6 Alasan Tubuh Perlu Makanan Tinggi Serat

 

Beberapa tahun lalu, saat masih duduk di bangku kuliah, saya sempat diserang konstipasi alias susah buang air besar. Jika biasanya BAB lancar setiap 2 hari sekali, namun kalau itu saya sudah tidak BAB selama hampir 1 minggu! Sungguh membuat tak nyaman karena perut saya jadi kembung. Kalau dipikir-pikir, hal itu mungkin terjadi karena saat itu saya jarang makan sayur dan makanan tinggi serat lainnya. Akhirnya untuk mengatasi sembelit ini saya membeli minuman serat yang kala itu cukup terkenal. Alhamdulillah setelah meminum minuman tersebut akhirnya saya pun bisa buang air besar kembali.
 
Untuk memenuhi kebutuhan dan menjaga kesehatan tubuh, makanan tinggi serat memang diperlukan dalam konsumsi harian kita. Serat merupakan jenis karbohidrat kompleks yang tidak dapat dipecah oleh molekul gula dalam tubuh. Tidak seperti kandungan lain seperti protein, lemak dan karbohidrat yang akan dicerna oleh tubuh kita, serat hanya akan melalui organ pencernaan dan dikeluarkan kembali melalui anus. 

Untuk bisa rutin mengkonsumsi makanan tinggi serat sebenarnya bukan hal yang sulit. Serat sejatinya merupakan bahan makanan yang sebenarnya mudah ditemukan di sekitar kita, terutama dalam produk buah dan sayur. Secara umum, ada 2 jenis serat yang bisa dikonsumsi tubuh kita yakni serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air. Serat yang larut dalam air adalah serat yang saat bercampur dengan air, serat tersebut akan berubah menjadi gel dan sehingga menimbulkan rasa kenyang. Jenis serat yang larut dalam air ini bisa kita temukan dalam bahan makanan seperti kacang polong, buncis, brokoli, apel, jeruk, wortel, dan barley.
 

Sedangkan serat yang tidak larut dalam air memiliki fungsi merangsang gerakan usus dan melancarkan pencernaan kita. Serat yang tidak larut ini bisa kita dapatkan dalam bahan makanan seperti tepung gandum utuh, bubuk gandum, kacang pohon, kembang kol, mentimun, tomat, dan kentang. Nah, untuk mendapatkan manfaat dari serat ini, setidaknya kita harus mengkonsumsi 25-35 gr serat per harinya.

 

Alasan tubuh perlu makanan tinggi serat

Selain untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan tinggi serat setiap hari. Beberapa manfaat dari makanan tinggi serat tersebut antara lain:

Mencegah konstipasi

Manfaat serat yang paling banyak kita ketahui adalah mencegah konstipasi. Dalam sistem pencernaan, serat dapat menyerap air ke dalam usus besar sehingga tinja yang dihasilkan akan lebih lembut dan besar. Hal ini akan membuat buang air besar menjadi lebih lancar dan teratur.

 

Memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan

Serat memiliki kandungan yang dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan, terutama nutrisi yang jumlahnya sedikit. Salah satu jenis nutrisi yang bisa diserap maksimal lewat serat adalah kalsium yang sangat diperlukan untuk tulang dan gigi.
 

Menjaga daya tahan tubuh 

Selain dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan, serat juga dapat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh kita karena serat dapat memelihara mikroba yang baik dalam usus. Mikroba baik seperti lactobacillus casei dikenal dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain membantu dalam sistem pencernaan, mikroba ini juga membantu menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang dapat membuat kita terserang penyakit.
 

Menjaga berat badan ideal

Bagi mereka yang ingin menjaga berat badannya, konsumsi makanan tinggi serat juga sangat dianjurkan. Dalam fungsinya menjaga berat badan ini, serat mengembangkan dan menggumpalkan makanan di lambung sehingga membuat kita merasa cepat kenyang dan rasa kenyang tersebut bisa bertahan lama.
 

Menjaga kadar gula darah

Serat juga memiliki fungsi memperlambat proses pencernaan makanan sehingga kadar gula darah tidak melonjak dengan cepat, terutama dalam mencerna karbohidrat. Dengan fungsinya ini, serat juga bisa membantu kita terhindar dari diabetes.
 

Menurunkan kadar kolesterol

Serat, terutama yang larut dalam air juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Beberapa penelitian menyebutkan makanan yang kaya akan serat dapat membantu memelihara kesehatan jantung, termasuk menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi peradangan.
 
 
Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapat dari makanan tinggi serat, tentunya tidak ada alasan lagi ya, bagi kita untuk tidak mengkonsumsinya dalam menu harian. Apalagi beberapa jenis makanan serat juga mudah ditemukan di sekitar kita dan bisa dikonsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu.

9 Comments

  1. Serat kena air jadi gel? Oh jadi ini toh cara kerjanya sampai akhirnya kenyang. Saya baru tahu ini mbak. Jadi masuk akal sih.

    Mirip agar2 gitu berarti ya.

    ReplyDelete
  2. Emang beda kalo makannya sehat. Aku pernah kurang sayur dan buah, akibatnya susah BAB. Dan BAB pun jadi perih karena keras hikS.
    Dokterku juga nganjurin harus rajin makan sayur dan buah. BAB jadi plong. Apalagi kalo bisa tiap hari ya

    ReplyDelete
  3. Itu sebabnya bila aedang susah BAB kita dianjurkan menambah konsumsi buah dan sayur yang kaya serat ya mba.. Terima kasih sudah berbagi info sehat ini mba..

    ReplyDelete
  4. Aku nih paling susah makan buah dan sayur, tapi alhamdulillah belum pernah merasakan nyeri saat BAB.

    Dan walaupun jarang makan buah dan sayur, aku rutin dan teratur kalau minum air putih.

    ReplyDelete
  5. Aku masih punya PR gimana caranya biar anak-anak suka makan sayur dan buah karena keduanya mengandung serat tinggi ya. Ya kan kita tahu ya kalau serat itu bagus untuk pencernaan dan tubuh kita.

    ReplyDelete
  6. mba aku bab lancar loh tiap pagi dan dulu aku pikir emang semua orang begitu. baru tahu beberapa waktu ini kalau lancarnya bab adalah karena kita cukup mengkonsumsi serat, dan gak kebayang deh kalau sampai seminggu gak bab, perut rasanya pasti udah gak keruan banget yah.

    ReplyDelete
  7. Makanan tinggi serat itu penting banget ya. Menyehatkan tubuh, salah satunya melancarkan BAB. Ya, saya adalah orang yang memiliki gangguan pada saat BAB, ya kadang nyeri, sakit, atau lainnya.

    Saya memang kurang makan sayur dan buah. ­čśó

    ReplyDelete
  8. BEner banget nih. Kalau kurang serat, rasanya badan tuh ga enak huhuhu. Anakku juga kalau kurang serat jadi senewen karena BABnya ga lancar hahaha. Makanya dia langsung auto nurut kalau disuruh makan sayur dan buah.

    ReplyDelete
  9. Konstipasi ini memang paling gak nyaman banget.
    Perut jadi kembung dan sakit semua.
    Aku pun beberapa kali mengalami, kak.. lupa minum air putih yang banyak, lupa makan serat dari buah dan sayur.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post