Menjaga Kesehatan Mata Minus dengan Vitamin Mata


Tips menjaga kesehatan mata minus


Semakin berkembangnya era digital seperti sekarang mau tak mau membuat beban mata kita semakin berat. Tuntutan pekerjaan membuat kita harus menatap layar komputer berjam-jam setiap hari. Belum lagi dengan paparan dari layar biru gadget yang kadang susah lepas dari tangan. Dan di masa pandemi, kebiasaan menatap layar komputer atau gadget ini menjadi semakin rutin karena sekarang hampir semua kegiatan dilakukan secara online mulai dari sekolah, urusan pekerjaan, hingga seminar.

Seperti yang kita tahu, terlalu sering menatap layar komputer ataupun handphone memiliki akibat yang kurang baik bagi mata kita. Keluhan mulai dari mata lelah hingga gangguan penglihatan seperti mata rabun menghantui mereka yang berinteraksi dengan layar komputer ini. Saya sendiri sudah menggunakan kacamata sejak kelas 5 SD. Saat itu, saya menyadari ada yang salah dengan indera penglihatan saya. Tulisan di papan tulis terlihat berbayang-bayang dan susah sekali untuk dibaca, apalagi saya duduk di bangku belakang. Benar-benar perlu usaha keras untuk bisa membaca tulisan di papan tulis saat mata pelajaran berlangsung.

Akhirnya, dengan ditemani ayah, saya pun mengunjungi Puskesmas untuk memeriksakan kondisi mata saya. Setelah diperiksa, ternyata kedua bola mata saya telah mengalami miopi atau yang kerap dikenal dengan rabun jauh dengan ukuran minus 1,5. Dengan kondisi mata minus ini, mau tak mau saya harus mengenakan kacamata agar bisa lebih nyaman melakukan aktivitas sehari-hari.
 

Beberapa cara menjaga kesehatan mata minus


Menjaga kesehatan mata dengan eyevit

Mengenakan kacamata selama 20 tahun sejujurnya bukan hal yang menyenangkan. Saya tak bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga dengan bebas karena adanya kacamata di wajah saya. Selain itu pastinya saya juga tak bisa jauh dari kacamata karena lepas kacamata sebentar saja dunia langsung suram. Namun pastinya, saya harus tetap merawat mata minus saya ini agar kesehatannya tetap terjaga. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjaga kesehatan mata minus antara lain:

Rutin melakukan pemeriksaan mata

Bagi pemilik mata minus seperti saya, sebenarnya melakukan pemeriksaan mata secara rutin merupakan hal yang kurang disenangi. Alasannya ya karena takut minusnya bertambah saat diperiksa. Namun pastinya melakukan pemeriksaan mata secara rutin merupakan hal yang harus dilakukan untuk mengetahui apakah kacamata yang digunakan sekarang masih cocok atau tidak. Syukur-syukur kalau setelah melakukan pemeriksana rutin minusnya malah berkurang. Pemeriksaan rutin untuk mata sendiri bisa dilakukan setiap 2 tahun sekali.
 

Menggunakan kacamata dengan ukuran lensa yang tepat

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk merawat dan menjaga kesehatan mata minus adalah dengan menggunakan kacamata/lensa kontak dengan ukuran yang tepat. Ini berkaitan dengan kenyamanan pada mata. Jika kita menggunakan kacamata dengan ukuran tak sesuai pastinya akan membuat mata cepat lelah karena harus berusaha keras menangkap objek yang ingin dilihat.


Menggunakan kacamata dengan lensa photochromic dan lensa anti radiasi

Sinar UV dari cahaya matahari memiliki efek buruk pada mata kita. Untuk menghindari efek buruk ini kita disarankan menggunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan pada siang hari. Sayangnya bagi pemilik mata minus, akan sangat repot jika harus mengganti kacamata saat di luar ruangan. Untungnya sekarang sudah ada lensa photochromic yang warnanya bisa berubah saat terkena sinar matahari sehingga mata kita tetap bisa terlindungi dari efek buruk sinar matahari. Adapun lensa anti radiasi diperlukan agar mata kita terlindung dari radiasi dari layar komputer

Rajin mengistirahatkan mata saat bekerja di depan komputer 

Dengan adanya pandemi, bisa dibilang frekuensi dan waktu yang dihabiskan di depan komputer atau layar gadget menjadi semakin lama. Terlalu lama menatap komputer bisa mengakibatkan mata jadi cepat lelah dan beberapa keluhan lainnya seperti leher jadi tegang hingga sakit kepala. Untuk mengatasi mata lelah akibat terlalu lama menatap layar ini kita disarankan untuk rajin mengistiratkan mata dengan cara mengalihkan pandangan setiap 20 menit sekali.

Rajin mengkonsumsi buah, sayur dan suplemen yang mengandung vitamin A

Seperti yang kita tahu, makanan termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita, termasuk tentunya mata. Agar bisa memiliki mata yang sehat, pastinya kita harus rajin mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin A seperti wortel, pepaya, bayam, dan sumber vitamin A lainnya. Selain itu, jika konsumsi buah dan sayur dirasa kurang, kita juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A sebagai tambahan. 

Eyevit, Vitamin Mata untuk menjaga kesehatan mata minus 


Eyevit vitamin mata

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjaga kesehatan mata minus adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin A. Namun jika dirasa konsumsi buah dan sayur ini tidak terlalu maksimal, kita bisa mengkonsumsi vitamin mata yang saat ini banyak beredar di pasaran. 
 
Salah satu vitamin mata yang bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan mata adalah Eyevit vitamin mata. Eyevit merupakan vitamin mata yang diproduksi oleh Lapi Laboratories yang mengandung Pure Bilberry + Lutein + Zeaxanthin untuk menjaga kesehatan mata kita. Kegunaan Eyevit vitamin mata ini antara lain bisa digunakan untuk mengatasi mata lelah, perih, pandangan kabur akibat terlalu lama menggunakan gadget (smartphone, laptop) karena Formula Eyevit meningkatkan sirkulasi oksigen pada pembuluh darah mata. 
 
Beberapa kegunaan Eyevit antara lain:
  1. Menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel mata seperti radiasi yang dipancarkan layar komputer atau TV
  2. Mencegah terjadinya katarak
  3. Mempertajam penglihatan mata
  4. Mempercepat adaptasi dalam gelap
Sebagai tambahan, untuk konsumen yang sudah berkacamata terutama mereka yang memiliki minus rendah (1-3) Eyevit bisa membantu mengurangi minus pada mata karena Formula Eyevit bekerja meningkatkan daya akomodasi/kelenturan lensa mata sehingga penglihatan menjadi lebih jelas. Bahkan pada kasus mata minus tinggi (>10) formula Eyevit terbukti dapat membantu agar kadar minus pada matanya tidak bertambah. Sedangkan untuk bisa menyembuhkan mata minus sendiri, setahu saya prosedur yang paling efektif adalah dengan melakukan operasi LASIK

 

Kandungan Eyevit



Kandungan Eyevit

 
Sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan mata, Eyevit memiliki formula yang lebih lengkap dibandingkan merk lain di pasaran. Formula Eyevit terdiri dari 8 nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata yaitu :

1. Bilberry 
 
Bilberry merupakan tanaman jenis berry yang berasal dari Eropa Utara. Bilberry memiliki manfaat dapat mencegah katarak, mengurangi mata minus, penglihatan buram dan rabun senja karena adanya kandungan flavanoids yang membangun kolagen dalam pembuluh darah mata. Saat usia bertambah, sel-sel mata akan mulai mengalami kerusakan. Bilberry membantu menghentikan penyebaran degenerasi makula akibat kerusakan retina

2. Lutein
 
Lutein merupakan suatu zat aktif yang baik sebagai vitamin mata karena mampu menjaga kesehatan mata, menjaga agar mata minus tidak bertambah. Lutein.tidak dapat disintesis dalam tubuh manusia, sehingga perlu asupan dari makanan. Dengan Lutein perbaikan fungsi penglihatan mulai terasa dalam 1-2 minggu

3. Zeaxanthin
 
Zeaxanthin + Lutein merupakan jenis karotenoid satu-satunya dalam makula mata, Menyerap sinar biru yang membahayakan tubuh, Melindungi mata dari degenerasi dan katarak.

4. B-Caroten
 
B-Caroten merupakan zat yang terdapat pada sayur dan buah yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

5. Retinol
 
Retinol merupakan bahan aktif Vitamin A yang banyak digunakan untuk skincare terutama untuk mencegah penuaan.

6. Selenium
Selenium merupakan salah satu mineral yang diperlukan tubuh yang dapat membantu dalam fungsi kognitif otak, 

7. Zinc

Zinc adalah mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Zinc bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, membantu sintesis DNA, serta berperan penting dalam tumbuh kembang anak.
 
8. Vitamin E
 
 

Dosis dan cara penggunaan vitamin mata Eyevit 



Vitamin mata Eyevit untuk anak


Eyevit vitamin mata memiliki 2 varian yakni Eyevit tablet dan Eyevit sirup untuk anak-anak. Satu kaplet Eyevit tablet terdiri atas 6 tablet salut selaput berwarna ungu. Sedangkan untuk Eyevit syrup memiliki ukuran 60 ml dengan rasa yang enak dan disukai anak-anak. Cara penggunaan Eyevit ini yakni 2-3 x 1 tablet sehari untuk Eyevit tablet dan untuk Eyevit syrup pemakaiannya adalah 2-3 x 5 ml untuk dewasa dan 5 ml x 1 hari untuk anak-anak.
 
Seperti yang kita tahu, di era digital ini, anak-anak lebih cepat mengenal gawai ketimbang generasi terdahulu. Meski sudah ada screen time, orang tua kadang tak bisa selalu disiplin dengan screen time tersebut. Tak hanya itu, di masa pandemi ini anak-anak juga melakukan pembelajaran dari rumah dengan menggunakan berbagai aplikasi pertemuan online. Pastinya ini membuat mata mereka lebih sering terpapar sinar biru dari gadget. Dengan adanya Eyevit sirup ini pastinya sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata anak-anak. 

Lalu bagaimana dengan efek samping Eyefit? Selama mengkonsumsi Eyevit, saya tidak merasakan ada efek samping Eyevit. Bahkan bisa dibilang vitamin mata Eyevit ini cukup membantu saya dalam melakukan pekerjaan sehari-hari karena cukup efektif mencegah mata lelah saat berada di depan komputer. Namun perlu diperhatikan untuk Eyevit sirup, produk ini mengandung pemanis buatan sehingga tidak digunakan untuk anak di bawah 1 tahun.  

Bagi teman-teman yang ingin mencoba produk Eyevit ini bisa membelinya di Shopee Lapi Official Shop, Alfamart, Guardian, Watson, Apotek Kimia Farma, Apotek K-24, serta Apotek/Toko Obat dekat rumah. Untuk harganya sendiri, Eyevit tablet dijual dengan kisaran harga Rp. 35.000,00 sedangkan untuk Eyevit Syrup dijual dengan harga Rp. 70.000,00. Nah, tunggu apa lagi? Yuk jaga dan sayangi mata kita dengan Eyevit.

Post a Comment

31 Comments

  1. Lumayan dong, ya, kalau bisa mengurangi minus. Minusku udah banyak, sih, sayangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ya mbak.
      Aku minus 9 ni, apa bisa turun ya klo minum ini?

      Delete
  2. Wah vitamin mata penting ya mbak buat menjaga kesehatan mata...
    Apalagi buat yg sering intetaksi dgn layar spt kita ini ya

    ReplyDelete
  3. Kalau mata sudah terdeteksi minus memang sebaiknya kita memberikan perhatian yang lebih ya. Konsumsi makanan sehat dan vitamin khusus mata seperti eyevit ini.

    ReplyDelete
  4. Asik banget EYEVIT ini.
    Sangat bisa diandalkan untuk kita semua, especially selama pandemi yak.

    ReplyDelete
  5. Senangnya, Eyevit ini gampang didapat.

    Ah iya, baru teringat kalau sudah waktunya saya memeriksakan kesehatan mata saya lagi. Sudah saatnya juga ganti kacamata baru. Kayaknya mata gampang lelah sekali sejak kerjaan online melulu.

    ReplyDelete
  6. Karena kegiatan banyak di depan gadget, harus banget pakai konsumsi eyevit ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semogaaaa kita dan keluarga sehat2 selaluuuu
      kebanyakan online nih, kadang capek juga nih mata.

      Delete
  7. Saya belakangan kalau nonton tv, udah mulai memicingkan mata biar bisa baca jelas substitle apalagi kalau kecil. Emang sih udah pernah cek ke dokter mata, ada minus tapi masih dianggap normal 0,5 dan silinder jadilah emang kalau di luar rumah dan cuacanya lagi cerah jadi kayak kabur gimana gitu ngelihatnya kalau jauh.
    Mau coba minum Eyevit juga ah. Anakku juga nih kayaknya butuh Eyevit sirup juga dia kalau naik kendaraan paling gak bisa duduk di depan karena silau katanya.

    ReplyDelete
  8. Mata saya juga ada minusnya, apakah bisa berkurang ya kalau konsumsi ini? Jadi kepo pengen beli dan mencoba. Apalagi sekarang di masa pandemi, banyak hal yang harus dilakukan dengan menatap layar laptop. Kerjaan semua pakai laptop.

    ReplyDelete
  9. Vitaminnya pas banget nih untuk bikin sehat mata karena saat masa pandemi kek sekarang kan anak2 dan kita juga pasti konsen ke gadget terus dan akhirnya mata juga bisa lelahhh minum Eye vit bisa menjaga mata agar terus sehat

    ReplyDelete
  10. Akhir² ini saya juga merasa penglihatan saya agak kabur untuk jarak tertentu mbak antung. Mungkin bisa jadi interaksi dengan layar terlalu sering kali ya. Anyway terima kasih rekomendasi vitamin untuk matanya ya mbak antung

    ReplyDelete
  11. Mata ini termasuk indra yang paling sering diajak kerja keras ya. Dan kadang kurang diberi perhatian. Jarang minum suplemen untuk mata saya. Biasanya suplemen untuk tubuh. Wah, jd diingatkan untuk menjaga kesehatan mata juga nih..cobain eye vit ah...

    ReplyDelete
  12. Buat kita yang banyak mengerjakan tugas melalui layar laptop atau gadget lainnya butuh banget vitamin mata. Supaya lebih terawat ya kak.

    ReplyDelete
  13. Wajib banget menjaga kesehatan mata, karena mata adalah jendela dunia.
    Sekarang ada Eyevit, jadi lebih mudah dan praktis.

    ReplyDelete
  14. Bisa jugakah untuk menjaga kesehatan mata plus dan minus alias mata tua?

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah aku jarang ada masalah mata. Semoga tetap bisa jaga kesehatannya dan jangan lupa ditambah vitamin kaya Eyevit. Kalau mata lelah ya istirahat juga

    ReplyDelete
  16. Di era Pandemi ini kita banyak menatap suami dan gadget eh...maksudnya laptop dan gadget kayanya memang perlu nih menjaga kesehatan mata

    ReplyDelete
  17. aku pertama kali tau Eyevit ini karna liat iklannya di TV yg dibintangin Bunda Maia.. bagus ya ada vitamin khusus mata, apalagi manfaatnya bagus buat mata minus.. aku makin penasaran..

    ReplyDelete
  18. Wah enak ya, ngga ribet
    Bisa milih tablet atau sirup
    Mata saya sering gatel nih kalo kelamaan depan laptop

    ReplyDelete
  19. waaah samaan nih ternyata sama mba antung
    aku juga minum eyevit mba buat mata sehat ku meski kerja di depan komputer

    ReplyDelete
  20. Eyefit ini bisa dikonsumsi jangka panjang gak ya mom ? Soalnya anakku jg sering bgt nonton tv main gadget.

    Tapi memang harus diimbangi dengan makanan sehat ya mom

    ReplyDelete
  21. Yang untuk anak-anak ini untuk usia berapa Mbak bisa minum? Saya kira cuma tablet, ternyata ada sirupnya juga ya

    ReplyDelete
  22. info penting nih, soale selama pandemi kan pjj tuh! anak2 yg tadinya kita larang2 gadgetan ya kudu pegang hp, tab, dan laptop jg akhirnya

    ReplyDelete
  23. Sepertinya aku perlu coba vitamin mata seperti ini. Soalnya kerja di depan komputer terus dan makin lama kok minus makin nambah.

    ReplyDelete
  24. Pas banget ini tips nya karena mataku juga minus. Aku males banget tuh pake kacamata mungkin karena itu minusnya makin banyak

    ReplyDelete
  25. Jadi pengen minum eyevit lagi. Sempat terhenti mengonsumsi, eh lama-lama dan lama banget akhirnya nggak pernah lagi mengonsumsi eyevit. Padahal jelas penting banget ya vitamin mata, apalagi seusiaku yang udah plus ini. Yuukk beli!

    ReplyDelete
  26. Wah, tyt yg sirup lbh mahal ya mba. Bagus sih ini ya..apalagi skrg semua serba hp mulu. Kalo efek samping obat ini ada gak mba? Mungkin sedikit nambah nafsu makan atau jd ngantuk?

    ReplyDelete
  27. Untuk pengguna komputer apalgi aku, perlu menjaga kesehatan mata dengan cara meminum eyevit. Kadang mata lelah, bisa mengakibatan berair. Dan juga bisa burem. Gak enak bingit kalo lagi keadaan kaya gitu huhu

    ReplyDelete
  28. Aku belu pernah konsumsi eyevit mba, tapi pengen juga ih aku udah minusnya hampir 4 sedih deh. Semoga dengan eyevit ini membantu buat aku aamiin. Makasih rekomendasinya mba Ayana

    ReplyDelete
  29. Persis saya mbak. Saya sekitar SMA pake kacamata. Rasanya sebel bgt pertama, karena pusing dan harus adaptasi lumayan lama. Sekarang pun agak terganggu pas pake masker juga, Krn ada udara dr masker yg naik ke kacamata. alhasil suka burem & kudu dielap dulu.

    ReplyDelete