Keuntungan Memiliki Usaha Penginapan, Wajib Tahu!




Siapa di antara kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan atau sampingan? Jika kamu termasuk salah satunya, memulai bisnis akomodasi penginapan bisa menjadi salah satu pertimbangan. Bagaimana tidak, dengan tren wisata, liburan dan staycation yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, tak sedikit traveler yang tertarik mencoba akomodasi yang baru, dan bahkan memberikan review dan membantu mempromosikan akomodasi yang sudah ditinggali. 

Tak salah jika banyak yang memulai bisnis akomodasi penginapan ini sebagai usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan kebutuhan rumah tangga. Malahan, tak sedikit pula yang menjadikan bisnis akomodasi penginapan sebagai tulang punggung penghasilan keluarga karena potensinya yang menjanjikan.

Ada banyak cara untuk memulai bisnis akomodasi penginapan untuk liburan dan staycation. Yang utama tentunya memiliki properti yang bisa disewakan. Adapun pilihan saluran untuk mulai memasarkan adalah dengan bergabung pada Traveloka Host, yang memungkinkan pemilik properti menyewakan properti yang mereka miliki. 

Traveloka Host sendiri merupakan partnership program terbaru dari Traveloka, di mana pemilik properti bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyewakan properti yang dimiliki, seperti apartemen, villa, penginapan, homestay, resort, dan berbagai jenis akomodasi lainnya. Tidak harus dalam bentuk perusahaan, perorang pun bisa, lho. Memiliki properti dan siap mendapatkan penghasilan tambahan, kunjungi dan daftarkan properti kamu ke Traveloka Host sekarang juga!


Keuntungan Memiliki Usaha Penginapan

Akan tetapi, apabila kamu masih bimbang untuk memulai bisnis penginapan, meski sudah memiliki properti yang baik dan berada di lokasi yang strategis, beberapa alasan di bawah ini mungkin bisa mengubah sudut pandang kamu untuk segera memulai bisnis ini. Yuk, simak sekarang juga!

Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Pada dasarnya, memulai bisnis selalu didasarkan pada ekspektasi untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis akomodasi penginapan juga termasuk salah satunya. Karena itu, menyewakan properti yang kamu miliki bisa mendatangkan penghasilan, baik itu penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan utama jika memang kamu ingin total berkecimpung di bisnis akomodasi penginapan.

Membuat Properti Lebih Terawat

Memiliki properti yang lama kosong atau tidak ditinggali ikut memengaruhi kondisi properti itu sendiri. Faktanya, properti seperti rumah, villa maupun apartemen akan jauh lebih terawat ketika ada orang di dalamnya. Karena itu, mengubah properti yang kamu miliki menjadi akomodasi untuk liburan bisa menjadi salah satu cara untuk membuat properti kamu lebih terjaga, sekaligus "memaksa" pemilik untuk membuat properti tetap terawat.

Mendapatkan Capital Gain

Bagi pengusaha properti, mendapatkan capital gain tentu menjadi hal yang mengesankan. Pun demikian buat kamu yang tertarik untuk menyewakan properti yang kami miliki.

Dengan harga properti yang terus meningkat di setiap tahun, properti yang kamu ubah menjadi akomodasi penginapan juga bisa menjadi instrumen investasi jangka panjang yang juga menguntungkan. Mempertimbangkan kondisi properti, lokasi hingga konektivitas dan faktor pendukung lainnya, bukan tidak mungkin properti yang kamu miliki bisa memiliki harga yang meningkat beberapa kali lipat dibanding sebelumnya.

Tips Memasarkan Usaha Penginapan

Nah, sudah tahu alasan untuk memulai bisnis akomodasi penginapan dengan memaksimalkan properti yang kamu miliki? Selain bergabung dengan Traveloka Host, kamu bisa melakukan sejumlah cara lain untuk memasarkan properti kamu untuk akomodasi yang menarik. Simak tipsnya di bawah ini!

Menentukan Target Pasar

Mempertimbangkan lokasi properti yang ada, kamu bisa menentukan target pasar yang disasar untuk mengisi akomodasi penginapan tersebut. Jika lokasinya berada di dekat sarana pendidikan, target pasar yang tepat mungkin adalah kalangan pelajar maupun mahasiswa. Jika lokasi properti di perkotaan atau industri, kalangan pekerja bisa menjadi sasaran. Apabila lokasi properti dekat dengan tempat wisata, target pasarnya menjadi lebih luas.

Memberikan Fasilitas yang Menarik

Properti yang kamu miliki bisa menjadi pilihan akomodasi yang menarik apabila memiliki fasilitas penunjang yang lengkap, seperti dapur dan peralatannya yang berfungsi dengan baik, AC, televisi hingga jaringan internet nirkabel yang bisa diandalkan dan masih banyak lagi lainnya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa meningkatkan nilai jual properti kamu dengan mempercantik eksterior dan interior ruangan, seperti penambahan aksesoris hingga memilih warna cat yang sesuai dengan karakter properti. Menambah fasilitas seperti fasilitas hiburan hingga kolam renang juga bisa menambah daya tarik akomodasi itu sendiri.

Memasang Harga yang Realistis

Tak bisa dimungkiri, harga bisa menjadi faktor yang penting bagi banyak orang untuk memilih akomodasi penginapan. Karena itu, kamu harus menentukan harga yang realistis.

Adapun pengertian harga yang realistis di sini memiliki artian bahwa penentuan rate disesuaikan pada lokasi, fasilitas yang ditawarkan hingga kompetitornya.

Memilih Karyawan yang Berkualitas 

Pastikan properti kamu ditangani oleh orang yang berkualitas, baik dalam hal kinerja hingga pelayanan dan hubungan antarpersonal dengan tamu. Kualitas layanan bisa sangat menentukan daya tarik dari akomodasi penginapan yang kamu miliki.

Pilih Nama Akomodasi yang Menarik

Setiap produk wajib dibranding, tak terkecuali properti yang kamu miliki. Nama brand yang catchy dan menarik pastinya akan jauh lebih mudah mendapat perhatian, dan ini bisa menjadi salah satu cara untuk membuat properti kamu lebih mudah dilirik.

Promosi di Berbagai Saluran Media

Jika memungkinkan, lakukan promo yang masif di banyak media. Untuk promosi gratis, maksimalkan setiap cara di media sosial untuk menjaring awareness pasar.

Pasarkan di Saluran yang Tepat

Traveloka Host menjadi salah satu program dari Traveloka yang memungkinkan setiap orang memasarkan propertinya untuk pilihan akomodasi liburan. Karena itu, menjadi hal yang wajib dilakukan untuk memasarkan properti kamu di produk baru Traveloka ini.

Melalui program Traveloka Host ini, properti yang kamu miliki bisa dipasarkan melalui program Traveloka lainnya, yaitu Holiday Stays. Produk terbaru dari Traveloka ini menyediakan berbagai tipe, jenis dan pilihan akomodasi yang jauh lebih lengkap dan mengedepankan suasana dan atmosfer liburan yang lebih privat. Pilihan akomodasinya mulai dari villa, apartemen, penginapan, guest house atau homestay maupun glamping atau resort. Buka aplikasi Traveloka dan temukan produk Holiday Stays pilihanmu sekarang juga!

16 Comments

  1. Bagus juga kalau bisnis kayak gini apalagi kalau tempatnya strategist dengan tempat wisata

    ReplyDelete
  2. Mau banget usaha kayak gini.. misal punya villa ditempat yg emang jadi tempat wisata. Pasti cuan ngalir terus nih.. promo udah gampang sekarang apa apa tinggal share aja di medsos. Semoga ada rezekinya aamiiin hehe

    ReplyDelete
  3. Mau banget usaha kayak gini.. misal punya villa ditempat yg emang jadi tempat wisata. Pasti cuan ngalir terus nih.. promo udah gampang sekarang apa apa tinggal share aja di medsos. Semoga ada rezekinya aamiiin hehe

    ReplyDelete
  4. mau banget punya usaha seperti ini nih, bismillah dan disholawatin aja dulu ya mbak ternyata banyak hal juga ya mbak yang menguntungkan

    ReplyDelete
  5. Pengen banget sih punya penginapan, cuma saat ini masih kerja sama doang, jadi bukan penginapan pribadi, semoga ada rejeki dilain waktu ya, buat wujudkan mimpi 😁

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya saat ini mudah kalau mau coba usaha baru ya Mbak, ada banyak cara untuk memasarkannya juga. Semoga suatu saat ada rezekinya punya usaha penginapan. Aamiin

    Vita mamanesia.com

    ReplyDelete
  7. Salah satu impianku nih punya properti di condominium supaya bisa disewakan tapi gak repot ngurusnya hehee

    ReplyDelete
  8. Semakin banyak ya layanan dari Traveloka. Sekarang kita bisa memulai usaha penginapan dengan adanya Traveloka Host ini. Memang investasi di bidang properti itu ga akan rugi karena bisa untuk jangka panjang

    ReplyDelete
  9. Otewe rekomendasiin ini ke ibu saya. Beliau punya villa di pinggir pantai, beberapa kali saya tawarkan untuk promosiin di platform online beliau nggak mau dengan alasan ribet. Coba baca dulu artikel Mba Antung siapa tau jadi tertarik abis baca kelebihan-kelebihannya..

    ReplyDelete
  10. Dari dulu pengen banget punya usaha homestay dan kontrakan tapi apa daya butuh modal yg besar

    ReplyDelete
  11. It's my dream.. Mimpiku memang punya villa atau guesthouse gitu untuk backpacker.. semoga ada rezekinya suatu saat nanti.. Traveloka benar2 memudahkan plpara pengusaha nih

    ReplyDelete
  12. Pengen punya usaha homestay karna kayaknya menjanjikan untuk jadi pemasukan tambahan. Apalagi ada Traveloka gini jadi makin terbantu.

    ReplyDelete
  13. Jaman sekarang penginapan makin berkembang, menarik juga buat coba usaha penginapan

    ReplyDelete
  14. Covida udah lewat usaha liburan, penginapan, mulai bangkit lagi, mulai rame lagi. Semoga berkah usahanya

    ReplyDelete
  15. Banyak juga ya keuntungan bikin usaha home stay gitu. Kalau mau bikin usaha penginapan, tentu utamanya siapin budget plus cari partner yang siap jadi investor juga

    ReplyDelete
  16. kalo keuntungan usaha penginapan sih gausah ditanya, apalagi kalo lokasinya strategis dikawasan wisata.. meskipun tantangannya juga gede banget, tapi ini salah satu wishlist aku nih punya penginapan atau villa..

    ReplyDelete
Previous Post Next Post