Jenis Pendidikan Nonformal yang Bisa Diikuti untuk Menambah Penghasilan

Jenis Pendidikan Nonformal yang Bisa Diikuti untuk Menambah Penghasilan



Belakangan ini, sempat terpikir di benak saya untuk mengikuti kursus membuat kue. Meski berstatus sebagai karyawan di perusahaan penyedia air bersih, saya merasa perlu menambah ilmu di luar jenis pendidikan formal yang saya miliki. Bagi saya, dengan mengikuti kursus seperti ini selain bisa menambah skill dan kemampuan, saya bisa menambah penghasilan untuk keluarga. 

Keinginan untuk kursus belajar kue ini sendiri muncul setelah saya mencoba membuat cake sendiri namun hasil akhirnya tak pernah sesuai harapan.  Selama masa pandemi, saya memang jadi lumayan sering turun ke dapur untuk membuat kue bersama putri sulung saya. Dari beberapa kali mencoba membuat cake, saya sadar cake yang saya buat itu berbeda dengan cake yang kerap saya beli di toko kue. 

Cake yang dijual di toko kue memiliki tekstur ringan dan lembut sementara cake saya lebih sering keras dan bantat. Sungguh ini membuat saya jadi penasaran. Tak hanya itu, belakangan saya juga ingin belajar menghias kue sendiri agar saat anak-anak ulang tahun saya tak perlu membeli kue ulang tahun yang harganya lumayan mahal. Hehe. 

Selain ingin kursus membuat kue, beberapa tahun sebelumnya saya juga pernah mengikuti kursus menjahit di sebuah lembaga pendidikan. Selama berbulan-bulan saya mengikuti kursus setiap 2x seminggu hingga akhirnya berhasil menghasilkan sebuah pakaian. Sayangnya karena tak memiliki mesin jahit, akhirnya ilmu menjahit yang saya dapatkan kala itu menguap begitu saja. Saya bahkan lupa 


Pilihan pendidikan nonformal untuk menambah penghasilan


Selain lewat pendidikan formal, sektor pendidikan nonformal saat ini juga bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menambah kemampuan atau mendapatkan penghasilan tambahan, Selain tak memakan waktu yang lama, jenis pendidikan nonformal ini juga lebih mudah diaplikasikan dalam bentuk usaha sampingan.

Ada banyak cara untuk bisa mendapat pendidikan dan pelatihan berbasic keterampilan ini. Jika ingin mendapat ilmu secara langsung kita bisa mengikuti kursus offline. Selain itu kita juga bisa mengikuti pelatihan secara online yang saat ini banyak sekali diadakan berbagai lembaga. Beberapa pendidikan nonformal yang bisa diikuti untuk menambah keterampilan ini antara lain:

Kursus membuat kue dan roti

Usaha membuat kue merupakan salah satu bidang kuliner yang cukup menghasilkan. Baik itu usaha berupa toko roti ataupun cake, bahkan juga kue tradisional bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan dengan pemasukan yang cukup besar. Tentunya untuk bisa menghasilkan kue yang lezat diperlukan keterampilan yang baik dari pembuatnya. Untuk meningkatkan kemampuan membuat kue ini, ada yang melakukannya dengan sering mencoba resep masakan entah itu lewat buku ataupun melalui video di youtube. Namun jika kamu ingin mendapatkan ilmu langsung dari ahlinya, maka pilihan untuk mengikuti kursus membuat kue dan roti bisa menjadi pilihan jika ingin serius terjun di perbakulan kue.

Kursus menjahit

Kursus menjahit juga bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menambah keterampilan. Selain secara offline, kita sekarang juga bisa mengikuti kursus menjahit secara online. Keterampilan menjahit ini nantinya bisa dimanfaatkan bagi mereka yang ingin membuka usaha di bidang konveksi seperti membuat masker atau jilbab yang pangsa pasarnya cukup menjanjikan. 

Kursus fotografi

Bidang fotografi juga merupakan salah satu bidang yang cukup berkembang di era foto instagrammable seperti sekarang. Tak hanya untuk mendukung feed di instagram, kemampuan fotografi yang baik juga diperlukan untuk menghasilkan foto produk yang baik dari sebuah usaha. Bisa dibilang saat ini kemampuan dasar fotografi merupakan salah satu modal bagi mereka yang ingin mendapat penghasilan di bidang digital. Tak hanya untuk diri sendiri, kemampuan fotografi yang baik ini juga bisa dijadikan pemasukan tambahan dengan membuka jasa fotografi untuk produk.

Pelatihan ngeblog/content writing

Selama beberapa tahun terakhir, blog bisa dikatakan sebagai media menulis yang cukup populer dan menghasilkan. Blog yang dulunya dikenal sebagai diary online kini bertransformasi menjadi tempat berbagi informasi dan juga promosi. Tentunya tak sembarang blog yang bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan. 

Ada banyak hal yang bisa menjadikan sebuah blog bernilai seperti personal branding, nilai DA/PA, hingga kemampuan SEO penulisnya. Karena itulah penting bagi seorang blogger untuk terus mengupgrade kemampuan ngeblognya dengan mengikuti berbagai pelatihan baik yang diadakan komunitas ataupun lembaga tertentu.  Adapun bagi mereka yang baru memulai, bisa mencoba mengikuti pelatihan blog onlne yang diadakan para blogger senior dan juga komunitas.
 

Pelatihan content creator

Jika ditanya apa pekerjaan yang paling menjanjikan saat ini mungkin jawabannya adalah konten kreator. Para selebgram atau youtuber seperti Rachel Venya atau Atta Halilintar menjadi contoh bagaimana kemampuan membuat konten bisa memberikan pendapatan yang luar biasa. Namun tentunya bukan hal mudah untuk bisa jadi seperti mereka. 

Dunia konten kreator ini sendiri ada banyak hal yang harus dipelajari seperti bagaimana membuat konten yang menarik, bagaimana meningkatkan engagement dan berbagai hal lain yang diperlukan agar brand tertarik pada kita. Karena itulah pelatihan untuk menjadi content creator ini juga penting untuk diikuti bagi mereka yang ingin terjun di dunia tersebut. 


Kursus digital marketing

Bagi mereka yang berniat membuka usaha baik online maupun online, penting sekali untuk bisa menguasai ilmu digital Marketing. aSeperti yang kita ketahui bersama, saat ini hampir semua jenis usaha mengandalkan promosi lewat media sosial seperti facebook atau instagram. Sistem berjualan pun sudah mulai beralih dari yang offline menjadi online lewat marketplace ataupun toko online pribadi. Untuk bisa meningkatkan penjualan dari usaha yang kita rintis, diperlukan kemampuan digital marketing yang baik seperti bagaimana membuat konten promosi hingga cara membuat iklan yang menarik.

Pelatihan publik speaking

Pelatihan lain yang bisa diikuti bagi mereka yang ingin menambah keterampilan adalah pelatihan publik speaking. Bagi pekerja kantoran seperti saya, pelatihan publik speaking perlu dilakukan agar di saat melakukan presentasi, saya bisa berbicara dengan cukup lancar dan meyakinkan. Pelatihan publik speaking juga sangat diperlukan jika seseorang berniat menjadi content creator mengingat bidang ini memerlukan kemampuan berbicara yang baik. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari pelatihan publik speaking ini seperti bagaimana cara berbicara dengan artikulasi dan intonasi yang baik hingga bagaimana cara menguasai audience jika kamu berniat menjadi seorang MC.


Kursus make up

Beberapa tahun yang lalu, dunia permake up-an merupakan salah satu bidang yang sangat diminati bagi mereka yang ingin mendapat penghasilan. Kebutuhan kaum hawa akan tutoria make up hingga review produk kecantikan menghasilkan banyak bermunculan konten kreator di bidang make up ini. Untuk bisa membuat konten bertema make up dan tutorial ini, tentunya diperlukan kemampuan dasar ber-make up dari si pembuat konten. Meski kamu bisa belajar melalui tutorial youtube, tentunya akan lebih maksimal hasilnya jika mengikuti kursus make up secara khusus agar hasil dandanan bisa maksimal.


Selain pelatihan-pelatihan yang saya sebutkan di atas, tentunya masih ada banyak lagi jenis pendidikan nonformal yang bisa diikuti untuk meningkatkan keterampilan sehingga bisa menambah penghasilan. . Pada intinya, sebagai seorang individu, kita sebaiknya tidak membatasi diri dalam mencoba bidang. Siapa tahu lewat kursus yang diikuti ini kamu bisa menemukan passion baru yang juga memberikan kesejahteraan dalam hidup. Nah, bagaimana dengan teman-teman yang lain? Apakah sudah mencoba beberapa pendidikan nonformal seperti di atas?


Baca Juga

Post a Comment

12 Comments

  1. Aku juga kepikiran pengen kursus masak. Cuma masih belum ada waktunya. Kayaknya seru aja gitu. Apalagi aku emang seneng bikin2 gitu :D Semoga next kesampean ya :D

    ReplyDelete
  2. Pendidikan non formal tuh tetap penting untuk mendukung kemampuan dan peningkatan kompetensi kita. Jujur saya sendiri pengen belajar lebih tentang public speaking..Semoga nemu tempat kursus yang cocok deh

    ReplyDelete
  3. Setuju kalau bikin resep apapun termasuk kue, lebih cepat memang kalau belajar langsung dari ahlinya melalui kursus misalnya agar tahu lho mana yang kurang dan mana yang kelebihan. Temenku ada yang kursus, dan jadi bisa bikin bermacam kue-kue. Kalau misal lihat melalui online atau internet saja kan, masih kurang ya :D

    selain itu belajar banyak keahlian di atas bisa menambah pengetahuan dan berpotensi juga menambah penghasilan

    ReplyDelete
  4. 2 saudara aku pada ikutan kursus memasak
    alhamdulillah pada laris2 loh semuanya
    jadi memang pendidikan non formal, bahkan untuk ibu rumah tangga, adalah kesempatan besar untuk mendapatkan penghasilan tambahan

    ReplyDelete
  5. Saya pengen banget ikut kursis digital marketing mbak, kayaknya saya kesana arahnya karena terus terang peluangnya di masa depan besar sekali pastinya.

    ReplyDelete
  6. Sbnrnya sejak resign, aku jg kepengin ambil kursus gitu mba. Yg paling dipengenin kursus merajut. Mamaku dan adekku jago sebenernya.. dan aku gagal Mulu hahahha. JD ngerasa tertantang aja. Pengen gitu bisa bikin sweater sendiri, kan lumayan kalo traveling pas winter ga usah beli sweater :D.

    Tapi nyobain secara online aku ga mudeng. Kayaknya hrs manggil guru ke rumah yg bisa sih :D. JD melihat step2nya bisa dr Deket :D

    ReplyDelete
  7. Setuju kak. Kursus online juga bisa, asal niat, pasti bisa cepet ahli.

    Daku lagi pengen kursus rias dan public speaking.

    ReplyDelete
  8. Aku dulu sempat loo...ikutan pelatihan salon dan make up lalu menjahit.
    Tapi karena bukan passionnya, jadi sekarang gak dilakukan lagi. Sayang banget, tapi inget kalau ilmu gak akan sia-sia yaa..
    Jadi sekarang walau gak dipakai karena bukan hobi, tetap bisa dilakukan dalam rumah tangga.

    ReplyDelete
  9. saya pengen banget kursus menjahit dan kursus makeup tapi sampe sekarang belum dapat tempat dan orang yang pas buat kursus

    ReplyDelete
  10. Belajar sepanjang hayat yaaa mbak, skill-skill diatas perlu banget ni buat yg mau terus upgrade diri. Biar ga cuma gitu2 aja, aku sendiri pengen banget sebenarnya ambil kelas menjahit wkwkw tapi belum kesampean, antara ntar lah sama ntar deh 😅😅😅

    ReplyDelete
  11. Dari sekian pendidikan non formal, saya tertarik buat kursus make up. Hahaha

    Soalnya usia udah kepala 3, saya baru tertarik buat pakai make up. Dulu sama sekali nggak bergairah kalau ngomongin make up nih.

    Oh ya mbak Anting, artikel ini cocok kita share buat generasi Milenial juga nih biar mereka lebih kreatif jika menyoal pendidikan. Sejatinya nggak hanya formal aja yang bisa bikin kita sukses. Skill pendidikan non formal juga bisa jadi supporter andal

    ReplyDelete