Review Website Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Anak LEXO LAB

 

Review Website Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Anak LEXO LAB

Tahun ini Yumna, putri sulung saya berusia 5 tahun. Sejak pertengahan tahun 2021 lalu, dia terdaftar di salah satu RA atau TK yang berada tak jauh dari rumah tempat kami tinggal. Berhubung saya sehari-hari bekerja, urusan mengantar dan menjemput Yumna di sekolahnya saya serahkan pada ibu yang mengasuhnya sehari-hari. Alhamdulillah, selama hampir 6 bulan berada di TK kecil, Yumna bisa beradaptasi dengan cukup baik dan mendapat teman-teman baru di sekolahnya.  

Tak hanya mendaftarkan Yumna ke TK, salah satu keputusan lain yang saya ambil terkait pendidikan Yumna adalah mendaftarkannya ke sebuah aplikasi belajar bicara Bahasa Inggris yakni LEXO LAB yang merupakan aplikasi belajar bicara Bahasa Inggris online berbentuk web aplikasi yang dibuat oleh perusahaan asal New Zealand. LEXO LAB menggunakan sistem pembelajaran seperti proses belajar bahasa ibu dengan menggunakan pendekatan yang efektif serta memberikan feedback yang akurat, korektif dan real time pada kemampuan berbicara anak. 

Berkenalan dengan LEXO LAB 

Tak terasa 3 bulan sudah Yumna belajar bicara bahasa Inggris di aplikasi LEXO LAB. Selama kurang lebih 3 bulan ini Yumna sudah menyelesaikan 5 dari 21 buku yang harus diselesaikan di level 1. Sempat terjadi beberapa kendala teknis dalam proses belajar bahasa Inggris Yumna ini yang membuat progress belajarnya agak terhambat. Namun alhamdulillah kendala teknis tersebut sudah bisa diatasi sekarang dan Yumna bisa melanjutkan proses belajar bahasa Inggrisnya.
 
Sebagai sebuah aplikasi belajar bicara bahasa Inggris, LEXO LAB memberikan sebuah pengalaman baru yang menyenangkan bagi anak saya dalam mengenal berbagai kosakata baru Bahasa Inggris. Aplikasi ini memiliki tampilan yang menarik dan mudah untuk dipahami. Proses pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan anak. Untuk level dasar seperti Yumna, misalnya, pembelajaran masih terfokus pada mengenalkan kata-kata tunggal yang dilanjutkan dengan beberapa frasa pendek. Ini 
 
Dalam sistem pembelajarannya, LEXO LAB sendiri menerapkan 10 dasar akuisisi percakapan yang berbasis pada pendekatan universal yang mana merupakan cara efektif dalam proses belajar. dapun 10 dasar akuisisi percakapan LEXO LAB ini antara lain: 

Comperehable input (Input yang mudah dipahami)

Salah satu cara paling dasar dari belajar berbicara adalah mengenal langsung suara dari bahasa dan mengasosiasikannya dengan gambar tertentu. Dalam hal ini LEXO LAB memberikan ilustrasi yang menarik untuk setiap kosakata yang dikenalkan. Alur cerita dan ilustrasi ini dibuat khusus untuk menyajikan informasi dengan pendekatan yang terstruktur secara aktual dan jelas. Dengan ini proses pembelajaran akan menjadi efektif dalam meningkatkan kemampuan anak. 

Output Hypothesis + Skill Acquisition Theory (Hipotesis Keluaran dan Teori Akuisisi Keterampilan)

Salah satu metode dalam belajar Bahasa Inggris di aplikasi LEXO LAB adalah dengan mendengarkan dan melafalkan kembali kata yang didengarkan tersebut. Setelahnya, anak akan mendapat penilaian seberapat akurat pelafalan ucapannya. Dengan metoe ini LEXO LAB membantu anak-anak untuk dapat memulai berbicara bahasa Inggris dengan pelafalan yang tepat. 

Noticing Hypothesis + Self Correction (Hipotesis menyadari kesalahan dan mengoreksi diri)

Saat memberikan penilaian pada pelafalan kata yang diucapkan, LEXO LAB memberikan kesempatan bagi anak untuk memperbaiki nilainya dengan membandingkan pelafalan yang diucapkan dengan contoh yang didengarkan. Dengan demikian anak akan menyadari kesalahan dalam pelafalan ucapan mereka dan mengoreksinya sendiri.  

Spaced Repetition (Pengulangan materi pembelajaran)

Salah satu cara untuk bisa menguasai sebuah pelajaran adalah dengan melakukan pengulangan secara teru menerus. Untuk itu, LEXO LAB memperkenalkan proses belajar bahasa Inggris lewat aktivitas Games Pod. Proses belajar melalui Games Pod ini tidak hanya mengajarkan kosakata, tetapi juga menguji pengetahuan dan memberikan kesempatan pada anak untuk berlatih lebih lanjut berdasarkan performa dari latihan sebelumnya. 

Error pattern identification (identifikasi pola kesalahan)

LEXO LAB melakukan pemantauan perkembangan anak dan mencari beberapa kesalahan berulang dari anak setiap kali berlatih. Hal ini merupakan bagian yang penting dalam proses belajar karena pengulangan kesalahan yang sama berbeda dengan melakukan kesalahan selama berlatih yang dapat diperbaiki segera saat itu juga. Dengan mengenali pola kesalahan dnegan mengandalkan hasil analisis, penggunaan pola yang benar akan memudahkan pihak LEXO LAB untuk memahami secara terperinci kebutuhan belajar anak baik dari segi kecakapan dan kelemahan.

 

Correction Feedback (umpan balik korektif)

 
Salah satu hal penting dalam berbicara bahasa Inggris adalah membuat anak mengucapkan kata dengan benar. Karena itu LEXO LAB juga menyediakan analisis kesalahan yang spesifik untuk mengidentifikasi letak kesalahan dengan tepat dan kapan terjadinya. Hal ini pastinya akan meningkatkan kemampuan murid karena kesalahan fonetik yang telah spesifik diidentifikasi secara akurat untuk mereka. 

 

 Remedial instruction (instruksi remedial)

Ketika anak melakukan kesalahan dalam pelafalan sebuah kata, LEXO LAB akan menambahkan fitur remedial yang dirancang khusus menargetkan kesalahan ke jalur pembelajaran anak. Remedial ini dirancang oleh para ahli di bidangnya yang merupakan pelajaran khusus dan terarah yang berfokus pada kesalahan berulang dan memberikan anak kesempatan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.
 

Complex + Scaffolded Lesson Structure (struktur pelajaran yang kompleks dan terstruktur)

Setiap cerita yang disajikan di buku pada chatpod berisikan pengalaman belajar yang terstruktur secara hati-hati dari materi sebelumnya. Kata dan frasa yang diajarkan di setiap cerita adalah hasil pemilihan dari kombinasi suara dan menargetkan struktur tata bahasa. Setiap cerita memiliki fokus yang sangat spesifik dan sesuai dengan hasil pembelajaran yang diinginkan.

 

Engagement + Storytelling (keterlibatan dan bercerita)

Untuk menciptaka proses belajar yang menyenangkan dan nyaman bagi anak dalam menyelesaikan kegiatan belajar, LEXO LAB menggunakan cerita sebagai media untuk memotivasi anak. Cerita yang dipaparkan tentunya disesuaikan dengan level dan kemampuan belajar anak tersebut. 

Stress Free Learning (belajar bebas stress)

LEXO LAB memberikan waktu yang fleksibel bagi anak untuk belajar. Anak bisa belajar sesering mungkin di waktu yang bisa mereka tentukan sendiri, dengan kemampuan mereka sendiri sesuai privasi di manapun anak berada. LEXO LAB juga menambahkan fitur petunjuk untuk memudahkan anak dalam proses belajar ketika mengalami kesulitan dan memberikan umpan balik yang jelas secara privasi sehingga anak terhindar dari rasa malu dan pastinya mengurangi stress dalam proses belajar.


 

Fitur-fitur pada web aplikasi LEXO LAB 

tampilan website lexo lab

Sesuai dengan peruntukannya yakni kepada anak-anak, LEXO LAB memiliki desain yang sangat colorful berlata biru dengan animasi gambar sebagai media pembelajaran anak. Satu hal yang saya cermati, di bulan Februari ini ternyata ada sedikit perubahan pada tampilan homepage dari aplikasi belajar Bahasa Inggris LEXO LAB. Jika pada homepage tampilan lama terlihat padat maka untuk tampilan barunya homepage LEXO LAB ini terlihat lebih dan bisa dibilang tampilan baru dari web aplikasi ini lebih lengkap dari sebelumnya.
 
fitur aplikasi belajar bahasa inggris lexo lab

 
Adapun penjelasan dari beberapa fitur yang ada pada aplikasi belajar bicara bahasa Inggris LEXO LAB adalah sebagai berikut: 

  1. Chatpod, merupakan fitur yang akan mengarahkan anak ke media pembelajaran berupa buku dengan berbagai macam tema. Dalam setiap buku terbagi lagi menjadi 4 tema yang harus diselesaikan anak. Setiap menyelesaikan semua tema dalam satu buku akan ada kuis untuk mengetahui seberapa ingat anak dengan kata dan frasa yang dikenalkan.
  2. Vault, merupakan daftar kata-kata yang sudah diperkenalkan dan dipelajari oleh anak
  3. Statistik pembelajaran, menunjukkan level dari pembelajaran serta berapa banyak buku yang sudah diselesaikan oleh anak dan berapa buku yang harus diselesaikan untuk naik ke level berikutnya.
  4. Visits, menunjukkan frekuensi kunjungan kita ke website LEXO LAB
  5. Jumlah skor menunjukkan total skor yang didapat anak setelah mengikuti pelajaran di aplikasi LEXO LAB. Jadi setiap kali anak selesai melafalkan kata yang diajarkan, anak akan mendapat bintang sesuai dengan penilaian dari chatpod dan nilai tersebut akan diakumulasikan setiap selesai 1 task.
penjelasan fitur aplikasi belajar bahasa inggris lexo lab
Dengan hadirnya tampilan baru dari aplikasi LEXO LAB ini pastinya memudahkan anak dan orang tua dalam melakukan tracking sudah sampai mana pembelajaran berlangsung dan anak juga bisa menentukan target pencapaiannya sendiri. 

Cara mendaftar di aplikasi belajar Bahasa Inggris LEXO LAB

Adapun cara mendaftarkan anak ke aplikasi LEXO LAB ini adalah sebagai berikut: 
  1. Buka website https:lexolab.com/indonesia/signup isi data diri lengkap dan tekan tombol kirim
  2. Setelah mengirimkan data diri lengkap dan akun berhasil dibuat klik tombol click here to login untuk masuk ke akun LEXO LAB
  3. Setelah berhasil login, jangan lupa untuk melakukan verifikasi email yang sudah didaftarkan sebelumnya
  4. Klik Add Child untuk menambahkan data diri anak
  5. Isi data diri lengkap anak dan klik tombol Add
  6. Akun anak berhasil dibuat, silakan logout dan login kembali dengan menggunakan username dan password pada saat mendaftarkan data diri anak
  7. Klik Go untuk memulai pembelajaran bahasa Inggris
  8. Klik tombol Play untuk memulai pretest untuk mengetahui anak akan berada di level berapa
  9. Setelah pre-test dilakukan dan hasil keluar, anak sudah bisa mulai belajar bahasa Inggris di aplikasi LEXO LAB dengan menggunakan akun namanya.

Tentunya teman-teman penasaran dong berapa biaya belajar bahasa Inggris di aplikasi LEXO LAB? Tenang biaya kursus bahasa Inggris di LEXO LAB sangat terjangkau yakni Rp. 65.000,00 per bulan dan jika ingin paket yang lebih murah teman-teman bisa membayar Rp. 150.000,00/3 bulan. Untuk pembayarannya juga bisa menggunakan kartu kredit, transfer bank dan juga e-wallet seperti Gopay, OVO, DANA, LinkAja dan Shopeepay. Nah, kalau misal ingin mencoba terlebih dahulu, bisa juga mendaftar trial untuk 5 hari pemakaian aplikasi. Untuk informasi lengkap seputar LEXO LAB ini bisa kunjungi website resmi LEXO LAB yaa.

14 Comments

  1. asli langsung coba aku, daftarin si adek dulu. si kk masih kekeuh mau les luring, sementara covid gak sudah2 urusannya

    ReplyDelete
  2. Wah ada trialnya, boleh nih dicoba. Eh buat anak-anak aja atau org dewasa juga?

    ReplyDelete
  3. Buat kelas dewasa ada nggak kak, bisi ma upgrade diri..hehe

    ReplyDelete
  4. Pandemik memaksa kita termasuk anak2 untuk belajar daring ya ka, terima kasih ka infonya. Bisa jadi referensi si kecil ketika usia TK

    ReplyDelete
  5. Komplit ya lexo lab.. Bisa aku rekomendasiin k ponakan.. Pasti hepi bljarnya

    ReplyDelete
  6. Lexolab ini berpotensi bikin anak jatuh cinta sama bahasa inggris. Kalau sudah suka, maka akan mudah untuk belajarnya. Kerenlah lexolab menemukan metode gimana bahasa inggris lebih menyenangkan untuk dipelajari

    ReplyDelete
  7. Wow .. menarik ya, Mbak. Bukan hanya desainnya yang catchy di mata anak, aplikasi Lexo Lab memang juga disesuaikan dengan daya serap anak ya.

    ReplyDelete
  8. Wah terjangkau banget harganya, sekarang ingin belajar bahasa Inggris tidak perlu repot-repot cari tempat kursus, sudah ada aplikasi keren seperti Lexo Lab ini ternyata.

    ReplyDelete
  9. Bagus nih belajar bahasa inggris untuk anak-anak lewat Lexolab karena metode pembelajarannya menarik dan menyenangkan, praktis, dan harganya juga terjangkau. Ditambah ada free trialnya jadi bisa nih buat dicoba kalau cocok tinggal lanjutin aja.

    ReplyDelete
  10. Wah kebetulan nih, aku lagi cari aplikasi belajar bahasa inggris untuk anakku dan bisa dilakukan dari rumah secara online, jadi disela-sela aktivitas belajar daringnya di sekolah bisa tambah ilmu lain yang bermanfaat, apalagi kelihatan fitur-fiturnya sangat ramah anak dan mudah digunakan ya. Cuss lah langsung unduh aplikasinya buat nyobain.

    ReplyDelete
  11. LEXO LAB bisa jadi pilihan terbaik bagi orang tua yang ingin anaknya dapat belajar bahasa Inggris tanpa harus keluar rumah. Tidak hanya anak, orang tua pun bisa belajar bersama

    ReplyDelete
  12. Belajar bahasa Inggris di LEXO LAB ini sangat memudahkan ya mbak
    Anak jadi makin semangat belajarnya

    ReplyDelete
  13. Amazing yaa..
    LEXO LAB lengkap banget. Rasanya sebagai orangtua tuh kerap mempertanyakan secara detil saat menitipkan dan mempercayakan pembelajaran ananda di sebuah tempat les. Dan di LEXO LAB, semua keingintahuan orangtua sudah terjawab.

    Semoga lerjasama yang baik antara pihak orangtua dan pengajar serta pihak LEXO LAB terjalin degan baik sehingga hasil yang diharapkan untuk anak juga terlihat.

    ReplyDelete
  14. Wah makasih banget nih dikasih tutorial menggunakan aplikasi lexo lab, penting sekali buat anakku yang sekarang lagi giat belajar daring.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post