Review Film Backstage, Kisah Kasih Sayang Sepasang Saudari


Nama Sissy Priscillia bagi generasi 90an seperti saya identik dengan karakternya sebagai Milly di film AADC. Karakternya lemot dan lucu membuat sosok Milly kerap menjadi penyegar suasana di persahabatan geng Cinta. Apalagi kemudian karakter Milly juga dibuatkan filmnya sendiri oleh Ernest Prakasa lewat film Milly & Mamet, membuat karakter tersebut semakin lekat padanya. Adapun Vanesha Prescilla sang adik juga sukses dengan perannya sebagai Milea dalam trilogi film Dilan. Film yang diangkat dari novel karangan Pidi Baiq ini sukses membuat Vanesha menjadi salah satu icon remaja di generasi Z. Lalu bagaimana jika dua bersaudari ini disatukan dalam sebuah film?

Adalah Backstage sebuah film garapan Guntur Soerharjanto yang memasangkan kakak beradik beda usia 14 tahun dalam 1 frame. Backstage sendiri bercerita tentang sepasang kakak beradik yang selalu kompak dan pastinya saling mencintai. Sissy berperan Sandra Anandara, seorang kakak yang selalu mendukung cita-cita adiknya. Sementara Vanesha berperan sebagai Elsa Anindita (Ikatan Cinta?), seorang gadis muda dengan impian menjadi bintang film terkenal. Berikut adalah review saya untuk film yang rilis di bulan Desember 2021 tersebut. 

Review Film Backstage

 

Cerita dimulai dari ditutupnya cafe tempat Sandra dan Elsa bekerja, yang membuat keduanya otomatis kehilangan pekerjaan. Ironisnya lagi, pemilik cafe juga kabur sehingga tak memberikan uang pesangon pada pegawainya. Setiba di rumah, keduanya menemukan ibunya yang sedang sibuk menyiapkan pesanan siomay untuk tetangga. Melihat bagaimana perjuangan ibu dan kakaknya dalam mencukupi kebutuhan hidup mereka, Elsa bertekad untuk bisa menjadi bintang film terkenal sehingga ibu dan kakaknya tak perlu lagi bekerja. 

Elsa sendiri telah mengikuti berbagai audisi namun selalu gagal. Sampai kemudian ada sebuah audisi untuk peran penyanyi yang kemudian menjadi batu loncatan Elsa untuk menjadi seorang bintang. Elsa pun dibantu dengan ibu dan kakaknya membuat video audisi dirinya yang sedang menyanyi. Sayangnya dalam video ini ini, Elsa tidak menggunakan suara aslinya, melainkan Sandra yang memang memiliki suara merdu.

Melihat video audisi yang dikirimkan Elsa, Bayu sebagai produser langsung tertarik untuk mengorbitkannya menjadi bintang film. Namun oleh pemilik perusahaan ia disarankan untuk menjadikan Elsa penyanyi dulu baru bermain film untuk menghindari kerugian perusahaan jika ternyata filmnya flop. Bayu pun bersama timnya datang ke rumah Elsa untuk menawarkan kerja sama. Kenyataannya begitu tiba di rumah Elsa, Bayu langsung sadar kalau video menyanyi yang dikirimkan Elsa palsu.

Tak ingin kehilangan muka di hadapan bosnya, Bayu pun menawarkan kerja sama yang beresiko. Ia akan menjadikan Elsa sebagai penyanyi namun Sandra yang nantinya akan menjadi penyanyi bayangannya. Jadi tugas Elsa nantinya hanyalah lipsync di atas panggung sementara Sandra yang menyanyi di backstage. Setelah berdiskusi akhirnya Sandra, Elsa dan mamanya menyetujui perjanjian tersebut.

Dalam waktu singkat, Elsa pun menjadi bintang. Kehidupan mereka yang semula kekurangan sudah menjadi lebih baik. Namun tentunya ada konflik lain yang akhirnya muncul akibat perjanjian yang dilakukan Elsa, Sandra dan Pak Bayu. Sandra yang selama ini menjadi penyanyi bayangan pelan-pelan mulai merasa berat menjalani perannya. Apalagi dalam kontrak juga ia dilarang untuk ditampilkan bersama dengan saudaranya. Hal yang membuatnya merasa semakin tersingkirkan.

Di lain pihak Elsa yang sedang berada di puncak popularitas juga tak ingin kehilangan mimpi yang kini ada di tangannya. Bagaimanakah akhir kisah dua kakak beradik ini?

Kesan setelah menonton film Backstage

 

Keren. Itulah kata yang bisa saya sebutkan untuk film berdurasi 2 jam ini. Sebagai sebuah film drama tentang persaudaraan, Backstage membawa saya turut larut dalam hubungan Elsa dan Sandra. Sissy yang memang tidak perlu lagi diragukan aktingnya membawakan peran Sandra dengan sangat baik. Adapun Vanesha meski masih terbawa karakter Milea namun tetap memberikan penampilan yang nyaman dilihat. Ada juga sosok Achmad Megantara yang berperan sebagai Mike Nara yang turut membantu dalam jalannya cerita. 

Tak hanya dari segi akting, plot cerita dari film ini juga berjalan dengan cukup baik bagi saya, meski ada beberapa adegan yang terasa janggal atau menggantung. Konflik-konflik yang hadir dalam film ini muncul silih berganti dan setiap pemerannya mendapat porsi yang cukup merata. Di satu sisi kita bisa merasakan bagaimana Sandra yang merasa tersingkirkan juga Elsa yang takut karirnya akan hancur namun tak bisa hidup tanpa kakaknya. Jujur selama menonton film ini saya tidak bisa berpihak kepada siapapun karena di mata saya baik Elsa maupun Sandra sama-sama menanggung bebannya masing-masing.

Selain akting yang oke dan jalan cerita yang cukup baik, unsur lain yang saya sukai dari film ini pastinya dari segi musiknya. Menyusung tema film musikal, Backstage berhasil mengajak saya bernostalgia dengan lagu-lagu tahun 90-an seperti Remember dari Mocca, Seberapa Pantas-nya Sheila on 7, hingga Terbaik Untukmu-nya Tangga yang dinyanyikan ulang oleh Sissy dengan baik. Jujur saya nggak nyangka lho kalau Sissy punya suara emas yang nggak kalah sama adik iparnya yang juara Indonesian Idol. Ada juga original theme song berjudul Melangkah yang diciptakan oleh Andi Rianto dan dinyanyikan bersama oleh Sissy dan Vanesha. 

Sebagai sebuah film keluarga film Backstage ini cocok sekali ditonton bersama saudara ataupun anggota keluarga yang lain. Ide cerita tentang hubungan pasang surut kakak beradik dalam film ini pastinya akan mengingatkan penonton yang juga memiliki saudara perempuan teringat akan saudarinya. Salut deh sama produser yang sudah menggaet dua saudari ini dalam 1 film!

47 Comments

  1. Film yang unik, karena saudara asli kan ya yg main. Sejujurnya belum sempat nonton, karena di awal tahun masih ngurusin anak persiapan PTM. Tapi, nice sih, segera aku tonton deh

    ReplyDelete
  2. Ya ampuuuuun berharap banget ini film masuk ke Netflix, viu atau iflix nantinya. Jadi bisa aku tonton 😄.

    Dari review-nya dan TD liat trailernya udh sukaaaa banget mba. Krn aku suka sih film2nya Sissy. Mukanya juga enaaak bgt dilihat, dari dulu bahkan Ampe skr. Aku sbnrnya smpet ga nyangka awal2, kalo dia kakanya vanes 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi kalau saya pas lihat vanesha ini sudah penasaran kok mukanya fotokopian sissy banget. ternyata adik bontotnya.

      Delete
  3. tema yang baru untuk film indonesia sepertinya ya Kak, penasaran deh sama akhirnya semoga bisa segera nonton

    ReplyDelete
  4. penasaran sama filmnya belum pernah nonton filmnya, apalagi sambil mengenal lagu-lagu lama waktu dulu ya kayak Mocca, Sheila on 7, sampai Tangga dan lainnya pasti seru banget

    ReplyDelete
  5. Belum nonton. Kayanya seru ya, Mba. Apalagi mengusung lagu-lagu 90'an. Nostalgia banget ini, sih. Terus penasaran juga sama akting kakak-adik ini.

    ReplyDelete
  6. Film yang langka dan warna yang berbeda nih. Selain membawa kita nostalgia ke jaman dulu, film ini juga asyik karena tipe film musical. Apalagi ada lagunya Sheila on 7 yang dinyanyikan juga. Bisa berasa nostalgia banget nih.

    ReplyDelete
  7. Ide ceritanya unik ya kak. Tapi bisa jadi ini terinspirasi kisah nyata ya. Soalnya banyak yang kayak gini. Jadi penasaran endingnya kayak gimana tuh. Apakah yang lipsync berhenti jadi penyanyi. Dan penyanyi palsunya ketahuan. Akhirnya hubungan kekeluargaan mereka berantakan. Seru sih. Pasti banyak hikmahnya menonton film Backstage ini.

    ReplyDelete
  8. wah penasaran nih pengen nonton, paling suka film musilkal gini, enjoy ya nontonnya

    ReplyDelete
  9. Daku pengen nonton backstage ini, hanya aja belum ketemu waktu yang pas karena dapatnya yang pas malam. Siip nih ulasannya makin bikin pengen nonton

    ReplyDelete
  10. Aku pengen banget nonton film ini tapi belum ada kesempatan huhuhu semoga bakal lama ada fi bioskop deh biar aku nisa nonton juga

    ReplyDelete
  11. Feel-nya pasti dapat nih secara beneran sibling kan ya ini. Pengen nonton juga. Ada istilah kalau di kampung saya dengan saudara itu dekat dimusuhi jauh dikangenin

    ReplyDelete
  12. Jadi pengin nonton filmnya jg, penasaran sama endingnya kayak gmn. Ini kayak Film Korea, tp alur ceritanya beda sih. Klo yg Korea ttg cewek obesitas yg suaranya bagus namun krn penampilannya ga oke, dia jadi penyanyi bayangan untuk org lain yg punya wajah cantik tp suaranya jelek.Film Backstage bs ditonton dmn mba?

    ReplyDelete
  13. Saya kira kembar ini ternyata beda tahunnya. Saya malah lupaa film AADC wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mirip banget kakak adik ini. padahal beda usianya jauh

      Delete
  14. Nah penting nih ditonton anak2 saya yg masih aja suka berantem kecil di antara mereka, sibling rivalry emang selalu menarik ya diangkat jadi sebuah film keluarga. Justru kadang ribut2 kakak beradik menjadi bumbu yang mengakrabkan

    ReplyDelete
  15. mbakk aku penasaran endingnya hehehe dan aku baru proyek kakak beradik ini, bagus juga bisa kerja dalam 1 proyek gitu
    spoilernya ehmm bisa dibocorin nggak mbak :D

    ReplyDelete
  16. Menarik banget filmnya ini. Mengingat aku anak perempuan satu satunya di keluarga kakak dan adik adik cowo semua. Dari dulu aku mendambakan punya saudari perempuan yang umurnya gak beda jauh gitu, nonton film ini udah semacam its my dream mas haha

    ReplyDelete
  17. Banyak banget yang ngomongin film Backstage ini, jujurly aku kepo dan pengen nonton. Apalagi aku suka keduanya, heheh. Ngikutin Sissy sedari di sinetron AADC. Btw, Sissy awet muda ya, kupikir selisih usia meraka 5 tahunan, eh ternyata 14 tahun.

    ReplyDelete
  18. Hore..... akhirnya ada lagi nih film yang bagus dan berkualitas. jadi tontonan yang bagus selanjutnya buat keluarga

    ReplyDelete
  19. Ak pikir Sissy sama Vanesha bakalan lipsync...ternyata nyanyi beneran yaa..?
    Keren..
    Aku juga pas nonton ke bioskop 2 minggu yang lalu uda liat posternya nih...coming soon.
    Kan jadi penasaran sama Sister Goals Couple ini yaa..

    ReplyDelete
  20. Asli sih waktu mau nonton Backstage itu aku ngga berharap apa-apa, disangka bakal biasa aja, eh ternyata keren lhohhhh. Sayang film musikal gini aga kurang hype di Indonesia, padahal ini keren

    ReplyDelete
  21. Film yang lagi nge-hits belakangan ini. Penasaran sih mau nonton langsung. Tapi belum ada temannya untuk ikut nonton. Hiksssss

    ReplyDelete
  22. Keren nih yang berhasil memadukan kedua saudari ini dalam satu film. Sissy emang terasa aura ngemongnya. Penasaran deh sama akting vanessa di sini

    ReplyDelete
  23. Dari baca review film Backstage ini menarik sih sepertinya jalan ceritanya, juga unik ya karena ada musikalnya gitu. Semoga nanti berkesempatan bisa nonton, penasaran soalnya endingnya gimana setelah baca cuplikan ceritanya di tulisan ini

    ReplyDelete
  24. Wah jaraknya beda 14 tahun, jauh tapi mirip banget ya kayak kembar identik hihi aku belum nonton film ini kak jadi penasaran banget deh

    ReplyDelete
  25. Dua pemainnya sama-sama bagus, Mbak dan memang saudara kandung, ya. Sangat pas sepertinya dipasangkan dalam film dengan cerita semacam ini. Mesti nonton juga, nih kayaknya. Penasaran :)

    ReplyDelete
  26. Udah lama gak nonton. Catet! Makasih rekomendasinya kak..

    ReplyDelete
  27. Wah film tentang dua saudari ini mengingatkan aku sama adikku, yang sekarang hijrah ke Ibukota. Tapi aku kurang suka sih drama musikal. Ngeliat yang main dan sepertinya menarik cerita yg disajikan, jadi pengen nonton juga

    ReplyDelete
  28. Nah ini aku tuh paling suka nonton film yg ada sentuhan musiknya. Mau nonton Backstage weekend ini ahhh. Penasaran sm konflik pasang surutnya

    ReplyDelete
  29. Film yang menarik Mbak. Aku suka banget sama Sisi, dulu pernah nonton film apa gitu, lupa. Anyway, film drama keluarga ini saya suka banget, selain memberikan banyak nilai juga sebagai hiburan.

    ReplyDelete
  30. Unik ya.. Biasanya film drama atau keluarga kayak gini pasti ada tema cinta atau rebutan pasangan gitu. Ternyata ini temanya antara saudara dan impian yang sudah telanjur salah proses pada awalnya. Jadi memang bingung mau pilih yang mana di antara keduanya.

    ReplyDelete
  31. baca review dan lihat trailernya jadi makin penasaran nih, masuk siblings rivalry gitu ya ini karena sama-sama ingin mendapatkan haknya, sama-sama saling membutuhkan juga.
    cocok banget ya duo saudara ini berperan jadi saudara beneran dalam satu film.

    ReplyDelete
  32. Jadi penasaran dengan film yang mengangkat tema saudara dan pemeran utamanya juga saudara kandung ini. Alur ceritanya terdengar simple tapi menarik. Kira-kira endingnya gimana ya karena konfliknya antar saudara ya. Kudu nonton nih.

    ReplyDelete
  33. Padahal aku udah masukin film ini ke list buat nonton ke bioskop loh. Tapii belum juga sempet ke bioskop minggu ini huhu... Penasaran jadinya, moga minggu depan deh aku bisa nonton.

    ReplyDelete
  34. seru nih kaka adek bisa main film bareng. Film yang tidak biasa dan makin bikin penasaran

    ReplyDelete
  35. Seru banget nih keliatan filmnya,ditambah lagi yang main kaka adik chemistrynya jadi dapat banget

    ReplyDelete
  36. Baca review film Backstage ini saya jadi inget sama salah satu drakor dengan tema serupa. Saya lupa judulnya. Jadi penasaran sama film ini apalagi lagu2 yang dibawain lagu jaman 90an ya. Ada lagu Mocca wih

    ReplyDelete
  37. Jadi penasaran nih pengen nonton filmnya

    Baca reviewnya aja terlihat seru, apalagi paling seneng nonton & download film, lumayan bisa menghilangkan kejenuhan dari rutinitas

    ReplyDelete
  38. Sepasang saudari yang sama2 berbakat dan cantik. Nggak heran kalau keduanya bisa jadi idola Indonesia. Film ini family banget ya, bikin hati hangat.

    ReplyDelete
  39. Waktu nonton trailer Backstage, kupikir film ini memang cukup menarik meski ceritanya soal penyanyi lipsing ini bukan hal baru. Bedanya karena mereka saudara. Jadi pasti lebih greget

    ReplyDelete
  40. Sepertinya menarik ya mbak film ini untuk ditonton. Apalagi konflik keluarga biasanya jadi tema yang menarik.

    ReplyDelete
  41. waaa saya lagi hectic nih waktu tayang di 21 Bandung

    saya penasaran karena konon ceritanya mirip film korea 200 Pounds Beauty.

    sesudah baca reviewnya jadi paham kisahnya, tenkyu ya

    ReplyDelete
  42. Kakak Adek yang punya talenta dalam akting jadi penasaran sama cerita aslinya... bolak balik cek jadwal film jadi pengen nonton mumpung masih tayang

    ReplyDelete
  43. Wah jadi pengen nonton deh ini. Langsung cari deh link nya barangkali nemu bisa nonton by streaming.

    ReplyDelete
  44. Belum sempat nonton film ini akutu, semoga msh ada di Netflix atau Viu ya jadi bisa santai nonton di rumah

    ReplyDelete
Previous Post Next Post