Satu Tahun Bersama Female Blogger Banjarmasin



Saya mulai aktif ngeblog sejak tahun 2010 dengan menggunakan platform Multiply. Saat itu, Multiply ini bisa dibilang wadah ngeblog yang paling ramai dan tingkat keakrabannya tinggi. Bagaimana tidak ramai? Komentar bisa berbalas hingga ratusan bahkan sampai ada dramanya juga. Melalui Multiply ini, saya kemudian dipertemukan dengan beberapa teman dunia maya yang alhamdulillah juga pernah bertemu di dunia nyata bernama kopdar. Ironisnya, setelah beberapa tahun Multiply bubar karena ingin mengubah diri menjadi marketplace (yang sayangnya juga gagal).

Setelah Multiply bubar, saya memulai kembali aktivitas ngeblog di Wordpress. Berbeda dengan Multiply, di Wordpress ini saya harus memulai semua dari awal lagi. Follow sana sini biar dapat teman baru. Pecahan Multiply yang lain ada yang berpindah ke Blogspot. Ini tentu saja membuat interaksi jadi terasa kurang asyik mengingat komentar tak lagi bisa dua arah. Meski begitu, saya pantang menyerah. Saya tetap berusaha rutin ngeblog hingga akhirnya merasa nyaman dengan platform baru.

Setelah beberapa waktu ngeblog di Wordpress, saya baru ngeh kalau dunia blogging itu sangat populer sekarang. Tak ingin menjadi katak dalam tempurung, saya akhirnya memutuskan untuk bergabung dalam grup blogger yang ada di facebook. Tujuannya sih selain biar bisa nambah bacaan blog dan menemukan blogger perempuan yang satu kota dengan saya.

Ya, selama bertahun-tahun ngeblog, sebenarnya ada 1 pertanyaan yang muncul di benak saya. Apakah ada lagi Blogger Banjarmasin berjenis kelamin perempuan selain saya? Bukan berarti blogger Banjarmasin tidak ada lho, ya. Setahu saya sih sejak beberapa tahun yang lalu sudah ada satu komunitas blogger di Banjarmasin. Tapi ironisnya, sulit sekali bagi saya  menemukan blogger Banjarmasin yang berjenis kelamin perempuan (yang aktif ngeblog). Kayak nggak terindeks begitu. Saya sudah cek ke website resminya. Sayangnya pas diklik nama membernya nggak diarahkan ke alamat blog si admin? Gimana ya ini maksudnya? Jadilah selama bertahun-tahun saya ngeblog sendirian sebagai warga Banjarmasin.



Sampai akhirnya suatu hari di tahun 2016 saya mendapat undangan event dari Dancow yang mengundang para momblogger Banjarmasin. Disinilah kemudian saya bertemu dengan beberapa blogger perempuan dari Banjarmasin dan sekitarnya. Salah satu diantaranya adalah Ruli yang tinggal di Banjarbaru. Meski singkat, namun event Dancow ini bisa dibilang sebagai titik awal berdirinya komunitas Female Blogger Banjarmasin (FBB).

[caption width="809" id="attachment_7248" align="aligncenter"] Kopdar pertama FBB di Duta Mal[/caption]

Tak lama setelah pertemuan itu di event Dancow, Ruli berinisiatif membentuk grup whatsapp Female Blogger Banjarmasin yang anggotanya adalah para peserta event Dancow tersebut. Tujuannya tentunya agar kami tidak lepas komunikasi begitu saja selepas event.  Nah, dari yang awalnya anggotanya cuma beberapa, pelan tapi pasti Female Blogger Banjarmasin mulai bertambah anggotanya. Tak hanya momblogger, FBB juga berisi beauty blogger yang tentunya membuat grup ini lebih berwarna. Ah, akhirnya saya tak merasa kesepian lagi.

Nah, tanggal 6 Oktober kemarin Female Blogger Banjarmasin sudah berusia satu tahun. Salah satu hal yang membuat komunitas ini terasa spesial bagi saya adalah kami memiliki struktur organisasi. Yup! Ada ketua, sekretaris, bendahara, bagian sosial media, hingga humas. Keren kan, ya! Para anggota dan pengurusnya juga sangat aktif menelurkan ide-ide kreatif agar komunitas Female Blogger Banjarmasin bisa lebih dikenal dan memberikan manfaat yang baik bagi anggotanya.



Di usianya yang menginjak 1 tahun ini, tentunya ada doa dan harapan dari saya sebagai anggotanya. Harapan saya sih ke depannya komunitas ini bisa menjadi semakin solid dan besar dan tentunya memberikan kontribusi yang baik bagi dunia blog di Kalimantan Selatan. Berita baiknya, di usianya yang 1 tahun ini, komunitas Female Blogger Banjarmasin berhasil menggaet Wardah untuk bekerja sama dalam rangkaian event ulang tahun Female Blogger Banjarmasin. Yay!

https://www.instagram.com/p/BZ5KUUNhhAW/

Bicara tentang Wardah, siapa yang tidak mengenal brand ini? Memperkenalkan diri sebagai brand kosmetika halal pertama di Indonesia, Wardah kini sukses menjadi brand kosmetik papan atas di Indonesia. Produk-produknya dikenal dimana-mana dan mendapat respon yang positif dari para konsumen. Tak hanya itu, Wardah juga selalu berinovasi dalam mengembangkan produknya. Makanya tak heran dong ya kalau Wardah menjadi trendsetter kosmetik di Indonesia.

Salah satu produk Wardah yang selalu menemani saya setiap harinya adalah Sun Screen Gel-nya yang memiliki SPF 30. Produk ini menjadi menjadi barang wajib yang saya gunakan setiap hari saat akan keluar rumah. Formulanya sangat cocok di kulit saya yang normal cenderung kering. dengan menggunakan Sun Screen dari Wardah ini insya Allah kulit wajah saya terlindungi dari bahaya sinar matahari. Ya namanya wanita kan harus pintar merawat diri dan kulitnya. Apalagi usia semakin menua dan lingkungan semakin tak bersahabat. Heu.



Dalam event ulang tahun FBB nanti sendiri, Wardah dan FBB insya Allah akan mengadakan gathering dan beauty class yang diikuti oleh anggota komunitas Female Blogger Banjarmasin plus pemenang Give Away yang diadakan oleh FBB. Bagi teman-teman yang ingin tahu lebih banyak tentang komunitas Female Blogger Banjarmasin, bisa follow akun twitter dan instagramnya. Selain itu bisa juga follow fanpage di Facebook di sini.

Happy Birthday buat Female Blogger Banjarmasin!


32 comments:

  1. asyik ya punya wadah untuk berbgai ilmu dan silaturahmi

    ReplyDelete
  2. Wah, ga nyangka mba Antung mulai 2010 ngeblognya *sungkem ama suhu. Hihihi...

    Masih belum terjawab pertanyaan di kepalaku mba, gimana caranya kalian ngadain event dengan hanya beberapa org saja yg mengurusi eventnya.... Meuni keren euy!

    ReplyDelete
  3. iya, mbak. semoga aja komunitas ini bisa long lasting

    ReplyDelete
  4. wah kalau yang event dancow itu langsung dari dancow acaranya, jadi kami cuma datang dan bikin liputan aja. heu

    ReplyDelete
  5. woh asik banget bisa kumpul blogger

    ReplyDelete
  6. Asyik ya bisa berkomunitas lalu kopdar. Semoga menjadi wadah dan inspirasi buat para blogger dan masyarakat luas.

    ReplyDelete
  7. Akhirnya banyak ya ka blogger di Banjarmasin. Di Balikpapan juga banyak jadinya :D

    ReplyDelete
  8. Seru...akhirnya punya wadah untuk saling berbagi ya mba
    Untuk Jogja..alhamdulillah ada wadah serupa mba, cuma akunya aja yang jarang ikut event offline.

    ReplyDelete
  9. Waah seneng banget ya, akhirnya menemukan wadah untuk menulis dan menemukan banyak teman.
    Tahun segitu, aku mah baru kenal istilah ngeblog aja

    ReplyDelete
  10. Saya dulu mengira kalau ngeblog itu kerjaannya laki-laki krn Blog yg saya baca memang kebanyakan penulisnya laki-laki, tapi setelah lebih mendalami Blog saya baru ngeh ternyata Blogger Perempuan banyak sekali. Malah lebih banyak dari yang laki-laki, wadah buat kumpul kumpul juga banyak

    ReplyDelete
  11. iya kayaknya sekarang memang lebih eksis blogger yang perempuan ya, mbak

    ReplyDelete
  12. iya, mbak. senang rasanya kalau ada blogger yang 1 kota

    ReplyDelete
  13. iya nih. apalagi kalau perempuan jadi banyak obrolannya. heu

    ReplyDelete
  14. aamiin. makasih doanya, mbak :)

    ReplyDelete
  15. yanti kada gabung blogger balikpapan kah?

    ReplyDelete
  16. iya, mbak. ini juga kami banyaknya ngobrol via online, mbak. heu

    ReplyDelete
  17. keereeen! Saya udah lama banget ga ikut2an acara komunitas blogger T.T

    kalo saya kadang susah nyari blogger yang share cerita pribadi tanpa monetize jor-joran mbak, susah banget T.T

    salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
  18. Mba keren banget , Happy birthday FBB, semoga makin maju Aamiin

    ReplyDelete
  19. Happy birthday FBB.... Senang ya mba klo ada wadah berkumpul 1 daerah gini ... Seru! Salam kenal mba

    ReplyDelete
  20. Waa sama tenyata disatukan oleh event dancow juga..

    ReplyDelete
  21. kalau sekarang memang rada susah nyari blogger yang benar-benar murni, mas. hehe. paling kalau rajin dipilih-pilih postingannya yang sekira bukan tulisan berbayar.
    salam kenal juga :)

    ReplyDelete
  22. salam kenal juga! :)

    ReplyDelete
  23. hepi besdey pertama buat FBB, moga sukses dan makin berkibar.
    senengnya ketemu manteman sehobi ngeblog yg tinggal di sekitar kita ya...
    jaman aku tinggal di banjarmasin th 2002-2003 dulu belun kenal blog :D

    ReplyDelete
  24. Waah pernah tinggal di banjarmasin ya, mbak? Saya tahun segitu juga masih sibuk jadi anak kuliahan. He

    ReplyDelete
  25. Untuk FBB semoga makin berkembang aja ya mba semoga kita jadi komunutas yang unggul yey❤

    ReplyDelete
  26. Wah, udah 7 tahun dong mbak nge-blog-nya. Anyway, aku mupeng ih sama foto-fotonya... Wahaa... do'a terbaik juga untuk FBB.

    ReplyDelete
  27. Aku juga begitu mbak. Dulu ngeblog sebagai diary malah, karena kukira, toh nggak ada juga orang Banjarmasin yang bakalan baca. Hihi
    Sekarang sejak gabung FBB rasanya lebih mantap, terasa ada trigger gitu mbak :D

    ReplyDelete
  28. hihi kalau sekarang aku malah pengen menonjolkan diri sebagai blogger banjarmasin. wkwkwk

    ReplyDelete
  29. Waaa multiply, apa itu multiply? Wkwkwkwk anak baru sore ini tidak tahu sama sekali sama itu. Hihi
    Sayang banget ya diganti ke marketplace, terus malah gagal lagi. Sayang banget kalau begitu tp namanya hidup yee kan tetap ada naik turun. Hehe

    ReplyDelete
  30. Waaaah iya aku punya multiply (gak paham itu blog, dan lupa awalnya gimana tau2 punya) tahun 2007-an. Dan sejak multiply "bangkrut" aku sudah move on. Barulah mulai ngeblog tahun 2013-an

    ReplyDelete