4 Cara Berhemat di Bulan Ramadhan



Tak terasa Ramadan kembali menyapa kita. Tentunya ada banyak persiapan yang kita lakukan dalam menyambut bulan yang mulia ini. Entah itu mulai dari persiapan menu selama Ramadan, target ibadah yang ingin dicapai, hingga pengaturan keuangan selama bulan Ramadan.

Bicara soal pengeluaran selama Ramadhan sendiri, kadang ada yang mengatakan kalau selama Ramadhan kita sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan. Meski siang hari kita tidak makan minum, siapa yang menjamin kalau pengeluaran bakal bisa lebih irit ketimbang di luar bulan Ramadhan? Malah bisa-bisa sebaliknya. Pengeluaran di bulan Ramadhan membengkak. Mending keluarnya buat sedekah, lah ini kebanyakan buat hal-hal yang berhubungan dengan urusan perut. Heu.

Nah, sebagai seorang pengatur keuangan di rumah, mau tak mau saya harus pintar-pintar menyiasati pengeluaran selama bulan Ramadhan. Beberapa hal yang biasanya saya lakukan antara lain:

Tidak sering mengunjungi pasar Ramadhan


Sungguh pasar Ramadhan itu adalah racun kalau saya bilang. Setiap kali saya ke pasar Ramadhan, pasti belanjanya di luar perencanaan. Aneka ragam penganan yang dijual di pasar Ramadhan ini sungguh menggoda selera. Alhasil saya yang rencananya cuma mau beli kue, pulang-pulang bisa membawa kolak, nasi samin, gelas, jilbab, dan aneka barang lainnya yang sukses menggoda iman saya. Karena itulah selama beberapa tahun terakhir saya hanya mengunjungi pasar Ramadhan ini sekali saja selama Ramadhan. Biar nggak penasaran aja sih intinya.

Membuat sendiri menu berbuka


Dengan status saya seorang ibu bekerja, jujur saya agak kesulitan dalam menyiapkan menu berbuka untuk keluarga. Jam pulang memang lebih cepat sih. Tapi tetap saja rasa-rasanya kejar-kejaran saat menyiapkan menu berbuka ini. Tapi ini tentu tidak bisa dijadikan alasan untuk terus-terusan membeli lauk jadi dong ya. Untuk menyiasatinya, saya memilih menyiapkan menu berbuka yang praktis seperti sayur santan, ikan goreng dan aneka tumisan. Kalau ada yang perlu dibeli seperti kue khas Ramadhan, belinya beberapa hari sekali saja. Sisanya bikin sendiri macam bakwan atau perkedel. Trus, yang paling penting, untuk minuman berbuka wajib bikin sendiri. Bayangkan kalau harga satu bungkus es buah itu 5000 rupiah, trus saya harus beli 4 porsi lumayan banget kan, ya. Padahal kalau bikin sendiri dengan modal yang sama bisa bikin es campur buat beberapa hari.

Tidak terlalu sering mengikuti bukber


Selama beberapa tahun terakhir, bukber kayaknya sudah menjadi tradisi selama bulan Ramadhan. Entah itu bukber alumni, bukber teman sekantor dan aneka undangan bukber lainnya. Pokoknya, makin banyak komunitas yang kita ikuti, InsyaAllah akan makin banyak undangan yang kita dapat. Saya dulunya termasuk yang cukup bersemangat mengikuti bukber. Namun makin ke sini saya kok merasa acara bukber makin menguras dompet yak? He. Kalau dulu bukber bisa diadakan di rumah salah satu penyelenggara, maka sekarang sedang ngetrend bukber di hotel yang menyediakan menu all you can eat. Enak sih mungkin menunya. Tapi bayarnya tetap lumayan. Apalagi kadang bukber ini juga bisa membuat kita kehilangan waktu shalat, terutama jika diadakan di tempat yang memang kurang memfasilitasi untuk salat. Saya mah bye aja deh kalau tempatnya begini.

Membeli Pakaian Hari Raya sebelum Ramadhan Tiba


Hingga kini, membeli baju baru untuk Lebaran kayak masih jadi kebiasaan ya, termasuk untuk saya pribadi. Nah, berkaca dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, saya memilih untuk hunting baju lebaran sebelum Ramadhan tiba. Selain karena berbelanja di bulan Ramadhan itu capek, harga yang dipasang penjual sudah mahal banget. Yang biasanya mungkin cuma seratus ribu, pas dekat Lebaran bisa jadi dua ratus ribu. Alternatif lain dalam membeli pakaian Lebaran adalah dengan membeli online. Sekarang sudah banyak sekali e-comerce yang menyediakan aneka gamis untuk lebaran. Tapi harus diingat juga di bulan Ramadhan bisa jadi terjadi peningkatan transaksi yang mungkin berakibat pada keterlambatan proses pengiriman. Dan tetap harus diingat kalau mau belanja pakaian dengan online jangan dekat-dekat hari raya soalnya biasanya sudah tutup pemesanan mereka. Wajar dong ya. Olshop dan perlu mudik dan berlebaran juga. Heuheu.

Demikian sedikit langkah yang saya gunakan untuk bisa berhemat selama Ramadhan ini. Semoga bisa bermanfaat buat yang baca, ya. Atau kalau ada yang mau ditambahkan monggo banget :)

28 Comments

  1. Bener banget mbak. Mendingan masak sendiri buat bukaan. Secara anak saya banyak. Kalau beli terus tekor xixixi

    Makasih tipsnya mbak ❤

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. bener mba, apalagi yg poin bukber itu, hihihi... acara bukber bisa tiap minggu penuh banget.

    ReplyDelete
  4. Setuju tipsnya, aku juga jarang bukber selain jauh, biasanya jadi ga tarawih hiks

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah tipsnya kebetulan sama dengan apa yang saya lakukan. salah satunya tentang beli baju lebaran sebelum ramadhan. Selain pas puasa kita gak perlu berdesak-desakan di pasar maupun di mall, kita juga jadi tenang ngejalanin puasanya :)

    ReplyDelete
  6. makasih sharingnya

    ReplyDelete
  7. Selalu gak tahan kalau ada pasar ramadhan, maunya borong semua padahal itu bikin boros pengeluaran

    ReplyDelete
  8. kalau anggota keluarganya banyak memang pasti lebih hemat masak sendiri ya, mbak :)

    ReplyDelete
  9. harus kekep dompet kalau ke pasar ramadan. wkwkwk

    ReplyDelete
  10. iya, mbak. kalau sekali aja sih nggak masalah. kalau tiap minggu ya tekor juga. heu

    ReplyDelete
  11. salat magribnya juga kadang jadi telat, mbak kalau bukber itu :(

    ReplyDelete
  12. toss, mbak!

    ReplyDelete
  13. semoga bermanfaat ya, mbak :)

    ReplyDelete
  14. iya. selain boros kadang juga nggak kemakan itu yang dibeli

    ReplyDelete
  15. Pasar ramadhan emang penggoda iman luar biasa ya mbak. Aku juga udah ngerasain nih. Niat dr rumah cuman beli gorengan 10 biji lah jd merembet ke cendol 2 bgks, kue pukis juga, dan sate jugaaak ! Asli lapar mata itu mah, hahaha

    ReplyDelete
  16. hihi. memang sih banyak banget makanan menggiurkan di pasar ramadan itu

    ReplyDelete
  17. Waaah makasiy tipsnya yaaa Berguna banget nget

    ReplyDelete
  18. yang paling bikin pusing pasti yang terakhir deh mbak, harga pakain makin mahal di hari raya..

    ReplyDelete
  19. makasih dah baca, mbak :)

    ReplyDelete
  20. iya. sudahlah mahal, capek juga belanjanya

    ReplyDelete
  21. Wahahaha bukber bukbe. Kebanyakan bukber memang menguras. Tapi alhamdulillah saya punya tradisi bukber di organisasi yang turun temurun "dibebankan" pada angkatan aktif. Kayaknya karena udah tradisi gitu, jadi gak terbebani. Bukber di mushalla / masjid juga relatif hemat. Ini pengecualian berarti ya Mba. hehehe

    ReplyDelete
  22. wah kalau bukber di mesjid malah termasuk pengiritan. hihi

    ReplyDelete
  23. Iya, bener. Kalo belanja baju sebelum ramadhan, harga-harga belum naik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain itu kalau belanja pas ramadan bikin capek juga ya

      Delete
  24. itu tips nya aku semua banget :D
    tapi ga larang anak2 ke pasar tajil krna mereka demen jajan buat buka puasa biar semangat puasanya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo gitu ya, mbak. Kalau anak memang harus banyak tricknya ya biar kuat puasanya

      Delete
  25. Bener deh mba tipsnya, kalau keseringan ke pasar atau bazar bisa abissssss haha. Kadang saat Ramadhan malah jor-jorang banget belanjanya karena keseringan laper mata huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Trus pas pulang malah bingung ngabisinnya gimana. He

      Delete
Previous Post Next Post