Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel Biar Nggak Bingung Kalau Mau Isi Kuota

 

Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel - Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi, Veronica kini menjelma menjadi sebuah asisten virtual dari Telkomsel. Seperti yang kita tahu, saat ini komunikasi jarak jauh tak lagi dilakukan dengan panggilan telepon atau SMS. Semakin canggihnya teknologi membuat kita bisa bertatapan langsung dengan lawan bicara lewat video call, bergosip bersama teman di grup chatting, hingga rapat dengan rekan kantor lewat video conference. Apalagi di masa pandemi, rasanya kegiatan orang-orang sekarang tak jauh-jauh dari rapat di zoom, google meet, hingga live di Instagram. 

Dengan semakin seringnya Internet digunakan dalam kehidupan kita, maka wajar saja kalau sekarang kuota internet lebih diperlukan ketimbang pulsa yang dulunya adalah amunisi utama sebuah provider. Karena itulah penting bagi seseorang untuk memilih provider dengan layanan sinyal yang kuat dan memiliki banyak pilihan kita internet dengan harga terjangkau. 

Nah, terkait pentingnya kuota dan pulsa dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita memerlukan informasi seputar layanan yang diberikan oleh provider yang dimiliki. Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya, Telkomsel kini menghadirkan Tanya Veronika Asisten Virtual yang bisa membantu pengguna Telkomsel menemukan produk yang cocok untuk mereka.

Veronika sendiri bukanlah fitur yang baru bagi Telkomsel. Bagi mereka yang menggunakan ponsel di tahun 2000-an, pastinya tak asing dengan Veronica, asisten penjawab telepon dari Telkomsel. Veronica merupakan singkatan dari Voice Response dan Info Care yang berfungsi sebagai penyimpan pesan suara bagi pengguna Telkomsel. Dalam praktiknya, saat kita melakukan panggilan dan nomor yang dihubungi sedang tidak aktif, maka Veronica yang akan menjawab panggilan tersebut dan meminta kita meninggalkan pesan suara. 


Mengenal Veronika, Asisten Virtual Telkomsel

Veronika Asisten Virtual merupakan layanan dari Telkomsel yang memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk bertanya tentang layanan produk Telkomsel melalui berbagai aplikasi chat yang ada di ponsel maupun lewat website resmi Telkomsel. Layanan ini sudah hadir sejak 24 Agustus 2017 lalu dan bisa diakses 24 jam, lho. Untuk pertanyaan yang diajukan sebaiknya seputar produk Telkomsel yang digunakan karena Veronika Telkomsel ini merupakan mesin chatbot yang memberikan jawaban standar.
 

Cara menghubungi Asisten Virtual Telkomsel

aplikasi penghubung veronika asisten virtual

Untuk bisa menghubungi Mbak Veronika ini, pelanggan memiliki banyak pilihan sesuai dengan aplikasi yang di-instal di hape masing-masing. Beberapa aplikasi yang mendukung layanan Asisten Virtual Telkomsel ini adalah:
 

Aplikasi My Telkomsel

Jika kamu memiliki aplikasi My Telkomsel di hapemu, Veronika bisa dihubungi dengan mengklik fitur Veronika yang terdapat di bagian Cuctomer service.
 

Website Telkomsel

Untuk situs website Telkomsel, Veronika bisa dihubungi dengan mengklik logo perempuan di sudut kanan bawah laman website. 
 

Whatsapp

Untuk bisa menghubungi Veronika dengan aplikasi whatsapp, pelanggan bisa menghubungi nomor 0811-1111-111.

 

Facebook Messenger

Nah, buat kamu yang suka berkirim kabar lewat facebook, Veronika juga bisa dihubungi lewat facebook messenger Telkomsel di alamat https://www.facebook.com/telkomsel/. 

 

Telegram dan Line

Selain whatsapp, aplikasi chatting lain yang mendukung Veronika adalah Telegram dan Line. Untuk telegram, pelanggan bisa menghubungi veronika di akun https://telegram.me/telkomsel_official_bot. Sedangkan pemilik akun line, kita juga bisa menghubungi Veronika di akun line @Telkomsel.


Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menghubungi Telkomsel Veronika antara lain:

  1. Hubungi Veronika dengan menggunakan aplikasi yang terhubung dengan asisten virtual Telkomsel dengan mengucapkan salam Halo
  2. Veronika akan membalas salam dengan memberikan informasi produk dari Telkomsel 
  3. Jika Anda menghubungi Veronika melalui website atau facebook messenger, Veronika akan meminta Anda mengirimkan nomor handphone yang dimiliki. Nomor  yang dikirim nomornya harus Telkomsel, ya.
  4. Kode OTP akan dikirimkan melalui SMS. Untuk facebook messenger, SMS yang masuk berupa link untuk login ke aplikasi facebook messenger
  5. Pelanggan memasukkan kode OTP yang dikirimkan dan setelahnya pelanggan dipersilakan mengajukan pertanyaan seputar Telkomsel
  6. Jika ingin membatalkan pertanyaan, bisa BATAL pada kolom chat
  7. Jika sudah puas dengan jawaban dari Veronika, Anda bisa menutup pertanyaan dan Veronika akan mengakhiri percakapan Anda.

Dalam memasukkan kode OTP perlu diingat jika pelanggan memasukkan kode OTP yang salah sebanyak 3 kali, maka interaksi pelanggan dengan Telkomsel Veronika akan terblokir selama 5 menit. Sedangkan jika kode OTP yang dimasukkan salah sebanyak 9 kali, maka interaksi akan terblokir selama 24 jam. 


Bisa tanya apa saja di Asisten Virtual Telkomsel


Sebagai mesin penjawab virtual, Veronika dirancang memberikan jawaban untuk pertanyaan yang berkaitan dengan produk Telkomsel. Jika pelanggan mengajukan pertanyaan di luar dari produk Telkomsel, maka Veronika akan meminta Anda memperjelas pertanyaan dengan memberikan pilihan menu. 
 
Beberapa pertanyaan yang bisa diajukan lewat Veronika antara lain:
  • Mengecek sisa kuota Internet yang dimiliki. Untuk mengecek sisa kuota, tuliskan kuota pada kolom chat Veronika
  • Menukar poin Telkomsel, ketikkan Poin untuk mengetahui poin Telkomsel Anda
  • Menemukan lokasi Grapari terdekat, ketik Grapari terdekat dan Veronika akan mengirimkan link untuk mengetahui lokasi Grapari di kotamu
  • Pembelian paket pulsa/kuota, cukup ketik Beli Pulsa
  • Pertanyaan lain seputar layanan Telkomsel
  • Menghubungi customer service Telkomsel


Review penggunaan asisten virtual Telkomsel

menghubungi veronika asisten virtual

Sejauh ini, saya sudah mencoba menghubungi Veronika lewat 2 media yakni whatsapp dan website Telkomsel. Sebagai sebuah mesin penjawab virtual Veronika Asisten Virtual memberikan respon yang cukup cepat untuk setiap pertanyaan yang diberikan. Selain itu, fitur ini juga bisa diakses 24 jam, jadi kalau misalnya tengah malam Kamu ingin ingin tahu info kuota bisa langsung menghubungi Veronika Asisten Virtual. Untuk pilihan aplikasi, menurut saya whatsapp merupakan pilihan yang paling mudah diakses karena kita tak perlu menyebutkan kembali nomor hape saat menghubungi Veronika.  

Di lain pihak, Veronika masih memiliki kekurangan seperti tidak bisa memberikan jawaban atas pertanyaan yang kata kuncinya tidak sesuai dengan menu yang dimiliki Telkomsel. Jika pelanggan menuliskan pertanyaan di luar menu yang diberikan, maka Veronika akan meminta pelanggan mengulang pertanyaan dengan kata kunci yang tepat. Ini bisa dipahami mengingat Veronika merupakan mesin bot dan bukan customer care yang bisa diajak curhat terkait permasalahan yang dihadapi.  

Demikian sedikit review saya untuk fitur Tanya Veronika Asisten Virtual dari Telkomsel. Ke depannya, semoga fitur ini bisa semakin ditingkatkan kemampuannya sehingga lebih memudahkan pelanggan Telkomsel dalam mengetahui informasi terkait produk Telkomsel. 

Baca Juga