Tertarik Membeli Honda Mobilio? Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya


Mobilio termasuk salah satu mobil besutan Honda yang sangat kompetitif dan populer pada kelasnya. Perihal harga, mobil keluaran Jepang satu ini berkisar 200 jutaan, dan tentu saja untuk harga Mobilio bekas berkisar 200 juta ke bawah.

Sejak awal mula dirilis, hingga tahun 2021 ini tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh Honda. Berbeda dengan pesaing beratnya yaitu Avanza atau Xenia, yang kerap berinovasi desain yang semakin sporty.

Namun, tidak elok apabila menilai sebuah mobil hanya dari tampilan body luarnya saja, karena semua saling berhubungan dalam memberikan kenyamanan berkendara. Maka, pada artikel kali ini, saya akan mengulas, apa sih kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio. Lebih lengkapnya, yukk simak uraian lengkap berikut ini. Gaasss!

Kelebihan Honda Mobilio

1. Memiliki tenaga yang besar


Mesin mobil New Mobilio menghasilkan tenaga yang mencapai 118 Ps dan torsi yang menyentuh 145 Nm adalah yang tertinggi di kelasnya. Sebagai perbandingan, mesin mobil Mitsubishi Xpander cuma bertenaga 104 Ps serta torsi 141 Nm serta Toyota Avanza hanya bertenaga 96,5 Ps dan torsi 120 Nm.

2. Mobil yang aman bagi pengemudi pemula

Fitur mobil yang dilengkapi Hill Start Assist menjadi alasan dalam memilih mobil Mobilio bagi pengemudi pemula atau yang baru bisa mengemudi mobil. Fitur yang dikenal dengan HSA ini membuat mobil tak akan langsung merosot mundur ketika berada di tanjakan selanjutnya mendadak harus berhenti.

3. Mobil Mobilio sudah keyless

Perusahaan Honda mengutamakan keamanan pada produknya. Terbukti hampir semua varian Mobilio mempunyai fitur keyless entry. Hanya mobil tipe S yang tidak dilengkapi fitur ini. Dengan fitur ini, mengunci kendaraan untuk keamanan menjadi sangat mudah.

4. Mobilio satu-satunya LMPV dengan CVT

Pada sektor transmisi dapat menjadi kebanggaan All New Honda Mobilio, terlebih lagi varian transmisi otomatis. Honda Mobilio tercatat sebagai satu-satunya LMPV dengan CVT atau Continuously Variable Transmission. Penggunaan CVT ini membuat berkendara lebih halus dan lebih efisien bahan bakar.

5. Honda Mobilio telah memiliki VSA

Fitur keselamatan pada All New Mobilio makin lengkap dengan hadirnya VSA atau Vehicle Stability Assist. Fitur ini adalah teknologi keselamatan yang didesain guna menstabilkan manuver kendaraan bahkan apabila roda kemudi diputar secara mendadak. Guna kontrol keseluruhan, VSA ini bekerja secara harmonis menggunakan ABS Anti-lock Braking System.



Kekurangan Honda Mobilio 

Adapun kekurangan yang ada pada mobil Honda Mobilio antara lain:

1. Harga yang menyentuh 260 juta rupiah

Sebagai mobil yang mengedepankan nilai ekonomis tinggi, harga yang ditawarkan mobil ini cukup sensitif. Harga yang dibanderol pada mobil Honda Mobilio ini menjadi salah satu mobil yang kurang kompetitif. Harga yang termahal dari mobil ini lebih dari 250 juta rupiah.

Bahkan untuk varian yang paling rendah dari New Mobilio ini, Anda perlu mengeluarkan biaya menyentuh 200 jutaan. Padahal untuk kelas yang sama, Xenia atau Avanza untuk dana 200 juta Anda bisa mendapatkan seri yang cukup tinggi.

2. Bumper yang kecil di bagian belakang

Honda Mobilio yang sengaja didesain dengan bumper belakang berukuran ramping, nampaknya justru dinilai sebagai kelemahan yang melekat. Pasalnya, dengan desain ini, ruang penumpang di kursi baris ketiga tentunya lebih sempit dan kurang nyaman. Selain itu, hal ini secara tidak lansung menjadi kendala untuk bagian bagasi.

3. Kurang improvisasi dan inovasi

Sebagaimana yang sempat kami singgung di atas, bahwa Mobilio sejak pertama dirilis hampir tidak menyuguhkan desain terbaru yang lebih keren. Dengan kurangnya improvisasi ini, tentu saja konsumen tak jarang merasa bosan dengan desain yang itu-itu saja.

4. Tidak adanya Defogger

Pada seri New Mobilio, pada bagian kaca belakang mobil sudah dibekali wiper untuk membersihkan kaca saat hujan. Namun sayangnya, fitur yang ada ini tidak disempurnakan dengan defogger atau elemen pemanas yang menjadikan wiper bekerja semakin maksimal.

5. Kabin yang berisik

Banyak pengendara yang menyebutkan, bahwa kabin mobil Mobilio ini sangat kurang dalam meredam bebunyian dari luar mobil. Alhasil, suara-suara di luar tetap bisa masuk dan menjadikan kabin terasa berisik. Tentu saja ini sangat menganggu suasana berkendara, bukan?

Demikianlah ulasan kami terkait kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio. Bagi teman-teman yang tertarik ingin membeli mobil besutan Honda satu ini, pastikan sudah mempertimbangkan unsur-unsur di atas ya!

7 Comments

  1. Fiturnya keren ya mba. Bisa mempermudah pemula yang baru punya mobil.
    Tapi harganya memang belum ramah sama kantongku hehe

    ReplyDelete
  2. Wah, saya dulu senang banget kalau lihat ada mobilio yang lewat, saya suka tampilan body-nya. Kata sepupu saya mobil ini cukup terjangkau kok, eh ternyata terjangkaunya menurut dia mungkin yak, bukan buat saya, wkwkwk.

    ReplyDelete
  3. Harga Mobilio lumayan juga ya, 260 jt . Memang sih masing-masing mobil ada kelebihan dan kekurangan. Tapi selama aman sewaktu dikendarai, nggak terbakar sendiri misalnya hehehe, it;s ok aja. Mobil pun kalo gak berisik menurutku berasa nggak naik mobil. Berasa melayang wuzz wuzz gitu, gak kerasa brem bremnya. Jadi kalo Mobilio kabinnya dinilai berisik, aku masih ok aja.

    ReplyDelete
  4. Wahhhh cocok nih buat pemula ya mobilnya, tapi harganya masih belum cocok sama kantong. Emang perlu mempertimbangkan banyak hal ya kalau mau milih mobil tuh, sesuai dengan kebutuhan. Kalau dilihat-lihat mobilio ini lumayan juga sih kelebihannya.

    ReplyDelete
  5. emang keren honda mobilio. Udah lama naksir sama mobil yang satu ini.semoga kelak ada rejekinya jadi bisa beli cash aja sekitar 260 jtan itu...klo kredit lagi, kayaknya mikir panjang hehehe

    ReplyDelete
  6. Mobilio keren. Cocok buat cewek. Hihi. Tampilannya elegan gitu. Semoga kebeli ya.

    ReplyDelete
  7. Mobilio keren. Cocok buat cewek. Hihi. Tampilannya elegan gitu. Semoga kebeli ya.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post