengan bekerja sama dengan Dong Eun.  

Lee Sa Ra



Lee Sa Ra merupakan anak seorang pendeta yang juga bergabung dengan Yeon Jin dalam merundung Dong Eun. Setelah dewasa ia menjadi seorang pelukis yang sayangnya menggunakan jasa orang lain untuk menyelesaikan lukisannya. Sa Ra juga seorang pecandu narkoba dan sangat bergantung pada Myeong O dalam mendapatkan narkoba yang ia butuhkan.

Son Myeong O



Pria kedua di geng Park Yeon Jin. Tugasnya lebih ke pesuruh karena dia melakukan semua hal yang diperintahkan Yeon Jin maupun Jae Joon. Setelah dewasa Myeong O bekerja sebagai supir dan (lagi-lagi) pesuruh Jae Joon. Selain itu Myeong O juga menjadi penyedia ganja untuk Sa Ra yang kecanduan narkoba. Myeong O merupakan orang pertama di geng Yeon Jin yang dijadikan umpan dalam rencana balas dendam Dong Eun. 


Choi Hye Jeong



Choi Hye Jeong tidak berasal dari keluarga kaya namun bisa bergabung dengan Yeon Jin sebagai geng pembully. Setelah dewasa ia menjadi pramugari yang kerap direndahkan oleh Sa Ra. Keinginan untuk bisa diterima di geng tersebut membuat Hye Jeong bisa bersabar meski kerap dihina oleh kawan segengnya. Hye Jeong juga sebenarnya berharap bisa mendapatkan Jae Joon sayangnya Jae Joon mencintai Yeon Jin. 

Kesan setelah menonton drama Korea The Glory

Sebagai seorang penggemar Drama Korea, mungkin kita semua tahu reputasi seorang Song Hye Kyo selama 20 tahun terakhir. Kita penonton Indonesia mengenalnya lewat drama legendaris Endless Love yang merupakan salah satu drama Korea pertama yang hadir di layar televisi Indonesia. Perannya sebagai Eun Soo di drama tersebut sukses membuat kita jatuh cinta dan menjadikan Song Hye Kyo sebagai ikon drama Korea di Indonesia.

Tentunya ada banyak drama yang sudah dibintangi oleh Song Hye Kyo. Namun belakangan ia mendapat kritik karena dianggap bermain aman dan memilih peran yang itu-itu saja. Nah, lewat drama The Glory ini, Song Hye Kyo membuktikan kalau dirinya juga merupakan aktris dengan kemampuan akting yang mumpuni. Jujur melihat saya senang melihat bagaimana Song Hye Kyo bertransformasi menjadi sosok korban perundungan yang ingin membalas dendam dalam drama terbarunya ini.

Lalu ada Lee Do Hyun, pendatang baru yang entah kenapa belakangan selalu dapat lawan main yang lebih tua. Drama terakhir yang dibintanginya adalah Melancholia dengan Im Soo Jung yang 15 tahun lebih tua sebagai pemeran utama wanitanya. Sebenarnya tidak ada masalah dengan akting dari Lee Do Hyun di drama ini. Hanya saja sosoknya tetap terlihat terlalu muda untuk seorang dokter berusia 36 tahun apalagi Song Hye Kyo juga tampil lebih kurus dan minim make up di drama ini. Jadilah perbedaan umur itu terlihat cukup jauh.

Bicara soal cerita dari drama sendiri, tentunya saya setuju kalau drama ini digarap dengan cukup baik. Kita tidak bisa menebak apa sebenarnya rencana dari Moon Dong Eun kepada Park Yeon Jin. Apakah dia benar-benar akan membunuhnya atau menghancurkan hidup Yeon Jin dengan caranya sendiri? Semuanya masih misteri bagi para penonton. Dan berhubung ini adalah drama dengan tema perundungan, maka kita akan disuguhi beberapa adegan kekerasan yang mungkin akan memicu rasa tak nyaman bagi sebagian orang. 

Demikian review saya untuk drama Korea The Glory yang tayang di Netflix sepanjang 8 episode. Jujur tak sabar rasanya menunggu kelanjutannya. Sampai jumpa di season 2!

18 Comments

  1. wah, kalo ada Song He Kyo harus wajib kudu nonton nih :D

    ReplyDelete
  2. Season 2 nya Maret ini kan Yaa katanya. Aku udh lama masukin the glory dalam list ku mba. Tp belum mau nonton, mau nunggu season 2, biar jelas ending cerita 🤣.

    Takutnya ntr malah gantung hahahaha.

    Tapi tiap nonton drakornya song Hye Kyo aku sukaaaaa banget. Ga pernah bosen Ama mukanya. Paling suka pas dia main Ama Hyun bin, di world within.

    Ga sabar sih mau liat the glory ini, penasaran aktingnya yg beda

    ReplyDelete
  3. Ini drakor yang lagi rame dibahas karena peran SHK yang beda dari peran-peran dia biasanya. Penasaran sih tapi bukan genre favoritku hihihi. Jadi aku cukup puas baca review seperti ini. At least kalau ada yang ngobrolin ini tahu sedikit meski nggak nonton.

    ReplyDelete
  4. Ya ampun keseleo lidahku baca nama-nama pemainnya :-D. Karena aku nggak suka Kdrama, dengan baca review2 kaya review di sini aku jadi sedikit banyak tahu tentang perkembangan per-Kdrama ini hihihi. Thanks ya Mbaaa.

    ReplyDelete
  5. Cukup konsisten karakter utama yang dibangun Kim Eun Sook jagga-nim di drama The Glory ini, sehingga membuat penonton berpikir bahwa "balas dendan" itu sesuatu yang wajar dilakukan mengingat perundungan yang dilakukan ketika remaja tuh sangat sangat menyakitkan.

    Deep thinking banget mengenai drama perundungan seperti ini.
    Apa yang bisa kita lakukan sebagai orangtua ketika anak ada di posisi begini?
    Posisi pelaku atau posisi korban, sama-sama memiliki luka yang harus disembuhkan.

    ReplyDelete
  6. Super happening bgt drakor Glory ini ya mbaaa
    Karena memang ada SHK yg perannya kluar dari zona nyaman.
    Badass bgt doi di mariiiiii

    ReplyDelete
  7. Wah ada sesi 2 juga ya. Nanti ah nonton pas udah up aja yang kedua. Ngegantung bikin resah gelisah. Suka banget sama pemerannya.

    ReplyDelete
  8. Ada di NetFlix ya...wah penasaran kelanjutannya gimana jadi pengen nonton juga

    ReplyDelete
  9. Drakor balas dendam bisa sampai season 2 lho, artinya audiens pada suka dan ceritanya bagus banget sampai dibuat season berikutnya

    ReplyDelete
  10. Setelah membaca ulasan tentang The Glory, jadi penasaran pengen nonton juga nih. Kayanya karakter Song Hye Kyo beda dengan drama Korea lain nih. Cerita tentang pembulian dan berjuang dendam kayanya bakalan seru.Ternyata ada season 2, bakal bikin penasaran penonton nih ama kelanjutan ceritanya.

    ReplyDelete
  11. Makin kesini makin ingin nonton drakor karena sarat pesan -pesan tapi belum ada waktu ..

    ReplyDelete
  12. Nuansanya agak mirip drakor Eve tapi aku lebih suka The Glory bukan hanya karena SHK doang tapi ceritanya juga bagus dan ngak sabar nungguin season 2 bulan Maret nanti. Jempol buat SHK yang berhasil keluar dari zona nyamannya, dan perannya di The Glory ini lumayan dark banget meskipun jujur aku masih terkenang sosok mbak kyo di dramanya yang lain, terutama yang awal-awal kariernya.

    ReplyDelete
  13. Ngeri kalau liat film atau drama korea yang mengangkat tema perundungan. Dulu paling suka sama drama Angry Mom, perjuangan seorang ibu buat melindungi anaknya di sekolah

    ReplyDelete
  14. Pelik memang ya urusan bully ini. Korbannya biasanya memiliki dendam yang sukar dihilangkan, sehingga bisa bertindak seperti Dong Eun. Merencanakan pembalasan. Di antara geng pembully sendiri pun biasanya tetap ada insiden tekan menekan sesama anggotanya. Di mana yang lemah sebenarnya juga menjadi korban, namun berusaha bertahan agar tetap diterima sebagai anggotanya.

    ReplyDelete
  15. Dark banget ya kisah di The Glory ini. Masa lalu yang kelam akibat perundungan membuat seseorang sampai terniat banget untuk balas dendam. Membalasnya pun pada keturunan berikutnya. Di mana2 memang perundungan tuh menimbulkan luka hati yang mendalam.

    ReplyDelete
  16. menurut aku pribadi Song He Kyo selain cantik actingnya juga bagus. aku ternyata gak tahu kalau dia sempat dicap sebagai aktris yang mainnya pilih-pilih. btw banyak banget lho list drakor yang pengen ditonton tapi waktunya belum ada

    ReplyDelete
  17. Cantik ya aktrisnya perannya menjiwai banget jadi terkesan natural gak dibuat buat keren acyting Song He Kyo

    ReplyDelete
  18. Perundungan di sekolah di indonesia pun sudah separah di film ataupun drama. Apa karena mereka nonton drama semacam ini ya. Drama song he kyo tetap harus ditonton sih. Ada edukasi juga yang harus diambil disini

    ReplyDelete
Previous Post Next Post