Review Aplikasi Buku Digital




Sebagai seorang yang hobi membaca, tentunya takkan lengkap rasanya jika saya tak membahas media yang saya gunakan untuk membaca buku. Sejak beberapa tahun terakhir, bisa dibilang saya lebih sering membaca buku lewat aplikasi buku digital ketimbang buku fisik. Bukan berarti saya berhenti membeli buku fisik, hanya saja buku digital yang bisa diakses lewat handphone bagi saya lebih praktis untuk dibawa ke mana saja. Apalagi juga saya bisa lebih berhemat dalam berbelanja buku karena harga yang saya keluarkan untuk membaca buku di aplikasi bisa lebih murah ketimbang membeli buku fisik.

Untuk aplikasi buku digital sendiri, ada cukup banyak yang bisa kita dapatkan di playstore atau appstore. Aplikasi buku digital ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saya sendiri hingga sekarang sudah mencoba 3 aplikasi buku digital di handphone saya. Berikut adalah review 3 aplikasi buku digital yang pernah saya coba:

Ipusnas 



Ipusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital milik Perpustakaan Nasional Indonesia. Aplikasi ini bisa diinstal secara gratis dan tak ada biaya langganan. Ada banyak sekali koleksi buku di Ipusnas dengan banyak penerbit. Di sini kamu bisa membaca buku terbitan Gramedia, Mizan, Indiva Creation hingga buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit Indie. 

Berhubung aplikasi ini Ipusnas ini merupakan aplikasi perpustakaan yang gratis, maka tentunya ada masa peminjaman yang dari setiap buku yang kita baca. Setiap hari kamu bisa meminjam maksimal 5 buku dengan jangka peminjaman selama 3 hari. Jika sudah lewat dari masa peminjaman tersebut maka buku akan hilang dari rak peminjaman kita dan mau tak mau kita harus meminjam buku itu kembali. Tambahan lainnya, jika buku yang ingin dipinjam merupakan buku laris maka mungkin kamu harus menunggu antrian yang cukup panjang untuk bisa membacanya.  

Salah satu hal yang saya suka dari aplikasi Ipusnas ini, untuk sebagian besar bukunya terdapat daftar halaman dan juga daftar bab yang bisa dipilih untuk dibaca. Jadi kalau misal buku yang dipinjam sudah dikembalikan, kita bisa meminjam kembali dan membaca di bab yang terakhir dibaca. Sayangnya tidak semua buku memiliki fitur ini. Selain ada fitur daftar halaman, di aplikasi Ipusnas juga terdapat fitur penanda yang memungkinkan kita menandai halaman terakhir yang kita baca. 


Gramedia Digital



Gramedia Digital merupakan aplikasi baca buku milik penerbit Gramedia dan anak-anaknya. Seperti layaknya buku Gramedia, di aplikasi ini kita bisa membaca buku-buku terbaru terbitan Gramedia Grup. Untuk bisa membaca buku di Gramedia Digital, kamu bisa membelinya per satuan buku atau kalau mau murah bisa membeli voucer buku di akun Gramedia Digital. 

Ada 3 pilihan paket yang bisa dipilih yakni paket full premium dengan biaya langganan Rp. 89.000/bulan, paket langganan buku fiksi atau non fiksi dengan biaya langganan Rp. 45.000/bulan, lalu ada juga paket langganan buku anak dengan biaya Rp. 45.000/bulan dan terakhir ada juga biaya langganan tahunan yakni Rp. 999.000/tahun. Paket langganan ini bisa dibeli langsung di aplikasi Gramedia Digital atau juga di marketplace Oren yang menyediakan voucher Gramedia Digital.

Salah satu kelebihan dari aplikasi Gramedia Digital ini, selain bukunya update kita juga bisa membukanya di beberapa perangkat. Hal ini memungkinkan beberapa orang untuk saling patungan membeli paket langganan sehingga biaya langganan lebih murah. Kelemahannya, karena ini paket langganan maka jika paketnya tidak diperpanjang maka buku yang diunduh akan hilang dari rak kita dan kita tidak bisa membacanya kembali kecuali dengan membeli paket langganan baru.

Selain itu, hal lain yang kurang saya sukai dari aplikasi Gramedia digital ini adalah tidak adanya fitur daftar halaman yang memungkinan pembaca untuk memilih bab yang ingin dibacanya. Untuk bisa meloncati bab tertentu mau tak mau saya harus terus menggeser halaman hingga sampai ke bab yang diinginkan tersebut.  


Storytel



Storytel sebenarnya merupakan aplikasi audiobook dari Swedia yang kemudian resmi dirilis di Indonesia pada Maret 2022 lalu. Sesuai dengan namanya yakni audiobook, di aplikasi Storytel ini kita bisa mendengarkan buku-buku yang terdapat di sana. Ratusan ribu buku tersedia di aplikasi Storytel baik itu berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris. Kelebihan dari aplikasi Storytel ini, bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk membaca buku akan sangat terbantu karena bisa menikmati buku dengan cara mendengarkannya. 

Pertanyaannya sekarang adalah apakah aplikasi ini juga bisa untuk membaca buku? Nah, meski fokus dari aplikasi Storytel adalah audiobook atau mendengarkan buku, ternyata ada beberapa buku yang juga ada versi ebook yang bisa kita baca meski dengan jumlah terbatas. Di aplikasi Storytel juga terdapat fitur anak yang memungkinkan kita memfilter buku yang bisa didengarkan khusus untuk anak-anak. 

Untuk biaya langganannya sendiri, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 39.000/bulan ditambah biaya pajak yang bisa dibayar lewat dompet elektronik. Sayangnya untuk aplikasi Storytel ini hanya bisa dibuka di 1 perangkat tiap 1 akunnya. 

Demikian review 3 aplikasi buku digital yang pernah saya coba. Dengan adanya aplikasi ini membuat saya bisa tetap memenuhi kebutuhan untuk membaca buku meski tidak membeli buku fisiknya. Kalau kamu suka pakai aplikasi apa? 


26 Comments

  1. Ipusnas , Storytell, semuanya aplikasi yang bagus. Buku-buku digital yang disediakanjuga sangat beragam. mau cari yang untuk anak-anak, untuk remaja, orang tua, semua ada. Belum lagi fitur tambahannya

    ReplyDelete
  2. Baru tahu yang storytel. So far baru coba Ipusnas. Lumayan banget walaupun kalau bukunya "seksi" antreannya lama banget haha. Sampe sekarang masih belum dapet antrean Tukar Takdirnya Vabyo.

    Yang bikin aku gak nyaman, hape kecil. Kalau pake kindle atau tablet, pasti lebih enak bacanya ya mbak. Sempet lirik di marketplace haha, lumayan. Aku tunda karena stok buku fisikku masih buanyak banget.

    ReplyDelete
  3. Aku cuma punya ipusnas mba. Bukannya ga mau install Gramedia digital, tapi Krn buku fisik yg belum aku baca tumpukannya msh tinggi banget, jadinya LBH milih fisik dulu 😅. Kalopun baca digital, pilih yg gratis. Mungkin ntr kalo tumpukan buku udh selesai aku baca, baru deh beralih ke Gramedia digital 😁

    ReplyDelete
  4. Wah teknologi memang membantu banget dalam hal apapun, baik itu hal seperti ini. Baca buku bisa secara online dan diakses dari perangkat apapun. Aku sering tuh cek-cek buku di Ipusnas :D

    ReplyDelete
  5. Aku pernah langganan Gramedia Digital. Cuma langganan sebentar, hanya dalam rangka baca buku-bukunya Kevin Kwan.

    Tapi aku hentikan langganannya, karena memang ternyata aku nggak suka baca buku lagi sekarang. Aku sukanya baca jurnal ilmiah..

    ReplyDelete
  6. Kadang suka buka Ipusnas. Sebelum beli buku fisik juga suka lihat-lihat di Gramedia digital. Kalau yang Storytel belum pernah tahu, belum kenalan. Nanti coba aku cek siapa tahu jadi suka juga, hehe,

    ReplyDelete
  7. Saya pernah coba ketiga aplikasi buku digital di tulisan ini, walopun cuma beberapa bulan. Dan iya masing-masing aplikasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. dari ketiga aplikasi tersebut saya cocok sama Gramedia digital soalnya bisa patungan sama temen hehe. kalo tuk storytel, karena audiobook, saya jadi bisa beresin buku yang ingin saya baca sambil ngerjain kerjaan lain (ga usah nyediain waktu khusus buat baca buku).

    ReplyDelete
  8. Paket berlangganan Gramedia Digitalnya terjangkauu banget itu mbak. Coba aja kalau beli buku fisiknya satuan, mana dapat segitu ya kan.

    Bener sih, buku digital lebih ekonomis dan praktis.

    ReplyDelete
  9. Di antara aplikasi buku diatas, Saya pernah coba storytel. Enak sih praktis, selain baca kita juga bisa denger bukunya. . Lumayan sambil ngerjain pekerjaan lain bisa denger buku hahah

    ReplyDelete
  10. Memang gak asing lgi aplikasi ini bagi kita yg suka membaca ya Mbak. Emang seseru itu sih baca lewat app selain karena simpel dan kalau mau baca tinggal buka app nya aja...

    ReplyDelete
  11. Aku jujurly belum pernah baca pakai aplikasi. Masih menikmati jalan ke toko buku & beli, cium baunya juga hehe. Tapi dipikir2 hemat energi juga ya pakai aplikasi digital. Hemat kertas dan praktis bisa baca dimana-mana. Bakal ak coba. Makasih ya review ketiganya. Jadi makin tau ^^

    ReplyDelete
  12. Emang kalo dihitung2 jatuhhnya lebih ngirit langganan aplikasi baca gini ya. Mo baca apa aja lengkap. Klo beli sendiri 1 buku novel aja skr hampir 100ribu. Cuma aku blm terbiasa baca ebook mata ga kuat lama2 mbak trs baca buku fisik tu rasanya lrbih nyaman aja hehhe...tp kapan2 pengen nyoba juga ah instal ipusnas

    ReplyDelete
  13. Aku unduh 2 aplikasi di hape, Ipusnas dan gramedia digital. Maklum tinggal jauh dari toko buku. Jadi harus punya aplikasi ini biar gairah membaca tetap membara, hehe

    ReplyDelete
  14. Aku uda uninstal salah satunya, kak..
    Karena yang terakhir apps nya lebih banyak mendengar buku. Padahal aku suka baca buku. Meski digital, kini perlahan sudah mulai terbiasa, meski tetap gak ada yang bisa menggantikan sensasi membaca buku fisik ya..

    Tapi adanya Gramedia Digital, aku jadi gak gengges lagi..
    Gak apa-apa ke Gramedia toko bukunya 3 bulan sekali. Yang penting tetap bisa membaca buku melalui appsnya yang super lengkap.

    ReplyDelete
  15. Dulu aku IPUSNAS, cuma suka males soalnya kayak banyak glitch dan sering ga kesave last read kita. Sekarang rutin Gramedia Digital, langganan buku fiksi.

    ReplyDelete
  16. dari tiga yang disebutkan aku pengguna dua diantaranya, ipunas msih menemani hari hariku membaca buku ya meski kadang ada buku yang tak incer ternyata ndak ada di sana. tapi aku suka sih karena bisa akses dengan gratis yang ipunas yang storytel lebih kekinian

    ReplyDelete
  17. Kalau saya pake Ipusnas sama Google Play Book. Dulu awalnya tipe konservatif yg kalau baca buku itu harus yg fisik, tapi setelah dicoba emang lebih praktis dan bahkan jadi lebih bisa banyak baca.

    ReplyDelete
  18. Mau nyoba yang Gramedia Digital. Sempat pakai yang ipusnas, berhubung ganti ponsel donlotannya ilang. Hiks. Padahal lumayan koleksi bukunya.

    ReplyDelete
  19. dari ketiga aplikasi diatas baru satru yang pernah aku jelajah, yaitu Ipusnas. Platform beginian sangat berguna bagi pembaca macam aku yang malam bongkar dan baca buku tebal,kwkwkwk lebih easy going

    ReplyDelete
  20. Sempat install Gramedia Digital, tapi belum diexplore. Soalnya punya voucher pembelian buku. Jadi saya mengiranya, Gramedia Digital itu semacam online store-nya Gramedia. Rupanya pas saya cek ada aplikasi yang beda lagi. Dan tahu dari sini, Gramedia Digital bisa untuk 'penyewaan' buku.

    Kalau storytel sampai sekarang masih langganan, karena sifatnya audiobooks. Bisa disambi dengan pekerjaan lain.

    ReplyDelete
  21. dari 3 aplikasi baru ipusnas yang saya download
    karena akhir-akhir tumor (tuman molor) banget
    Baru baca 1 lembar undah ngantuk dan tidur deh
    Padahal sebagai seorang blogger harus banyak baca ya?

    ReplyDelete
  22. Ipusnas aku juga pernah pakai tapi udah engga sekarang hihi, skrg lebih ke gramdic sihh mbaa hehe, lebih enak dan lengkap jugaa bisa joinan jg lhoo

    ReplyDelete
  23. Aku pernah coba ipusnas tp krna buku yg ku mau antriannya lama, akhirnya beli fisiknya aja wkwk kalo aku, pernah baca buku digital jg di storial.co

    ReplyDelete
  24. Yang belum saya coba itu story tell, sementara yang masih setiap terinstall adalah GRamedia Digital Memang lebih baik baca buku digital ya mbak. Buku Fisik kadang menuhin lemari, bingung mau taruh dimana lagi

    ReplyDelete
  25. Kalo aku pribadi pengennya ada tablet khusus u.berbagai aplikasi buku digital. Tentu puas deh nanti baca berbagai buku digital tanpa ada chat masuk.

    ReplyDelete
  26. Tim Gramedia Digital. Udah langganan tiap bulan soalnya. 😁

    ReplyDelete
Previous Post Next Post