Double Cleansing dengan RDL Facial Cleanser Papaya dan RDL Sabun Papaya


Dalam hal perawatan wajah dasar atau basic skincare, kita mengenal metode CTMP yang langkah pertamanya cleansing atau membersihkan wajah. Dulu saya mengira tahap cleansing ini cukup dilakukan dengan mengguankan sabun muka atau facial foam. Nyatanya untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kita setidaknya membersihkan wajah sebanyak 2 kali dengan menggunakan tipe pembersih wajah yang berbeda atau kerap disebut dengan double cleansing. 

Pada double cleansing, langkah pertama yang dilakukan adalah membersihak wajah dengan dengan pembersih berbahan dasar minyak seperti susu pembersih, cleaning oil atau micellar water. Tujuan dari penggunaan pembersih wajah berbahan minyak ini adalah untuk membersihkan kotoran atau debu polusi yang menempel di wajah setelah beraktivitas seharian dan juga untuk membersihkan sisa-sisa makeup yang telah dipakai di wajah.

Setelah step pertama dilakukan, wajah kemudian dibersihkan kembali dengan menggunakan facial wash atau facial foam agar sisa-sisa kotoran dan make up di wajah benar-benar terangkat. Dalam memilih produk facial foam ini kita tentunya juga perlu menyesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Pembersih wajah yang baik tidak akan membuat wajah terasa tertarik kencang, perih dan juga kering setelah penggunaannya.  

Double Cleansing menggunakan produk RDL Facial Cleanser Papaya dan RDL Sabun Papaya


RDL facial cleanser papaya dan RDL sabun papaya

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Karena itulah dalam memilih produk skincare termasuk pembersih wajah kita harus menyesuaikan dengan jenis kulit. Saya sendiri memiliki jenis kulit normal yang alhamdulillah tidak terlalu rewel saat menggunakan skincare. 

Nah, kali ini saya mencoba produk skincare yang berasal dari Philippina yakni produk RDL yang mungkin sudah cukup sering kita dengar namanya. Di Indonesia sendiri, produk RDL didistribusikan oleh PT. RDL Distribusi Indonesia dengan brand ambassadornya Nita Gunawan. Teman-teman tak perlu khawatir karena produk RDL ini sudah memiliki izin BPOM dan bersertifikat halal Philippina.

Produk RDL sendiri memiliki cukup banyak varian seperti RDL Sabun Papaya, RDL Sabun Mentimun, RDL Sabun Alpukat hingga RDL Sabun Jeruk nipis. Adapun daftar dari produk RDL yang bisa dicoba antara lain:

  1. RDL Papaya Brightening Soap
  2. RDL Cucumber Brightening Soap
  3. RDL Avocado Brightening Soap
  4. RDL Kalamansi Brightening Soap with Honey
  5. RDL Kojic Brightening Soap
  6. RDL Babyface Facial Cleaser with Papaya Extract
  7. RDL Babyface Facial Cleaser with Cucumber Extract
  8. RDL Babyface Facial Cleaser with Avocado Extract
  9. RDL Babyface Facial Cleaser with Kalamansi Extract
  10. RDL Babyface Facial Cleaser Plain
  11. RDL SureWhite Microexfoliant
  12. RDL Cream with Moisturizer
  13. RDL Babyface Sunblock Cream SPF 15
Pepaya sendiri merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk wajah. Buah ini memiliki kandungan vitamin C, asam pantotenik, asam folat, dan likopen yang baik untuk kesehatan kulit. Adapun beberapa manfaat dari buah pepaya untuk kulit kita antara lain mencegah jerawat, mencerahkan kulit, mempercepat proses penyembuhan jerawat, mencegah penuaan dini, melembapkan kulit wajah, menghilangkan noda dan flek hitam pada wajah dan mengecilkan pori-pori wajah.

Lalu bagaimana kesan saya setelah menggunakan produk RDL Facial Cleanser Papaya dan RDL Sabun Papaya ini? Berikut adalah review RDL Facial Cleanser Papaya dan RDL Sabun Papaya:

Review RDL Facial Cleanser with Papaya Extract


RDL Facial Cleanser with Papaya Extract

RDL Facial Cleanser with Papaya Extract merupakan produk first cleanser yang digunakan sebelum kita membersihkan wajah dengan menggunakan sabun. Produk ini dikemas dalam botol bening 150 ml dengan tutup flip top tanpa box. Pada bagian depan botol terdapat logo produk dan di baliknya kita bisa melihat kandungan dan cara penggunaan produk yang bisa dibaca dari bagian belakang botol. Untuk cairan pembersihnya berwarna orange seperti buah pepaya dengan wangi alkohol yang cukup kuat tercium. 




RDL Facial Cleanser with Papaya Extract ini sendiri adalah pembersih wajah yang diformulasikan secara efektif untuk membersihkan wajah dari kotoran secara menyeluruh penyebab komedo dan jerawat. Menjadikan kulit terasa lebih halus dan cerah bersinar tanpa noda. Dilengkapi dengan ekstrak pepaya yang dapat membantu mencerahkan, melembapkan dan merawat kulit tampak tetap sehat. 

Adapun kandungan dari dari produk RDL Face Cleanser with Papaya Extract ini antara lain : 


kandungan RDL Facial Cleanser Papaya


Aqua Demineralisata, Denatured Ethyl Alcohol, Carica Papaya (Fruit) Extract, Allantoin, Boric Acid, D-Panthenol, Fragrance, Menthol, PEG Hydrogenated Castor Oil, Benzalkonium Chloride 12, CL 15985

Cara menggunakan RDL Facial Cleanser with Papaya Extract ini adalah dengan menuangkan isi produk ke atas kapas pembersih kemudian diusapkan ke wajah dan leher sampai semuanya bersih. 

Review RDL Sabun Papaya


RDL Sabun Papaya

Produk second cleanser dari RDL yang saya coba adalah RDL Papaya Brightening Soap atau RDL Sabun Papaya yang merupakan sabun pembersih dengan kandungan ekstrak pepaya dan sunscreen yang dapat membantu mencerahkan dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sabun ini juga dilengkapi dengan vitamin A, C dan E yang membantu memelihara kekenyalan kulit sehingga terlihat lebih halus, cerah dan segar sepanjang hari. 

Produk RDL Papaya Brightening Soap dikemas dalam box kertas yang bagian luarnya terdapat informasi cukup lengkap terkait produk. Sabunnya sendiri berupa sabun batang dengan berat 150 gr berwarna orange layaknya buah pepaya yang matang dengan wangi samar yang tidak terlalu mengganggu. Tentunya ada perbedaan antara sabun batang dan sabun cair. Sabun batangan merupakan sabun yang dibuat dengan proses saponifikasi dari bahan lemak nabati atau hewani dengan zat alkali seperti sodium hydroxide, sementara sabun cair biasanya terbuat dari minyak bumi. 

review RDL Sabun Papaya


Manfaat lengkap dari kandungan yang ada di RDL Sabun Papaya ini antara lain:
  • Ekstrak pepaya mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berjerawat, mencerahkan kulit wajah serta mencegah penuaan dini
  • Vitamin A mencegah munculnya kembali jerawat, menghilangkan bekas jerawat, membantu mengurangi kerutan di wajah serta mencegah penuaan dini
  • Vitamin C mencerahkan wajah, merangsang produksi kolagen, melindungi kulit dari sinar UV serta membantu mengurangi kerutan di wajah
  • Vitamin E melembutkan kulit wajah, mengatasi hyperpigmentasi, membantu menyamarkan bekas jerawat serta membuat kulit menjadi lebih kenyal

Adapun kandungan lengkap dari produk ini antara lain: 


kandungan RDL Sabun papaya


Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Aqua Demineralisata, Sodium Hydroxide, Fragrance, Mineral Oil, Carica Papaya (Fruit) Extract, Tocopheryl Acetate, Ascorbyl Palmitate, Soy Bean Oil, Retinyl Palmitate, Butylated Hydroxytoluene, CI 45370, Oxybenzone

Kesan setelah menggunakan produk RDL Face Cleanser with Papaya Extract dan RDL Papaya Brightening Soap 


review RDL Sabun papaya dan RDL Facial cleanser Papaya

Setelah menggunakan produk RDL Facial Cleanser Papaya dan RDL Sabun Papaya ini, bisa dibilang saya cukup cocok dengan kedua produk ini. Untuk produk first cleanser-nya, RDL facial Cleanser with Papaya Extract ini memang memiliki wangi alkohol yang cukup kuat yang mungkin tidak cocok untuk pemilik kulit sensitif. 

Saat diusapkan ke wajah, produk RDL facial cleanser Papaya ini memberikan efek semriwing yang mungkin berasal dari kandungan menthol yang ada di dalamnya. Untuk fungsinya dalam mengangkat kotoran di wajah, produk ini menurut saya cukup efektif dalam membersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up. Setelah penggunaan produk wajah terasa segar dan memberikan efek cerah pada wajah. 

Adapun untuk produk RDL Sabun Papaya, produk ini tidak memiliki wangi yang kuat dan busa yang lembut di kulit. Nah karena ukurannya cukup besar, agar produk tetap higienis kita bisa membagi produk RDL Sabun Papaya ini menjadi beberapa bagian kecil dan digunakan untuk membersihkan wajah. Saat menggunakan produk ini, wajah terasa bersih dan setelahnya tidak ada efek kering atau ketarik. Untuk efek mencerahkan, setelah menggunakan produk ini memang rasanya sedikit ada efek cerah yang saya rasakan.

Demikian review yang bisa saya berikan untuk produk RDL Facial Cleanser Papaya dan RDL Sabun Papaya. Nah, buat teman-teman yang ingin mencoba produk ini bisa membelinya di Shopee RDL dengan harga Rp. 30.000,00 dan pastikan untuk membeli di toko resmi yaa agar tidak terbeli produk palsu. 

71 Comments

  1. Ada banyak pilihan ya produk RDL ini. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing2

    ReplyDelete
  2. Double cleanser ini setiap hari dan sehari 2x kah, kak Antung?
    Sejujurnya aku belum pernah menggunakan metode Double cleanser. Biasanya hanya sekedar CTMP (cleansing, toning, moisturizing, dan protecting).

    Menggunakan RDL Facial Cleanser Papaya dan RDL Sabun Papaya bisa menjadi solusi masalah kulit wajah agar bersih sempurna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku pas sore aja sih, mbak. pas pagi pakai sabun muka biasa aja

      Delete
    2. Oh nuhun, kak Antung.
      Aku mulai mengajari anakku juga buat beebrsih after aktivitas keluar rumah. Alhamdulillah dapat rekomendasi menggunakan produk RDL facial cleanser Papaya dan RDL Sabun Papaya, sehingga bisa diaplikasikan untuk double cleanser.

      Delete
  3. Double Cleansing dengan RDL Facial Cleanser Papaya dan RDL Sabun Papaya jadi senjata ampuh untuk merawat kecantikan kulit wajah kita ya mbak

    ReplyDelete
  4. Wah ada banyak pilihan produknya. Jadi penasaran juga ingin mencoba yang sesuai dengan kulit wajah. Terima kasih untuk rekomendasi produknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga jd penasaran ingin coba karena sekarang makin banyak variannya

      Delete
  5. Aku kalau seharian makeup-an dan lupa double cleansing biasanya langsung muncul jerawat. Ada RDL facial cleanser dan sabun Papaya ini bakal jadi solusi, apalagi harga pun aman nih di kantong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Kak, kalau pakai make up memang wajib double cleaning sih.

      Delete
  6. Sabun RDL Papaya ditambah facial cleanser nya makin keren dong hasilnya. Secara dulu aja saya pernah pakai sabun Papaya nya aja, hasilnya memang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos Teh, aku juga pakai sabun RDL ini dan facial cleansernya, berasa kulit memang jadi lebih cerah sih .

      Delete
  7. Sudah lama sih aku pakai sabun RDL Papaya, selain cocok harganya juga terjangkau tapi belum pernah nyobain Cleanser-nya nih...cuss lah setelah baca artikel ini mau nyobain facial cleanser juga.

    ReplyDelete
  8. Duh belum pernah nyobain nih pakai RDL Papaya cleansingnya. Boleh nih dicoba kalau nemu di minimarket di deket rumah.

    ReplyDelete
  9. Betul mba double cleansing itu penting agar wajah bersih secara maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kak, agar gak memunculkan jerawat juga yang bikin kesel hehe

      Delete
  10. Saya juga pakai kedua produk ini Mba. Udahnya seger banget dan bikin kulit halus lebih cerah juga dari sebelumnya. Pantesan ya dari dulu pada banyak yang pakai Sabun RDL papaya ini.

    ReplyDelete
  11. Yang sabunnya itu bisa sekalian jadi sabun badan kah mbak? Atau khusus utk wajah saja? Klo utk wajah saja memang sebaiknya dipotong jadi kecil2 agar tetap bersih sisanya.

    ReplyDelete
  12. Wah aku baru tahu papaya ngeluarin cleansing. Aku tahu nya sabun ini . Buat aku sabunnya cukup efektif hanya saja aromanya yg aku kurang suka.

    Tapi ibuku masih suka pakai sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang ada banyak varian selain papaya mba. Ada timun, kalamansi, dll.

      Delete
  13. wiihh senangnyaaa ada produk yg ngertiin kita bgt
    bs pilih sesuai jenis kulit yah

    ReplyDelete
  14. Pilihan produknya banyak ternyata, aku beneran baru tahu loh. Dulu tahunya cuma sabun papayanya saja. Sering lihat di toko Ramai di Semarang.

    ReplyDelete
  15. Sabun Papaya udah sering banget dibahas banyak orang yang saya temui. Kayanya saya perlu coba juga nih.

    ReplyDelete
  16. Iya.. Sabun pepaya dan facial Cleaner ini emang berkualitas dan harganya murah tapi hasil memuaskan.. Mantap dah .. Wajib co nih

    ReplyDelete
  17. Kudu coba buat hilang komedo sih beli dimana shopee adalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di shopee bisa di Indomaret juga ada kayaknya, mbak

      Delete
  18. Harganya bersahabat, manfaatnya banyak sekali. Wajah juga kelihatan lebih segar dan cerah.

    ReplyDelete
  19. manfaatnya oke juga nih buat kulit, bikin keliatan fresh kandungannya oke banget emang

    ReplyDelete
  20. Banyakanfaat harga juga terjangkau aku juga mau cobain ah

    ReplyDelete
  21. Kalau pakai yang sabun batang itu langsung diusap ke wajah atau gimana ya? Pakainya perlu dipotong² ga sabunnya?

    ReplyDelete
  22. Ternyata selain produk sabun batangan dan cleanser, mereka juga punya variasi sabun lainnya ya dan ada sunblock juga. Pas banget dengan cuaca yang tidak bersahabat akhir2 ini. Produk2nya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit

    ReplyDelete
  23. Sabunnya sudah lama tahu, tapi kalau cleansernya baru tahu nih. Boleh dicoba. Thank you infonya Mbak.

    ReplyDelete
  24. Eh aku baru tahu nih produk Papaya ini, kadang yang tampilannya klasik dan jadul gini malah kadang bagus ya mbak. Ntar kalau ke supermarket besar coba lihat deh

    ReplyDelete
  25. Beberapa tahun terakhir ini aku mulai double cleansing juga. Biar lebih bersih wajahnya. Btw, RDL banyak juga pilihan produknya. Kalau yang sering Mbak saya pakai itu yang Pepaya

    ReplyDelete
  26. Orang di rumah juga sejak dulu pakai RDL Sabun Pepaya ini. Tapi baru tahu kalau sudah ada pembersih wajahnya juga. Makanya sekarang jadi komplit dan wajah bersih semakin maksimal.

    ReplyDelete
  27. Jadi maksimal banget ya kak perawatannya, baik dari cleanser hingga sabunnya. 2 produk ini makin bikin glowing muka kita dalam sekali jalan. Enak banget kan.

    ReplyDelete
  28. Cocok untuk semua jenis kulit, ya? Variannya ternyata banyak. Jadi pengen cobain satu per satu. Cari yang paling cocok ke kulit saya. RDL Sabun Papaya ini menarik, sih.

    ReplyDelete
  29. Sabun legendaris yang sudah aku kenal sejak lama. Dan sekarang tambah lagi banyak variannya ya. Mau coba nih, semoga cocok ya. Karena jenis wajahku sensitif

    ReplyDelete
  30. Wah, coba pas traveling kemarin aku tahu soal RDL Sabun Papaya ini ya. Kan bisa dibawa hehehe. Setelah bepergian seharian, muka kotor pastinya ya. Lalu pas mandi langsung dibersihkan pakai produk ini. Kalau pakainya rutin, makin bersih dan halus deh wajah kita. Kepo sama keharumannya deh.

    ReplyDelete
  31. Ternyata varian produk-produk dari RDL banyak juga, ya, sampai belasan gitu, taunya emang baru RDL yang sabun papaya, karena memang legend banget nih sabun, kayaknya waktu kecil udah familiar banget dengan kemasannya yang oren ini, eh ternyata ada cleansernya juga, ya. Mantap

    ReplyDelete
  32. Nah pas kecil sering banget lihat mamah aku pakai basic skincare gini mba. Pas double cleansing. Lebih bersih. Ini sabun pepaya udah dari dulu ya, dan lembut gitu..

    ReplyDelete
  33. Aku juga udah nyobain RDL ini karena pengen nostalgia juga kan dulu sempet viral. Ternyata enak banget yah, bikin wajah jadi kenyal. Apalagi celansernya sepertinya bisa banget hempaskan kotoran2 seharian di wajah deh.

    ReplyDelete
  34. Saya juga udah makai yang varian Papaya. Saya lagi penasaran sama yang Kojic, gimana aroma dan teksturnya.

    Produk RDL ini dari dulu udah konsisten memberikan produk kecantikan yang bagus, ya.

    ReplyDelete
  35. Waah pepaya salah satu buah kesukaan saya...kandungan gizinya banyak dan bagus nih ada skincare dari buah pepaya pasti juga bagus ke kulit

    ReplyDelete
  36. Banyak yang cocok kayaknya sama produk papaya ini ya mak. jadi pengen nyoba juga apalagi bahannya alamii

    ReplyDelete
  37. Hanya 30 ribu bisa bikin wajah dan badan terawat, jadi ingin nyoba juga apalagi udah banyak testimoni positip sabun ini

    ReplyDelete
  38. Penggunaan double cleansing dengan RDL Facial Cleanser Papaya dan RDL Sabun Papaya ini adalah cara yg bisa kita lakukan untuk memiliki kulit glowing alami ya mbak

    ReplyDelete
  39. Bikin kulit aman dari bruntusan pastinya jadi perlu untuk digunakan sesuai aturan agar wajah selalu bersih

    ReplyDelete
  40. Aku suka sama kemasannya. Lucu kayak produk bayi. Bahannya juga alami. Ekstrak pepaya. Hasilnya pasti bagus dong di kulit. Mau nyoba ah

    ReplyDelete
  41. Iya, karena ukuran sabun Papaya ini cukup besar, seingatku dulu, anggota keluarga yang selalu pakai sabun Papaya ini, biar higienis suka dipotong-potong terus yang nggak dipakainya disimpan rapi dan dibungkus plastik.

    ReplyDelete
  42. Perawatan wajah dengan cara double cleansing memang luar biasa hasilnya. Dan kita kudu konsisten melakukannya agar impian wajah cerah nan sehat bisa terwujud.

    ReplyDelete
  43. Doublecleansing double kasian nya juga ya kak. Aman banget untuk muka dan diaplikannya juga mudah

    ReplyDelete
  44. Double cleansing double kasiatnya juga pastinya ya kak. Aman banget untuk muka dan mudah juga diaplikasikannya

    ReplyDelete
  45. Pengen mencoba sabun pepaya dimana kandungannya buah yg sangat saya sukai. Habis mudik muka kusem kusut nih...

    ReplyDelete
  46. Sudah familiar dengan produk sabunnya, baru tahu kalau ada cleansernya. Dan seoertinya worth to try..

    ReplyDelete
  47. Kebetulan aku juga pakai ini dan works well untuk double cleansing di kulit aku!

    ReplyDelete
  48. aku suka nih sabun papaya RDL. wanginya seger bikin mood banget

    ReplyDelete
  49. buatku yang di jakarta, kayanya tuh yg namanya double cleansing tuh wajib deh hukumnya, jadi nostalgia deh sama sabun papaya yg legend ini

    ReplyDelete
  50. ternyata RDL facial Cleanser nya kuat di alkohol ya, untuk yang ini saya skip. tapi saya pengen banget nyobain sabun RDL nya. penasaran juga karena sering kelihatan nongkrong manis di shelving supermarket dan baca review kakak hasilnya bagus

    ReplyDelete
  51. Sabun batang RDL papaya aku sering lihat di supermarket, tapi baru tahu ternyata ada edisi cairnya juga. Bakalan coba nyari itu sih secara enak kalau dibawa traveling

    ReplyDelete
  52. Kalau belum sempat maskeran, idealnya merawat dengan menjaga kebersihan secara paripurna menggunakan Double Cleansing dengan RDL Facial Cleanser Papaya dan RDL Sabun Papaya yaa... Bersih satset, paripurna.

    ReplyDelete
  53. RDL Sabun Papaya bukan sabun pembersih biasa ya, Kak. Apalagi ada kandungan ekstrak pepaya dan sunscreen di dalamnya. Pas banget untuk membantu mencerahkan dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Terus vitaminnya komplit nih buat nutrisi kulit, But A,C, dan E. Pengen coba jadinya, Kak

    ReplyDelete
  54. Wah sabun RDL ini ternyata bisa untuk membantu mempercepat penyembuhan jerawat yaa.. baru tau aku.
    Aku dulu pernah pakai juga, Mbak. Dan memang enak dipakai, wajah gak terasa ketarik juga :)

    ReplyDelete
  55. RDL ini saya pakai buat badan juga, kece emang manfaatnya nih, bakalan repurchase lagi nih

    ReplyDelete
  56. Sabun RDL Papaya pernah dengar tapi belum pernar coba, ternyata ada face cleaneanernya juga ya, jadi pengen coba.

    ReplyDelete
  57. Ngebayangin aroma pepaya di wajah pas lagi double cleansing. Sebelumnya aku pernah dengar merk ini, tapi belum pernah coba. Tahunya sabun batangnya aja

    ReplyDelete
  58. Sabun pepaya ini aku sering pake, mak. Nebeng punyannya anak-anakku yang gede. Mereka pada berminyak dan kadang jerawatan juga. Cleanser-nya nih yang belom punya. Kudu nyari nih buat anak-anakku. Kebetulan memang cocok dengan sabunnya. Semoga bisa cocok juga cleansernya. :)

    ReplyDelete
  59. sekarang double celansing itu harus ya mak. apalagi mengingat polusi udara di kota besar agak mengkhawatirkan angkanya. bagus nih sabun papaya untuk cleansing

    ReplyDelete
  60. kalo sabun RDL Pepaya sudah sering menggunakannya dan Alhamdulillah cocok, kayaknya pengen juga menambahkan pake face cleansernya juga. aseli, aku penasaran lho

    ReplyDelete
  61. nggak nyangka kalau pepaya bisa buat kecantikan juga ya
    apalagi produk RDL ini diclaim mampu menghilangkan bekas jerawat, aku jadi penasaran mbak. Plusnya lagi harganya terjangkau

    ReplyDelete
  62. banyak yang pake ini ya, banyak yang cocok pula jadi penasaran kek apa dan aroma nya apakah bakalan cocok di aku soalnya aku juga suka buah pepaya

    ReplyDelete
  63. Aku lihat produk RDL Papaya ini di Alfamart mba. Kurasa aku perlu nyobain juga produknya. Kelihatannya aman juga ya untuk kulit sensitif ku

    ReplyDelete
Previous Post Next Post