Tak Perlu Bingung, Berikut 8 Tempat Wisata di Medan untuk Seru-Seruan!

Kalau mendengar kata Sumatera Utara atau tempat wisata di Medan, pastinya di kepala kita akan terbayang pada Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Asia Tenggara atau Istana Maimun yang merupakan ikon kota Medan. Selain itu, ada juga Bukit Lawang, wisata alam yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. 

Tak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya, Sumatera Utara juga memiliki banyak tempat wisata lain, terutama di kota Medan. Jika kamu berwisata ke kota Medan, kamu akan mencium berbagai aroma makanan yang menggiurkan dan sesuai selera perut. Ada kedai ucok durian, bika Ambon, dan segala macam makanan lainnya. 

Demikianlah orang-orang berduyun-duyun ke tempat wisata di Medan untuk melihat isi-isi dalam panorama indahnya. Tak sedikit yang punya tujuan menikmati sajian kulinernya. Kamu mau menikmati itu semua? Tenang saja, kamu bisa naik kereta dan cek jadwal kereta api Medan via Traveloka supaya lebih nyaman saat menjelajahi tempat tersebut. Jangan lupa ya, manfaatkan promo spesial tiket kereta api selama EPIC Sale pada 5-11 Oktober 2021. 

Lalu kira-kira apa saja tempat wisata populer yang bisa dicoba saat menjelajahi kota medan? Berikut daftarnya:

1. Makan Siang di Restoran Tip-Top 

https://www.tiptop-medan.com/
 

Berlokasi di seberang Rumah Tjong A Fie, Restoran Tip Top hadir sebagai salah satu bangunan bersejarah di Indonesia yang tak lekang oleh zaman. Buktinya, sejak 1934 silam, restoran ini tetap hidup dan mempertahankan eksistensi gaya kolonial dalam dan luar tubuhnya.

Benar saja. Restoran Tip-Top terus menyajikan berbagai pilihan makanan Indonesia dan internasional. Terdapat pula kedai es krim dan toko roti sebagai jalur terakhir bagi pengunjung dalam mencicipi makanan-makanan penutup.

Oleh karena itu makan siang di Restoran Tip-Top menjadi pilihan terbaik dalam menghabiskan jatah wisata kulinermu. Tambah lagi penataan interior restoran menyeretmu dalam suasana Medan berpuluh-puluh tahun yang lalu. Cocok sekali sebagai pengalaman pertama wisata kuliner bersejarah!

2. Mau Coba Pengalaman Dress Up dengan Nuansa Berwisata? Istana Maimun Bisa Jadi Pilihanmu!

https://www.voaindonesia.com

Percaya atau tidak, Istana Maimun dulunya merupakan salah satu bangunan kerajaan di Medan yang sekarang sudah diubah menjadi museum. Selain karena nilai sejarah dan keindahan bangunannya, Istana Maimun juga memiliki berbagai fasilitas yang bisa dicoba wisatawan yang berkunjung ke bangunan tersebut.

Salah satunya ada fasilitas mengenakan pakaian kuno dan berfoto di ruang singgasana istana ini. Dengan menggunakan fasilitas ini, kamu bisa mengabadikan pose terbaikmu dengan menampilkan daya tarik atau kegagahanmu di depan kamera. Pajangan dan benda-benda antik lainnya jelas menambah kesan karismatik dalam fotomu nanti.

3. Memandangi Keindahan Arsitektur Masjid Raya Al Mashun 

 
http://www.masjid.asia


Jika kamu pertama kali bertandang ke Medan dan bertanya-tanya soal tempat untuk beribadah, kebanyakan warga di sana akan menjawab, “Mungkin kakak bisa ke Masjid Raya Al Mashun.” Saking terkenalnya masjid ini sebagai salah satu ikon umat muslim di Medan.

Andai kamu tahu, tingginya popularitas Masjid Raya Al Mashun tidak hanya disebabkan oleh namanya. Struktur bangunanlah yang membuat banyak orang tertegun dan ingin berdiam diri di sana seterusnya. Lihat saja, bahan yang digunakan adalah marmer Italia. Ubinnya pun tampil cantik memilaukan bak hijau zamrud. Tambah pula kubah gelap di luar menutupi permukaan masjid ini dengan begitu elegan.

4. Jalan-Jalan di Sekitar Kampung Keling 

https://bobo.grid.id
 

Salah satu belahan kuno di Medan yang kerap disalahpahami sebagai bagian dari warisan India. Akan berlaku untukmu yang baru pertama kali bertandang ke Kampung Keling. Kampung Keling atau yang dikenal juga dengan nama Kampung Madras merupakan tempat tinggal bagi warga keturunan India di kota Medan. Sesuai dengan penghuninya, Kampung elegan satu ini dipenuhi dengan toko-toko yang menjual sari warna-warni dan perhiasan India, lho. Banyak pula restoran India dengan berbagai pilihan sajian India yang tentunya lezat.

5. Berkunjung ke Graha Maria Annai Velangkanni 

https://velangkanni.com
 

Dikenal sebagai Gereja Our Lady of Good Health, Graha Maria Annai Velangkanni hadir menawarkan ilusi-ilusi optik yang mampu memanjakan matamu. Dengan gaya arsitektur bak kuil India ditambah dengan sajian-sajian perabotan indah, akan kamu dapati betapa kuatnya simbol diversitas menancap kuat dalam mata dan batinmu.

6. Mengunjungi Vihara Maha Maitreya 

https://bobo.grid.id
 

Vihara Maha Maitreya merupakan salah satu kuil Buddha terbesar di Indonesia, dan menjadi tempat wisata di Medan terindah untuk dikunjungi. Soalnya, di sini terdapat atraksi keagamaan dengan liuk yang memesona. Kolam-kolam cantik dalam kuil pun memperkuat nuansa eksotis pada Vihara Maha Maitreya.

7. Mengeksplor Rahmat Gallery

 
https://www.pariwisatasumut.ne

Rahmat Gallery merupakan museum satwa liar pertama di Asia Tenggara dengan koleksi yang terlengkap. Di museum yang dimiliki oleh DR. H. Rahmat Shah ini kamu bisa melihat berbagai jenis satwa yang sudah diawetkan. Tentunya binatang yang ada di museum ini merupakan satwa yang sudah mati dari berbagai taman hewan & kebun binatang, hasil buruan yang sudah dilegalkan, pembelian secara legal dari berbagai negara, serta pemberian dari teman-teman & sumbangan dari berbagai kalangan.


8. Makan Malam di Cahaya Baru

https://www.tripadvisor.co.id
 

Sudah lelah mengelilingi seisi kota Medan? Kalau benar begitu, cobalah habiskan sisa-sisa malam dengan menyantap hidangan lezat di Cahaya Baru. Asal kamu tahu, restoran sederhana ini terkenal dengan makanan-makanan menggiurkan seperti kari dan dhal otentik.

Hebatnya lagi, Cahaya Baru menawarkan sistem pemesanan makanan yang unik, lho. Buktinya, kamu bisa memesan tali yang disajikan di atas nampan logam yang dipisahkan menjadi beberapa kompartemen dan memiliki berbagai hidangan kari, nasi, dan sayuran.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di medan terkhusus untukmu. Informasi ini tentu bisa menjadi bahan pertimbangan terbaikmu ketika hendak berkunjung ke daerah kaya budaya dan kuliner itu. Sudah siap menjelajahi Ibu Kota Sumatera Utara tersebut?

8 Comments

  1. Hiks baca ini aku kangeeen banget pengen pulang ke Medan :(.

    Trakhir mudik 2018. Seharusnya 2020 mudik lagi, tp pandemi keburu masuk. Sampe skr jadi ga berani kesana Krn anak2 blm vaksin.

    Tempat2 di atas aku pasti tahu mba, tapiii banyak juga yg belum aku datangin hahahaha. Kalo ke Medan itu, selalunya aku wiskul doang hahahaha. Makanan di sana terlalu enak2. Pilihannya ada 2 doang, enak , ATO enak bangetttt.

    Di kampung Keling ada sate yg terkenal aku selalu makan di sana tiap mudik. Juga resto seafood banyak mulai yg mahal sampe murah. Tapi tetep semua enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah semoga bisa segera pulang ke Medan ya, mbak. kalau saya penasaran sama makanan khas medan yang namanya arsik ikan mas itu aja sih. hihi

      Delete
  2. Semoga ada kesempatan ke Medan dan bisa jalan-jalan ke beberapa tempat yang ada di artikel ini.. Eh ngomong-ngomong udah lama banget sejak pandemi saya belum pakai traveloka lagi biasanya kalau mau menginap di hotel pakai traveloka karena harganya murah dan dapat point yang bisa ditukar dengan berbagai reward menarik

    ReplyDelete
  3. postingan yang harus dibookmarks nih

    karena impian banget nih Medan, termasuk Danau Toba

    dan pastinya kuliner seperti naniura yang selama ini cuma dengar

    ReplyDelete
  4. covid sdh gak jadi soal lagi ya, asalkan kita disiplin prokes insyaallah bs jalan2 aman. optimis 2022 pandemi selesai, aamiin

    ReplyDelete
  5. wah iya, medan termasuk salah satu destinasi wisata menarik ya mbak
    aku juga kapan kapan pengen bisa ke Medan

    ReplyDelete
  6. Aku penasaran nyoba pakaian adat di Istana Maimun ini, kayaknya bakal keren dan epic buat stok foto di Instagram ya mbak

    ReplyDelete
  7. Medan ternyata punya banyak pesona tempat wisata ya, nggak nyangka ternyata di sana ada Gereja dan Wihara yang bangunannya bagus dan indah.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post