Serunya Belajar Ngeblog Lewat Aplikasi Discord




Teman-teman, jangan lupa, ya, besok malam kita stand by di discord buat belajar sama mbak Alaika

Begitulah kira-kira bunyi pesan yang masuk di grup komunitas Female Blogger of Banjarmasin beberapa waktu yang lalu. Rencananya di sebuah malam minggu akan kami habiskan dengan menambah ilmu tentang blogging bersama mbak Alaika Abdullah, salah satu dedengkot Blogger Perempuan. Infonya sendiri kami dapat dari Ruli sang ketua. Katanya, mbak Alaika sendiri yang menawarkan kelas ini. Sebagai para blogger pemula, kami pastinya menyambut dengan antusias tawaran ini. Kapan lagi coba kami bisa mendapat ilmu langsung dari pakarnya?

Uniknya, jika biasanya kuliah online ini diadakan melalui grup whatsapp, maka mbak Alaika malah mengarahkan kami untuk menggunakan Discord saja. Discord? Apa itu? Begitu pertanyaan yang muncul saat namanya disebutkan. Saya kemudian bertanya pada salah satu rekan di kantor. Tenyata, Discord ini merupakan aplikasi yang kerap digunakan para gamer untuk berkomunikasi. Kelebihannya, lewat Discord penggunanya bisa berbicara layaknya di telepon dengan kualitas suara yang jernih.

Sesuai dengan arahan mbak Alaika, kami pun menginstal aplikasi Discord ini di ponsel masing-masing. Langkah selanjutnya ya sama seperti aplikasi android yang lain, yakni membuat akun. Akunnya sendiri nanti akan memuat tagar dan angka seperti punya saya ini. Oh, ya selain lewat ponsel Discord juga bisa langsung dibuka lewat komputer atau laptop kita lewat alamat https://discordapp.com/.

Baca juga : 3 Situs Penyedia Widget Instagram untuk Blogspot






Jika sudah membuat akun, kita bisa membuat server sendiri atau bergabung ke server komunitas yang kita ikuti. Untuk kelas blogging pertama kami kemarin, servernya gabung dengan Indonesian Steemit Online. Di dalam server ini nanti ada 2 channel yang bisa dibuat yakni Text Channel untuk chatting dan Voice Channel untuk berbicara.

Bisa ngapain aja di Discord? 


Ini pastinya menjadi pertanyaan kita semua ketika ditawarkan menggunakan Discord untuk kuliah online. Seperti yang saya tuliskan di atas, pada aplikasi Discord ini terdapat 2 media yang bisa kita gunakan, yakni Text Channel dan Voice Channel. Text Channel digunakan untuk chatting layaknya aplikasi chatting yang lain. Kelebihannya dari Discord ini, dalam satu Text Channel itu bisa dibagi-bagi berdasarkan topik yang ingin dibahas. Seperti server BPNetwork yang text channel-nya terbagi menjadi 5 channel, yakni #welcome, #general-chat, #play-withbot, #ruang-materi-bpn-support dan #post-promotion. Ini tentunya lebih memudahkan anggotanya untuk berdiskusi karena obrolan sudah ditentukan temanya.



Baca juga : 5 Hal Wajib Dilakukan Sebelum Klik Tombol Publish untuk Blogger! Sudah Lakukan Belum?

Beralih ke Voice Channel, di sini kita bisa mengobrol antar member. Suara yang dihasilkan di voice channel sangat jernih namun kadang masih bergantung juga pada sinyal ponsel yang kita miliki. Untuk bisa bergabung di obrolan voice channel, terlebih dahulu kita harus menekan tombol connect to voice yang ada di channel yang kita pilih. Jika sudah terhubung, maka profil kita akan muncul di channel tersebut.

Oh, ya untuk bisa mendengarkan percakapan kita bisa menggunakan speaker ponsel atau headset ya, teman-teman. Trus, jika sekiranya kita cuma ingin jadi pendengar saja, kita bisa mematikan tombol mikrofon yang ada di voice channel tersebut terlebih dahulu dan mengaktifkannya jika ingin mulai berbicara.





Kelebihan lain dari Discord adalah kita juga bisa menyetel musik di obrolan. Caranya cukup instal bot musik untuk aplikasi Discord yang bisa kita temukan di internet. Setelahnya, cukup masukkan perintah memutar musik maka si bot akan mencari lagu yang kita sebutkan. Misalnya nih di server BPNetwork, perintah untuk memutar musiknya i play judul lagu. Beda bot yang digunakan beda juga perintahnya. Jangan lupa sebelum memutar musik kita harus terhubung dengan voice channel terlebih dahulu agar bot bisa melakukan pencarian dan kita juga bisa mendengar musiknya.





Baca juga : Ngeblog Serius, Jadi Bebankah?

Review Belajar Online dengan Discord bersama mbak Alaika Abdullah


Balik lagi ke pengalaman kami kuliah online seputar blog bersama mbak Alaika, seperti yang sudah dijanjikan, sekitar pukul 9 malam para member FBB stand by bersama di depan ponselnya masing-masing. Sebelum diskusi dimulai, mbak Alaika membagikan materi untuk kami pelajari terlebih dahulu. Nah, setelah semua sudah membaca materinya, baru deh pembahasan dimulai.

Materi yang dibagikan malam itu sendiri temanya adalah Optimasi Blog Personal. Jadi setelah semua member terkumpul mbak Alaika mulai membahas satu per satu poin yang ada di materi. Jika ada member yang ingin mengajukan pertanyaan bisa langsung berbicara di mikrofon atau mengirimkan pesan di text channel.

Nah, salah satu hal yang menyenangkan dari belajar lewat Discord ini pastinya kita jadi bisa mendengar langsung suara pemateri dan juga teman-teman peserta yang lain. Selain itu, pastinya kita akan dipaksa untuk benar-benar mengikuti kelas karena pembicaraan di Discord tidak bisa direkam (setahu saya begitu). Jadi ya kalau misalnya sinyal jelek atau ketiduran pas kelas berlangsung, babay deh. Hihi.

Demikian sedikit cerita saya tentang pengalaman kuliah online lewat aplikasi Discord. Oh, ya, buat teman-teman member Blogger Perempuan, yuk ikutan nimbrung di channel Discord Blogger Perempuan biar nanti kita bisa belajar bareng bersama para master :)

21 comments:

  1. Wah, aku baru tau dong ini. Untung baca ini deh bermanfaat. Terima kasih ya.

    ReplyDelete
  2. Iya pakai discord seru..
    Aku juga pernah belajar sama kak Al pakai discord

    ReplyDelete
  3. Ak sdh tergabung tp blm pernah ikutan aktif. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti kelas bpnetworknya segera dibuka ya, mbak jadi bisa seru-seruan

      Delete
  4. aku pake discord biasanya buat main game

    ReplyDelete
  5. Aslik baru tau, makasih mba informasinya heheh kudet akutu

    ReplyDelete
  6. Awal tau discord juga dari postingan mba Al di FB BP, dan aku pake sampe sekarang bahkan sudah menyarankan keluarga untuk pake, soalnya kalo tlpn suaranya jernih banget dan gak terlambat kayak wa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap, mbak. Memang kalau buat ngobrol discord asik banget yaa

      Delete
  7. wah wah ada ya aplikasinya jadi tertarik mencoba

    ReplyDelete
  8. Hai Mbak, saya baru tahu nich discord, untung mampir ke mari, jadi dapat ilmu. Makasih banyak sharingnya Mbak, jadi kepingin juga nimbrung belajar blogging bareng

    ReplyDelete
  9. Waow ada aplikasi keren buat ngeblog, ah jadi pengin coba :D

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.