Tanya Dokter Kehamilan: Tips Mendapatkan Dokter Kehamilan Terbaik





Masa kehamilan bisa dibilang merupakan salah satu moment yang paling membahagiakan bagi pasangan suami istri. Dalam menyambut kehamilan tersebut setiap pasangan akan merasa sangat antusias dan melakukan segala macam hal yang nantinya bisa membuat janin atau bayi yang ada di dalam kandungan tetap sehat dan bisa tumbuh dengan normal. 

Biasanya, hal yang pertama kali dilakukan saat mengetahui diri sedang hamil adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi atau dengan cara tanya dokter kehamilan. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya bayi dan ibu bisa tetap sehat mulai dari masa hamil sampai dengan melahirkan nanti.

Saat ini ada banyak dokter spesialis kehamilan yang bisa dengan mudah ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia. Hal tersebut akan mempermudah para ibu hamil untuk mendapatkan dokter dengan kualitas yang paling baik. Tetapi karena semakin banyaknya pilihan tersebut terkadang juga bisa membuat ibu hamil bingung untuk menentukan dokter mana yang memiliki kualitas terbaik. Nah, kali ini saya aja berbagi beberapa tips untuk menemukan dokter spesialis kehamilan terbaik:

Baca juga : Pengalaman Tambal Gigi di RSGM Gusti Hasan Aman Banjarmasin


Minta Rekomendasi Keluarga Atau Teman 

Setiap ibu hamil biasanya memiliki persyaratan masing-masing dalam menentukan dokter kandungan ini. Ada yang ingin dokter wanita saja, ada juga yang inginnya pro persalinan normal dan pertimbangan lainnya. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan dokter dengan kualitas terbaik adalah meminta rekomendasi teman atau keluarga yang dulunya pernah hamil. Dengan pilihan rekomendasi dari beberapa teman dan keluarga kita, selanjutnya ibu hamil bisa membuat daftar dokter tersebut untuk nantinya bisa dijadikan sebagai tempat atau dokter untuk melakukan konsultasi atau pemeriksaan kehamilan.   

Cari Dokter Yang Sudah Berpengalaman 

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dokter terbaik adalah dengan mencari tahu nama-nama dokter di sekitar tempat tinggal kita yang sudah berpengalaman. Maksudnya disini adalah pilih dokter spesialis kehamilan yang memiliki jam terbang tinggi dan pengalaman yang sudah banyak. Sebelum itu, jangan lupa untuk melihat latar belakang pendidikannya, profil lengkapnya dan dimana dia bekerja atau buka praktek.  

Cari Informasi di Internet

Perkembangan dunia digital yang sudah semakin maju dan modern menjadi salah satu alasan untuk lebih mudah dan gampang dalam melaksanakan segala macam aktivitas kita sehari-hari. Salah satunya adalah untuk mencari informasi dokter kehamilan terbaik yang nanti akan kita gunakan untuk konsultasi seputar masalah kehamilan. Pada Google kita bisa saja langsung klik kata kuncinya nanti akan muncul beberapa nama dokter kehamilan terbaik yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Jangan lupa pilihlah dokter yang sekiranya jarak tempat prakteknya tidak terlalu jauh dari rumah.   

Selain konsultasi langsung ke rumah sakit atau klinik dokter kandungan, saat ini ibu hamil juga bisa melakukan konsultasi secara online dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc adalah salah satu aplikasi tanya kesehatan yang di dalamnya berisi beberapa dokter spesialis yang bisa kita jadikan sebagai tempat untuk tanya dokter kehamilan. Aplikasi Halodoc ini merupakan salah satu aplikasi untuk kesehatan secara online yang sudah sangat terkenal karena kualitasnya yang sangat bagus. Untuk mengakses aplikasi ini juga cukup mudah dan bisa dilakukan dengan gratis untuk bisa chat langsung dengan dokter.

Baca juga : Opsi Pengobatan untuk Rinitis Alergi


Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi memang membuat konsultasi dengan dokter kehamilan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Kita bisa datang langsung ke dokter spesialis kandungan atau juga bisa melakukannya lewat chat langsung dengan dokter kandungan menggunakan smartphone lewat sebuah aplikasi chat dokter yang akhir-akhir ini sudah banyak dan bisa dengan mudah ditemukan di media online seperti Halodoc. Namun tentunya akan lebih baik bila kita juga harus terus melakukan check up ke dokter kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. 

Demikian informasi yang bisa saya berikan kali ini. Semoga bermanfaat bagi teman semua. 

Post a Comment

16 Comments

  1. Memang paling enak mencari rekomendasi dokter kehamilan terbaik dari orang terdekat ya Mba. Setidaknya belajar dari pengalaman orang itu.

    ReplyDelete
  2. Sepakat ini. Era digital mudahkan segalanya. Tak hrs capek n bingung semua udah ada solusinya

    ReplyDelete
  3. untung sudah ada Halodoc ya, mbak. Jadi bisa konsultasi secara online. Soalnya aku juga pernah cobain konsultasi dengan Halodoc. Pokoknya kebantu banget deh dnegan adanya Halodoc ini dgn kondisi seperti ini :)

    ReplyDelete
  4. Konsultasi secara online sangat membantu sekali untuk kami yg domisili di desa, jauh ke puskesmas atau bidan. Dengan smartphone internet di tangan konsultasi dengan dokter terpilih bisa dengan mudah dilakukan

    ReplyDelete
  5. iya saya waktu hamil kemarin, tanya-tanya ke teman yang lagi hamil juga kalau periksa kemana dan nanya enak gak dokternya hehehe. soalnya ibu hamil sensitif, kalau kontrol sama dokter yang judes nanti bad mood

    ReplyDelete
  6. Inginnya sih begitu. Nyari dokter yang terbaik. Terutama dokter yang perempuan. Tapi kalo di tempatku, masih susah. Kudu jauh ke kota bisar dapet banyak pilihan. Jadinya ya, mau gak mau dokter terdekat aja :D

    ReplyDelete
  7. Kalau ada konsul dokter via online saat pandemi begini tentu akan membantu sekali. Apalagi bumil mesti dijaga sehingga konsul dokter kehamilan lewat Halodoc akan lebih aman pastinya

    ReplyDelete
  8. Pengalaman pertamaku hamil, Aku cuma konsul ke bidan ajaa hehe alhamdulillah nya dapat bidan yg ramah dan memahami .Cuman pas lahiran mendadak suruh ganti bidan dan aku trauma dengan bidan senior itu :')

    ReplyDelete
  9. Aku biasanya cari di internet dan tanya temen yang pernah ke dokter tsb. Kemarin aja aku ke 2 dokter yang berbeda hahaha. Kalau dihitung sama di Lombok & Madiun, totalnya 5 dokter wkwkwk.

    ReplyDelete
  10. Informasi ini menambah pengetahuan daku biar nanti kalau menikah dan hamil ada triknya buat mendapatkan dokter yang tepat

    ReplyDelete
  11. Nah harus mencari tahu dokter kehamilan yang benar dan terbaik. Aku tuh termasuk gonta ganti dokter mba sebelum menemukan yang cucok :)

    ReplyDelete
  12. Selama hamil saya juga sering gonta ganti dokter mbak, dan cari yang nyaman dan sabar. Di samping itu, suka cari info nya melalui internet serta pengalaman banyak orang.

    ReplyDelete
  13. Penting banget buat saya, punya dokter kehamilan yang bisa membuat nyaman hati selama menjalani masa kehamilan dan setelahnya. Soalnya memengaruhi juga sih ya. Nah, Halodoc ini selain aplikasinya nggak berat di smartphone, juga banyak menyediakan dokter spesialis untuk konsultasi jarak jauh. Senang ya.

    ReplyDelete
  14. Adik ku saat hamil, ngandalin recommend dari teman nya. Dimana dokter yang bagus tuk konsultasi dimasa kehamilan.

    Tentu memakan banyak waktu mengingat,harus atur jadwal dengan dokter tsb.
    pernah adikku datang langsung tanpa mendaftar, tapi di alihkan ke dokter lain yang sedang berjaga di rumah sakit.
    Semoga dengan adanya aplikasi Halodoc dapat membantu para ibu dimasa kehamilan

    ReplyDelete
  15. Lagi kayak gini tuh emang udah paling bener tanya dokter secara online aja. Soalnya di beberapa RSIA di sini ada yg perawatnya positif covid dan baru ketauan. Jadi serem kalau mau periksa langsung ke RS.

    ReplyDelete