Memilih Payment Gateway Midtrans untuk Bisnis Online




Beberapa tahun lalu, saya dan adik pernah menjajal usaha jualan online. Saat itu adik saya memperlihatkan sebuah produk cardigan yang dibelinya di pasar. Cardigan tersebut memiliki bahan yang halus dan nyaman dikenakan, membuat saya pun tertarik untuk memilikinya. Nah, saat berselancar di internet, saya kemudian menemukan blog yang menjual cardigan tersebut dengan harga lebih murah dari yang dibeli adik saya. Kala itu seingat saya belum lahir e-commerce seperti sekarang. Belum ada gratis ongkir dan sistem pembayaran pun masih harus transfer bank.

Melihat harga yang lebih murah ini, saya dan adik pun mulai mencoba membeli produk cardigan tersebut dalam jumlah cukup besar dan kembali menjualnya lewat facebook. Kami juga menawarkan produk cardigan tersebut kepada beberapa teman dekat bahkan juga menawarkan ke penjual di pasar untuk dititipkan dijual. Selama beberapa bulan saya cukup rutin menerima pesanan cardigan tersebut. Bahkan ada juga pembeli yang secara rutin membeli cardigan yang kami jual untuk pesanan teman-temannya.

Sayangnya karena memang tak memiliki ilmu penasaran yang oke dan kami juga tidak mengetahui yang namanya digital marketing, usaha jualan cardigan itu akhirnya terhenti seiring dengan semakin berkurangnya pesanan. Hingga kini saya belum mencoba berjualan online dengan serius lagi walau sebenarnya ada keinginan untuk kembali melakukannya terutama dengan berbagai kemudahan yang ada.

Peluang bisnis online di era digital


Sejak beberapa tahun terakhir, sistem jual beli dengan cara online memang semakin banyak dilakoni masyarakat. Mudahnya memulai bisnis online di masa sekarang membuat orang-orang berbondong-bondong mencoba peruntungannya. Tak perlu membuka toko secara fisik, bahkan ada juga yang hanya bermodal menawarkan produk sudah bisa mendapatkan penghasilan lewat jualan online ini. Kita bisa memilih untuk menjual produk bikinan sendiri, menjual dengan sistem agen atau reseller, atau juga dropshipper yang modalnya paling sedikit.

Di masa pandemi sendiri, di mana selama setahun terakhir aktivitas kita lebih banyak berada di rumah terdapat peningkatan yang sangat signifikan dalam hal berbelanja online ini. Berdasarkan data dari kompas.com, jika di tahun 2020 peningkatan belanja online sekitar 11% maka di tahun 2021 pengguna belanja online meningkat menjadi 25% yang berarti terjadi peningkatan dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Tentunya hal ini memberikan peluang yang sangat besar bagi para pelaku usaha online di Indonesia.
 
Dalam hal berjualan online sendiri, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

Memilih produk untuk dijual

Hal pertama yang perlu diperhitungkan sebelum memulai bisnis berjualan online adalah memilih produk yang akan dijual. Saat ini ada banyak pilihan produk yang bisa kita jual secara online. Kamu bisa memilih menjual barang secara spesifik seperti produk fashion, skincare atau juga makanan. Bisa juga menggunakan konsep palugada alias semua barang ada yang mungkin lebih besar peluangnya untuk dilirik pembeli. Atau jika kamu belum memiliki produk sendiri bisa mencoba menjadi reseller atau marketer/dropshipper yang cocok buat mereka yang memiliki modal kecil. Tentunya perlu diingat dalam memilih produk untuk dijual ini kita tetap harus melakukan riset terlebih dahulu kira-kira produk apa yang bisa menarik pembeli.

Memilih media berjualan

Salah satu kelebihan dari berjualan online adalah kita tidak perlu repot mencari bangunan untuk menjual produk kita. Rumah sendiri bisa dijadikan tempat menyimpan produk dan internetlah yang menjadi media kita untuk berjualan. Saat ini ada banyak sekali pilihan media untuk berjualan online. Kamu bisa memilih berjualan di facebook, instagram, whatsapp messenger, marketplace atau bahkan membuat website khusus untuk mempromosikan produk jualanmu.

Strategi digital marketing

Saat ini, digital marketing merupakan salah strategi inti dalam memasarkan produk jualan secara online. Ada berbagai strategi yang bisa kamu gunakan mulai dari mendalami copywriting untuk promosi di website dan instagram, menggunakan jasa endorsement, memasang iklan dan berbagai strategi lain yang tentunya harus selalu dipelajari agar usaha ini bisa terus memberikan keuntungan.

Pemilihan metode pembayaran

Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat kita memilih untuk memulai bisnis online atau berjualan online adalah pemilihan metode pembayaran yang akan digunakan. Jika beberapa tahun lalu metode pembayaran untuk transaksi online hanya bisa menggunakan transfer antar bank, maka saat ini kita bisa memberikan banyak opsi kepada konsumen lewat sistem pembayaran payment gateway. Dengan memberikan banyak pilihan metode pembayaran lewat payment gateway ini tentunya akan membuat konsumen lebih mudah dalam melakukan pembayaran.

 

Alasan memilih payment gateway untuk bisnis online

Dalam bisnis atau jual beli online, kita mengenal payment gateway sebagai sebuah metode pembayaran yang disediakan oleh pihak penjual. Secara definisi, payment gateway adalah sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran menggunakan berbagai media seperti kartu kredit, transfer bank, dan pembayaran langsung lainnya seperti virtual account dan juga e-wallet. Dengan adanya banyak pilihan ini, pembeli akan sangat dimudahkan dalam melakukan pembayaran sesuai dengan rekening yang mereka miliki.
Selain memudahkan pembeli dalam melakukan pembayaran transaksi, beberapa alasan lain penggunaan payment gateway ini untuk transaksi online adalah antara lain:

Proses transaksi lebih cepat

Cara kerja pada sistem payment gateway memungkinkan proses transaksi online jadi lebih cepat karena pembeli tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran setelah mengirimkan uang. Selain itu, jika tidak menggunakan payment gateway, penjual harus membuat invoice secara manual yang pastinya juga akan memakan waktu terutama jika terjadi banyak transaksi. Payment gateway memungkinkan penjual untuk memproses banyak transaksi pembayaran dalam waktu yang singkat sehingga bisa memberi kepuasan kepada pembeli.

Transaksi dijamin aman

Sistem keamanan pada sistem payment gateway dilindungi oleh sistem keamanan yang canggih. Sistem keamanan yang digunakan oleh payment gateway memiliki prosedur standar melalui lewat tiga sistem pelacakan, yakni:
  • Address Verification System, dengan tool ini rincian tagihan pelanggan akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu yang sudah terdaftar secara resmi
  • Card Security Code (CV2), setiap proses transaksi atau pembayaran yang dilakukan pembeli akan diawali dengan permintaan untuk memasukkan 3 angka terakhir pada bagian belakang kartu kredit atau debit. Namun perlu diingat dalam hal ini pelanggan tidak boleh memberitahu 3 nomor ini kepada pihak lain agar tidak disalahgunakan
  • 3D Secure Password, yakni alat untuk mengotorisasi pembayaran

Penjual tidak perlu menyiapkan banyak rekening untuk menerima pembayaran

Payment gateway bisa menerima dan menyalurkan pembayaran dari berbagai bank dan menyalurkannya ke satu rekening toko online. Dengan begini, pemilik usaha tak perlu lagi menyediakan banyak rekening untuk pembayaran. Hal ini tentu juga lebih memudahkan dalam sistem pencatatan keuangan usaha kita. 

Mengenal Midtrands sebagai penyedia payment gateway untuk bisnis online

Saat ini ada cukup banyak penyedia jasa payment gateway yang hadir di Indonesia. Salah satu penyedia jasa payment gateway yang terpercaya adalah Midtrans yang sudah berdiri sejak tahun 2012 lalu dan kini sudah menjadi salah satu bagian dari Gojek, startup Indonesia pertama yang meraih status decacorn. Midtrans memberikan fasilitas payment gateway dengan 24 pilihan pembayaran mulai dari transfer bank, kartu debit/kredit, dompet digital hingga pembayaran over the counter di Alfamart atau Indomaret. 
 
Sebagai sebuah penyedia jasa layanan pembayaran untuk transaksi online dan/atau online payment bagi bisnis anda, Midtrans telah melayani lebih dari 500 merchants di seluruh Indonesia. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Midtrans sebagai penyedia jasa payment gateway:

Proses registrasi mudah

Untuk bisa mendapatkan layanan payment gateway ini, kamu hanya perlu mendaftarkan usaha kamu ke Midtrans lewat website Midtrans di https://midtrans.com/id/passport. Jangan lupa penuhi semua dokumen yang dibutuhkan demi kelancaran pendaftaran, ya! Setelah melakukan pendaftaran dan verifikasi email, kamu bisa login ke akun kamu dan mendaftarkan usaha dengan melampirkan dokumen yang diperlukan. Langkah selanjutnya bisa kamu ikuti sesuai instruksi yang diberikan.


Keamanan terjamin

Midtrans dilengkapi dengan sistem keamanan yang teknologi deteksi anomali yang unggul untuk melindungi transaksi dan data kamu. Tim analis Midtrans menggabungkan AI, machine learning, dan rumus yang kompleks untuk menilai resiko setiap transaksi. Tanpa repot, keamanan ini membuat peningkatan transaksi yang berhasil sehingga akan memastikan pertumbuhan pendapatan Anda. Selain itu, Midtrans juga sudah terdaftar di Bank Indonesia, Kementerian Kominfo serta memiliki lisensi dan sertifikat dari berbagai lembaga seperti ISO 27001, PCI DSS, juga AES 256.
 
 

Satu Payment Link untuk pembayaran transaksi 

Midtrands memiliki fitur payment link yang merupakan fasilitas satu link untuk akses ke halaman pembayaran. Dengan fitur payment link ini pembeli nantinya akan diarahkan pada halaman pembayaran dengan berbagai pilihan metode pembayaran. Dengan pasyment link ini tentunya kita tidak perlu repot mengirimkan nomor rekening tabungan atau ewallet kepada pembeli. 
 

Biaya hanya dikenakan setelah transaksi berhasil

Dalam sistem pembayarannya, biaya payment gateway pada Midtrans akan dibebankan jika transaksi pembayaran berhasil dilakukan sementara untuk biaya pendaftaran tidak dikenakan biaya. Tentunya ini sangat meringankan karena penjual tidak dibebani dengan biaya berlangganan atau administrasi dan biaya lainnya. Adapun biaya yang dikenakan untuk setiap transaksi berbeda-beda tergantung dari sistem pembayaran yang dipilih.


Seiring dengan semakin meningkatnya transaksi jual beli online oleh masyarakat, tentunya penting sekali bagi pemilik usaha atau bisnis online untuk menggunakan payment gateway bagi usaha mereka. Tak hanya jual beli, payment gateway juga bisa digunakan untuk usaha lainnya yang memerlukan pembayaran online seperti bidang jasa konsultasi atau juga pengiriman barang. Dengan memilih payment gateway yang tepat, insyaAllah usaha kita juga akan semakin berkembang.

Nah, buat teman-teman pelaku usaha online dan ingin menggunakan payment gateway untuk pembayarannya, bisa kepoin website resmi Midtrans atau kunjungi laman media sosialnya di Instagram, Twitter, dan yang lainnya! Selamat mencoba, ya!

Alamat media sosial Midtrans:
Facebook : https://web.facebook.com/Midtranscom/ 
Twitter : https://twitter.com/midtrans_com


88 Comments

  1. Jualin online ini peluangnya memang besar bgt.apalagi dimasa pandemi seperti skrg,peluangnya makin terbuka aja.
    Sistem pembayaran juga makin banyak kemudahan bgt

    ReplyDelete
  2. Ah baru tahu Mbak Antung pernah jual cardigan. Seru ya jualan online apalagi untuk orang yang bukan dari latar belakang marketing. Ilmunya itu coba2 dan hasilnya tidak bisa terprediksi.

    ReplyDelete
  3. Dalam berjualan online kita ga cuma mengandalkan internet aja ya tapi berbagai hal harus dipikirkan seperti media yg mau digunakan untuk memasarkan produk di mana sampai metode pembayaran untuk pelanggan. Yang paling memudahkan dan gak menyusahkan pelanggan pasti disukai. Makanya perlu banget payment gatewat dalam sistem transaksi online untuk memudahkan pembayaran online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba.
      Yg mempunyai bisnis online, harus menggunakan payment gateway midtrans ini agar mudah menerima pembayaran dr beragam rekening konsumen pada rekening yg sudah ada.

      Delete
  4. Aku pernah bertransaksi online beli barang dengan pembayaran menggunakan Midtrans :) Memang ternyata praktis ya penjual ga repot mesti menyiapkan banyak jenis rekening maupun bank. Pastinya keamanan terjamin jadi nyaman juga kita sebagai pembeli atau mereka sebagai penjual measa tenang.

    ReplyDelete
  5. Memang saat ini bisnis digital tumbuh seperti jamur di musim hujan. Keadaan sosial yang memaksa hal tersebut terjadi. Untungnya teknologi internet juga semakin maju dan semakin murah. Dengan begitu bisa mendukung bisnis digital. Begitu pun dalam Cara pembayarannya juga sekarang sudah banyak dan mudah. Semoga bisnis ini semakin semarak dan banyak dari kita yang bekerja dari rumah

    ReplyDelete
  6. Akupun, dulu banget belum jamannya rame marketplace/olshop pernah jadi reseller, sempat rame, produk fashion anak Islami, eh di block sama suplier karena ada pembeliku complain, suplier ini ga terima - bukan malah nyelesaiin masalahnya. Jadi terus lama-lama ga jualan lagi aku.
    Ada aja memnag kendala bisnis online. Dan kalau ada Midtrans payment gateway yang bisa digunakan untuk jual beli dan usaha lainnya yang memerlukan pembayaran online seperti bidang jasa konsultasi atau juga pengiriman barang, bakal lebih mudah semua

    ReplyDelete
  7. Midtrans payment gateway pilihan tepat nih buat bertransaksi di era digital saat ini.
    Semenjak pandemi transaksi online lebih banyak dibanding offline yaks sehingga para pelaku usaha harus berpikir kreatif dan mengikuti oerkembangan jaman.

    ReplyDelete
  8. Midtrans ini sangat membantu ya dalam transaksi payment gateway. Transaksi onlinenya mudah, tidak dibebankan biaya administrasi cukup ketika transaksi pembayaran berhasil ya.Benar-benar memberi kemudahan dan kenyamanan ya

    ReplyDelete
  9. Dengan adanya payment gateway dari Midtrans ini, bisnis online akan semakin berkembang ya mbak
    Sebab transaksi keuangan jadi semakin mudah dan cepat

    ReplyDelete
  10. Nambah lagi pilihan untuk mempermudah transaksi ketika jualan online. Wajib banget nih untuk dimiliki payment gateaway dari Midtrans bagi mereka pelaku bisnis online.

    ReplyDelete
  11. Nah iya urusan pembayaran gini kliatannya remeh tapi penting banget. Kalau pakai midtrans lebih simpel ya. Si penjual juga nggak perlu repot cek2 beberapa rekening untuk konfirmasi pembayaran. Itu menghemat waktu dan tenaga banget

    ReplyDelete
  12. Dengan niat yang baik, memiliki usaha bisnis online dan mempelajari seluk beluk digital marketing ini bagus dan bermanfaat sekali. Sebaiknya juga melengkapi dengan Midtrands sebagai penyedia payment gateway untuk bisnis online. Makin maksimal pelayanan terhadap customer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kalau punya bisnis makin mudah yah Kak, apalagi dengan hadirnya payment link, memudahkan transaksi

      Delete
  13. di jaman serba digital ini, pembelanjaan online yang nyaman salah satunya ditandai dengan pembayaran yang aman, praktis dan cepat. prinsip - prinsip ini penting dan haru diperhatikan banget oleh para pelaku bisnis online

    ReplyDelete
  14. Payment gateway ini memudahkan banget bagi pembeli untuk memilih metode pembayaran ya, jadi walau punya rekening di bank yang berbeda dengan penjual pun tak masalah dengan biaya administrasinya karena bisa memilih metode selain transfer antar bank

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah makin ke sini makin mudah saja ya mbak jualan online, apalagi ada aplikasi payment gateway seperti midtrans Ini ya mbak. Jadi ga perlu punya banyak rekening, praktis banget yaa.

    ReplyDelete
  16. Wah praktis dan efisien ya jadinya kalau jd OS gak usah punya banyak rekening, cukup pakai satu link ini aja buat menrima pembayaran pelanggan. Aku jd keinget dulu pas nge-OS buka bbrp tabungan demi transferan hehe
    Makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  17. Jadi makin paham setelah baca ulasan ini tentang payment gateaway midtrans. Memudahkan penjual dan pembeli. Saya beberapa kali beli di toko online, pembayarannya melalui midtrans. Cepat dan akurat.

    ReplyDelete
  18. Oh gini sistemnya Midtrans. Kupikir model pembayaran VA atau e-wallet itu untuk e-commerce gede saja. Online shop level UMKM pun bisa mendaftar secara mandiri di Midtrans. Biayanya sekitar berapa mbak untuk per transaksinya? dalam rupiah atau % dari harga?

    ReplyDelete
  19. Hari gini mah, jangankan bisnis online, bisnis offline juga udah harus beralih ke cashless payment kayak gini ya. Apalagi di masa pandemi. Saat orang2 dituntut untuk diem di rumah terus. Dan keren, semakin banyak aja aplikasi payment gateaway. Semoga semakin banyak masyarakat yang beralih. Lebih praktis, lebih efisien.

    ReplyDelete
  20. Sekarang jualan online makin diminati dan orang belanja daring pun makin banyak. Dulu kupikir Payment gateway itu penjual kudu punya banyak rekening. Eh ternyata gak gitu ya. Secara pribadi, aku suka kalau opsi pembayarannya banyak. Tinggal pilih mau lewat apa

    ReplyDelete
  21. solusi banget ini yah mak buat yang mau jualan dan anti ribet, dan ini emang bisa menjadi solusi buat yang gak suka ribet

    ReplyDelete
  22. Wah, baru tahu nih tentang payment gateway Midtrans. Ternyata bagian dari Gojek, ya. Tentunya membantu banget ini ya bagi para pelaku bisnis. Jadi lebih gampang urusan pembayaran secara online.

    ReplyDelete
  23. Jualan online prospeknya bagus ya apalagi kalau pakai fasilitas payment gateway memudahkan pelanggan untuk bertransaksi di toko kita

    ReplyDelete
  24. Saya belum mengenal / belum akrab dengan payment midrans ini. Mungkin karena belum (jadi jadi jugaaa) merintis bisnis. Terima kasih sudah mengenalkannya Kak.

    ReplyDelete
  25. Saya belum mengenal / belum akrab dengan payment midrans ini. Mungkin karena belum (jadi jadi jugaaa) merintis bisnis, jadi belum ngulik banyak soal ini. Terima kasih sudah mengenalkannya Kak, bisa jadi modal pengetahuan.

    ReplyDelete
  26. Wah makasih mba sharingnya dengan adanya midtrans ini jadi lebih mudah ya para pelaku usaha

    ReplyDelete
  27. Wah ini saya tahu, wajib saya coba gunakan untuk pembayaran toko online saya

    ReplyDelete
  28. Payment dengan midtrans gateaway ini memudahkan banget untuk teman-teman UMKM. Pelayanan ga cuma dengan produk yang bagus tapi juga dari sisi teknis termasuk pembayaran dan juga layanan pasca jual

    ReplyDelete
  29. Pas banget ini saya lagi buka usaha online. Enggak kepikiran untuk coba midtrans sebelumnya. Setelah baca ini jadi penasaran dan pengen coba. Sepertinya akan memudahkan proses pembayaran di olshop nanti.

    ReplyDelete
  30. Saya juga pernah menjajal berjualan online dengan menjadi reseller dan dropshiper tapi hasilnya belum sesuai yg saya harapkan. Jadi untuk saat ini saya berhenti dulu.

    ReplyDelete
  31. selain modal, berjualan online itu harus punya strategi dan juga up to date ya mengikuti trend termasuk persoalan payment biar sama-sama mudah, baik dari segi kita penjual mudah untuk menerima dana, dan pembeli juga mudah dalam membayar tagihan mereka, gak ribet lagi ya transaksinya, tinggal sekali klik link payment aja ya, proses deh :)

    ReplyDelete
  32. Payment gateway kayak Midtrans ini sangat membantu para UMKM saat menerima dan membayar tagihan konsumen/klien sih. Cara registrasinya mudah, implementasinya pun gampang banget. Kita sebagai pemilik bisnis ngga perlu repot lagi punya segala macam jenis pembayaran yg dimiliki konsumen. Cukup satu alat bisa utk smua jenis pembayaran yg dimiliki konsumen.

    ReplyDelete
  33. Kalo bisnis sekarang ini memang penjual meski melek digital juga ya mba… Terlebih berbisnis saat pandemi gini, yang mengharuskan kita di rumah saja. Sehingga dgn menggunakan alat pembayaran spti Midtrans ini pastinya memudahkan dan efisien waktu juga ya mba

    ReplyDelete
  34. Perlu juga nih kepoin mindtrans. Sudah sesekali mampir di beranda tapi ga ngeh itu apa. Karena tadinya ngerasa belum butuh. Tapi baca ulasan di sini kok menarik ya ternyata mindtrans ini :D

    ReplyDelete
  35. Aku masih perlu banyak belajar nih buat bikin bisnis, semoga soon bisa. Tp pasti midtrans ini memang pastinya jadi jembatan antara pebisnis online dan customernya nih untuk lebih praktis dalam payment. Bisa untuk segala payment. Biasanya yg happy cust sih hihihi

    ReplyDelete
  36. Pilihan pembayaran melalui payment gateway ini banyak juga yak, sampai 24 pilihan. Ini memudahkan pembeli loh. Kupikir, yang bisa cuma e-commerce saja etapi sekarang siapapun bisa juga yak menggunakan payment gateway. Pelaku UMKM pun juga bisa, jadi pembeli makin mudah dalam pembayaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, karena semakin mudah, kita semakin suka 😁

      Delete
  37. Bagi yang sedang menggeluti usaha bisnis online ini, perlu bgt menggunakan midtrans ini, jadi pembayaran tdak perlu ribet karena sudah menggunakan layanan dr midtrans

    ReplyDelete
  38. beberapa kali aku juga pakai midtrans untuk pembayaran belanja online mbak. dari mobile bankingku juga udah bisa

    ReplyDelete
  39. pelaku bisnis online wajib mikirin rekening pembayaran yaa garp pembeli gak kesulitan mau transfer saat check out. Biasanya salah satu yang dipertimbangkan pembeli adalah kemudahan pembayaran

    ReplyDelete
  40. Adanya layanan payment gateway inilah yang membuat transaksi belanja online semakin mudah dan menyenangkan, bikin makin betah belanja online ya. Dan Midtrans bisa jadi pilihan untuk itu.

    ~ Katerina

    ReplyDelete
  41. Untuk payment sekarang tuh di permudah banget ya, bisa pakai apa saja. Salah satunya yaa Midtrans ini, mrnjadi mempelancar para pebisnis online

    ReplyDelete
  42. Untuk pelaku usaha dengan ragam metode bayar sangat membantu usahanya meluas. Makanya hadirnya Midtrans memudahkan transaksi tersebut

    ReplyDelete
  43. Cuss ke sosmed nya kak, baca artikel diatas jadi tertarik buat gabung dan memulai bisnis online.. Doain smoga berhasil ya kak.. Amiin;.

    ReplyDelete
  44. Yeaps.. saya sudah mengenal Midtrans ini agak lumayan lama. Memang keren, apalagi bagi pebisnis dengan startup online, sudah banyak juga integrasi dengan aset marketing digital, bahkan bisa integrasi juga dengan salah satu wordpress theme toko online. Mantab pokoknya!

    ReplyDelete
  45. Dengan adanya metode payment gateway yang disedikan oleh penjual tentu akan mempermudah para pembeli termasuk aku yang memang malas untuk keluar rumah jadi lebih sering belanja online. Dengan adanya Midtrans ini semoga semakin banyak bisnis online yang menyediakan payment gateway.

    ReplyDelete
  46. iya sih lebih suka payment gateaway. aku kadang berharap abang-abang jajanan juga bisa nyediain ini ��

    ReplyDelete
  47. Payment gateway ini sangat praktis dan membantu banget ya Mba. Sistemnya keren dan aman tentunya. Keren nih, makin ke sini perkembangan teknologi makin cepet aja.

    ReplyDelete
  48. Pake fitur midtrans ngebantu banget buat pelaku UMKM dalam memulai bisnis online mereka y mbak aya

    ReplyDelete
  49. Saya belum ada pengalaman untuk berjualan online euyy. pengen tapi juga belum bisa konsisten heheh

    ReplyDelete
  50. Wah ini yang dicari oleh banyak penjual. Ga perlu punya banyak rekening sehingga memudahkan para pembeli. Apalagi dijamin aman

    ReplyDelete
  51. dengan adanya payment gateway ini segala pembayaran secara digital jadi makin mudah yaa

    ReplyDelete
  52. Payment gateway bisa menerima dan menyalurkan pembayaran dari berbagai bank dan menyalurkannya ke satu rekening toko online. Dengan begini, pemilik usaha tak perlu lagi menyediakan banyak rekening untuk pembayaran. Hal ini tentu juga lebih memudahkan dalam sistem pencatatan keuangan usaha kita.

    ReplyDelete
  53. iya nih mbak dari dulu aku pengen banget punya usaha sendiri tapi masih sering muncul juga keraguan di pikiranku. Kalau dituruti bakalan nggak maju-maju ya

    ReplyDelete
  54. Dengan payment gateway midtrans para pelaku usaha online termasuk UMKM pastinya bisa terbantu usahanya, ya. Semua jadi bisa lebih praktis dan teratur

    ReplyDelete
  55. beberapa kali belanja online dan pake midtrans. Simple banget! Suka!

    ReplyDelete
  56. online payment emang udah jadi kebutuhan banget dikala semua orang sudah bergeser ke belanja online. Ini beneran jadi pilihan menguntungkan dan mudah bagi penjual dan pembeli online

    ReplyDelete
  57. Enak banget yah ada fitur satu payment link untuk semua pembayaran. Ga perlu repot ngasi norek. Karena udah ada banyak pilihan metode pembayaran.

    ReplyDelete
  58. Midtrans ini solusi tepat bagi UMKM dalam solusi pembayaran ya kak. Kita sebagai pengusaha ngga usah repot hrs punya beragam sistem pembayaran. Cukup satu dari Midtrans, semua urusan pembayaran dr konsumen udh di tangan. Beres!

    ReplyDelete
  59. Buat penjual yang berjualan lewat online, midtrans ini memang sangat membantu banget ya Mbak dalam kelancaran transaksi. Pembeli pun juga jadi dimudahkan.

    ReplyDelete
  60. Memang deh, salah satu tantangan dan berjualan online selain bagaimana cara pemasarannya, ya juga memanjakan pelanggan dengan proses pembayaran yang mudah. Kalau dulu kan kayaknya penjual perlu punya banyak rekening, tapi Midtrans hadir jadi solusi. Aku kenal Midtrans di kantor lamaku. Dulu semua pembayaran untuk e-commerce khusus kantorku ditangani bareng Midtrans. Jadi memudahkan pencatatan pemasukan penjualan juga.

    ReplyDelete
  61. baru tau tentang sistem payment gateway

    Midtrans solutif banget ya untuk UMKM yang ingin mengembangkan usahanya

    ReplyDelete
  62. Pembayaran jadi mudah ya pakai midtrans. Syukurlah nggak ada biaya berlangganan..

    ReplyDelete
  63. Sebagai konsumen yang suka belanja online. Memang akan semakin mudah kalau ada payment gateway gitu. Nggak ribet sih. Pelaku bisnis online kudu mengerti nih sama payment gatewaynya midtrans nih.

    ReplyDelete
  64. Memang sekarang zamannya udah online ya Mbak? apa-apa serba online termasuk juga pembayaran dan midtrans ini memudahkan proses ini ya?

    ReplyDelete
  65. Jadi enak kalo belanja online dan ada banyak pilihan metode pembayaran. Ga susah lagi deh mau bayarnya ya pake payment getaway ini.

    ReplyDelete
  66. Pakai Midtrans metode bayar apapun gak akan menghambat transaksi pembayaran. Sehingga para pelaku usaha dapat terus menjalankan usahanya

    ReplyDelete
  67. Semua akan jualan pada waktunya >> jadi inget kalimat ini
    Dan adanya midtrans ini seolah mengimani pernyataan tsb Mba dimana pembeli dan penjual ga perlu rempong lagi :)
    Btw, baca cerita Mba dan saudara pernah jualan cardigan jadi ingat dulu juga pernah jualan
    Pindah2 membuatku akhirny menjual jasa saja (huehehe, maap zurhat dikitt)
    Sukses selalu, Mba

    ReplyDelete
  68. sistem pembayaran payment gateaway seperti ini emang dibutuhkan oleh para pengusaha online biar tracking cashflownya lebih simpel

    ReplyDelete
  69. Sangat membantu penjual dan pembeli dalam bertransaksi di era modern seperti saat ini. Mudah dan simple sekali.

    ReplyDelete
  70. Semakin banyak nih pembayaran online yang bikin mudah para pembeli maupun penjual. Semoga semakin banyak yang melek dengan pembayaran metode seperti ini, apalagi sekarang udah kebanyakan sistem cashless jadinya orang-orang udah jarang pegang uang cash.

    ReplyDelete
  71. jadi lebih praktis juga ya untuk pengusaha online, aku sendiri dlu juga jualan online sih. pakai midtrans nampaknya makin lancar kalau dulu kenal midtrans

    ReplyDelete
  72. Urusan transaksi jadi lebih mudah dan praktis ya dengan menggunakan payment gateaway ini. Apalagi bagi para pelaku usaha pastinya akan sangat terbantu jika memanfatkan Midtrans .

    ReplyDelete
  73. Sangat membantu sekali dengan adanya Payment Gateway Midtrans.
    Semua pilihan alat bayar ada sehingga memudahkan bagi konsumen yang akan melakukan transaksi.

    ReplyDelete
  74. Owalah payment gateway itu kaya itu toh cara kerjanya. Baru ngeh ini.

    2012 s.d sekarang berarti udah 10 tahun ya mbak, Midtrans beroperasi. Biasanya kalau udah 10 tahun lebih tuh perusahaannya pasti bener2 strong dan bagus. Apalagi bisa survive di era pandemi seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  75. payment gateaway ini makin memudahkan transaksi online yaa kak. Jadi gak ada alasan lagi deh untuk malas jualan online karena transaksinya semakin mudah

    ReplyDelete
  76. Makin mudah ya, midtrans bisa jadi pilihan yang tepat buat yang mau jualan online. Transaksi dan lainnya jadi lebih mudah ya

    ReplyDelete
  77. Kemudahan alat membayar ini tidak bisa diabaikan oleh penjual.
    Harus menggunakan yang beragam pilihan, sehingga pembeli nyaman. Menggunakan kenyamanan pembayaran dari Payment Gateway Midtrans adalah jawabannya.

    ReplyDelete
  78. Pembayarannya yang mudah akan membuat bisnis online kita semakin berkembang pesat dan saya liat Midtrans ini cocok banget untuk bisnis online kita

    ReplyDelete
  79. Informatif banget Kak. Saya baru tau kalo pembayaran di Gojek pakai Midtrans. Betul sekali dukungan pembayaran yg mudah, apalagi bisa diterapkan aneka diskon pembayaran akan sangat mempermudah konsumen dalam bertransaksi. Ini juga akan membawa seller lebih maju dalam usahanya.

    ReplyDelete
  80. Serius baru tahu ini Kak ada Midtrans sebagai media pembayaran yang praktis. Dengan midtrans begini pembeli jadi ga repot butuh konfirmasi segala karena sudah ngelink semua kan. Makin praktis kita juga ga perlu share nomor rekening sebagai penjual jadi aman dari scam atau peretasan. Cakep inovasinya, layak jadi andalan pebisnis masa kini.

    ReplyDelete
  81. sekarang memang banyak app yang muncul benar benar untuk memudahkan kita dalam berbagaihal, termasuk dalam bisnis online ya Mba..bayarnya juga kalau berhasil baru dikenakan biaya ya

    ReplyDelete
  82. nah,sama mba aku juga lagi pause nih jualan onlinenya,aku suka ngiri sama yang tiap hari ada orderan euy,aku kenapa gak bisa gt ya,emang ternyata harus kertil ya dan konsisten. Makasih onfo aplikasi2 nya ya kak.

    ReplyDelete
  83. Wah.. info keren buat saya ini bu.. Saya pedagang online pengguna aplikasi selly yang bekerjasama dengan midtrans. Tiap pakek selly selalu diiklani aplikasi ini. Agak risih sebetulnya. Tapi setelah tau manfaatnya auto dowload aplikasi ini.. Alhamdulillah.. Makasih bu 🙏☺️

    ReplyDelete
  84. Widih, keren sih ini, pernah coba olshop jg tp belum tau yang kayak bginian. Heheheh

    ReplyDelete
  85. Wah.....pebisnis online jadi dimudahkan banget ya. Dulu aku juga pernah punya toko online. Ribetnya mesti buka beberapa rekening beda bank untuk kemudahan customer. Mantap nih Midtrans

    ReplyDelete
Previous Post Next Post