Ruangbelajar by Ruangguru Bantu Anak Hadapi Tahun Ajaran Baru

Ruangbelajar by Ruangguru Bantu Anak Hadapi Tahun Ajaran Baru

Tahun ajaran 2021 segera berakhir dan tak lama lagi para siswa akan memasuki tahun ajaran baru. Seperti yang kita tahu, selama masa pandemi pemerintah memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh bagi sekolah-sekolah di Indonesia. Hal ini membuat para siswa yang dulunya harus datang ke sekolah untuk menuntut ilmu kini hanya melakukan tatap muka lewat media pertemuan online. 

Ada banyak kisah selama masa pembelajaran jarak jauh ini dijalankan selama setahun terakhir. Mulai dari adanya keterbatasan fasilitas yang dimiliki para siswa untuk bisa mengikuti pelajaran, hingga orang tua yang kesulitan untuk bisa membantu anak-anaknya dalam menguasai sebuah mata pelajaran. 

Lalu bagaimana dengan tahun ajaran baru mendatang? Pada bulan Juli 2001 waktu yang lalu, Menteri Pendidikan menyebutkan kalau untuk tahun ajaran 2021 sekolah sudah harus melakukan tatap muka. Padahal dari data yang ada jelas sekali terlihat kalau virus Corona masih bergentayangan di sekitar kita. Hal ini pastinya menimbulkan pro dan kontra tersendiri bagi para orang tua. Ada yang setuju dengan pembelajaran tatap muka dan ada juga yang menentang keras demi menjaga kesehatan anggota keluarga. 

Di kota saya sendiri, sejujurnya beberapa sekolah sudah mulai memberlakukan sistem tatap muka ini walau walau hanya beberapa kali seminggu. Saya ingat jika biasanya saat berangkat ke kantor tak menemui anak sekolah, nah sejak 2 minggu terakhir sudah tampak anak-anak dengan seragam sekolah sudah mulai berada di jalanan. Saya berharap semoga saja meski sudah menerapkan pembelajaran tatap muka, prosedur kesehatan tetap dijalankan di sekolah-sekolah tersebut. 


Persiapan tahun ajaran baru dengan ruang belajar




Terlepas dari melakukan Pembelajaran Jarak Jauh ataupun tatap muka, tentunya anak-anak kita harus terus mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan yang baik. Jika anak merasa kesulitan dalam memahami pelajaran yang diikutinya, maka orang tua bisa membantu baik secara langsung atau mendaftarkan anak ke lembaga bimbingan belajar yang menyediakan les tambahan untuk anak sekolah. 

Saat jadi ingat saya masih sekolah dulu, rata-rata teman sekolah saya mengikuti les di luar sekolah. Berhubung ekonomi keluarga saya terbilang pas-pasan, maka saya tak mengikuti les tersebut. Untungnya di era digital seperti sekarang kita bisa mengikuti bimbingan belajar secara online yang biayanya lebih murah dibandingkan mengikuti bimbingan belajar dengan sistem tatap muka. 

Salah satu pilihan untuk anak dalam belajar online pastinya adalah Ruang Guru. Ruang Guru merupakan salah satu start up pioner dalam hal membantu anak belajar dengan sistem online. Salah satu fitur yang bisa digunakan untuk membantu anak dalam belajar adalah RuangBelajar by Ruangguru. Apa saja sih kelebihan dari ruangbelajar by Ruangguru ini? Mari kita intip satu per satu

Memiliki banyak fitur untuk membantu anak belajar



Ruangbelajar by Ruangguru memiliki banyak fitur untuk membantu anak belajar. Di ruangbelajar by Ruangguru, anak akan mendapatkan puluhan ribu video belajar dengan animasi, latihan soal serta rangkuman infografis. Banyaknya fitur ini pastinya akan sangat membantu anak-anak dalam mempelajari sebuah mata pelajaran.

Fitur baru Ruangguru PET dan Ruangguru Adventure 




Selain materi yang lengkap, Ruangbelajar By Ruangguru juga memiliki fitur ruangguru PET dan ruangguru adventure yang membuat proses belajar jadi lebih menyenangkan. 

Ruangguru PET merupakan sosok karakter animasi buatan Ruanguru yang diciptakan untuk menjadi Teman Belajar anak. Karakter hewan ini terinspirasi dari hewan langka yang ada di Indonesia yakni komodo, burung cendrawasih dan harimau Sumatra. Adapun nama dari ketiga karakter ini adalah Modo the Giant Dragon, Candra The Bird of Paradise dan Harry the Diamond Tiger.

Adapun Ruangguru Adventure merupakan fitur yang membuat belajar jadi berasa seperti bermain game. Di sini siswa bisa membuat avatarnya sendiri dan setiap kali menyelesaikan soal, siswa akan mendapat XP dan gold yang membantu untuk naik ke level berikutnya. Siswa juga dapat mengecek peringkat dirinya setiap kali menyelesaikan sebuah soal. Pastinya hal ini akan lebih meningkatkan semangat belajar anak karena proses belajar jadi lebih menyenangkan. 

Waktu belajar flexible dan dapat diakses secara offline

Salah satu kendala yang kerap dipermasalahkan orang tua saat menemani anak belajar secara online adalah kesulitan mengakses bahan karena harus selalu terhubung ke internet. Padahal tidak semua keluarga memiliki akses Internet yang baik. Di ruangbelajar by Ruangguru, siswa tak perlu khawatir karena modul pembelajaran dapat didownload secara offline dan dipelajari sendiri. Selain itu, tak seperti sistem bimbingan belajar yang memiliki jadwal khusus, jadwal belajar di ruangbelajar by ruangguru lebih fleksibel karena anak sendiri yang mengatur jadwal belajarnya.


Dapat diakses menggunakan laptop



Sekarang belajar di Ruangbelajar by Ruangguru juga tidak hanya bisa menggunakan handphone namun bisa juga dengan menggunakan laptop. Cukup instal aplikasi Ruangguru di laptop dan anak bisa belajar bersama Ruangguru. 


Tenaga pengajar yang berkualitas

Ruangbelajar by Ruangguru memiliki tenaga pengajar yang berkualitas dan pasti kompeten di bidangnya. Para Master Teacher, sebutan bagi tenaga pengajar di Ruangguru ini merupakan orang-orang yang memiliki prestasi akademik hebat dan pastinya menguasai bidang yang diajarkannya.

Dapat memantau hasil belajar anak

Di Ruangbelajar by Ruangguru, orang tua juga dapat memantau perkembangan hasil belajar anak dengan mengetikkan “Rapor Anak” dan kirim ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000.


Biaya belajar murah dan banyak promo

Kelebihan lain dari belajar lewat Ruangbelajar by Ruangguru adalah biaya belajarnya yang murah dan banyak promo. Jika untuk belajar lewat lembaga bimbingan belajar jadul orang tua mungkin harus mengeluarkan uang sampai jutaan rupiah, maka belajar di ruangguru biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah. Selain itu ruangguru juga memberikan banyak promo yang pastinya semakin meringankan biaya pembelajaran.

Nah, buat ibu-bu, tentunya nggak bingung lagi dong, ya mencari lembaga bimbingan belajar untuk membantu anak menghadapi tahun ajaran nanti. Sudah ada ruangguru yang merupakan aplikasi bimbingan belajar online terbaik dan terbesar di Indonesia.
 

11 Comments

  1. Anakku udah 2 langganan Ruang Guru. Solusi belajar yang hemat dan lengkap. Tapi tetap harus diawasin juga sih, takut malah main game. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Wah kebetulan saya juga Pendidik asal Papua, mensikapi tahun ajaran baru 2021 belajar tatap muka, saya nggak yakin bisa berjalan dengan baik, soalnya sampai sekarang Covid-19 sepertinya semakin parah.

    Ya balik lagi belajar online pasti masih menjadi primadona meskipun menurut saya, sangat nggak efektif untuk siswa kebanyakan kalau kita kasih materi dan soal yg kerja bukan siswa tapi orang tua jadi ya gitu deh.

    Ya saya mendukung dg sistim belajar Ruang Guru, sepertinya banyak memberikan inovasi pembelajaran, soalnya anak kalau belajar tanpa inovasi biasaya cepat bosan kadang nggantuk, tapi dg inovasi misalnya belajar sambil bermain pasti tujuan pembelajaran akan tercapai dan bisa maksimal.

    ReplyDelete
  3. Makin canggih aja nih Ruangguru emang sih ini solusi banget di tengah pandemi ya Mom, semangat belajar semuanya

    ReplyDelete
  4. Bener bener bermanfaat nih ruang guru ya mbak dalam mendampingi anak belajar apalagi di masa pandemi. Orang tua juga ga stress

    ReplyDelete
  5. Ruang belajar by Ruangguru bisa diakses melalui laptop juga ya, noted. Menurut saya kl anak belajar pakai laptop lebih serius ketimbang pakai HP trus rebahan eh abis itu lanjut main game online huhuu

    ReplyDelete
  6. Tahun ini Sulungku masuk SD, setahun kemarin sudah merasakan PJJ juga sih walau ya pelajaran anak TK mah sebenarnya banyak mainnya ya, ada belajar menulis dan membaca juga tapi bisa dibuat jadi menarik sebenarnya agar anak gak bosan.
    Nampaknya PJJ masih akan berlanjut nih, syukurnya ada Ruangguru ya yang punya pilihan belajar yang lengkap dan atraktif gini, apalagi sudah bisa diakses di laptop dan juga materi bisa dipelajari secara offline ya, jadi bisa hemat kuota juga dong 😁

    ReplyDelete
  7. Ruang guru ini emnang bagus banget pembelajaraan online dengan aplikasi yang pelajarannya super lengkap, ponakanku udah coba nih pake ruang guru., cobaa yaa ruang guru idah ada sejak dulu jaman ku masih sekolahh auto daftar deh

    ReplyDelete
  8. Meningkatkan semangat belajar tidak hanya bisa dinikmati dengan nyaman saat berada di sekolah saja. PJJ yang sudah dijalani selama setahun ini dan entah sampai kapan juga butuh energi lebih, baik untuk orang tua juga anak.

    Kalau ada yang bisa membantu membimbing dan memberikan penjelasan materi yang jelas tentu anak bisa menikmati proses belajarnya jadi lebih nyaman.

    ReplyDelete
  9. Makin canggih dan menjadi pilihan tepat dalam situasi pandemi seperti sekarang ini ya Mba. Pilihannya banyak dan hemat pula. Itu yang utama untuk kita yang punya anak banyak... hehehe

    ReplyDelete
  10. Sudah lama tertarik gabung ruang guru terutama untuk anak yang baru naik kelas 9 ini. Semoga terwujud, terima kasih informasinya Kak 😊

    ReplyDelete
  11. Ruang guru emang menjawab masalah belajar anak ya..keren banget..

    ReplyDelete
Previous Post Next Post