Rekomendasi Softlens untuk Mata Minus

Rekomendasi Softlens untuk Mata Minus


Rekomendasi Softlens untuk Mata Minus - Memiliki mata minus bukanlah hal yang menyenangkan. Setiap hari penderitanya harus terbiasa mengenakan kacamata yang kadang membuat telinga pegal. Apalagi jika minus yang diderita angkanya lumayan besar seperti 4 atau 5. Bisa dipastikan penderita mata minus ini takkan bisa lepas dari kacamatanya karena dunia akan langsung suram begitu kacamata dilepas.

Saya sendiri didiagnosa memiliki mata minus saat berusia 11 tahun. Saat itu saya memutuskan untuk memeriksakan mata ke dokter karena tidak bisa melihat tulisan di papan tulis sementara posisi duduk saya ada di belakang. Setelah diperiksa oleh dokter, saya akhirnya mengetahui kalau mata saya menderita miopi dengan angka minus 2. Sejak hari itu, saya menggunakan kacamata hingga sekarang yang kalau dihitung sudah lebih dari 20 tahun. Pengen sih operasi lasik biar nggak pakai kacamata lagi tapi uangnya belum ada. Hehe. 

Selain dengan menggunakan kacamata dan operasi lasik, cara lain yang dapat membantu penderita mata minus untuk bisa tetap melihat objek dengan jelas adalah dengan menggunakan lensa kontak atau lebih dikenal dengan sebutan softlens. Penggunaan softlens selama ini cukup populer karena sangat memudahkan penderita mata minus dalam kesehariannya. Dengan menggunakan softlens, penderita mata minus tak perlu repot membetulkan kacamata atau membersihkan kacamata dan juga bebas dari rasa pegal. Selain itu menggunakan softlens juga bisa membuat penampilan semakin menarik karena beragam pilihan warna yang ditawarkan.

 

Cara memilih softlens untuk mata minus

Ada cukup banyak pilihan softlens yang bisa digunakan oleh penderita mata minus dengan berbagai pilihan warna. Namun dalam hal memilih softlens untuk penderita mata minus ini, tentunya kita tak bisa sembarangan memilih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih softlens untuk mata minus, antara lain:


Pilih softlens sesuai ukuran minus mata

Tak jauh berbeda dengn memilih lensa untuk kacamata, dalam memilih softlens kita juga harus menyesuaikan dengan minus yang dimiliki. Untuk itu, penting sekali bagi mereka yang ingin menggunakan softlens untuk memeriksa terlebih dahulu minus mata yang dimiliki. 

Berbeda dengan lensa kacamata, dalam penggunaan softlens dilakukan konversi terhadap nilai minus mata kita sehingga softlens yang digunakan bisa berbeda dengan lensa kacamata. Berdasarkan tabel konversi yang dikeluarkan oleh salah satu produsen softlens asa Jerman, untuk minus mata 0,25 s/d 3,50 maka softlens yang digunakan bisa sesuai dengan minus mata tersebut. Sedangkan jika nilai minus yang dimiliki mata di atas -3,75 maka ukuran softlens yang digunakan dikurangi 0,25 menjadi -3,50 begitu juga untuk angka minus di atasnya. 

 

Perhatikan masa pakai dan masa kadaluarsa softlens

Ada perbedaan dari masa kadaluarsa dan masa pakai sebuah softlens. Masa kadaluarsa adalah tanggal terakhir dari sebuah softlens bisa dibuka dan digunakan. Sedangkan masa pakai adalah masa maksimal sebuah softlens bisa digunakan. Masa pakai ini dihitung dari sejak softlens dibuka. Dalam hal masa pakai ini, ada softlens yang bisa dipakai harian, 1 bulan, 3 bulan hingga 1 tahuan. Karena itu penting bagi kita untuk mengecek terlebih dahulu masa pakai dan masa kadaluarsa produk softlens yang ingin dibeli. 
 
Tak hanya dari tanggal kadaluarsa atau masa pakai, dalam penggunaan softlens kita juga sebaiknya memperhatikan tanda-tanda sebuah softlens tidak bisa dipakai lagi. Lalu bagaimana cara mengetahui kalau softlens sudah kadaluarsa dan tak bisa dipakai? Hal ini bisa kita lihat dari kondisi fisik softlens tersebut seperti sudah bergores, terlihat keruh saat digunakan, berubah warna dan berubah bentuk.   


Memperhatikan kadar air dan tingkat penyerapan oksigen dari softlens

Kadar air merupakan salah satu pertimbangan yang penting dalam memilih softlens. Semakin tinggi kadar air dari softlens maka akan semakin banyak oksigen yang disalurkan ke mata kita. Di lain pihak, softlens dengan kadar air tinggi ini akan menyerap lebih banyak air mata kita. Oleh karena itu bagi mereka yang memiliki jenis mata kering disarankan memilih softlens dengan kadar air rendah sementara bagi mereka yang matanya normal dapat memilih softlens dengan kadar air tinggi. 

Selain kadar air, perlu juga diperhatikan tingkat penyerapan oksigen dari softlens yang dipilih atau disebut juga Oxygen transmissibility atau tingkat transmisi oksigen atau DK/t. Penggunaan softlens dapat mengurangi oksigen yang masuk ke mata sehingga bisa berakibat mata menjadi perih, silau dan buram. Oleh karena itu sebaiknya kita memilih softlens yang memiliki material yang dapat meningkatkan penyerapan oksigen ke mata.


Pertimbangan diameter dan warna softlens

Softlens memiliki ukuran diameter yang berbeda-beda mulai dari 14 mm hingga 22 mm. Dalam memilih ukuran diameter dari softlens yang akan digunakan, tentunya kita juga harus menyesuaikan dengan ukuran mata. Jika kamu memiliki mata yang besar, bisa memilih softlens dengan diameter yang besar. Adapun jika memiliki mata berukuran normal atau kecil bisa juga menggunakan softlens dengan diameter di atas ukuran mata namun sebaiknya usahakan agar tetap terlihat natural.

Sedangkan dalam pemilihan warna, bisa disesuaikan dengan warna kulit. Pemilik kulit putih biasanya akan cocok menggunakan softlens dengan berbagai warna. Sedangkan pemilik kulit kuning langsat dapat memilih softlens dengan warna natural seperti hitam, abu-abu dan coklat. Jika kamu memiliki kulit sawo matang, bisa menggunakan softlens berwarna hazel, abu-abu atau coklat madu. Dan terakhir bagi pemilik kulit gelap bisa memilih warna biru gelap, coklat tua, hijau zamrud dan ungu tua.

 


Softlens Miacare, pilihan softlens untuk penderita mata minus


 

Salah satu merk softlens yang bisa digunakan untuk penderita mata minus adalah softlens dari Miacare yakni Miacare CONFiDENCE Shimmer yang merupakan satu-satunya softlens berwarna Silicone Hydrogel (SiHy). Bahan Silicon Hydrogel yang digunakan dalam softlens ini dapat meningkatkan kadar oksigen yang masuk ke mata sehingga dapat mengurangi risiko mata kering dan infeksi mata saat menggunakan softlens. Dengan menggunakan material Silicon Hydrogel ini membuat softlens Miacare CONFiDENCE Shimmer memberi jaminan dalam pemakaian lebih aman serta Ultra-Comfortable terutama jika akan dipakai dalam waktu yang lama.

Selain telah menggunakan material Silicon Hydrogel yang nyaman di mata, softlens Miacare juga menggunakan teknologi terbaru yakni Eautrasil™ Techonolgy,  teknology baru yang mampu memperlebar celah dalam molekul silikon sehingga memperbanyak oksigen dan zat pelembap merembes masuk melalui lensa, menjadikan lensa dengan tingkat permeabilitas oksigen tinggi dan bertekstur lebih lembut.


 

Untuk desain, lensa kontak Miacare didesain dengan menggunakan pola dot matrix yang eksklusif, yang dapat membaur secara alami dengan warna mata Anda, menyisihkan ruang yang mencukupi untuk dilalui oksigen sehingga memberikan kenyamanan sempurna untuk mata Anda. Teknik percetakan tri-layer pada softlens menjaga lapisan berpigmen di bagian tengah terisolasi dari mata, mampu mempertahankan warna lensa sepanjang waktu yang membuat lensa aman untuk dipakai sehari-hari. 

Teknik percetakan tri-layer pada lensa juga menjaga lapisan berpigmen di bagian tengah terisolasi dari mata, sehingga mampu mempertahankan warna lensa sepanjang waktu yang membuat lensa aman untuk dipakai sehari-hari dan nyaman dipakai lebih dari 8 jam. Pemberian warna pada softlens Miacare juga bukan dengan cat, melainkan dotting, atau titik-titik halus dan diposisikan pada lapisan tengah (3 layer) sehingga aman untuk mata. Miacare CONFiDENCE Shimmer juga memiliki fungsi perlindungan untuk UV Blocking dengan teknologi ISO Class II UV-blocking yang digunakannya. 

Miacare CONFiDENCE Shimmer memiliki 2 tipe lensa yakni softlens yang bisa dipakai harian dan soflens yang bisa dipakai bulanan. Kedua jenis soflens ini memiliki kadar air yang berbeda yakni 49% untuk Miacare CONFiDENCE Shimmer Daily dan 45% untuk Miacare CONFiDENCE Shimmer Mothly. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu dan jangan khawatir karena Miacare CONFiDENCE softlens sudah terdaftar di  Kemenkes RI.  

Dengan teknologi yang dimilikinya ini membuat Miacare CONFiDENCE Shimmer layak disebut sebagai No.1 Healthy and Charming Softlens in the world. Buat  kamu yang penasaran dengan softlens warna SiHy Miacare CONFiDENCE Shimmer bisa membelinya di akun official Miacare di Shopee. Ada 3 pilihan warna yang bisa kamu pilih dari softlens tersehat dan alami ini yakni Shimmer Blue, Shimmer Grey dan Shimmer Hazel untuk soflens harian dan warna Flash Pink, Flash Blue dan Flash Frey untuk lensa bulanan. Buat teman-teman sesama pemilik mata minu, yuk segera coba produk softlens Miacare dan tampil lebih cantik dan percaya diri.


Baca Juga

Post a Comment

28 Comments

  1. Jadi pengen beli softlens, sekian tahun gak pake

    ReplyDelete
  2. Udah lama banget gak pake softlens, bulan lalu beli untuk dipake di nikahan temen, eh malah udah gak bisa masangnya. Jadi gak kepake. Milih softlens emang harus teliti, dan disesuaikan dengan kondisi mata, meminimalisir risiko.

    ReplyDelete
  3. Wah, menarik nih ada softlens bulanan dan hariannya juga. Barusan googling ternyata warnanya natural buat sehari-hari

    ReplyDelete
  4. Pastinya kita kudu selektif dan detail banget kalo memilih lensa kontak ya.

    Suka banget dengan Miacare didesain dengan menggunakan pola dot matrix yang eksklusif, yang dapat membaur secara alami dengan warna mata Anda, menyisihkan ruang yang mencukupi untuk dilalui oksigen sehingga memberikan kenyamanan sempurna untuk mata Anda.

    ReplyDelete

  5. Aku nih dr 2 bulan lalu penasaran bgt pengen pake softlense. Soalnya udah ga enak pake kacamata, mlorot mulu, atau paling kesel misal lupa tarohnya.
    Makanya pengen bgt pake softlense tp nyari2 yg cocok dan yg pas di kantong ini peer banget. Kebantu deh sama artikel ini.

    ReplyDelete
  6. Mata minus pas pandemi gini lebih nyaman kak lah soalna kada bakabut kacamata pas pakai masker :-)

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah pakai softlens. Kalau mata minus dan malas pakai kacamata, Softlens memang jadi pilihan ya. Apalagi warnanya bisa macam-macam. Namun tetap harus pilih mana yang sesuai dengan mata

    ReplyDelete
  8. Bisa jadi rekomen buat suami nih, gak suka pake kacamata soalnya. Makasih tipsnya mbak ayana 👍

    ReplyDelete
  9. Wah, softlensnya aman dan bermanfaat untuk mata minus ya. Tuh, bagi para pengguna softlens buruan diorder.

    ReplyDelete
  10. Aku cukup lumayan lama pakai softlense, cuma akhirnya dilarang suami karena udah 2 kali (mata kanan-kiri) korneanya lecet haha

    ReplyDelete
  11. Dulu saya seneng banget gonta ganti soflens berwarna. Hehe. Sejak pernah iritasi jadi hati2 banget milih soflens, kebanyakan soflens berwarna saya udah sensitif nggak cocok lagi. Fufu~ Akhirnya kemana2 pakai yang bening, karena kadar air lebih tinggi dan lebih lembut jadi nggak bikin iritasi. Baca ttg Miacare ini jadi pengen nyobain deh. Makasi mba sharingnya..

    ReplyDelete
  12. Mataku silindris kak.. gak berani juga aku pakai softlense, takut iritasi, malah merah. Hehe ya udah, aku pakai kaca mata aj 😄

    ReplyDelete
  13. Aku nih minus mataku ga berkurang-kurang, masih cukup tinggi di angka minus 5. Ga bisa lepas dari kaca mata. Mungkin sebaiknya menggunakan Miacare ini ya, nyaman di mata dan ga perlu ribet pake kaca mata lagi.

    ReplyDelete
  14. wah soflens miacare ini bisa untuk mata minus ya mbak? paling besar minus brp ya mbak? ada g yg buat minus 9 seperti mataku

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai minus 8 aja saya lihat di tokonya, mbak

      Delete
  15. Suami saya matanya minus tapi dia belum mau coba softlens karena katanya dirinya menyadari gak telaten soalnya banyak yang harus diperhatikan kalau pakai softlens ya. Kalo orangnya gak telaten bisa berbahaya.

    ReplyDelete
  16. Dari SMP udah minus tapi aku belum pernah pakai softlense. Rasanya takut hehehe. Tapi aku bener-bener ilmu tentang softlense dari artikel ini. Makasih, ya, mbak, untuk infonya...

    ReplyDelete
  17. Yg mau berburu softlens, terwajib baca tips ini!
    Supaya ga ketipu dgn produk abal2 ye kan

    ReplyDelete
  18. Wah, soflens ini sekarang bisa menjadi pengganti kacamata ya Mbak? namun perlu tahu bagaimana softlens yang terbaik dan cara menggunakannya. Tips di artikel ini sangat bermanfaat. terima kasih.

    ReplyDelete
  19. Baru tahu kalau softlens ada masa kadaluarsanya. Terima kasih infonya, ananda Antung. Pengen nyoba pakai softlens. Daripada ribet pakai kaca mata.

    ReplyDelete
  20. Harus teliti banget memang ya kalo pakai soft lens. Baru tau juga ada yang harian dan bulanan. Infonya nambah wawasan, apalagi saya hanya tau sekilas aja nih tentang soft lens.

    ReplyDelete
  21. Miacare ini terkenal sekali ya mbak sebagai softlens andalan untuk mata minus ..jadi pengen beli juga deh

    ReplyDelete
  22. Thank you rekomendasinya ya mom... Seumur hidup belum pernahbpakai softlens, hihihi

    ReplyDelete
  23. Miacare CONFiDENCE Shimmer, aku jadi ingin mencobanya.
    Paling happy melihat mata tanpa kacamata, karena sudah saking lamanya aku menggunakan kacamata selama hidupku.
    Hiiks~

    ReplyDelete
  24. asyik ada referensi softlense yang bagus buat mata minus...
    aku lagi bosan pakai kacamata karena geraahhh.

    ReplyDelete
  25. cantik ya kalau pakai softlens itu, udah lama banget ga coba soft lens lagi. dengan teknologi Eautrasil bikin mata ga bikin merah ya kak

    ReplyDelete
  26. dari dulu pengen banget pake softlens tapi ga berani pakenya. ada tips untuk pemakai softlens pemula mba?

    ReplyDelete
  27. Cantik mbak warnanya. jaman masih kantoran saya on softlens sih dulu. Kadang warna abu, brown bahkan biru juga pernah. hahaha Skrg mah boro2, nyisir rambut aja dah bagus bgt itu hehe

    ReplyDelete