Cara Seru Mengenalkan Binatang Kepada Anak

 

cara seru mengenalkan binatang kepada anak

Bulan November ini, Yafiq anak kedua saya berusia 18 bulan. Di usianya yang memasuki 1,5 tahun ini, alhamdulillah Yafiq menunjukkan tumbuh kembang yang positif. Ia sudah pandai mengucapkan beberapa kata yang bisa dipahami dan mengerti jika diberi instruksi. Selain itu, Yafiq juga kini sudah mengerti kata "tidak" yang kadang menjadi andalannya kalau menolak diajak mandi atau disuruh tidur.

Selain sudah bisa bilang "tidak", perkembangan lain dari kosa kata Yafiq adalah ia mulai mengenali binatang yang ada di sekitarnya seperti ikan, kucing, burung dan ayam. Kadang kalau saya ajak jalan-jalan di sekitar komplek, Yafiq dengan semangat mampir ke rumah tetangga yang memiliki kolam ikan dan menunjuk-nunjuk ikan yang ada di kolam sambil menyebutkan kata, "Iwak," yang berarti ikan dalam bahasa Banjar.

Dengan perkembangan kosa katanya ini, saya pun semakin semangat mengenalkan nama-nama binatang kepada Yafiq dan juga Yumna yang kini sudah menginjak usia 4 tahun. Tentunya untuk mengenalkan nama-nama binatang ke anak ini bukan proses yang instan. Anak perlu waktu untuk bisa membedakan binatang satu dengan binatang lainnya serta untuk menghafal nama binatang tersebut. Selain itu, tentunya berbeda umur anak maka akan berbeda pula cara mengenalkan nama binatangnya.

Beberapa cara mengenalkan nama binatang kepada anak

Ada cukup banyak cara yang bisa digunakan untuk mengenalkan nama binatang kepada anak. Kita bisa menggunakan berbagai media sesuai usia mereka. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengenalkan nama binatang kepada anak:

Membacakan buku

Buku merupakan salah satu media yang paling mudah digunakan untuk mengenalkan nama-nama binatang kepada anak. Ada banyak buku yang bisa kita pilih mulai dari board book khusus bergambar binatang, buku cerita bertema binatang atau bahkan ensiklopedia yang bisa memberikan informasi yang lebih lengkap tentang berbagai hewan di bumi. Dalam memilih buku bacaan untuk anak ini pastinya kita harus menyesuaikan dengan umur anak.

Menggunakan flash card

Flash card merupakan salah satu permainan edukasi yang memakai beberapa kartu berukuran besar dengan kata dan gambar di dalamnya. Flash card ini bisa digunakan mulai dari usia anak 6 bulan. Penggunaan flash card dalam proses stimulasi tumbuh kembang anak memiliki banyak manfaat seperti melatih konsentrasi anak, melatih daya ingat anak dan juga memperkaya kosa kata anak. Dalam penggunaan flash card,

Membawa anak ke kebun binatang

Jika kota yang kita tinggali memiliki kebun binatang, maka membawa anak ke kebun binatang merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk mengenalkan anak kepada binatang. Di kebun binatang, anak-anak memiliki kesempatan melihat langsung aneka macam binatang yang ada di sana. Selain itu, di kebun binatang, anak juga bisa semakin bereksplorasi dengan lingkungannya. Mengajak anak kebun binatang bisa dilakukan sejak anak masih bayi. Namun akan lebih efektif jika kita mengajak anak ke kebun binatang setelah usianya 1 tahun.


Menggunakan replika binatang

Jika tak memungkinkan membawa anak ke kebun binatang, maka kita juga bisa mengenalkan nama binatang kepada anak lewat replika binatang yang mudah sekali ditemukan di pasar. Orang tua bisa mengajak anak-anak bermain bersama replika binatang ini sambil mengenalkan nama-nama binatang tersebut pada anak.

Menonton video tentang binatang

Televisi dan video juga bisa dijadikan sebagai media untuk mengenalkan nama binatang kepada anak. Jika anak suka nonton kartun, maka kita bisa memilih kartun yang bertema binatang untuk ditonton. Sambil menemani anak menonton kartun tersebut, orang tua bisa sekaligus mengenalkan nama binatang dengan menyebutkan namanya saat binatang tersebut muncul. Tak hanya kartun, menonton channel khusus tentang dunia binatang juga bisa menjadi pilihan untuk mengenalkan nama binatang kepada anak.

Menggunakan teknologi AR

Saat ini, penggunaan gadget memang sulit dihindari. Menggunakan teknologi AR atau augmente reality. Teknologi AR ini memungkinkan anak mendapat. Salah satu adalah Okay Curio/Curio Safari yang merupakan sebuah games edukasi dari Korea mengenalkan binatang kepada anak dengan teknologi AR.


Serunya Mengenalkan Nama Bintang dengan Curio Safari




Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini membuat gadget tak lagi berfungsi sebagai sarana komunikasi namun juga bisa menjadi media edukasi untuk anak. Lewat gadget kita bisa menemukan berbagai game dan aplinasi edukasi yang bisa membantu anak dalam belajar, salah satunya adalah aplikasi Curio Safari.

Play Curio/curio safari merupakan aplikasi permainan AR Card dari Korea Selatan yang memberikan sensasi baru bagi anak dalam mengenal dunia binatang. Play Curio ini menggunakan media kartu belajar observasi alam untuk permainan ayah dan anak-anak di rumah. Ada dengan 4 jenis fauna yang bisa orang tua kenalkan pada anak dengan aplikasi Curio Safari ini dengan total 64 binatang. Permainan Curio Safari ini dapat digunakan untuk anak usia 3-7 tahun.




Cara penggunaan Curio Safari





Untuk bisa menggunakan kartu Curio Safari, kita harus menginstal aplikasi Curio Safari yang bisa ditemukan di Google Play Store terlebih dahulu. Setelah aplikasi diinstal dan dibuka, arahkan gambar scan yang ada pada aplikasi pada kartu dan kemudian gambar pada kartu akan berubah menjadi 3 dimensi. Lewat aplikasi ini, kita bisa membandingkan ukuran 2 binatang yang berbeda dengan membandingkan 2 kartu atau lebih. 







Selain dapat memproyeksikan gambar 2 dimensi menjadi 3 dimensi, Curio Safari juga dapat mendekorasi rumah seperti kebun binatang dengan fungsi AR ZOO. Pastinya ini akan membuat anak-anak semakin bersemangat mengenal nama-nama binatang. Pada kartu belajar Curio Safari, juga tersedia bantuan dalam Bahasa Inggris, memungkinkan pembelajaran mendalam sembari mendengarkan penjelasan binatang dengan penutur bahasa asing asli. 


Harga Curio Safari

Dengan teknologi yang dimilikinya, tentunya teman-teman penasaran dong ya dengan harga Curio Safari ini. Nah, untuk harga dari kartu belajar Curio Safari ini adalah sebesar 9.800 KRW yang kalau dirupiahkan menjadi sekitar Rp. 125.000,00. Harga ini merupakan harga diskon dari harga asli yakni 12.000 KRW. Untuk informasi lebih lengkap, teman-teman bisa menghubungi alamat contact@play-curio.com.


Post a Comment

0 Comments